Tertarik Kerja Di PT. KAI? Yuk Intip Kisaran Gaji Masinis dan Beberapa Posisi Lainnya

Bekerja di PT.KAI menjadi salah satu impian para pencari kerja. Salah satu alasannya adalah gaji yang lumayan besar ditambah dengan tunjangan yang menjanjikan. Posisi yang ditawarkan oleh PT. KAI pun beragam, salah satunya adalah masinis. Lantas berapa gaji masinis PT. KAI? Yuk simak informasi lengkapnya beserta dengan beberapa posisi lain sebagai berikut!

Tertarik Kerja Di PT. KAI? Yuk Intip Kisaran Gaji Masinis dan Beberapa Posisi Lainnya

Baca Juga: Yuk Intip Gaji PNS Golongan 3A dan Tugasnya Berikut!

Gaji Seorang Masinis

Masinis termasuk salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Gaji yang diperoleh terbilang cukup besar, belum lagi jika ditambah dengan tunjangan. Adapun gaji rata rata yang diperoleh masinis adalah sekitar 12 juta rupiah. Nominal tersebut sudah termasuk gaji pokok dan tunjangan. Namun ada beberapa posisi yang gajinya ditentukan oleh pendidikan dan jabatan yang dimiliki oleh orang yang bersangkutan. 

Selain gaji pokok, masinis juga mendapat tambahan uang dari tunjangan istri dan anak yang besarnya 10 persen per individu. Adapun jumlah anak yang bisa masuk dalam tunjangan adalah 3 orang. Selain tunjangan istri dan anak, ada juga tunjangan yang disebut dengan tunjangan jabatan. Besarnya tunjangan ini lumayan besar, yaitu sekitar 200 ribu rupiah. 

Nominal itu masih bisa bertambah hingga 600 ribu, sesuai dengan masa kerja dan jenjang pendidikan orang yang bersangkutan. Seorang masinis pun pasti ada yang namanya perjalanan dinas mengingat kerjanya yang harus bolak balik antar kota. Berkaitan dengan hal tersebut, ada yang namanya tunjangan perjalanan dinas dalam gaji masinis. Nominal tunjangan ini adalah sekitar 375 ribu rupiah. 

Ragam Tunjangan Masinis

Selain tunjangan yang sebelumnya telah dijelaskan, ternyata seorang masinis masih memperoleh beberapa tunjangan special yang tidak diterima oleh pegawai BUMN yang lain. Adapun beberapa tunjangan yang dimaksud adakah tunjangan resiko sebesar 1 juta, tunjangan penampilan, tunjangan rumah, tunjangan rekreasi, tunjangan transportasi, dan lain sebagainya. 

Alasan itulah yang membuat banyak sekali orang yang ingin menjadi masinis. Tidak heran jika pelamar posisi ini tidak pernah sepi peminat dari tahun ke tahun. Memang jika dibandingkan dengan pilot, maka gaji seorang masinis masih belum ada apa apanya. Kendati demikian, nominal tersebut sudah tergolong sangat besar bahkan jika dibandingkan pekerjaan lain.

Namun disamping gajinya yang tinggi, menjadi masinis tidaklah mudah. Ada ratusan nyawa yang harus dijaga sehingga semuanya harus dijalankan sesuai dengan SOP dan peraturan yang ada. Pendidikan untuk menjadi masinis pun khusus sehingga tidak bisa diisi oleh lulusan dari berbagai jurusan. Tidak heran jika gaji masinis sangat menggiurkan untuk didapat. 

Baca Juga: Ingin Jadi Pramugari? Inilah Kisaran Gaji Pramugari Maskapai Besar Indonesia yang Harus Diketahui

Infomasi Gaji Pekerja Di PT.KAI

  1. Kondektur

Pekerjaan lain yang bisa anda dapat di bawah naungan PT. KAI adalah kondektur. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan dan operasional kereta agar bisa berjalan dengan baik. Kondektur juga memiliki peranan untuk menyambung dan melepas rangkaian kereta bahkan termasuk langisan dan perbaikan. Disamping itu, mereka pun wajib membuat laporan maklumat perjalanan kereta api. 

Melihat tugasnya yang penting, maka posisi kondektur tidak boleh sampai kosong. Lowongan untuk posisi tersebut juga terbilang cukup banyak mengingat rute perjalanan kereta api yang jumlahnya sampai puluhan. Lantas berapa gaji seorang kondektur? Jawabannya adalah sekitar 6,5 juta rupiah. Namun nominal ini masih bisa bertambah jika digabung dengan berbagai tunjangan yang kondisional.

  1. Manager

Seorang manager SDM memiliki peran penting dalam tubuh PT. KAI. Kinerja mereka dibantu oleh junior manager, supervisor, dan kepala kantor pelayanan warta. Besaran gaji manager masih lebih rendah dibandingkan dengan gaji masinis, dimana angkanya masih berada di kisaran 4,5 juta. Adapun tugas yang mereka emban adalah menyusun program pengelolaan SDM.

Disamping itu, para manajer memiliki tanggung jawab untuk mengevaluasi seluruh kegiatan yang berhubungan dengan kebijakan perusahaan serta melakukan peningkatan kualitas pelayanan agar bersifat berkelanjutan. Untuk menjadi seorang manager, anda perlu menuntaskan pendidikan hingga sarjana. 

  1. Finance Manager

Keuangan menjadi bagian penting yang tidak boleh sampai ketinggalan dalam tubuh sebuah perusahaan. Tugas mereka adalah merumuskan rencana anggaran, mengendalikan serta membuat laporan pada manajer. Seluruh aktivitas ini termasuk dalam lingkup akuntansi sehingga pekerja yang mengisi posisinya harus berasal dari sarjana akuntansi. 

Gaji seorang financial manager di PT. KAI tidak berbeda jauh dari manajer umum, yaitu berada di angka 4 juta. Namun kembali lagi itu semua masih bisa bertambah sesuai dengan tunjangan yang didapat. Oleh karena itu, peminat posisi ini tidak kalah banyak dibandingkan posisi yang lain. Memang gajinya tidak melebihi gaji masinis namun masih tergolong sangat menjanjikan. 

Bagi anda yang sedang berjuang untuk menjadi karyawan dari PT. KAI, maka terus asah kemampuan untuk bisa menyelesaikan soal tes dan melewati babak wawancara. Anda harus siap karena nantinya akan bersaing dengan banyak orang. Kendati demikian, perjuangan tersebut layak untuk dikejar demi mendapat pekerjaan yang baik.

Tinggalkan komentar