Gaji PNS Golongan 3 A dan Tugasnya

Yuk Intip Gaji PNS Golongan 3A dan Tugasnya Berikut!

Diposting pada

PNS golongan 3A adalah salah atau profesi yang banyak diidamkan masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dengan menjadi seorang PNS akan diberikan banyak kelebihan baik fasilitas dan pastinya juga masalah gaji. Gaji PNS golongan 3A ini juga menjadi bagian yang banyak diidamkan banyak orang. Namun di satu sisi ia juga memiliki beberapa tugas penting seperti dibawah ini.

Gaji PNS Golongan 3 A dan Tugasnya

Baca Juga: Ingin Jadi Pramugari? Inilah Kisaran Gaji Pramugari Maskapai Besar Indonesia yang Harus Diketahui

Apa yang di Maksud dengan Pegawai Negeri Sipil? 

Mungkin sudah banyak yang tahu apa yang dimaksud dengan PNS, namun ada beberapa orang yang masih belum terlalu paham terkait seluk beluknya. Dimana yang dimaksud dengan PNS atau lebih lengkapnya pegawai negeri sipil ini merupakan lembaga pemerintahan yang memberikan pelayanan pada publik.

Sebagai salah satu bidang profesi, maka orang yang tergabung dalam pegawai negeri sipil ini harus menempuh pendidikan yang memadai. Pendidikan menjadi bagian yang sangat penting dalam kaitannya dengan profesi yang satu ini karena akan menentukan jabatan, jenjang karir di masa yang akan datang, dan juga gaji PNS golongan 3A.

Orang yang tergabung dalam jajaran pegawai negeri sipil ini ada berbagai macam, mulai dari camat, tenaga pengajar seperti guru dan dosen, perawat, hingga tingkatan dokter. Biasanya dokter yang tergabung dalam pegawai negeri sipil ini adalah mereka yang tergabung dalam kementerian kesehatan, pemerintah provinsi dan juga kota, hingga kemenristekdikti.

Ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan jika menjadi PNS. Berbagai kelebihan yang dimaksud seperti bebas dari berbagai kemungkinan adanya pemutusan hubungan kerja atau PHK. Pegawai negeri sipil ini jauh dari kemungkinan PHK karena ia memiliki peran untuk melayani masyarakat yang membutuhkan, terlepas dari berbagai krisis ekonomi apapun.

Tugas dari Pegawai Negeri Sipil Golongan 3A

Golongan 3 ini biasanya di sebut dengan penata dengan gaji PNS golongan 3A yang cukup. Dimana individu yang masuk dalam golongan ini biasanya adalah mereka yang tengah lulus mengenyam pendidikan S1 atau D 4 sampai dengan D3. Pegawai negeri sipil dengan golongan 3A dalam kaitannya ini umum di sebut dengan penata muda. 

Pegawai negeri sipil dengan golongan 3A ini memiliki peran dan juga tanggung jawab untuk bisa menjamin mutu dari sebuah proses dan juga output dan juga hasil dari pekerjaan yang dikerjakan oleh pengatur dari golongan 2. Untuk golongan 3 ini dibedakan pada empat tingkat. Mulai dari golongan 3A, 3B atau penata muda tingkat 1, golongan 3C, dan yang terakhir adalah 3D.

Perlu diketahui, bahwasannya gaji PNS golongan 3A ini tergolong cukup dan seorang pegawai ini juga memiliki kesempatan untuk melakukan kenaikan pangkat. Biasanya untuk kenaikan pangkat reguler yang dilakukan oleh PNS ini akan diberikan minimal sekitar 4 tahun sekali atau dengan kata lain setelah PNS ini bersangkutan menjabat posisi terakhir dalam waktu sekitar 4 tahunan sekali. 

Pada saat setiap 4 tahun dari PNS yang bersangkutan akan mendapatkan kenaikan pangkat dalam bentuk reguler. Biasanya untuk tahapan ini dimulai dari 3A, lalu naik ke bagian yang ada di bagian atasnya. Kerennya lagi, seorang yang tergabung dalam PNS ia juga memiliki kesempatan untuk mengambil sekolah lagi guna memperoleh ijazah yang jauh lebih tinggi.

Baca Juga: Ingin Cepat Diterima Kerja, Intip Surat Lamaran Kerja yang Benar Berikut

Gaji dari Pegawai Negeri Sipil dengan Golongan 3A

Setelah anda paham dengan apa yang dimaksud pegawai negeri sipil dan juga berbagi tugas serta kenaikan jabatannya, maka kini saatnya untuk tahu tentang gaji PNS golongan 3A. Perlu di garis bawahi, bahwasannya untuk masalah gaji di pegawai negeri sipil ini memiliki range gaji yang beragam.

Dimana untuk gaji yang diberikan oleh pihak pemerintah akan disesuaikan dengan golongan dan juga tingkat jabatan yang diberikannya. Dimana semakin tinggi golongan dan tingkatannya, maka gaji yang diterimanya juga akan lebih banyak. Itu juga berlaku untuk golongan dan juga tingkat sebaliknya.

Bagi pegawai negeri sipil yang saat ini menjabat pada golongan 3A atau yang biasa disebut dengan penata muda, dengan masa jabatan di bawah satu tahun sampai tiga puluh dua tahun, maka akan mendapatkan gaji pokok yang pas. Dimana untuk gaji yang akan di terumanya yaitu kurang lebih sekitar 2.579.400 sampai dengan 4.236.400 juta rupiah.

Gaji PNS golongan 3A yang diutarakan diatas belum termasuk dengan berbagai macam tunjangannya. Biasanya untuk pegawai negeri sipil ini ia bakal memperoleh tunjangan seperti untuk keluarga, pendidikan anak, makan, dan masih banyak yang lainnya. Dengan tunjangan tersebut, maka tidak heran banyak yang tertarik untuk berkarir dalam bidang PNS.

Baca Juga: Mau Dipanggil Interview? Berikut Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Dengan Benar!

Dari penjelasan diatas bisa diambil kesimpulan bahwasannya PNS atau lebih lengkapnya pegawai negeri sipil ini merupakan lembaga pemerintahan yang memberikan pelayanan pada publik. PNS dengan golongan 3A ini memiliki peran penting seperti menjamin mutu dan output dari pekerjaan golongan 2. Dan ia juga memiliki range gaji sekitar 2.579.400 sampai dengan 4.236.400 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.