Menjanjikan, Yuk Cari Tahu Gaji Nahkoda dan Pendidikan yang Harus Ditempuh

Apakah kamu pernah memiliki cita cita untuk keliling dunia dengan perahu besar? atau ingin memimpin pelayaran dengan kapal pesiar yang mewah? Jika pernah, mungkin nahkoda kapal menjadi karir yang cocok untuk kamu. Nahkoda seperti kepala yang akan memimpin pelayaran dan ternyata gaji nahkoda juga begitu menjanjikan. Simak ulasannya.

Menjanjikan, Yuk Cari Tahu Gaji Nahkoda dan Pendidikan yang Harus Ditempuh

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Tugas dan Juga Gaji Pilot Tahun 2022

Tanggung Jawab Nahkoda Kapal

Menjadi seorang nahkoda memang memiliki gaji yang cukup besar, tetapi sepadan dengan tanggung jawab yang diembannya. Kamu tentu saja harus mengetahui tanggung jawab pekerjaan sebagai nahkoda. Selama pelayaran berlangsung, seorang nahkoda harus bertanggung jawab atas kinerja semua awak kapal yang ada.

Karena selama perjalanan ini, Nahkoda akan bertanggung jawab juga akan kesejahteraan serta keselamatan semua penumpang ataupun awak kapal. Ketika ada kekeliruan ataupun kondisi darurat nahkoda juga harus melaporkannya. Bukan hanya perihal kapal saja, nahkoda juga akan memberikan rekomendasi terkait rute yang sesuai panduan yang berlaku.

Untuk menjalankan perannya, Nahkoda juga akan dibantu dengan awak kapal lainnya. Dengan tanggung jawab yang begitu besar, wajar jika gaji nahkoda juga tidak main main. Selama perjalanan Nakhoda juga harus memastikan jika operasi telah sesuai juga dengan peraturan dan hukum yang berlaku. Selain itu juga harus menciptakan suasana yang menyenangkan.

Pengetahuan dan Keahlian yang Harus Dipenuhi

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan jika tertarik untuk menjadi pelaut ini. Yang pertama yakni memiliki kekuatan fisik yang baik. Mengingat untuk menjadi seorang nahkoda, kamu harus sudah memiliki pengalaman berlayar sebelumnya. Pengalaman bekerja langsung di kapal ini selama 360 hari dalam jangka lima tahun.

Pada saat itu kamu harus bertanggung jawab yang berhubungan langsung dengan operasional kapal. Dan tes fisik juga harus dilalui untuk bisa tetap sehat selama melakukan pelayaran. Selain lolos fisik juga harus melalui lolos tes obat obatan. Tidak hanya fisik yang baik, seorang pelaut juga memiliki kemampuan koordinasi serta mekanik yang memadai.

Tujuannya agar bisa memperbaiki kapal serta mengoperasikannya. Untuk bisa menikmati gaji nahkoda yang besar, kamu juga harus memiliki keterampilan kepemimpinan, bisa bekerja dengan tim serta komunikasi yang baik. Nahkoda juga harus memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan yang baik, ilmu prosedur darurat dan keselamatan serta pengetahuan hukum pelayaran.

Maka untuk mendapatkan semua pengetahuan serta keterampilan tersebut harus menempuh pendidikan formal. Kamu bisa mengambil pendidikan SMK dengan jurusan Pelayaran. Bisa dilanjutkan dengan jenjang lebih tinggi yakni Ilmu Pelayaran. Kamu juga bisa mengembangkan keahlian seperti sistem operasi komunikasi laut, struktur alat pelayaran dan sistem perangkat lunak kapal.

Baca Juga: Tertarik Kerja Di PT. KAI? Yuk Intip Kisaran Gaji Masinis dan Beberapa Posisi Lainnya

Gaji dan Jenjang Karir Seorang Nahkoda

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya gaji seorang nahkoda memang tinggi. Tetapi untuk bisa sampai menjadi nahkoda ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Dimulai menjadi tim operasional, naik menjadi nahkoda jika semua syarat sudah bisa memenuhi. Kamu masih bisa naik jenjang yang lebih tinggi menjadi nahkoda senior dan struktur.

Gaji yang bisa didapatkan dari pekerjaan ini hingga Rp 100 juta setiap bulannya. Tentu saja gaji tersebut bisa didapatkan dengan cara bertahap. di awal pekerjaan gaji nahkoda mungkin sekitar Rp 4 sampai 5 juta setiap bulan dan untuk yang baru lulus kuliah pelayaran. Posisinya juga masih perwira, yang berarti di bawah dari nahkoda mengingat masih fresh graduate alias belum berpengalaman.

Gaji bisa lebih tinggi jika ikut dengan perusahaan asing, mencapai Rp 10 juta per bulan. Sementara yang sudah berpengalaman tentu bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi lagi. Gaji juga akan lebih besar jika bekerja pada kapal pengeboran minyak di tengah laut. Tentu saja akan sepadan dengan resiko yang harus dihadapi ketika bekerja nantinya. 

Alasan Mengapa Nahkoda Menjanjikan?

Peluang pekerjaan satu ini masihlah terbuka lebar, walaupun memang tidak mudah untuk prosesnya. Indonesia yang menjadi negara kelautan juga membutuhkan banyak nahkoda. Hanya saja untuk sekolah masih terbatas, ada beberapa sekolah pelayaran di kota kota tertentu saja. Tetapi pekerjaan yang mengharuskan di tengah laut ini memiliki jenjang karir yang bagus.

Untuk kamu yang suka dengan laut dan ingin berkeliling dunia bisa dengan cara satu ini. Nahkoda juga termasuk pekerjaan yang akan menjadi pegawai tetap pada  perusahan pelayaran. Dan tentu saja gaji nahkoda juga begitu besar, bisa ratusan juta setiap bulannya. Untuk bisa menjadi seorang nahkoda tentu kamu harus melakukan banyak tahapan lebih dahulu.

Jika kamu memang tertarik untuk menjadi seorang pelaut, tidak ada salahnya untuk mengambil jurusan pelayaran. Kesempatan karir yang begitu luas akan memberikan jaminan yang cerah. Walaupun untuk menjadi seorang nahkoda, kamu harus memiliki keahlian dan kemampuan tertentu. Yang jelas pekerjaan sebagai nahkoda di laut memiliki peluang yang begitu besar dan luas. 

Tinggalkan komentar