Ukuran lapangan bulu tangkis

Mengetahui Ukuran Lapangan Bulu Tangkis: Peraturan & Perhitungan Poin

Artikel kali ini akan mengulas secara lengkap seputar ukuran lapangan bulu tangkis baik tunggal maupun putra, berikut peraturan, sistem poin, hingga ketentuan-ketentuan penting didalamnya.

Tahukah Anda bahwa sejarah bulu tangkis itu berawal dari sebuah permainan Ti Zian dari Cina yang muncul di abad ke-2 SM.

Di Indonesia sendiri, bulu tangkis merupakan olah raga yang paling populer setelah sepak bola, dan menjadi olah raga yang menggunakan raket tercepat di dunia.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk bermain atau menekuni olah raga ini tentu harus menguasai dulu seluk beluk permainan bulu tangkis dengan benar agar kalian bisa lebih mudah menguasai permaianan.

Disini kita akan membahas lebih ke hal bagaimana lapangan bulu tangkis secara keseluruhan, peraturan hingga sistem poinnya. OK lanjut!

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis
Remaja Online

Pada umumnya, bentuk lapangan bulutangkis yaitu persegi empat memanjang dan terbagi menjadi dua bidang permainan. Dimana setiap pemain menempati posisinya masing-masing dengan net sebagai pembatas diantaranya.

Berdasarkan aturan resminya, ukuran panjang lapangan bulu tangkis secara keseluruhan adalah 13,40 m, sedangkan lebar lapangannya adalah 6,10 m.

Kedua ukuran ini masih harus dibagi lagi menjadi dua bidang permainan untuk masing-masing pemain.

Selain itu, setiap bidang lapangan mempunyai tempat khusus untuk penerima servis dan juga sekaligus tempat melakukan servis.

Jarak antara garis servis depan dengan net kira-kita sekitar 1.98 dan bagian untuk servis juga dibatasi dengan garis samping lapangan dengan ukuran 3.05 m.

Kemudian dalam bulu tangkis, ada beberapa perbedaan ketentuan antara servis permainan tunggal dan ganda, dimana untuk permainan ganda, jarak servis bagian belakang dengan garis belakang adalah 0.76 m.

Sedangkan untuk garis samping untuk permainan tunggal garis paling pinggir lapangannya yaitu 0,46 m.

Dan untuk memperkecil adanya resiko cedera, maka setiap lapangan bulutangkis di tingkat internasional biasanya sudah dilapisi dengan karpet karpet.

Warna karpet lapangan bulutangkis yang paling umum dipakai adalah warna hijau.

Bahkan pertandingan bergengsi sekelas All England (level turnamen tertua di dunia) menggunakan warna hijau sebagai karpet lapangan.

Selain warna hijau, macam macam warna lapangan bulu tangkis ada warna coklat, warna merah, warna biru dan warna ungu, salah satu kejuaraan yang menggunakan karpet selain warna hijau adalah World Tour Finals 2019.

Sementara untuk memperjelas arena lapangan maka sangat disarankan untuk menggunakan warna-warna garis yang kontras atau cerah terhadap warna lapangan, adapun warna yang baik digunakan sebagai warna garis adalah warna kuning atau warna putih.

Kejuaraan yang dihelat di Guangzhou, Tiongkok ini memakai karpet yang berwarna merah.

Berikut Ini Ukuran Lapangan Bulu Tangkis secara Rincinya

peraturan permainan Badminton
toriqa.com

Berikut ini penjabaran singkat dan padat mengenai ukuran dari lapangan Badminton, yaitu:

  1. Panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter.
  2. Lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 meter.
  3. Jarak antara garis net dengan garis servis yaitu sekitar 1,98 meter.
  4. Jarak antara garis servis tengah dan garis samping lapangan yaitu 3,05 meter.
  5. Jarak antara garis servis belakang yang digunakan untuk pertandingan ganda dengan garis belakang lapangan yaitu 0,76 meter.
  6. Jarak antara garis samping yang digunakan dalam permainan tunggal dengan garis pinggir lapangan yaitu 0,46 meter.
  7. Tinggi tiang net lapangan bulu tangkis adalah 1,55 meter.
  8. Tinggi net Lapangan bulu tangkis adalah 1,55 meter.

Apakah Ada Perbedaan Ukuaran Lapangan Bulu Tangkis Nasional dan Luar Negeri?

Ukuran lapangan bulu tangkis atau badminton seperti diatas itu sudah digunakan dalam standar nasional dan internasional.

Jadi, tidak ada perbedaan antara ukuran Lapangan bulu tangkis di tingkat Nasional (Indonesia) maupun di Luar Negeri, karena mempunyai standar serta ketentuan yang juga sama.

Yang perlu Anda tau, yang membedakan ukuran lapangan badminton itu hanya pada kategori pertandingannya saja, misalnya ketika memainkan pertandingan di partai ganda (double) atau di pertandingan partai tunggal (single).

Mau tau bagaimana sejarah boa kasti, berikut teknik dan perturan permaianan olah raga bola kasti, klik saja di sini.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Putra dan Putri

Ketentuan Badminton Tunggal Putra dan Putri
GenPI.co

Untuk pertandingan partai tunggal atau single match lebar daerah permainannya menggunakan garis lapangan samping bagian dalam, sementara panjang area permainannya memakai garis lapangan belakang bagian luar.

Biar lebih jelas, berikut ini merupakan ukuran lapangan badminton untuk partai tunggal:

  1. Panjang lapangan bulu tangkis: 13,40 meter.
  2. Panjang lapangan bulu tangkis: 4,72 meter.
  3. Lebar lapangan bulu tangkis: 5,18 meter.
  4. Lebar lapangan permainan penerima servis yaitu: 2,59 meter.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda Putra dan Putri

Ukuran Lapangan Bulu Badminton Ganda Putra dan Putri
toriqa.com

Untuk pertandingan partai ganda, patokan lebar area permainan menggunakan garis samping lapangan bagian luar.

Sementara untuk panjang area permainannya menggunakan garis yang ada di belakang lapangan bagian luar, kecuali ketika akan service untuk pertandingan partai ganda menggunakan garis lapangan belakang bagian dalam sebagai patokan panjang area lapangan permainan.

Supaya lebih jelas, berikut ini adalah ukuran lapangan bulu tangkis atau badminton untuk partai ganda:

  1. Panjang bidang permainan bulu tangkis yaitu 13,40 meter.
  2. Lebar bidang permainan lapangan adalah 6,10 meter.
  3. Panjang bidang penerima servis adalah 3,96 meter.
  4. Lebar bidang penerima servis sekitar 3,05 meter.

Sebagai catatan, untuk pemain yang berusia 9 tahun kewah, maka ukuran lapangan badminton yang digunakan adalah panjang 10,05 m sedangkan untuk lebarnya adalah 4,40 m.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Selain mengetahui ukuran-ukuran lapangan bulu tangkis, tidak kalah penting Anda juga perlu tau soal peraturan-peraturan pada permainan bulu tangkis.

Kenapa? karena dengan mengetahui berbagai peraturan yang berlaku dan mengikat sistem pertandingan, maka Anda dapat menghindari berbagai kesalahan dalam permainan bulu tangkis.

Nah, berikut ini beberapa peraturan yang ada dalam permainan bulu tangkis, diantaranya.

Servis

aturan teknik service bulu tangkis bulu tangkis
toriqa.com

Servis merupakan upaya pemain untuk memulai permainan dengan memukul shuttlecock (bola dalam bulu tangkis) yang dilakukan dari satu sisi bidang servis kiri atau kanan menyilang ke bidang area penerimaan lawan.

Contohnya adalah, jika Anda melakukan servis dari sisi kanan maka servis kok diarahkan ke sebelah kiri area servis lawan, begitupun sebaliknya bagi lawan Anda.

Selain itu, jumlah poin yang Anda dapatkan itu juga menentukan posisi servis Anda, jika Anda memperoleh jumlah poin genap atau nol maka posisi servis dilakukan di sebelah kanan, begitu juga sebaliknnya, jika jumlah yang anda dapatkan kebetulan ganjil, maka servis dilakukan dari sebelah kiri.

Untuk menentukan siapa yang melakukan servis pertama di set yang pertama, maka dilakukan sistem undian, sementara untuk set berikutnya servis pertama dilakukan oleh pemenang.

Sistem Pindah Bola

  1. Sebelum pertandingan dimulai masing-masing pasangan pemain bulu tangkis harus menentukan satu pemain sebagai orang pertama. Hal seperti ini juga berlaku untuk setiap set pertandingan.
  2. Orang pertama yang akan melakukan service ditentukan oleh jumlah poin genap atau ganjil yang diperoleh.
  3. Setiap pasangan pemain punya kesempatan servis (masing-masing setiap pemain) sebelum pindah bola, kecuali untuk servis.
  4. Setiap kesempatan servis pada saat pindah bola maka servis pertama dilakukan oleh orang yang menempati posisi sebelah kanan, bukan orang pertama.

Sistem Reli Poin

  1. Setiap pasangan pemain hanya mempunyai satu kali kesempatan servis, artinya tidak ada servis kedua.
  2. Servis sendiri dilakukan oleh pemain berdasarkan dimana posisi dia berada, seperti diatas, posisi servis ditentukan berdasarkan jumlah poin yang di peroleh.
  3. Pemain yang sama akan terus melakukan servis hingga lawan mendapatkan poin tambahan, baru bisa melakukan service.

Sistem Perhitungan Poin Dalam Permainan Bulu Tangkis

Mulai bulan Mei 2006, disetiap kejuaraan resmi yang juga diterapkan untuk semua partai, sistem perhitungan poin dalam pertandingan menggunakan sistem 3×21 reli poin.

Untuk menentukan pemenang yaitu tim yang mendapatkan kemenangan sebanyak dua setlah yang berhak diputuskan sebagai pemenang.

Namun, jika di set yang kedua sudah ada yang diketahui pemenangnya (menang dua kali berturut-turut), maka tidak perlu melakukan pertandingan set ketiga.

Ketentuan Garis Lapangan Bulu Tangkis

Ketentuan Garis Lapangan Bulu Tangkis
toriqa.com

Selanjutnya kita akan membahas soal ketentuan garis lapangan bulu tangkis secara lebih mendalam yang umumnya digunakan dalam berbagai pertandingan badminton.

Garis Lapangan Bulu Tangkis di Area Servis

Kita akan memperjelas bagaimana garis dalam lapangan bulu tangkis yang digunakan dalam pertandingan partai tunggal ataupun pada partai ganda.

Seperti yang sudah diatas bahwa bidang area servis yang digunakan dalam pertandingan bulu tangkis partai tunggal dan juga partai ganda itu sedikit berbeda.

Untuk lapangan pada partai tunggal area servis yang digunakan adalah garis samping bagian dalam sedang garis belakangnya  menggunakan garis belakang bagian luar sehingga mempunyai ukuran lebar 5,18 meter dan panjang 13,40 meter.

Sementara untuk pertandingan partai ganda, garis yang digunakan adalah garis samping bagian dalam sedang garis belakangnya menggunakan garis belakang bagian luar, sehingga mempunyai ukuran lebar  hingga 6,10 meter dan panjangnya 11,88 meter.

Sebelum bermain bulu tangkis, Anda perlu tau bagaimana ketentuan garis mati dalam lapangan bulu tangkis, dan juga ukuran bidang area servis.

Karena hal ini penting serta erat kaitannya dengan peraturan untuk mendapatkan poin, karena jika Anda salah dalam mengarahkan bola dari garis yang telah ditentukan, maka otomatis lawan akan mendapatkan poin tambahan dari kesalahan Anda ini.

Tebal Garis Lapangan Lapangan Bulu Tangkis

Bukan hanya ukuran lapangan bulu tangkis saja yang mempunyai standar khusus loh, ketebalan garis untuk membuat garis pada lapangan pun juga ada standarnya.

Kenapa demikian, karena hal ini bertujuan agar ketebalan garis tidak mengganggu ukuran lapangan yang telah ditentukan.

Apabila ada garis lapangan yang terlalu tebal maka itu dapat mempengaruhi ukuran lapangan, begitu juga ketika garis lapangan ada yang terlalu tipis, maka membuat garis tidak nampak jelas sehingga dapat menyusahkan wasit dalam menentukan jalannya pertandingan.

Standar ketebalan garis lapangan bulu tangkis yaitu yang berukuran 40 mm serta harus menggunakan warna yang kontras dibandingkan dengan warna pada lapangan.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Mini

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Mini
Datsun

Seperti yang disinggung sedikit diatas, ukuran lapangan bulu tangkis mini yang dipakai untuk anak-anak yang masih dibawah umur itu ada dua jenis ukuran lapangan bulu tangkis mini. Diantaranya yaitu untuk anak dibawah umur 9 tahun, selain itu juga bisa untuk kategori anak usia 9 tahun hingga 12 tahun.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ukuran lapangan bulu tangkis mini yang biasa digunakan untuk anak-anak.

Untuk Anak-Anak Usia di bawah 9 Tahun:

  • Panjang lapangan bulu tangkis yaitu 10,05 meter.
  • Lebar lapangan bulu tangkis yakni 4,40 meter.

Untuk Anak-Anak Usia 9 Hingga di bawah 12 Tahun:

  • Panjang lapangan bulu tangkis yaitu 11,88 meter.
  • Lebar lapangan bulu tangkis yaitu 5,18 meter.

Macam Macam Level Kejuaraan Pertandingan Bulu Tangkis

Kejuaraan BWF

Jenis kejuaraan ini merupakan kejuaraan paling resmi karena dihelat secara langsung oleh induk bulu tangkis dunia (BWF).

Selain itu, kejuaraan ini merupakan kejuaraan dengan level tertinggi dari seluruh kejuaraan bulu tangkis yang ada, nah ada apa saja itu, berukut ini daftarnya.

  1. Kejuaraan dunia.
  2. Kejuaraan dunia junior.
  3. Piala thomas (kategori beregu putra)
  4. Piala uber (beregu putri)
  5. Piala sudirman (beregu campuran)

Kejuaraan Individu

Selain adanya beberapa kejuaraan yang langsung diadakan oleh BWF, ternyata ada juga kejuaraan yang diadakan sendiri oleh negara-negara anggota BWF.

Kejuaraan-kejuaraan bulu tangkis telah ditentukan dan dibagi oleh BWF dalam beberapa tingkatan.

Dan di setiap tingkatan itu juga ada beberapa perbedaan, misalnya dari jumlah nilai (point) hingga hadiah uang tunai yang akan diterima oleh pemenang.

Beberapa tingkatan tersebut diantaranya yaitu.

  1. BWF Event.
  2. Super Series Premier.
  3. Super Series.
  4. Grand Prix Gold.
  5. Grand Prix.
  6. International challenge.
  7. International Series.
  8. Future Series

Demikianlah pembahasan singkat mengenai ukuran lapangan badminton baik tunggal maupun ganda.

Sebagai pemain atau yang hobi bermain bulu tangkis maka sudah sewajarnya kita mengetahui seluk beluk tentang lapangan bulu tangkis agar kita bisa bermain dengan baik dan benar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua baik untuk mengerjakan tugas ataupun untuk sekedar menambah wawasan seputar ukuran lapangan badminton.

Lihat juga artikel-artikel terkait lainnya di website ini seperti:

Teknik dan sejarah permainan bola kasti.

Ada juga sejarah dan teknik permaianan tenis meja. Untuk menambah wawasan Anda seputar olah raga yang cukup populer di tanah air.

Tinggalkan komentar