Ukuran Kertas Folio Lengkap & Detail Standart ISO [Cm, Mm, Inc, Pixel]

Disini saya akan share informasi tentang ukuran kertas folio dan perbedaannya dengan kertas HVS. Karena masih banyak orang salah paham akan perbedaan keduanya.

Hal ini wajar saja, karena dipasaran kedua jenis kertas ini merupakan jenis kertas yang paling banyak beredar di pasaran dan tentu sering kita temui selain kertas letter yang juga marak penggunaannya di indonesia.

Mengetahui jenis kertas serta masing-masing ukurannya sangat penting bagi kita, karena secara global pun kertas sudah standarisasinya (boleh tidaknya digunakan). Serta untuk menghindari kekeliruan dalam ketika kita mencetaknya di mesin fotocopy maupun printer.

Mari simak penjelasan singkatnya dibawah ini :

Ukuran Kertas Folio Secara Umum

Ukuran Kertas Folio Secara Umum dalam berbagai satuan
toriqa.com

Kertas folio merupakan salah satu jenis kertas yang paling banyak fungsi penggunaannya, di tempat fotocopy atau perkantoran, ukuran kertas folio juga lazim ditemui setelah kertas A4.

Jika ukuran kertas A4 yang paling paling banyak kita temui ialah yang berdimensi 8.3×11.7 inci atau 210×297 mm, maka untuk ukuran kertas folio paling umum kita dapati adalah 8.5×13.5 inci atau 216×343 mm.

Namun masih banyak loh orang kadang salah paham tentang ukuran kertas folio yang sering disamakan dengan ukuran kertas legal yang terdapat pada program Microsoft Word di komputer atau PC.

Padahal nih anggapan tersebut salah. Walaupun sebenarnya secara jenis keduanya sama, namun ukuran kertas legal itu berbeda dengan kertas folio.

Jika dibandingkan dengan kertas legal, ukuran kertas folio lebih pendek 2 cm dalam program Microsoft Word.

Nah, jika ingin sama antara ukuran kertas yang dicetak dengan ukuran kertas di program komputer tersebut, maka kita harus melakukan sedikit setting ulang pada kertas dengan mengganti lebarnya menjadi 21.5 cm dengan tinggi 33 cm.

Kertas folio ini lebih banyak digunakan sebagai (sarana) untuk kertas pembukuan, karena ukurannya yang lebih besar dan panjang, juga banyak tersedia dalam bentuk kertas folio bergaris. Sementara untuk versi polosnya, kertas folio ini lebih populer dengan sebutan kertas F4.

Berapa Ukuran Kertas Folio (Dalam Mm, Cm, Inch)

Meski secara fungsi dalam berbagai aspek kehidupan, kertas folio ini hampir sama dengan kebanyakan jenis kertas lainnya, yaitu digunakan sebagai pelengkap berbagai macam dokumen.

Namun secara ukuran kertas folio tidak sama dengan kertas lainnya, dimana kertas folio cenderung sedikit lebih panjang dibandingkan jenis kertas A4 contohnya.

Adanya banyak macam ukuran kertas, menjadikan kertas folio menjadi salah satu kertas yang cukup banyak dibutuhkan oleh berbagai macam kepentingan.

Sederhananya, Anda bisa lihat pembagian serta perbedaan ukuran untuk kertas Folio dalam tabel dibawah ini.

Ukuran Kertas Folio
MMCMINCH
210 x 330 mm21,0 x 33,0 cm8,27 x 12,99 inch

Sebenarnya secara Internasional, ukuran kertas folio telah ditetapkan standarisasinya, sehingga dengan adanya standar tersebut, semua negara bisa menggunakan kertas folio sesuai dengan ukuran yang digunakan dalam negara tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa ukuran kertas folio dalam masing-masing satuan :

Ukuran Kertas Folio dalam Milimeter (Mm)

Dalam ukuran kertas folio terdapat jenis satuan ukuran milimeter, yang mana dalam satuan milimeter, ukuran kertas folio ini adalah 210 x 330 mm.

Ukuran Kertas Folio Dalam Centimeter (Cm)

Selain satuan milimeter, juga ada satuan centimeter, dalam ukuran centimeter, kertas folio berukuran 21,0 x 33,0 cm.

Ukuran Kertas Folio Dalam Inchi (Inc)

Dalam satuan inchi nih, ukuran kertas folio yaitu 8,27 x 12,99 inc.

Ukuran Kertas Folio dalam Pixel

Selain beberapa ukuran diatas, ada pula satuan pixel yang biasa digunakan dalam dunia desain grafis, yang disesuaikan dengan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna pada setiap inchinya.

Dalam grafis komputer, Dots adalah titik warna yang disebut pixel.

  • Kertas Folio dalam pixel (72 DPI) adalah 609 x 935 pixel.
  • Kertas Folio dalam pixel (96 DPI) adalah 813 x 1247 pixel.
  • Kertas Folio dalam pixel (150 DPI) adalah 1270 x 1949 pixel.
  • Kertas Folio dalam pixel (300 DPI) adalah 2539 x 3898 pixel.

Ukuran Kertas Folio Bergaris

Ukuran Kertas Folio Bergaris & cara settingnya di word dan excel
toriqa.com

Secara umum, kertas jenis ini banyak digunakan dalam kegiatan mencatat atau menulis sesuatu secara manual.

Adapun ciri khas dari kertas ini diantaranya mempunyai sedikit tepian di bagian atas dan bawahnya sebagai pembatas.

Bentuk kertas folio bergaris ini sedikit lebih panjang dari pada kertas folio yang biasa, atau yang umum disebut dengan kertas F4.

Salah satu fungsinya adalah dapat menegaskan bahwa kertas ini dapat digunakan untuk kegiatan manual. Bahkan di era sekarang masih banyak para siswa hingga mahasiswa yang memerlukan yang namanya kertas folio bergaris untuk menulis laporan praktikum serta beberapa tugas penting lainnya.

Selain itu, manfaat kertas folio bergaris juga sangat baik untuk para kalangan awam, seperti dalam rangka pembuatan surat lamaran kerja manual (dibuat dengan tangan) surat pernyataan tulis tangan, surat perjanjian manual, dan beragam keperluan tulisan manual lainnya.

Ciri khas yang dapat memudahkan kita dalam mengenali kertas folio bergaris ini ialah, kertas ini per satu lembarnya terbagi menjadi dua lembar, jadi jika ada beberapa kertas folio bergaris jika digabungkan akan membentuk seperti buku besar.

Cara Setting Ukuran Kertas Folio di Word

  • Buka halaman Ms Word, lalu pilih menu PAGE LAYOUT, setelah itu pilih Size, kemudian lanjut pilih More Parer Size.
Pada halaman Ms Word silahkan pilih menu PAGE LAYOUT kemudian pilih Size lalu pilih More Parer Sizes…
toriqa.com
  • Pada pengaturan paper size silahkan ganti menjadi custom size lalu ubah ukuran widthnya menjadi = 21,59 cm dengan  = 33 cm, atau dalam satuan inchi-nya yaitu width = 8,5″ dan height = 13″. terakhir klik OK.
cara setting ukuran kertas folio
toriqa.com

Anda sudah menyelesaikan settingan kertas folio, jika sudah benar caranya. Biasanya ukuran halaman kertas Ms Word nanti akan berubah menjadi HVS atau F4.

Oh iya, cara ini juga dapat digunakan pada Mirosoft Word versi 2007, 2010, 2013 dan 2016.

Mungkin dari segi tampilan berbeda, anda tidak perlu bingung, namun intinya caranya sama, yaitu melalui menu page layout>>size>>more paper sizes>>paper size diubah menjadi custom size. Kemudian tinggal sesuaikan saja dengan ukuran kertas HVS atau F4 seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Cara Setting Ukuran Kertas Folio di Excel

Seperti yang kita tau, dalam dunia tata administrasi surat menyurat, kertas F4 termasuk yang paling banyak digunakan.

Namun tak jarang dalam bekerja menggunakan Excel pilihan jenis kertas F4 tidak ditemukan, alias tidak tersedia.

Maka dari itu, salah satu cara mengatasi hal ini yang umum digunakan adalah dengan menggunakan jenis kertas legal (22 cm x 36 cm).

Cuman ada kelemahannya, yaitu kita akan sedikit direpotkan karena terus menerus mencoba secara berulang untuk menyesuaikan, supaya dokumen hasil cetakan atau print out tidak terpotong alias terputus-putus.

Intinya pertama anda harus menginstal Aplikasi Foxit Reader terlebih dahulu, Aplikasi ini nantinya berguna untuk membuka dan mengedit dokumen berformat PDF.

Anda juga tidak perlu kawatir akan kecilnya kapasitas Komputer, karena Aplikasi ini tergolong sangat ringan.

Nanti, pada saat proses Instalasi, aktifkan saja Foxit Reader PDF Printer, jika semuanya sudah siap, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat ukuran kertas folio atau juga kertas F4.

  • Buka Apl Ms Office Excel (berbagai versi caranya tetap sama).
  • Pada sisi pojok kiri atas layar utama Excel di komputer, klik saja FILE.
  • Kemudian klik Print, lalu klik lagi pada pilihan driver Printer, setelah itu pilih Foxit Reader PDF Printer.
cara setting ukuran kertas folio / f4 di excel
toriqa.com
  • Selanjutnya klik Printer Properties.
ukuran kertas folio di excel
toriqa.com
  • Setelah itu akan muncul jendela Properti Foxit Reader PDF Printer. Nah, anda klik saja tab Layout, kemudian pada Unit of Metrics pilih Centimeter.
Cara setting kertas yang mudah
toriqa.com
  • Lanjut klik Custom Page Size.
cara setting data di excel
toriqa.com
  • Ditahap berikutnya akan muncul lagi sebuah jendela baru, yaitu jendela Custom Page Size, klik Add.
pengaturan kertas di excel
toria.com
  • Tahap berikutnya akan muncul lagi jendela baru, ini biasanya jendela terakhir yang muncul. Nama dari jendela adalah add/Edit Custom Page Sizes. Di kotak ini anda ikuti saja pengaturannya sesuai pada gambar berikut. Kemudian Ketik Name (nama jenis kertas yang anda gunakan): F4. Aturlah Width: 21,59 cm. Dan height: 33 cm. Selanjutnya klik OK.
jenis jenis kertas excel dan cara settingnya
toriqacom
  • Selanjutnya klik lagi OK 2 kali, maka semua jendela yang aktif pada layar monitor akan tertutup.
  • Nah, kertas F4 sekarang sudah tersedia pada pilihan jenis kertas, di Page Layout. Mari kita buktikan. Sekarang klik tombol Back yang ada pada pojok kiri atas layar untuk kembali ke halaman utama Microsoft Excel.
  • Selanjutnya pilih tab Page Layout, kemudian klik kotak kecil yang pada sisi kiri bawah menu Page Setup. Selanjutnya perhatikan beberapa pilihan jenis kertas di Paper size. Gulir mouse sampai kebawah. Lihat apakah jenis kertas F4 sudah ada?
pengaturan di excel tentang ukuran kertas folio
toria.com
  • Lalu klik OK. Sekarang lembar kerja Excel sudah siap untuk Anda gunakan. Settingan untuk ukuran jenis kertas yang anda pilih sudah jadi permanen juga untuk Microsoft Office Word, jadi anda tidak perlu lagi mengatur ulang.

Mungkin cukup sekian apa info yang bisa saya share dalam artikel ini, lihat juga update artikel lainnya tentang ukuran kertas A3 dan kertas A4 secara lengkap disini.

Tinggalkan komentar