Ukuran Kertas A4 Standart ISO [Cm, Mm, Inch & Pixel] Fungsi & Cara Buat

Mohon izin berbagi, disini saya akan share tentang topik sederhana sebenarnya, yaitu tentang ukuran kertas A4 secara standart Internasional ISO. Khususnya untuk para pemula dalam dunia komputer. Disini saya juga berbagi sambil lalu belajar.

Mengapa ini penting?

Karena setiap kertas ukurannya berbeda-beda, beda fungsi juga beda ukuran. Bahkan satu jenis kertas pun (misal kertas A4) juga punya satuan-satuan khusus yang berlaku di suatu negara.

Ada satuan dalam (CM, MM, Inch & Pixel)

Setiap ukuran kertas juga sangat berpengaruh terhadap hasil print atau pencetakan gambar.

Mari kita pahami bersama dalam oretan singkat dibawah ini.

Ukuran Kertas A4

ukuran kertas A4
toriqa.com

Kertas A4 merupakan salah satu kertas dengan ukuran (kertas) tertentu yang paling banyak dipakai di Indonesia untuk berbagai keperluan, misalnya pembuatan dokumen dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, bahkan pada hampir semua jenis gadged juga menggunakan pengaturan default A4, khususnya dalam hal cetak dokumen.

Ukuran kertas A4 tidak hanya menjadi ukuran default di Indonesia saja, namun jenis kertas ini juga sudah diakui secara internasional loh.

Anda bisa cek tentang persetujuan dan juga standarisasi kertas dengan ukuran A4 dalam sertifikasi ISO 216, dalam standar tersebut mengatur ukuran kertas yang berlaku secara Internasional.

Meskipun ukuran kertas A4 sudah cukup populer, namun tak jarang loh kita kesulitan dalam menemukan preset ukuran tersebut di beberapa aplikasi.

Alhasil, kita harus melakukan setting secara manual dengan panjang dan lebar yang sesuai standar. Kan bikin ribet jika kita tidak mengetahui berapa sebenarnya ukuran kertas A4.

Ukuran Kertas A4 Dalam CM

Bagi yang belum tahu nih, ukuran kertas A4 dalam satuan centimeter (CM) itu adalah 21 x 29,7 cm. Sementara lebar dari kertas tersebut ialah 21 cm. Panjangnya adalah adalah 29,7 cm.

Memang ukuran sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran kertas F4.

Umumnya, satuan centimeter (CM) ini banyak digunakan dalam lembar Microsoft Word.

Selain itu juga sering digunakan untuk mengukur kertas secara langsung menggunakan penggaris, karena satuan Centimeter lebih banyak digunakan di Indonesia.

Ukuran A4 Dalam MM

Jika dalam satuan Milimeter, ukuran kertas A4 adalah 210 x 297 mm, dengan lebar kertas 210 mm dan panjang kertas adalah 297 mm.

Nah, untuk satuan milimeter, di Indonesia sendiri memang agak (tergolong) jarang digunakan karena sudah ada satuan centimeter. Meski sebenarnya satuan kertas dalam MM ini lebih presisi, lebih efektif untuk digunakan jika ingin mendapatkan nilai yang lebih presisi.

Ukuran A4 Dalam Inci

Kertas A4 dalam satuan pixel mempunyai ukuran 2480 x 3508 PX, dengan resolusi 300dpi.

Sementara tinggi kertas adalah 2480px, dengan panjang yaitu 3508px.

Ukuran PPI dan DPI yang digunakan adalah 300.

Dan biasanya nih, ukuran di atas lebih banyak digunakan pada aplikasi photo editing seperti Photoshop dan aplikasi lainnya.

Tapi memang sih untuk ukuran pixel biasanya digunakan untuk keperluan fotografi, seperti misalnya untuk cetak foto.

Maka dari itu, pada nilai pixel di atas kita menggunakan resolusi 300dpi supaya hasil gambar tidak pecah.

Hal tersebut sesuai dengan rekomendasi minimal untuk cetak foto atau gambar.

Ukuran Kertas A4 dalam Piksel

Ukuran kertas dalam Cm, Mm, Inch dan Pixel
toriqa.com

Dalam satuan piksel atau pixel, kertas A4 memiliki ukuran 2480 x 3508 Pixel dengan dengan resolusinya adalah 300 dpi.

Untuk PPI atau DPI yang digunakan adalah 300. Ukuran kertas A4 secara umum digunakan dalam aplikasi photo editing seperti Photoshop dan lainnya. Karena menag lebih banyak digunakan dalam bidang fotografi. Misalnya dalam mengatur ukuran kertas yang akan digunakan untuk cetak foto.

Rekomendasi minimal untuk cetak foto adalah 300dpi untuk resolusinya agar gambar lebih bagus dan tidak pecah.

Ukuran Kertassatuan mmsatuan cmsatuan inci
A4210 x 29721,0 x 29,78,27 x 11,69

Cara Mengatur Kertas A4 di Word & Excel

Bagi para pemula atau yang belum biasa dalam setting ukuran kertas, kadang kala kan kita bingung, berapa sih ukuran ideal untuk sebuah lembar kerja (kertas) di software word maupun excel agar hasilnya bagus.

Disini saya akan sertakan juga penjelasannya untuk anda.

Cara Setting Ukuran Kertas A4 di MS Word

  1. Buka Software / Apl Ms Word di laptop atau PC.
  2. Klik menu Layout.
  3. Lanjut klik tanda panah pada bagian Page Setup.
  4. Kemudian klik tab menu Paper.
  5. Pilihlah A4 pada bagian Paper size. Jika tidak ditemukan, coba pilih ke Custom size dan isikan 21 cm pada Width, dan atur juga Height-nya menjadi 29.7 cm.
  6. Klik OK.

Cara Setting Ukuran Kertas A4 di Excel

  • Buka Apl Photoshop Komputer atau Laptop.
  • Klik File lalu pilih ‘New’.
  • Kemudian setting dengan mengubah satuan menjadi Pixels pada bagian ‘Width dan Height’.
  • Ketik 2480 pada ‘Width’ dan 3508 pada ‘Height-nya’.
  • Isikan 300 pada ‘Resolution’ jangan lupa pastikan satuannya adalah ‘Pixels/Inch’.
  • Klik ‘OK’.

Gramasi Kertas HVS A4

Gramasi Kertas HVS A4
toriqa.com

Apa itu Gramasi? gramasi atau gramatur merupakan istilah untuk menyebut besaran berat pada setiap kertas. Untuk kertas A4 sendiri ukuran gramasinya antara 60 gram hingga dengan 80 gram.

Jadi, semakin tinggi ukuran gramasi maka itu bisa menunjukkan tingkat kualitas dari kertas tersebut serta tingkat keawetannya.

Berdasarkan fakta ini, jika anda ingin membeli kertas yang baik dan berkualitas, disarankan untuk mencari yang tingkat gramasinya tinggi.

Caranya bagaimana?, caranya cukup mudah kok.

Anda hanya perlu membeli kertas A4 dengan warna putih bersih. Karena ada 2 jenis kertas A4 yang umum beredar, yaitu berwarna putih bersih dan abu-abu buram.

Nah, untuk yang warna abu-abu buram biasanya punya ukuran gramasi rata-rata cukup ringan dan tidak begitu kuat.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk anda memilih kertas dengan warna putih bersih.

Fungsi & Penggunaan Ukuran Kertas A4

Fungsi kertas dengan ukuran A4 banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Cara pemakaiannya juga telah di standarisasi secara internasional/ISO, sehingga kita bebas menggunakannya baik di Indonesia maupun di negara manapun.

Berikut ini beberapa fungsi penggunaan kertas A4 yang umum kita temui di dalam negeri.

Untuk Pembuatan Sertifikat

Sebenarnya, sertifikat punya dimensi yang cukup fleksibel. Namun yang paling banyak dipakai yaitu yang berukuran A4 dan ukuran F4.

Jika dibandingkan dengan kertas HVS yang biasa, kertas sertifikat lebih tebal.

Untuk Ukuran Default Pengaturan Kertas Internasional

Tidak hanya dipakai untuk ukuran pencetakan legal seperti yang banyak digunakan di Indonesia, ataupun di negara-negara lain. Namun ukuran kertas A4 juga digunakan sebagai ukuran default pada komputer di hampir di semua negara di dunia.

Untuk Cetak Foto

Sering kali kita temukan penggunaan kertas A4 untuk mencetak foto, namun bukan pada kertas HVS, melainkan pada kertas foto A4 yang lebih tebal dan glossy.

Kita bisa print secara full dengan mengatur settingan margin menjadi 0.

Untuk Poster

Walaupun jika dilihat ukurannya agak kecil, namun poster A4 tidak kalah populer loh.

Poster dengan size tersebut bisa kita tempel di mading maupun tempat-tempat lainnya.

Cara membuatnya juga relatif mudah jika kita menggunakan satuan pixel seperti yang saya jelaskan diatas, kita bisa membuatnya menggunakan Photoshop. Atau bisa juga kita manfaatkan aplikasi MS Word yang lebih mudah dengan satuan cm di atas.

Untuk Dokumen Resmi

Kertas dengan ukuran A4 juga berfungsi untuk digunakan sebagai syarat utama pencetakan dokumen penting.

Bahkan kertas jenis ini juga bisa digunakan dalam tugas akhir seperti skripsi atau makalah sebagai ukuran standar yang digunakan.

Atau anda juga bisa menggunakannya dalam pembuatan dokumen legal, seperti proposal atau berbagai surat lain sebagai ukuran standar yang disepakati.

Cara Print Kertas A4 & Settingannya

Ok, setelah membahas tentang berbagai ukuran kertas A4 untuk beragam keperluan, serta cara membuatnya di berbagai aplikasi. Nggak ada salahnya kiranya jika saya juga turut memberikan tutorialnya tentang bagaimana cara mengatur ukuran kertas ini sebelum di print.

Langkah-langkahnya seperti berikut ini :  

  • Buka file dokumen Microsoft Word di PC atau Laptop anda.
  • Kemudian aturlah ukuran kertas dengan format A4, caranya anda bisa melakukan pengaturan pada menu tab “pag lay out” lalu pilih “size” kemudian pilih “A4“.
cara print kertas a4
toriqa.com
  • Lihat print preview-nya sebelum kamu print out file Dokument yang kamu buat di MS Word, pastikan apakah sudah terlihat baik atau belum. Caranya klik office button >> Print >> Print priview.
cara setting kertas a4
toriqa.com
  • Jika sudah terlihat bagus di tampilan layarnya dan dirasa sudah pas, maka silahkan anda close print preview terlebih dahulu, kemudian print file ms word anda dengan cara office botton >> print.
Ukuran standart kertas a4
toriqa.com
  • Biasanya akan terbuka sebuah jendela pengaturan print, jika sudah terbuka maka silahkan anda atur sedemikian rupa.
macam macam ukuran kertas
toriqa.com
  • Pada pengaturan kolom print, di kolom nomor 1 silahkan anda klik untuk memilih printer yang anda hubungkan pada komputer atau laptop anda. Selanjutnya pada tanda nomor 2, pilihan yang mana jika anda memilih all berarti anda akan melakukan print out untuk semua Dokument MS Word yang sedang anda buka. Dan jika anda memilih click current page, berarti anda menginginkan print out pada halaman yang yang anda lihat saja. Namun jika anda memilih pages itu berarti anda memerintah komputer untuk memilih beberapa halaman saja, contohnya pada halaman satu sampai dengan halaman 3. Berarti tinggal ketik saja 1-3. Dan apabila anda ingin melakukan prin out dengan halaman yang berbeda-beda, anda tinggal memisahkan saja dengan memberikan tanda koma, (,). Contoh, jika anda akan print out pada halaman 1, halaman 5, halaman 7 dan 9 dan halaman 15. Iya tinggal ketik aja 1,5,7-9,15. Sementara untuk nomor 3 yaitu numbers of copies ini hanya merupakan sebuah pilihan bahwasanya dalam satu lembarnya anda akan membuat berapa dalam. Namun jika anda hanya ingin membuat satu halaman atau satu lembar saja, silahkan anda pilih 1. Jika anda print out untuk dua halaman dalam sebuah dokument MS Word dan anda memilih satu page pada kolom numbers copies, nanti anda membutuhkan 4 kertas, dimana 2 kertas untuk halaman 1 dan 2 kertas untuk halaman 2. Jika semuanya sudah anda setting dengan baik dan sudah yakin benar, terahir Pilih OK.  

Mungkin cukup sekian apa yang bisa saya sharing tentang ukuran kertas A4, cara setting di berbagai Apl atau sofware, beberapa ukuran standart dalam beberapa satuan hingga cara ngeprint dengan kertas A4.

Semoga coretan singkat ini bisa bermanfaat untuk kita semua, lihat juga post berikutnya tentang ukuran kertas A3 dan kertas A5.

Tinggalkan komentar