Tugas Quality Control

Mengetahui Tugas Quality Control: Pengertian, Jenis Posisi & Gajinya 

Setelah sebelumnya selesai menulis beberapa topik penting di dunia perusahaan, kali ini saya akan lanjut membahas tentang Tugas Quality Control yang banyak diperlukan guna sebagai sistem kualitas dalam dunia produksi, dari manufaktur mobil sampai produksi pangan.

Siapa saja yang bekerja di posisi pengendalian kualitas produk tersebut, umumnya mereka bertugas memeriksa secara visual ataupun dengan bantuan teknologi modern, menguji produk secara manual sebelum, selama dan seudah proses produksi selesai.

Dalam memperoleh kualitas serta kuantitas produksi yang baik, Staf Quality Control juga bertanggung jawab untuk menjalankan serta memantau beragam peralatan inspeksi, merekamnya, hingga menganalisis data kualitas suatu produksi.

Quality Control keberadaannya sangat penting dalam setiap perusahaan karena mampu menekan jumlah kerusakan produk.

Maka dari itu, umumnya tiap perusahaan mengambil kebijakan demi menjaga dan meningkatkan kualitas produk, yaitu pembuatan prosedur standar operasi (PSO) Quality Control.

Mengenal Apa Itu Quality Control Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Mengenal Apa Itu Quality Control Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya
Pixabay

Pengertian quality control

Hal yang harus kamu ketahui terlebih sebelum tugas quality control adalah pengertian.Tentu saja, tanpa mengerti lebih dalam bagian QC ini akan menjadi hal yang sulit untuk kamu nanti.

Untuk itu, kamu akan mengetahui bahwa quality control adalah bagian dari manajemem produksi. Bagian ini yang nantinya akan membuat kamu menemukan produk terkemas.

Hal ini dikarenakan QC akan memeriksa mulai dari bagian kontrol hingga pengemasan yang ada. Bagian ini pula yang akan menjamin kuantitas dan kualitas dari produk yang akan rilis.

Pekerjaan ini secara singkat memang terlihat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, kami akan menjelaskan bahwa secara umum pekerjaan ini cukup sulit untuk kamu tempuh.

Jelas saja, hal ini dikarenakan kamu yang menempuh pekerjaan ini harus tetap teliti. Kesalahan kecil saja akan memberikan efek besar yang akan merugikan setiap pihak yang ada.

Fungsi QC

Quality Control atau yang kerap dikenal dengan QC memiliki beberapa fungsi yang dapat kamu kenali. Dengan mengetahui hal ini, maka kamu akan menjadi lebih paham mengenai bagian ini.

Fungsi pertama dari pekerjaan ini adalah melakukan pemantauan terhadap proses dari barang mentah hingga menjadi barang jadi. Fungsi ini berperan penting dalam dunia produksi.

Menjelaskan setiap kesalahan yang ada kepada atasan mengenai kesalahan yang terjadi selama produksi. Bagian ini akan membuat perusahaan dapat mengulas kembali kesalahan.

Produk tampil dan menarik merupakan salah satu fungsi adanya qualitu control ini. Fungsi bagian ini adalah membuat produk akhir tampil menarik atensi.

Kali ini, kamu akan menemukan bahwa fungsi bagian ini adalah memberikan contoh makanan kepada kamu dan persediaannya. Hal ini memang diurus oleh bagian ini.

Tujuan

Selain fungsi kamu harus mengetahui tujuan dari adanya pekerjaan dalam bidang ini. Tujuan dari bidang ini adalah memberikan pengontrolan pada bagian biaya sebagai tujuan utama.

Selain itu, bagian ini juga akan memberikan ciri khas pada kualitas dari produk dan menjamin keamanan dari produk ini.

Memastikan produk yang akan diberikan kepada pelanggan ramah lingkungan juga menjadi tujuan dari bagian ini.

Cara Kerja Dan Manfaat

Bagian ini sebenarnya memiliki cara kerja yang jauh lebih sederhana dari pemikiran kamu. Hal ini dikarenakan tugas yang perlu mereka lakukan adalah memantau.

Meminimalisir kerugian dan kesalahan adalah bagaimana seseorang harus bekerja sebagai QC ini. Bila terdapat kesalahan maka laporkan kepada atasan adalah hal yang harus dilakukan.

Tugas pokoknya memang hanyalah memastikan semua produksi yang ada berjalan dengan baik tanpa ada yang menyebabkan kerugian.

Tugas Quality Control Proyek

Tugas Quality Control Proyek
toriqa.com

Kini, saat yang lebih tepat bagi kamu untuk mengetahui lebih dalam mengenai salah satu tugas yang dimiliki oleh pengontrol dalam bidang proyek ini.

Secara garis besar, tugas dari QC pada bidang ini hanya terdiri dari tiga garis besar. Hal tersebut dimulai dari merencanakan hingga mengontrol.

Quality Plan       

Bagian awal yang harus dilakukan oleh bagian pengontrol dari proyek adalah merencanakan dan menjelaskan hal tersebut kepada pengelola.

Memastikan semuanya setara dengan keinginan dari pembeli dan bahan yang dikeluarkan adalah hal yang harus dilakukan pada bagian ini.

Quality Assurance

Setelah melewati tahap yang sebelumnya, kini kamu sebagai pengontrol harus memastikan dapat menjalankan apa yang direncanakan.

Memang tidak perlu menjalankan hal ini sendiri, tetapi memastikan semua yang ada berjalan sesuai dengan rencana adalah bagian yang perlu dilakukan.

Quality Control

Bagian akhir dalam pekerjaan ini akan kamu jalankan sembari pembangunan berjalan. Hal ini dikarenakan kamu harus mengawasi hal yang sedang terjadi.

Pastikan kamu menemukan bahwa kamu dapat mengontrol semua yang ada dan memberikan kepuasaan. Dengan demikian, kamu telah menjalankan tugas yang diberikan dengan baik.

Baca juga: (Factual Report Text & Cara Membuat, Ciri Hingga Fungsinya)

Tugas Quality Control Manager

Tugas Quality Control Manager
toriqa.com

Kali ini, tugas yang akan kami jelaskan adalah hal yang akan kamu tempuh bila menjalankan bagian manager. Tugas yang akan kamu lakukan sejumlah pekerjaan yang ringan.

Hal ini dikarenakan tugas kamu dalam pekerjaan ini tang terlebih dahulu adalah mampu mengelola aktivitas yang berlangsung dalam departemen.

Departemen ini biasanya adalah departemen yang sesuai dengan bidang yang sedang kamu tempuh saat itu. Selain itu, ada hal lain yang harus kamu lakukan.

Hal tersebut adalah terjun ke lapangan dan memeriksa semua hal yang sedang berlangsung memastikan tugas berjalan lancar sesuai keinginan adalah hal yang tepat.

Tugas Quality Control Di Pabrik

Tugas dari Quality Control yang ada di pabrik umumnya sama dengan yang sebelumnya. Namun, kamu memang akan melakukan beberapa tugas yang cukup berbeda.

Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat kamu yang harus memeriksa bentuk visual hingga bagian isi dari produk. Selain itu, pemantauan juga harus kamu lakukan pada tempat lain.

Misalnya saja, kamu harus memastikan telah membuat semua pegawai bekerja sesuai dengan arahan yang diberikan. Dengan melakukan hal ini, maka kamu telah menjalankan tugas baik.

Tugas Quality Control Garment   

Garmen sendiri tentunya juga memiliki lowongan untuk Quality Control ini. Pada bagian ini, kamu akan menemukan bahwa memeriksa kembali saat terjadi komplain adalah tugas kamu.

Selain memastikan kebenaran mengenai barang yang menjadi objek protes, kamu dalam bidang ini juga harus mengendalikan semua mutu barang yang ada.

Memastikan tidak adanya penurunan dan hanya terjadi peningkatan selama proses produksi berjalan di tangan kamu adalah hal penting. Dengan demikian, kamu telah lakukan hal tepat.

Tugas Quality Control Supervisor

Tugas Quality Control Supervisor
toriqa.com

Untuk kamu yang menjadi qualitu control supervisor, maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Sebut saja, mulai dafi merancang hingga memahami spesifikasi akan menjadi milik.

Kamu harus memeriksa semua produk terkait kualitas dan kuantitas yang akan diberikan sebelum menyerahkannya pada pembeli.

Merancang alur dari pelaporan masalah akan kualitas dari produk juga menjadi hal yang harus kamu lakukan. Dengan demikian, kamu tidak akan menemukan masalah nantinya.

Mampu bekerjasama dengan setiap pegawai yang ada dalam kantor juga menjadi tugas kamu. Bahkan, kamu harus membuat tempat kerja yang nyaman untuk setiap pegawai.

Pahami standar dari produk yang akan kamu rilis di pasaran adalah bagian yang akan menjadi tugas kamu dalam pekerjaan ini pula.

Tugas Quality Control Di Perusahaan Makanan

Perusahaan makanan juga akan membuat kamu menemukan pengontrol yang memiliki tugas tertentu. Dalam perusahaan ini, maka produksi yang akan lakukan tentunya fokus di makanan.

Untuk itu, kamu akan menemukan seseorang dalam posisi ini dapat merekomendasikan pengolahan bahan ulang saat menemukan barang kualitas rendah.

Selain itu, memverifikasi kualitas produk makanan yang dimiliki juga dapat kamu lakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan mendapatkan izin dari badan resmi mengenai produk aman.

Lihat juga: (Tugas Public Relations +Syarat, Skill & Gajinya)

Persyaratan Pendidikan Quality Control

Persyaratan pendidikan untuk Quality control tergantung pada bidang industri apa yang dikerjakan oleh perusahaan/pabrik.

Misalkan untuk industri kimia, perusahaan pastinya akan meminta kualifikasi pelamar yang telah menyandang gelar sarjana Teknik Kimia/Kimia.

Jika perusahaan bergerak pada produksi pangan, maka yang akan diminta adalah staff QC lulusan dari jurusan atau program studi Teknologi Pangan/Nutrisi/Gizi atau setara.

Keahlian yang diperlukan Quality Control

Beberapa skil yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang quality control diantaranya Punya kemampuan:

  • Menganalisis.
  • Menguji.
  • Meneliti.
  • Memastikan serta memantau kegiatan produksi agar berjalan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh perusaahaan.

Jenis Jenis Posisi Quality Control

Jenis Jenis Posisi Quality Control
toriqa.com

Kurang lebih sama dengan susunan yang ada pada struktur departemen pada umumnya, departemen Quality control juga mempunyai jabatan-jabatan atau jenis posisi masing-masing.

Diantaranya seperti :

Manajer Quality Control

Bagian ini bertugas dalam mengatur atau bertanggung jawab untuk semua bagian quality control.

Kepala Bagian (Kabag) Quality Control

Menjadi pemimpin dalam sebuah tim quality control, termasuk juga ikut bertanggung jawab atas yang apa saja yang terjadi pada bagian Quality Control.

Staff Quality Control

Staff merupakan posisi yang bertugas dalam menginput atau membuat laporan atas semua yang ada pada bagian quality control, tak terkecuali jumlah produksi, jumlah produk cacat, hingga hasil inspeksi.

Supervisor Quality Control

Melaksanakan pengawasan secara berkala baik pada QC produksi maupun QC laboratorium perusahaan.

Karyawan Quality Control (Produksi/laboratorium)

Bagian ini bertugas dalam melakukan uji serta inspeksi setiap produk yang dihasilkan dan akan di keluarkan.

Gaji Seorang Petugas Quality Control

Karena pekerjaan ini merupakan jenis job yang penuh dengan ketelitian untuk menentukan produk yang benar-benar berkualitas, maka tak heran jika rata-rata gaji qualiy control di Indonesia mencapai Rp. 4. 050. 555 per bulan.

Jika Anda seorang warga masyarakat Jawa Timur, Anda juga harus tau nih, bahwa ternyata berdasarkan survey dari Indeed, sebuah web tempat posting atau mencari pekerjaan yang populer, disana ditemukan bahwa rata-rata gaji quality control di Jawa Timur bisa mencapai Rp. 3.433.594.

Nah, apabila Anda berminat untuk melamar menjadi petugas quality control namun bingung caranya gimana? saran saya download aja aplikasi Workmate yang akan siap mengantarkan Anda kepada perusahaan impian Anda.

Pada saat Anda diterima bekerja, maka sistem gajinya akan kami langsung berikan ke rekening tanpa potongan.

Begitulah kira-kira informasi tentang tugas quality qontrol berikut seluk beluknya yang perlu Anda tau jika tertarik di bidang pekerjaan tersebut.

Kini Anda telah mengetahui beragam tugas quality control dalam bidangnya masing-masing. Sehingga, quality control tentunya tidak asing lagi untuk Anda. Semoga bermanfaat ya.

Nantikan info menarik lainnya dari saya di lain waktu ya, karena website saya ini terus update setiap hari untuk kebutuhan informasi kalian semua.

Tinggalkan komentar