Mengetahui Tugas Operator Sekolah Secara Lebih Mendalam & Kriterianya

Artikel kali ini akan membahas tentang tugas pokok seorang operator sekolah, operator sekolah adalah salah satu staf administrasi sekolah (bukan guru), yang ditunjuk untuk membantu para guru dan kepala sekolah. Secara sederhana, tugas operator sekolah adalah memasukkan data.

Data-data sekolah dimasukkan ke aplikasi sekolah untuk selanjutnya dikirim ke server pusat milik pemerintah untuk nantinya dikelola oleh pemerintah.

Tugas Operator Sekolah Di Tingkat SD, SMP dan SMA, Berikut Fungsinya

Tugas Operator Sekolah Di Tingkat SD, SMP dan SMA, Berikut Fungsinya
TORIQA.COM

Secara keseluruhan, tugas operator sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA sebenarnya adalah sama, yaitu sebagai berikut:

Input Data PMP

Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) adalah kuesioner yang harus diisi oleh seluruh murid, pengajar, kepala sekolah, dan komite sekolah di seluruh Indonesia.

Kuesioner yang sudah diisi akan dikirimkan oleh operator sekolah ke server pusat yang kemudian oleh pemerintah digunakan untuk mengetahui mutu pendidikan dari sebuah sekolah.

Mengirim Data Standar Pelayanan Minimal

Standar Pelayanan Minimal adalah kuesioner lain (selain Pemetaan Mutu Pendidikan tadi), yang juga harus diisi oleh seluruh warga sekolah untuk membantu pemerintah mengetahui kondisi setiap sekolah.

Isi Data Pendidikan Dasar

Data Pokok Pendidikan atau biasa disingkat Dapodik adalah aplikasi milik Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia dan Pendidikan.

Fungsi aplikasi ini adalah agar seluruh sekolah yang ada di Tanah Air bisa melaporkan data-datanya ke pihak kementerian secara online, jadi perlu mencetak berkas dan mengirim lewat pos seperti zaman dulu.

Operator SD, SMP, dan SMA biasanya harus melakukan sinkronisasi Dapodik setiap tahun ajaran baru, atau dua kali dalam satu tahun.

Menyiapkan Data Peserta Ujian Nasional

Tugas operator sekolah lainnya yang juga tak kalah penting dari beberapa tugas sebelumnya adalah menyiapkan data peserta ujian (nama siswa, tanggal lahir, dll.).

Membuat Laporan Individu

Laporan ini berisi data-data siswa dan guru yang nantinya dikirim ke server pusat (pemerintah) dan ke Dinas Pendidikan Provinsi.

Meliputi Kritik dan Saran

Jika sekolah mendapatkan kritik dan/atau saran dari wali murid atau murid, maka operator harus menampungnya, untuk selanjutnya dibahas dalam rapat rutin sekolah.

Tugas Pokok Operator Sekolah Mengurus Program Indonesia Pintar

Salah satu tugas operator sekolah yang lainnya adalah memasukkan data murid-murid yang berhak menerima subsidi dari pemerintah dalam program Indonesia Pintar.

Pada tanggal pengiriman data seperti yang sudah dijadwalkan, operator juga perlu mengecek apakah uang subsidi sudah masuk ke rekening sekolahnya atau belum.

Membantu TU (Tata Usaha)

Operator sekolah biasanya membantu TU dalam menerbitkan surat, mengajukan proposal, mengurus lembar presensi murid, dan menyiapkan kertas soal ujian.

Tugas Pokok Operator Sekolah Dalam Mendata Inventaris Barang

Operator sekolah harus memiliki data inventaris sekolah yang terdiri dari luas tanah dan bangunan/gedung, jumlah peralatan yang digunakan untuk mengajar (papan tulis, penggaris, spidol, dll.), AC sekolah, alat di lab, dll.

Verifikasi Data

Tugas Operator sekolah
toriqa.com

Tugas operator sekolah yang terakhir adalah mengecek kebenaran seluruh data yang akan dimasukkan ke sistem sekolah dan dikirim ke server pusat.

Tidak boleh ada kesalahan pada data-data tersebut karena nantinya akan sangat rumit untuk diubah atau bahkan tidak bisa diubah sama sekali.

Adapun fungsi operator sekolah adalah sebagai berikut:

  • Sebagai fungsi pendukung administrasi sekolah, agar data-data administrasi tidak berantakan (lebih tertib), sehingga nantinya juga lebih mudah untuk dievaluasi.
  • Memiliki fungsi sosialisasi, karena operator sekolah membantu tugas guru serta kepada sekolah dalam hal input data, sehingga tugas mereka menjadi lebih ringan.
  • Fungsi pengarsipan/penyimpanan data-data, karena operator memiliki seluruh data sekolah mulai dari data siswa, guru, sarana dan prasarana, hingga aneka formulir dan surat yang dikeluarkan oleh sekolah.
  • Memiliki fungsi verifikasi data, karena data yang diterima oleh operator sekolah dan akan diinput harus dipastikan dulu apakah sudah benar atau ada yang perlu diperbaiki.
  • Memiliki fungsi administrasi, karena operator menjalankan segala tugas yang berhubungan dengan administrasi sekolah dan harus memastikan bahwa data-data yang dimasukkan sudah lengkap dan benar.

Dalam struktur organisasi sekolah, adanya petugas oprator sangat penting sekali dalam mengontrol segala sesuatu yang berhubungan fasilitas oprasional sekolah baik urusan internal sekolah maupun ekternal sekolah.

Lihat juga: Pengertian dan Jenis Jenis Struktur Organisasi.

Contoh Surat Tugas Operator Sekolah

Seorang operator sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA, harus memiliki surat putusan kepala sekolah/surat tugas yang sah agar bisa menjalankan tugas-tugasnya sebagai operator.

Jika sudah menerima surat tugas, operator yang bersangkutan harus menguploadnya ke situs SDM-PDSPK dan mengisi data diri pada e-form. Adapun contoh surat tugas tersebut adalah sebagai berikut:

SEKOLAH PRIMER NEGARA PAKEL 01 AM

Ds. Pakel Selatan, Kec. Boyolangu, Kota Kediri

59182 | Nomor Telp. (0355) 567678

Email: [email protected] | Situs web: sdnpakelpagi.com

             ___________________________________________________________________________________________

SURAT PENUGASAN

Nomos: SDN.03 / A / P / 003/78/3/2020

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Akmal Jaelani, S.Pd.I

NUPTK                          : 567764908922

NIP: 19971411 178141 1004

Pangkat / Gol. Ruang   : Penata (III/B)

Jurusan: Kepala SD Negeri Pakel 01 Pagi

Dengan ini menugaskan:

Nama: Muhammad Arlan Yudha

NUPTK                          : 5659764768922

NIP: 17820513 197521 1003

Pangkat / Gol. Ruang    : –

Posisi: Staf administrasi sekolah

Email: [email protected]

Nomor telepon             : 0810-5645-6678

Satuan kerja: SD Negeri Pakel 01 AM

Sebagai operator sekolah dari Sekolah Dasar Negeri Pakel 01 Pagi untuk mengelola data pendidikan pada situs http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

Demikian surat tugas ini dikeluarkan, agar saudara yang bersangkutan bisa segera melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

 

Kediri, 20 Maret 2020

Kepala Sekolah,

 

 

                                                                                                        Akmal Jaelani, S.Pd.I

                                                                                                  GIGIT. 19971411 178141 1004

Kualifikasi Operator Sekolah

Apakah Anda tertarik untuk menjadi operator sekolah? Jika iya, maka Anda harus tahu dulu nih, apa saja kualifikasi yang harus dimiliki oleh calon operator sekolah.

Bekerja sebagai operator sekolah sebenarnya tidak harus menempuh pendidikan tinggi seperti guru atau dosen dan karyawan kantor, atau dengan kata lain Anda tidak harus lulusan S1.

Namun setidaknya, Anda harus memiliki beberapa kualifikasi penting seperti berikut ini agar nantinya bisa menjalankan tugas operator sekolah dengan baik, yaitu:

  • Pendidikan terakhir Anda harus SMA/SMK sederajat.
  • Anda harus bisa mengoperasikan komputer, serta paham internet dan software/aplikasi.
  • Paham dan bisa menggunakan proyektor, printer, scanner, mesin fotokopi, dan alat pendukung sejenisnya.
  • Menguasai Microsoft Office (seperti program Excel, Microsoft Word, dan Powerpoint).
  • Bukan mantan narapidana/tidak memiliki catatan kriminal apapun secara hukum.
  • Sebaiknya Anda adalah orang yang pandai bersosialisasi, karena Anda akan berurusan dengan banyak guru dan murid, serta kepala dan komite sekolah, yang kadang juga harus bertemu wali murid.
  • Anda harus sehat secara fisik dan rohani.
  • Memiliki skill administrasi dasar dan kemauan untuk terus belajar hal-hal baru.

Artikel terkait

Tugas Pokok.

Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah.

Contoh Tata Tertib Siswa Disekolah.

Daftar Aplikasi atau Website yang Sering Dikunjungi oleh Operator Sekolah

Daftar Aplikasi atau Website yang Sering Dikunjungi oleh Operator Sekolah
toriqa.com

Jika melihat tugas-tugas operator sekolah dalam daftar di atas, pastinya akan ada banyak website dan aplikasi yang sering dibuka. Beberapa di antaranya adalah:

  • https://dapo.kemdikbud.go.id/
  • http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id
  • http://padamu.siap.web.id
  • https://dss.datadik.kemdikbud.go.id/dss/
  • http://sergur.kemdikbud.go.id/pub/index.php
  • http://smk.kemdikbud.go.id/
  • http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pengiriman/progres
  • http://lapor.bos.kemdikbud.go.id/
  • http://www.ditpsmk.net
  • Aplikasi Program Indonesia Pintar (PIP)
  • Aplikasi Dapodik
  • Aplikasi BOS/SIPLAH
  • Aplikasi Verval PD
  • Aplikasi PMP / EDS
  • Aplikasi Verval GTK
  • Aplikasi Erapor

Meskipun terlihat kecil, tapi seorang operator sekolah memiliki peran cukup besar dalam sebuah sekolah. Tanpanya, administrasi sekolah bisa berantakan dan pekerjaan guru serta kepala sekolah bisa menumpuk.

Tinggalkan komentar