Mengetahui Tugas Manajer Umum: Gaji, Kriteria Hingga Gaji Manajer Umum

Artikel kali ini akan membahas seputar tema “Tugas Manajer Umum atau General Manager“.

Bagi kalian yang kepengen bekerja di perusahaan – perusahaan pasti pernah berfikir atau bertanya – tanya, apa itu Manajer umum dan apa saja tugasnya?

Ada banyak pertanyaan bermunculan seputar General Manager, untuk itu disini kita akan menuntaskannya dengan mempelajari poin – poin penting seperti:

  • Tugas, tanggung jawab dan wewenang seorang manajer.
  • Perbedaan manajer dan manajer umum (General manager).
  • Kriterian dan syarat untuk menjadi manajer.
  • beberapa keahlian yang dibutuhkan untuk mennjadi seorang manajer.
  • Hingga fungsi dan rata – rata gaji seorang manajer di Indonesia.

Penasaran? Langsung saja yuk kita kepoin dalam pembahasan singkat dibawah ini.

Pengertian Manajer Umum dan Tugas Tugasnya

Pengertian dan Tugas manajer umum
Pixabay

General manager atau yang umum kita kenal sebagai manajer umum adalah suatu jabatan strategis dalam sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab terhadap kinerja perusahaan secara menyeluruh atau untuk salah satu unit bisnis atau divisi utamanya.

Manajer umum bertanggung jawab secara langsung untuk semua area serta mengawasi berbagai kinerja fungsi perusahaan dan operasi bisnis sehari-hari.

Tidak hanya itu, general manajer atau manajer umum juga harus berkomunikasi dengan semua departemen untuk memastikan organisasi berkinerja baik.

Tanggung Jawab dan Tugas Tugas pokok General Manajer Umum

  1. Bertanggung atas jalannya seluruh bisnis, seperti mengelola operasi sehari-hari, merumuskan kebijakan dan melakukan perencanaan untuk penggunaan bahan serta sumber daya manusia.
  2. Bertugas mengepalai perusahaan kecil yang berada di bawahnya serta mengelola elemen pendapatan dan biaya dari perusahaan induk.
  3. Menjadi pengawas untuk sebagian besar atau semua fungsi pemasaran dan penjualan perusahaan, serta mengawasi jalannya operasi bisnis sehari-hari.
  4. Bertanggung jawab atas, pengoordinasian, perencanaan, pendelegasian, penugasan serta pengambilan keputusan yang efektif, sehingga dapat menghasilkan atau menguntungkan untuk organisasi atau perusahaanya.
  5. Melakukan perencanakan dan mengendalikan kebijakan perusahaan sehingga karyawan dapat bekerja secara optimal.
  6. Merencanakan, melakukan koordinasi untuk semua pimpinan karyawan, mengimplementasikan, serta memantau dan menganalisa semua kegiatan komersial perusahaan.
  7. Memimpin langsung perusahaan dan sekaligus menjadi motivator atas semua karyawan yang bekerja dibawahnya.
  8. Mengawasi sekaligus mengelola operasi perusahaan sehari-hari.
  9. Memutuskan sesuatu dan mengembangkannya untuk perusahaan.
  10. Memimpin dan mengelola jalannya perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan kedepannya.
  11. Merencanakan, memantau, mengelola semua proses penganggaran dalam perusahaan.
  12. Mengelola sekaligus mengawasi jalannya anggaran keuangan perusahaan.
  13. Memutuskan atau metapkan proses standar bisnis dalam perusahaan.
  14. Membuat dan menetapkan hal hal penting di bidang integrasi, aliansi, investasi, serta penjualan.
  15. Menyusun, merencanakan serta melaksanakan rencana rencana strategis untuk jangka panjang atau menengah untuk kemajuan bisnis perusahaan.

Kewenangan Manajer Umum

  1. Manajer umum berwenang untuk mengevaluasi serta memutuskan masalah promosi, penurunan kualitas serta mengawasi transfer bawahan terhadap manajer produksi.
  2. Manajer umum memiliki wewenang untuk memberikan saran terhadap manajer produk atau penggunaan bahan baku, penambahan, penukaran, perbaikan hingga perbaikan dan modifikasi mesin produksi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi.
  3. Manajer umum berwenang untuk melakukan evaluasi perusahaan dan juga mengajukan proposal untuk tujuan promosi, pemunduran dan pemindahan bawahan ke tingkat kepala departemen produksi.
  4. Manajer umum berwenang untuk menandatangani berbagai dokumen terkait produksi sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam perusahaan.
  5. Manajer harus selalu mencari hubungan atau partner yang saling menguntungkan dari pihak luar atau dalam perusahaannya sendiri dalam konteks peran mereka.
  6. Membuat serta memutuskan berbagai kebijaksanaan yang dirapatkan tentang arah dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.
  7. Memeriksa, mengawasi dan mengevaluasi produksi secara teratur, seperti halnya biaya, kualitas dan waktu.
  8. Menyusun dan menetapkan peraturan internal perusahaan yang tidak bertentangan dengan kebijakan kebijakan serta visi misi perusahaan.

Artikel lainnya:

(Tugas Pokok Kepala Sekolah)

(Sistem Informasi Manajemen Sekolah)

Lalu Apa Itu Personalia dan Apa Bedanya Dengan Manajer Umum

Perbedaan Personalia Dengan Manajer Umum dan tugasnya
Pixabay

Personalia merupakan serangkaian kegiatan dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) untuk hal-hal yang terkait administratif yang mengatur hubungan industrial antara perusahaan dan karyawannya.

Salah satu fungsi personalia dalam hal pengelolaan antara lain menjadi penanggung jawab terhadap Employee Database, Payroll dan pembayaran benefit lainnya.

Didalamnya juga termasuk pinjaman karyawan, pencatatan cuti tahunan, absensi karyawan, filling dokumen dan rekruitment pegawai atau karyawan.

Selain itu, beberapa tugas dari personalia lainnya yaitu melakukan tugas tugas manajemen dengan menggunakan berbagai tools untuk mempermudah pekerjaan tersebut.

Dalam hal mencatat kehadiran serta rekap cuti, personalia biasanya akan menggunakan aplikasi seperti SmartPresence sebagai pendukung pekerjaannya.

Kamu Juga perlu Tau Perbedaan Manajer dan General Manajer atau Manajer Umum

General Manager juga dapat diidentikan sebagai pimpinan tertinggi bahkan bisa jadi sebagai pemilik perusahaan (Owner), seperti halnya kita tau ada direktur dan ada lagi direktur utama dengan tugas tugas dan wewenang yang tentu saja juga Berbeda.

Kriteria dan Syarat Menjadi General Manajer

Kriteria, Syarat dan skil Menjadi General Manajer
toriqa.com

Mengingat tugasnya yang cukup penting dalam suatu perusahaan, tentu saja syarat untuk menjadi general manager tidaklah mudah.

Umumnya General manager punya sejumlah tugas dan tanggung jawab yang sangat penting sehubungan dengan kelancaran perusahaan kedepannya.

Jika sang calon General Manajer itu tidak mempunyai kontrol yang baik sebagai seorang manajer, maka perusahaan bisa sampai pada kinerja negatif baik dalam hal produktivitas orang-orang yang mendasarinya maupun secara tidak langsung di sisi keuangan.

Idealnya, seorang general manager harus mempunyai keterampilan serta gagasan-gagasan cerdas dalam menyelesaikan berbagai masalah manajemen yang kompleks, bertanggung jawab atas perencanaan strategis kebijakan perusahaan, serta menerapkan kebijakan ini untuk seluruh bawahannya.

Skil atau Keahlian yang Dibutuhkan Untuk Menjadi General Manager atau Manajer Umum

  1. Harus mahir dalam berbagai pengetahuan program pengoperasian komputer, seperti perangkat lunak analisis, perangkat lunak presentasi dan perangkat lunak pengolah kata untuk mendukung tugas-tugas utamanya.
  2. Ahli dan trampil dalam presentasi dan punya analisis yang baik.
  3. Harus selalu optimis supaya menjadi contoh yang dapat ditiru oleh semua manager bawahan maupun oleh semua karyawan perusahaan.
  4. Memiliki kedisiplinan dalam memantau semua bawahannya, dia juga harus mampu menjadi mesin sumber daya, motivator, pemecah masalah, hingga kemampuan pengaturan strategi perusahaan.
  5. Kemampuan untuk memantau bawahan baik secara langsung maupun tidak langsung, bawahan manajer umum itu ada kepala departemen seperti manajer keuangan, manajer operasi, manajer produksi, dan manajer lainnya.
  6. Seorang general manager harus punya skil dalam memanage dan memimpin dengan baik, tidak sombong namun tetap menunjukkan otoritasnya.
  7. Punya keterampilan dalam berkomunikasi yang baik, baik secara vertikal maupun horizontal.
  8. Selain harus punya beberapa keahlian tersebut, beberapa lowongan pekerjaan sebagai manajer umum juga diterbitkan oleh perusahaan, para kandidatnya itu harus memiliki beberapa tahun pengalaman sebagai kepala departemen, walaupun calon manajer latar belakangnya ada yang berasal dari berbagai bidang.

Pendidikan yang Diperlukan Serta Pengalaman Untuk Menjadi General Manager

Untuk menjadi General manajer, gelar master atau setara yang setara itu dibutuhkan; atau punya pengalan empat sampai 10 tahun dalam pekerjaan terkait atau pelatihan, atau punya kombinasi pendidikan dan pengalaman dalam hal perkerjaan terkait.

Fungsi Penting General Manager

Tugas Manajer Umum atau General manager
toriqa.com

Dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan, fungsi manajer umumnya lebih menitikberatkan pada tugas pokok manajer dalam menjalankan fungsi manajemen dalam organisasi.

Untuk itu, penjelasan tentang fungsi manajer dalam organisasi akan saya bahas sebagai berikut:

Fungsi Kepemimpinan

Manajer umum harus dapat membuat orang lain, terlebih yang berada dalam satu timnya untuk bekerja sesuai dengan arahan.

Maka dari itu, skil dan kemampuan dalam memimpin itu menjadi suseatu yang wajib dimiliki oleh manajer.

Jadi intinya adalah, kepemimpinan merupakan kewajiban pokok seorang calon atau manajer yang harus dikuasai secara penuh.

Fungsi Perencanaan

Manajer umum beserta seluruh jajarannya punya tugas penting untuk merencanakan langkah-langkah dalam pencapaian tujuan organisasi sesuai dengan kebijakan atau aturan organisasi.

Manajer juga perlu untuk mempertimbangkan keperluan sumber daya, langkah yang diambil, serta juga harus mampu memprediksi hasil dari langkah tersebut.

Fungsi Pengaturan

Profesi sebagai manajer dalam fungsi ini adalah mengatur karyawan atau tim sesuai dengan wewenang dan kekuasaan yang dimiliki, ia juga harus mengkoordinir dalam pencapaian tujuan organisasi.

Fungsi Pengawasan

Dalam hal pengawasan, manajer memiliki tugas untuk menyediakan standard kualitas kerja baik kinerja karyawan maupun barang serta jasa yang diproduksi, sehingga bisa menjadi standart dalam aktivitas manajemen.

Standard tersebut juga dapat dipakai dalam proses pengawasan yang waktunya akan ditentukan oleh pihak manajemen.

Fungsi Evaluasi

Yang terakhir, tugas manajer dalam fungsi manajemen adalah melakukan evaluasi berdasarkan perencanaan serta standar kualitas yang sudah dibuat.

Biasanya manajer akan melakukan evaluasi menggunakan beberapa cara seperti SWOT, Balanced Scorcard dll, dengan menggunakan langkah ini diharapkan organisasi akan lebih berkembang.

Gaji General Manager di Indonesia

Gaji General Manager di Indonesia
toriqa.com

Dalam 36 bulan terakhir, taksiran gaji manajer umum berdasarkan 443 karyawan, pengguna, dan pekerjaan terakhir diperbarui pada tanggal 27 Juni 2019, dimana rata – rata gajinya adalah: Rp5.420.933 perbulan.

Namun kedepannya gaji general manager bisa terus meningkat, seperti yang ditunjukkan di atas, bahwa gaji hanya rata-rata tergantung pada perusahaan tempat ia tinggal.

Bahkan Gaji General Manajer bisa mencapai 75 juta sampai 100 juta jika dia berada atau bekerja dalam perusahaan yang besar.

Contoh Tugas Tugas General Manajer atau Manajer Umum Di Beberapa Instansi

Tugas Manajer Pemasaran

Seorang manajer dalam hal ini manajer pemasaran mempunyai peran yang amat besar dalam penjualan sehingga menuntut seorang marketing manager untuk punya keahlian-keahlian yang terbilang cukup kompleks.

Seorang manajer tidak hanya perlu dalam mengetahui data penjualan dan pengguna, namun juga menguasai strategi-strategi marketing secara mendalam.

Selain dua poin diatas, berikut ini beberapa tanggung jawab dan penjelasan dari pekerjaan yang akan dijalankan dalam peran tersebut.

  1. Memimpin inisiasi promosi produk.
  2. Mengoordinasikan strategi pemasaran.
  3. Mengatur budget untuk setiap kampanye atau iklan.
  4. Melihat atau mengawasi pertumbuhan perusahaan.
  5. Mencoba proses marketing baru.

Tugas Manajer Umum Rumah Sakit

  1. Melakukan perencanaan, pembinaan, koordinasian jajaran, pengawasan dan pengendalian operasional bidang Pelayanan Medik, Penunjang Medik hingga perawatan rumah sakit.
  2. Manajer rumah sakit bertanggung jawab secara langsung pada pemilik Rumah Sakit, dalam hal ini Direktur PT.
  3. Manajr umum rumah sakit diangkat dan dipekerjakan secara langsung oleh Rumah Sakit.
  4. Direktur akan mengangkat kepala bagian rumah sakit bersama pemilik rumah sakit.
  5. Direktur sendiri merupakan bagian jabatan yang bertanggung jawab secara penuh terhadap kemajuan ataupun kemunduran manajemen Rumah Sakit.
  6. Membuat Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK)
  7. Memantau dan mengevaluasi pelayanan, keuangan, administrasi hingga pelaporan yang meliputi pelaksanaan visi dan misi, strategi kepada seluruh jajaran manajemen rumah sakit.
  8. Punya wewenang secara penuh untuk memerintah dan mengarahkan wakil direktur serta Bagian-bagian yang berada di dalam struktur Rumah Sakit.
  9. Menyusun dan membuat rencana kegiatan persemester serta rencana tahunan hingga pengawasan terhadap pelaksanaannya, sekaligus bertanggung jawab penuh atas konsekuensinya.

Tugas Manajer Umum Restoran

Tugas Manajer Umum Restoran
toriqa.com

Bagi sebagian besar pemilik bisnis, mengelola restoran itu bukanlah hal yang mudah, untuk itu, si Owner atau pemilik restoran perlu untuk mempekerjakan manajer restoran.

Sebelum mencari atau menentukan kandidat terbaik untuk di rekrut, sebaiknya si pemilik restoran menentukan terlebih dahulu apa saja tugas-tugas yang nantinya akan diberikan pada manajer restoran tersebut untuk meng-hendle usahanya. .

Nah, bagi anda pemilik bisnis restoran yang ingin tahu kriteria seperti apa yang diperlukan untuk merekrut seorang manajer restoran. Berikut ini uraiannya.

  1. Punya kemampuan menilai dan mengambil keputusan tepat dalam mempekerjakan dan memberhentikan karyawan.
  2. Mengurus inventaris.
  3. Mengatur jadwal kerja.
  4. Menyetujui serta mengelola anggaran.
  5. Merencanakan menu yang disajikan.
  6. Pemasaran.
  7. Memprediksi, mempersiapkan acara untuk event spesial.
  8. Memantau bahan-bahan baku.

OK teman – teman, mungkin cukup sekian pembahasan kita seputar tugas manajer umum dan beragam perannnya dalam berjalannya sebuah perusahaan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, jika ada kesalahan saya mohon masukannya untuk membaiki kualitas informasi sehingga lebih bermanfaat lagi untuk kita semua.

Tinggalkan komentar