Ini Dia, Teknik Dasar Bola Voli yang Harus Kamu Tahu

Dalam olahraga, ada banyak istilah yang berbeda untuk menggambarkan teknik dasar yang digunakan pemain. Dalam teknik dasar bola voli, misalnya, ada bump pass, spike dan set. Dalam panduan ini, kita akan melihat setiap teknik dan menjelaskan bagaimana teknik-teknik tersebut digunakan dalam permainan bola voli.

Teknik Dasar Bola Voli

The Bump Pass

Dalam bola voli, bump pass adalah teknik dasar yang memungkinkan bola dioper dalam jarak pendek. Operan lambung digunakan ketika bola terlalu tinggi untuk dioper dengan tangan. Selain penggunaannya sebagai servis dan dalam servis lainnya, bump pass juga digunakan dalam mengembalikan servis dan blok.

Set

Jika Anda tidak yakin di mana harus mengatur bola, cobalah ini:

  • Atur pegangan Anda.
  • Mundur beberapa langkah; masuk ke posisi Anda di belakang baseline, dan bungkukkan badan Anda seolah-olah sedang melempar bola tinggi di atas kepala Anda.
  • Lihatlah ke mana arah bola – jika terlalu tinggi, bergeraklah lebih dekat; jika terlalu rendah, bergeraklah lebih jauh dari net – dan sesuaikanlah dengan itu sampai Anda mendapatkan perasaan yang baik tentang seberapa jauh ke belakang yang Anda perlukan untuk melakukan lemparan tinggi yang efektif.

The Spike

Spike adalah gerakan dalam bola voli, yang secara luas dianggap sebagai salah satu keterampilan yang paling sulit untuk dikuasai. Spike digunakan untuk memukul bola melewati lawan dan masuk ke lapangan, bukan langsung ke arah mereka. Ada banyak jenis spike yang dapat dilakukan oleh orang yang berbeda pada ketinggian dan kecepatan yang berbeda dengan jumlah rotasi yang bervariasi. Variasi yang ada melibatkan lompatan sebelum memukul atau mengoper (“jump spike”), atau segera setelah memukul atau mengoper (“roll”).

Jenis Spike:

  • Dua tangan – Menggunakan dua tangan, bukan satu tangan, biasanya memberi Anda lebih banyak kekuatan, tetapi membuat Anda lebih sulit mengontrol ke mana tangan Anda pergi ketika melakukan kontak dengan bola. Anda biasanya ingin menggunakan teknik ini jika Anda mencoba memberi jarak antara diri Anda dan lawan sebelum pemain lain menyiapkan blok mereka (atau dikenal sebagai blok).
  • Satu tangan – Jika tim Anda suka menggunakan set panjang dari luar tetapi masih menginginkan kedalaman yang baik untuk menyerang voli, maka ini akan menjadi sesuatu yang layak dipelajari bagaimana melakukannya segera! Jenis ini memungkinkan lebih banyak presisi sehingga ada sedikit peluang untuk meleset sepenuhnya di atas kepala seseorang ketika turun ke atas cukup keras tidak hanya memukul kembali ke atas tetapi juga memantul dari permukaan di bawahnya terlebih dahulu sebelum masuk ke bawah lagi sementara masih memiliki cukup airtime yang tersisa setelahnya sehingga mereka tidak jatuh langsung ke bawah juga!

Baca Juga: Ini Dia, Pengertian Offside Dalam Sepak Bola yang Harus Kamu Tahu!

Kesimpulan Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar bola voli bukan hanya untuk pemula. Penting untuk diingat bahwa meskipun dasar-dasar ini sederhana, mereka dapat membuat semua perbedaan dalam permainan. Pemain bola voli tingkat lanjut benar-benar memahami bagaimana memanfaatkan keterampilan dasar bola voli dan menerapkannya dalam situasi baru dengan menggunakan kreativitas mereka sendiri.

Pada titik ini, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu bola voli dasar dan bagaimana Anda dapat berlatih mempelajarinya! Jika Anda mencari informasi lebih lanjut tentang opsi lanjutan atau strategi ofensif untuk passing dan servis, lihat artikel kami yang lain di situs ini!

Ini telah menjadi pengantar teknik dasar bola voli. Masih banyak lagi, tetapi ini adalah beberapa yang paling populer dan berguna bagi pemula yang ingin mulai bermain bola voli.

Tinggalkan komentar