Tari Banjar Kemuning: Pembahasan Detail Hingga Kisah Menarik Masyarakat Nelayan di Sidoarjo

Artikel ini akan membahas lengkap tentang tari Banjar kemuning, salah satu tarian khas Jawa Timur yang mempunyai keunikan serta daya tarik tersendiri dari beberapa ciri khas yang dimilikinya.

Pertama, kita perlu bersyukur dilahirkan di tanah yang kaya akan wisata. Ada banyak kekayaan di Negara kita ini seperti kekayaan wisata alam, kuliner, dan yang mengagumkan yaitu wisata budaya.

Yang termasuk dalam budaya adalah bahasa, adat istiadat, perkakas, pakaian, bangunan, dan juga berbagai karya seni.

Karya seni pun ada banyak macamnya, bisa berupa lagu, bisa juga berupa tarian.

Kita bisa bayangkan jika ada berapa provinsi di seluruh penjuru Indonesia, dengan satu pulau terdiri dari banyak provinsi yang dihuni oleh berbagai suku dengan masing-masing budayanya. Itu berarti satu provinsi saja bisa menyimpan puluhan bahkan ratusan kebudayaan yang beragam. Lihat upacara adat Jawa Timur secara lengkap disini.

Dan hal ini merupakan kebanggaan, khususnya bagi kita sebagai warga Negara Indonesia. Karena tidak banyak negara yang dianugrahkan banyak kelebihan kekayaan alam seperti negara kita.

Satu contoh saja diantaranya adalah Pulau Jawa yang mayoritas didalamnya didiami suku jawa.

Di Provinsi Jawa Timur ini pun terdapat banyak sekali objek-objek wisata dan budaya yang harus dilestarikan, seperti tarian daerahnya.

Dan faktanya (berdasarkan data) Jawa Timur sebagai bagian dari pulau Jawa punya lebih dari 30 tarian daerah dan salah satu tarian cantik mempesona tersebut bernama Tari Banjar Kemuning.

Dan kembali lagi ke topik, kita akan membahas tuntas tentang Tarian khas dari Desa Banjar Sidoarjo, mulai dari Sejarah, pola dan gerakan tarian, kostum dan beragam keunikannya.

Sejarah Asal Usul Tari Banjar Kemuning

Sejarah Asal Usul Tari Banjar Kemuning
toriqa.com

Tari Banjar Kemuning diciptakan oleh Agustinus,S.Sn yang mana tarian ini mulai diperkenalkan pada tahun 1999.

Tarian ini sengaja dibuat untuk memeriahkan acara perlombaan festival dan juga sebagai hiburan masyarakat dalam berbagai acara penting lainnya.

Tarian ini terinspirasi dari sebuah desa dimana masyarakatnya hidup disana hidup damai di pesisir pantai dan mayoritas bekerja sebagai nelayan. Daerah ini teletak di Kota Sidoarjo Kecamatan Sedati Desa Banjarkemuning.

Maka dari itu, dalam tarian ini tergambar kehidupan para istri nelayan yang sangat tegar, kuat, namun juga luwes menghadapi sulitnya kehidupan saat ditinggal pergi suaminya berlayar.

Mereka tetap tegar dan selalu memanjatkan doa pada Yang Maha Kuasa demi keselamatan dan keseharian hidup mereka.

Tari banjar kemuning rata-rata tiap pertunjukannya berdurasi sekitar 6 menit dan dibawakan oleh 10 orang penari putri.
Tarian ini termasuk kedalam contoh Seni Tari Kreasi, karena memang sesuai dengan namanya, tarian jenis ini mengisahkan tentang kehidupan warga pada salah satu daerah di Jawa Timur Indonesia, yakni Banjar Kemuning.
Tari Banjar Kemuning diciptakan oleh Agustinus, S.Sn, tarian ini tercipta karena terinspirasi dari salah satu desa yang terletak di Sidoarjo, Jawa Timur, yakni Desa Banjar Kemuning yang mata pencaharian utama masyarakatnya sebagai nelayan.

Gerakan Tari Banjar Kemuning

Tari banjar kemuning punya jenis gerakan kaki dan tangan yang unik yaitu gerakan yang dinamis dan cepat.

Gerakan dalam Tarian ini lebih didominasi oleh gerakan seperti pencak. Hal ini menunjukkan bahwa selain bersifat feminim, wanita juga mempunyai ketegasan dan tangguh.

Tari banjar kemuning bisa dikatakan sebagai tari berpasangan karena terkadang saat penampilan ditampilkan oleh sepasang penari. Namun lebih sering ditampilkan secara berkelompok dengan gerakan dan kostum yang hampir seirama.

Pola lantai tari banjar kemuning menggunakan pola lantai garis lengkung dan horizontal.

Lihat juga pembahasan tentang daftar Tarian Adat Jawa Tengah, Ada banyak tarian menarik yang berasal dari daerah yang beribu kota di Semarang ini.

Alat Musik / Lagu Tari Banjar Kemuning

Alat Musik  Lagu Tari Banjar Kemuning
toriqa.com
Riasan wajah sang penari juga simpel hal ini menggambarkan kesederhanaan hidup para warga desa Banjar kemuning.
Sedangkan musik pengiring tari Banjar kemuning terdiri dari gending-gending.
Tari banjar kemuning sangat identik dengan suasana pesisir dengan dominan pemain kendang.
Tari ini disajikan dengan alat musik gendhing yang mengalun menggunakan irama rancak jawa timuran, tapi lebih didominasi dengan irama sub culture Surabaya dan Madura yang merupakan daerah pesisir pantai di Jawa Timur.

Kostum dan Atribut Tari Banjar Kemuning

Kostum atau pakaian para penari tari Banjar Kemuning meliputi rok yang dapat melebar, dengan atasannya berupa tali leher serta cunduk melintang di atas sanggul kepala.
Jika diperhatikan sekilas memang terlihat seperti tata rambut ala budaya china.
Tari ini juga menggunakan gongseng seperti yang digunakan pada tarian Remo, warna kostum yang original adalah warna biru-kuning yang hampir mendominasi warna pakaiannya.
Namun sekarang-sekarang ini telah ada modifikasi atau pengembangan dengan warna-warna lain seperti Pink dan Ungu.
Tari banjar kemuning tampak lebih feminim jika dibandingkan dengan tari-tari lainnya dengan menggunakan beberapa aksesoris seperti kalung dan gelang. Dan mungkin inilah ciri khas yang menggambarkan kesederhanaan masyarakat Banjar Kemuning.
Dengan tambahan aksesoris seperti gongseng menambah kesan kekuatan dalam setiap langkah kaki seperti yang tergambar dalam tari Remo.
Sedang dikepala para penari juga dihiasi dengan beberapa aksesoris cantik seperti kembang goyang, cundhuk mentul, dan juga mahkota.
Untuk riasan pun terbilang cantik dengan riasan wajah yang sederhana namun tetap menonjolkan kecantikan yang alami dari para penari tari Banjar.

Kesimpulan Dalam Topik Ini

Kostum dan Atribut Tari Banjar Kemuning
toriqa.com
Sebelumnya saya ingin merekomendasikan anda untuk melihat topik terkait tentang upacara adat Jawa timur atau tarian adat Jawa Tengah.
Tari banjar kemuning merupakan karya seni yang diciptakan oleh Agustinus,S.Sn yang terinspirasi atas kehidupan lingkungan masyarakat nelayan yang ada di desa Banjar kemuning, Sidoarjo, Jawa Timur.
Tarian ini juga sangat sederhana yang melambangkan kehidupan istri para nelayan yang tegar akan kesederhanaan kehidupannya.
Kostum yang digunakan oleh para penari tari Banjar Kemuning berupa:
  • Rok panjang.
  • Sanggul mahkota di kepala.
  • Selendang warna hijau atau kuning.
  • Aksesoris kalung di dada.
  • Gelang.
  • Kongseng di kaki.
  • Kemben.
  • Hiasan bungan melati di kepala ke samping kiri dan kanan.

Sementara alat musiknya sendiri dalam tari banjar kemuning ini terdiri dari beberapa alat musik khas Jawa seperti:

  • Kendang.
  • Demung.
  • Kenong.
  • Gambang.
  • Slenthem.
  • Saron.
  • Gamelan.

Tarian banjar kemuning ditarikan secara berkelompok dengan pakaian dan gerakan yang seirama.

Untuk lebih memahami tentang tari banjar kemuning, berikut ini saya sediakan link untuk melihat vidionya secara lengkap, untuk melihat secara jelas mulai dari pakaian, gaya tarian hingga alat musik pengiring yang mengiringi pertunjukan tarian banjar kemuning.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan terkait tarian khas Jawa Timur. Jangan lupa lihat juga tarian adat jawa tengah yang terdiri dari beberapa tarian khas yang saya bahas secara detail untuk menambah wawasan kita terkait kekayaan budaya bangsa ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar