Jenis jenis tanaman hias daun

17+ Tanaman Hias Daun [ Cantik, Unik, Menarik ] Untuk Hiasan Rumah Anda

Banyak sekali jenis tanaman hias daun yang bisa anda pilih sesuai selera untuk dijadikan hiasan rumah. Tanaman hias memiliki banyak ragam dan warna tentu akan membuat anda yang masih awam akan kebingungan untuk menentukan jenis dari tanaman hias daun.

Ada banyak alasan mengapa tanaman daun cukup banyak peminatnya, diantaranya harganya yang murah, perawatannya tergolong mudah dan membuat lingkungan terasa lebih segar dan fres serta membuat senang pemiliknya.

Untuk mendapatkan juga tidak sulit karna sudah banyak tempat yang menjual tanaman hias, untuk lebih mengerti tentang jenis jenis tanaman hias berikut akan dijelaskan untuk anda:

 1. Tanaman Hias Daun Keladi Red Star

Jenis jenis tanaman hias daun
You Tube

Tanaman daun keladi red star merupakan salah satu varietas dari tumbuhan genus Caladium. Ciri ciri dari tanaman daun ini memiliki bentuk bintang dengan warna merah yang cerah pada daunnya.

Ciri dari tanaman daun ini memiliki bentuk bintang dengan warna merah yang cerah pada daunnya.

Agar tanaman ini mendapatkan warna merah yang sehat, tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat yang langsung kena sinar matahari yang cukup.

Tanaman ini tampak sangat cantik dengan tampilan tangkai daunnya yang berwarna merah belang sehingga sangat cocok sekali jika dijadikan salah satu tanaman hias daun di rumah

 2. Tanaman Hias Daun Tanduk Rusa

Tanaman hias daun tanduk rusa
BukaReview

Sesuai dengan namanya, daun dari tanaman tanduk rusa memiliki kemiripan dengan tanduk rusa. Bentuk daunnya yang memanjang dan runcing sangat indah dilihat mata. Tanaman ini mempunyai nama latin platycerium,  dan memiliki sekitar 18 jenis dalam spesiesisnya.

Meskipun tanaman tanduk rusa termasuk tanaman epifit atau menumpang pada tanaman lain, namun tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri. Tanaman hias daun ini sangat cocok apabila ditanam didekat tembok atau pun pohon.

Artikel terkait

( Jenis – jenis Tanaman Hias Batang [ cantik dan unik ] untuk hiasan rumah )

3. Tanaman Hias Daun Lidah Mertua

Tanaman daun lidah mertua
Liputan6.com

Entah apa yang menyebabkan tanaman ini dinamakan lidah mertua, yang jelas tanaman hias ini memiliki keunikan tersendiri dalam bentuk daunnya.

Selain itu pemilik nama lain sansevieria ini juga mempunyai manfaat apabila anda mengoleksinya di rumah yaitu dapat menetralisir racun udara dalam rumah.

Salah satu manfaat dari tanaman daun mertua dapat menetralisir racun udara dalam rumah

Cara merawatannya pun juga tidak sulit, karna tanaman hias ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari sehingga tidak akan banyak menyita waktu anda.

5. Tanaman Hias Daun Gelombang Cinta

Jenis tanaman daun gelombang cinta
Boombastis.com

Pada masanya, tanaman hias daun yang mempunyai nama unik ini harganya sangat mahal dan banyak diburu oleh para kolektor tanaman hias.

Meskipun sekarang sudah tidak begitu populer lagi, namun masih banyak peminat yang mencari tanaman hias yang satu ini untuk dijadikan koleksinya, karena bentuknya yang unik dan menarik.

5. Tanaman Hias Daun Suplir

Jenis Tanaman Hias daun suplier
Flora dan Fauna

Di era tahun 1990-an jenis dari tanaman hias daun ini sangat populer. Daun yang dimiliki tanaman suplir berbentuk kecil-kecil yang membuat tampilannya makin segar dan cantik serta daun hijau yang dimilikinya membuat tempat disekitarnya semakin segar dan sejuk.

Untuk menemukan keberadaan tanaman ini juga tidak sulit, karena tanaman daun suplir banyak tumbuh di sisi selokan yang bersuhu lembab.

Suplir adalah jenis tanaman hias yang mempunyai banyak macam jenis dan varietas.

 7. Tanaman Hias Daun Sirih Gading

Tanaman Hias daun sirih ganding
Tribunnewswiki

Tanaman hias daun selanjutnya adalah sirih gading. Jenis tanaman hias yang satu ini memiliki bentuk daun yang lebar batang yang panjang sehingga membuatnya terlihat unik dan menarik.

Tanaman hias ini pertumbuhan pada daunnya juga dapat merambat. Untuk merawat tanaman hias ini juga tidak sulit, cukup disiram saja setiap dua hari sekali.

7. Tanaman Hias Daun Alokasia

daun alokasia
Jamuin

Bentuk dari tanaman daun aloska sekilas memang mirip dengan tanaman hias lain yakni jenis keladi.

Namun yang membedakan jenis tanaman hias ini adalah keunikan yang dimilikinya dengan bentuk yang mirip dengan hati dan memiliki umbi.

Tanaman hias yang satu ini juga sangat mudah ditemukan karna mudah tumbuh disegala daerah dan cuaca serta mudah perawatannya.

8. Tanaman Hias Daun Calathea

Calathea
Tanah kaya

Diantara para penggemar tanaman hias, tanaman hias daun yang satu ini juga sangat populer dan banyak di cari untuk bahan koleksi atau bisnis.

Namun dari sekian banyak jenis tanaman daun calathea, jenis calathea makoyama adalah yang paling populer karna betuknya mirip dengan bulu merak.

  • Jenis jenis tanaman hias daun calathea

  1. Calathea Peacock
  2. Calathea Makoyana
  3. Calathea Black Lipstik
  4. Calathea Rose Painted
  5. Ada beberapa jenis tanaman hias
  6. Calathea Majestica
  7. Calathea Multicolor
  8. Calathae Ornata

9. Tanaman Hias Daun Dieffenbachia

Jenis Tanaman daun
Medaninside.com

Tanaman hias daun jenis dieffenbachia merupakan tanaman yang menjadi incaran para pecinta tanaman hias.

Tanaman deffenbachia juga dikenal dengan nama daun atau bunga bahagia. Yang menjadi daya tarik serta keindahan dari tanaman deffenbachia ini berasal dari bentuk tajuk dan juga warna daunnya yang bervariasi.

warna hijau pada daunnya dengan variasi bercak-bercak hijau muda atau kuning membuat tampilannya semakin bagus.

10.Tanaman Unik Kuping Gajah

Jenis Tanaman Unik Kuping Gajah
Daftar tanaman hias

Tanaman hias kuping gajah memiliki keunikan yang terletak pada daunnya yang melebar sehingga membuatnya tampil lebih menarik dan unik.

Dengan ukuran daunnya yang cukup besar membuat tanaman kuping gajah menjadi tanaman hias yang menarik baik diletakkan sendiri maupun berdampingan dengan tanaman lain.

Tanaman Kuping gajah dalam merawatnya juga tidak begitu rumit karna Tanaman ini tidak memerlukan cahaya matahari langsung, sehingga sangat cocok diletakkan di beranda atau dalam rumah.

11. Tanaman Hias Philodendron

Tanaman hias daun

Philodendron termasuk tanaman yang mempunyai daun yang cantik sehingga lebih cocok jika diletakkan di dalam ruangan seperti di atas meja atau samping jendela.

Salah satu jenis philodendron yang lebih di favoritkan adalah yang berdaun kuning dan hijau. Tempat yang cocok untuk maletakkan tanaman philodendron agar tumbuh dengan baik adalah tempat yang cenderung lembab dan teduh. Karna kalau tidak tanaman ini akan mudah layu.

12. Tanaman Puring Untuk Kecantikan Rumah

Tanaman hias puring
AS BERITA

Tanaman hias yang satu ini memiliki tampilan yang begitu eksotis pada daunnya karna adanya perpaduan tiga warna daun yakni kuning, merah, dan hijau.

Tanaman ini bentuk daunnya bervariasi berbentuk perdu seperti memanjang, oval, dan bergelombang.

Dari beberapa jenis tanaman puring yang paling cantik dan populer adalah seperti:

  1. Puring anting raja
  2. Puring arjuna,
  3. puring asmara jingga.

13. Pohon Palem Hias

Tanaman hias daun
Tokopedia

Pohon palem hias merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat terkenal di kalangan pecinta tanaman. Ciri khas yang membuat pohon ini terlihat indah dan unik itu terletak pada bentuk daunnya yang yang mirip dengan daun kelapa, tetapi kecil.

Pohon hias ini cocok diletakkan di tempat manapun baik di dalam maupun luar ruangan, tanaman ini akan tetap terlihat sangat cantik.

Pohon palem hias juga memiliki keunggulan lain seperti kemampuannya dalam menyimpan air dengan baik, sehingga dapat disiram secukupnya saja.

14. Tanaman Sirih Gading

Tanaman hias daun
Widyanti Yuliandari

Tanaman hias yang satu ini seiring pertumbuhannya daunnya akan semakin merambat, sehingga sangat cocok apabila ditanam di sekitar dinding atau jendela.

Tanaman daun sirih gading juga dapat hidup di dalam ruangan asalkan mendapatkan perawatan yang baik secara rutin.

Kemampuan dari sirih gading adalah dapat hidup dengan segala cuaca yang dapat memungkinkan tanaman ini untuk tetap tumbuh segar baik di tempat lembab, teduh, panas, bahkan ruangan ber-AC.

Kelebihan dari tanaman sirih gading ialah kemampuannya untuk tumbuh disegala cuaca.

15. Tanaman Lemon Lime Draceana

Tanaman hias daun
to doc – ma to doc

Jika diperhatikan sekilas tanaman lemon lime ini terlihat seperti pandan. Daunnya yang berbentuk menyerupai pedang dan disertai kombinasi warna hijau, kuning terang, dan putih menjadikannya terlihat sangat manis untuk jadi salah satu penghias rumah.

Lemon Lime Draceanan mempunyai ciri khas seperti daun yang rimbun seperti semak dan menjuntai tegak lurus dengan batangnya.

Apabila tanaman ini diletakkan di luar ruangan, maka warna yang di hasilkannya akan cenderung pucat, bahkan jika terkena panas yang berlebih maka akibatnya warnanya akan hangus.

Oleh karna itu sebaiknya tanaman ini diletakkan di tempat teduh yang cenderung lembab agar tumbuh kembangnya bisa berlangsung dengan baik.

Tanaman Hias Wali Songo atau (Schefflera Arboricola)

Tanaman bagus untuk hiasan rumah
Plastik UV

Tanaman Schefflera mempunyai daun yang bergerombol dan termasuk tanaman jenis perdu.

Keunikan dari tanaman ini juga menarik perhatian para pecinta tanaman hias seperti bentuk daunnya yang mirip jari-jari tangan, memiliki warna yang didominasi hijau dan beberapa bagiannya berwarna coklat keputihan.

Selain itu, tanaman ini juga punya kemampuan menyerap polusi udara, sehingga sangat cocok jika diletakkan di dalam maupun luar ruangan untuk menjaga kebersihan udara dirumah anda

17. Tanaman Siklok (Agave Attenuate)

Tumbuhan unik dan cantik
You Tube

Apabila anda mempunyai taman baik dibelakang rumah atau pun diteras rumah, maka anda bisa memberinya hiasan dengan menanam tanaman hias daun ini untuk membuat tamanmu lebih asri.

Bentuk dari daun tanaman siklok ini menyerupai pedang dengan beberapa kombinasi warna kekuningan di tepinya dan hijau pada bagian tengah.

Untuk mendapatkan tanaman ini harganya juga sangat terjangkau. Hanya dengan beberapa puluh ribu saja anda sudah bisa memiliki tanaman hias siklok ini beserta dengan potnya.

Selain itu keunggulan lainnya dari tanaman hias siklok ini juga ketahanannya terhadap sinar matahari seharian. Untuk merawatnya anda hanya perlu menyiramnya tiap pagi dan memberi pupuk beberapa minggu sekali.

18. Tanaman Palem Kuning

Macam macam tanaman cantik
Irzi-Tanam

Tanaman hias daun yang terakhir adalah tanaman palem kuning. Tanaman ini memiliki daun-daun yang ramping berwarna hijau dengan batang berwarna kuning cerah.

Tanaman hias jenis ini bisa membuat pekarangan anda tampil lebih cerah dan ceria. Apalagi jika tersorot sinar matahari, tanaman palem kuning ini akan tampak lebih mencolok terutama oleh daunnya yang rimbun.

Selain terlihat cantik ketika dipandang, tanaman hias daun jenis ini juga bermanfaat sekali untuk menetralisir udara sehingga udara lebih sehat untuk paru-paru kita.

Pastikan anda juga memberikan sinar matahari yang cukup agar warna daunnya tidak memudar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar