17+ Contoh Surat Cuti Menikah Untuk Guru, PNS & Karyawan Kantor

17+ Contoh Surat Cuti Menikah Untuk Guru, PNS & Karyawan Kantor

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang surat cuti menikah yang sangat penting untuk anda tau jika anda adalah seorang karyawan baik Swasta maupun Negeri yang akan menikah dan perlu untuk membuat surat izin cuti.

Mengapa demikian? karena dengan berbagai kesibukan dalam mempersiapkan acara pernikahaan, anda tidak perlu lagi repot-repot pusing mikirin surat izin cuti untuk atasan anda karena anda sudah paham dan dapat membuatnya sendiri dengan santai.

Surat izin cuti menikah juga tergolong surat resmi, maka anda harus membutanya dengan baik dan benar sebelum mengajukannya.

Jika anda belum paham terkait format penulisan, atau anda butuh contoh surat cuti yang bisa dijadikan refrensi, baca saja artikel singkat dibawah ini.

Cara Membuat Surat Cuti Menikah Dan Aturan-Aturannya

Cara Membuat Surat Cuti Menikah Dan Aturan-Aturannya
toriqa.com

Secara umum, cuti menikah memang tidak dijelaskan secara eksplisit sebagai salah satu cuti yang wajib diterima karyawan dalam UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003.

Namun, di bagian yang menjelaskan tentang pemberian upah, yaitu di pasal 93 ayat 2 UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003, disana disebutkan bahwa menikah adalah salah satu alasan dimana karyawan dapat meminta izin tidak masuk bekerja (Cuti) tampa harus terpotong upahnya oleh perusahaan.

Masih di pasal sama, ayat 4 disebutkan juga bahwa perusahaan bisa memberikan izin libur bekerja selama 3 hari kepada pekerja yang akan melangsungkan pernikahan.

Kebijakan dalam UUD ini wajib ditaati oleh perusahaan, karena jika perusahaan tidak memberikan izin kepada karyawan yang akan menikah atau memberi izin tapi upah atau gajinya dipotong atau tidak dibayar selama 3 hari tersebut, maka perusahaan dapat terkena sanksi seperti yang dijelaskan dalam Pasal 186 UU ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 ayat 1.

Sanksi bisa berupa pidana penjara sedikitnya 1 bulan dan paling lama 4 tahun atau dikenakan denda minimal Rp 10 juta dan maksimal sebanyak Rp 400 juta.

Pengajuan Cuti Menikah

Dalam setiap perusahaan, proses pengajuan cuti menikah tentu berbeda-beda.

Untuk mengajukan cuti menikah, anda tentunya perlu membuat permintaan secara tertulis atau formal yang ditujukan pada atasanmu, dengan isi atau keterangan surat berupa permohonan pengambilan cuti dengan alasan menikah.

Isi harus dibuat sedetail mungkin, termasuk waktu pengajuan cuti nikah maksimal adalah 1 (satu) bulan sebelum acara pernikahan.

Dengan demikian, atasan nantinya bisa menentukan rekan kerja yang sekiranya bisa menggantikan posisi anda saat sedang cuti, atau mengatur kembali tugas-tugas yang perlu Anda kerjakan.

Selain itu, pekerjaan yang anda tinggalkan saat cuti dapat selesai oleh rekan kerja anda, Jadi, anda hanya bisa menikmati hari bahagia dengan tenang tampa terbebani oleh tanggung jawab dari perusahaan tempat anda bekerja.

Format atau Struktur Surat Cuti Menikah

Anda tidak perlu bingung, karena umunya penulisan surat permohonan izin cuti menikah itu sama saja dan tidak jauh berbeda dimanapun anda bekerja.

jika anda tidak bisa membuatnya sendiri, di bawah ini saya akan memberikan contoh format surat cuti menikah yang bisa anda copy ke microsoft word, untuk selanjutnya anda edit sesuai dengan keinginan anda sendiri, seperti misalnya tanggal, identitas, hingga tanggal cuti yang diinginkan.

Pokoknya buat sesesuai mungkin dengan keperluan anda untuk perusahaan.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal: Permohonan Cuti Menikah

 

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Jabatan:
Alamat:

Dengan adanya surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan cuti menikah, tercantum mulai tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . hingga tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . mendatang.

Demikian surat permohonan cuti menikah ini saya buat dan saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak atau Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Contoh Surat Cuti Menikah

Setelah melihat bagaimana struktur surat cuti untuk keperluan pernikahaan diatas, seharusnya anda sudah bisa membuatnya dengan baik.

Dan untuk menambah wawasan anda terkait macam macam surat cuti, disini saya akan memberikan contohnya langsung, bagaimana cara membuat surat cuti berdasarkan dimana anda bekerja dan sebagai apa (profesi) anda di sebuah instansi, yang tentunya ada sedikit perbedaan yang penting untuk anda tau.

Conoh Surat Cuti Menikah Untuk Karyawan Swasta

Jika memang sebelum anda menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru anda sudah menentukan tanggal pernikahan, maka anda wajib menyampaikan hal ini kepada atasan atau divisi bagian personalia atau HRD.

Tujuannya agar nanti ritme kerja di perusahaan anda itu tidak terganggu dengan berhentinya anda meski hanya sementara, durasi cuti itu pun tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Berikut ini beberapa contoh surat cuti menikah yang bisa anda jadikan refrensi untuk seorang karyawan perusahaan.

Surabaya, 17 Agustus 2021
Perihal : Permohonan Cuti MenikahKepada Yth,
Kepala divisi HRD PT Setia Budi
Di tempat.

Dengan hormat,

Dengan terkirimnya surat ini, saya yang bertanda tangan:
Nama: Agus sultan Wijaya
Posisi: Junior Digital Marketing
NIK: 17122020

Bermaksud untuk mengajukan cuti dalam rangka keperluan pernikahan selama empat hari, terhitung sejak tanggal 20 hingga 24 Agustus 2021 dan 11 hingga 12 Januari 2021.

Sekian surat permohonan cuti ini saya sampaikan,
atas perhatian bapak atau ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Agus sultan Wijaya

Artikel terkait

(Contoh Surat Peringatan)

(Contoh surat Undangan Penikahaan)

Contoh Surat Cuti Menikah Untuk Guru

Jika anda seorang guru yang akan melangsungkan pernikahaan, anda tentu harus meminta izin cuti terhadap instansi atau sekolah tempat anda mengajar selama proses pernikahaan berlangsung.

Jika anda mau buat surat cuti, tapi belum paham atau takut ada kesalahan dalam struktur atau tata tulisan, tenang aja. karena dibawah saya akan memberikan contoh surat cuti menikah yang didesain untuk para guru.

Surabaya, 10 November 2020

Kepada Yth,
Kepala SMK Negeri 01 Sumenep
Jalan Arya wiraraja No 1-3
Di tempat.

Dengan hormat,
Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Eline Wijaya Ningrum
NIP: 0202 2117
Jabatan: Guru Tata Boga
Alamat: Perumahan satelit No. 85 RT/RW 09/01 Kota Sumenep

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan izin cuti untuk tidak mengajar (Cuti) selama 1 (satu) minggu penuh, terhitung mulai tanggal 23 November 2020 hingga 28 November 2020.

Surat izin ini saya buat terkait degan dengan akan diselenggarakan acara pernikahan saya pada tanggal 27 November 2020.

Cukup sekian surat permohonan cuti ini saya buat dan saya ajukan, atas izin serta perhatian yang ibu berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Eline Wijaya Ningrum

Contoh Surat Cuti Menikah PNS

Berikutnya ada surat cuti untuk PNS, apa bedanya dengan surat cuti untuk guru?

Bedanya adalah, jika surat cuti menikah untuk guru itu hanya diajukan kepada kepala sekolah, tapi kalau surat izin cuti untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu pengajuannya ditujukan kepada Kepala Dinas atau Kepala Bagian Tata Usaha di instansi tempat PNS tersebut bekerja (Sekolah, kantor, kedinasan).

Perbedaan lainnya juga adalah, di dalam surat izin cuti untuk PNS, disertakan pula pangkat serta golongan pihak yang mengajukan cuti.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat contoh surat izin cuti menikah untuk PNS dibawah ini.

Sumenep, 10 Desember 2021

Perihal: Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
Bapak Irianto Wijaya
Jabatan: Kepala Dinas Kebudayaan Kota Sumenep
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Santoso Aji
NIP: 0978 3329 9952
Pangkat atau Golongan: Penata Muda/IIIa
Jabatan: Staf Promosi dan Pemasaran
Unit Kerja: Dinas Kebudayaan Kota Sumenep
Alamat: Jl. Satelit Permai No. 35, Sumenep

Dengan dibuatnya surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan cuti untuk menikah mulai tanggal 21, 22, 23, dan 24 Desember 2021 mendatang, acara pernikahan sendiri akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Desember 2021.

Sekian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas izin dan perhatian yang diberikan oleh Bapak Kepala Dinas Kebudayaan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Santoso Aji

Contoh Surat Cuti Menikah Pada Perusahaan

Sudah menjadi rahasian umum bahwa setiap perusahaan punya aturan yang berbeda terkait aturan cuti menikah.

Namun yang pasti, setiap perusahaan tentu akan memberikan izin cuti menikah untuk setiap pegawai atau karyawannya berdsarkan kebijakan.

Jadi, anda pun bisa untuk mengajukan surat izin cuti menikah terhadap atasan anda bila mana anda hendak melangsungkan pernikahan.

Jika bingung, tinggal ikuti aja contoh dibawah ini.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

 

Kepada Yth,
Ibu Sri Indah Wijaya
Kepala: Departemen Personalia
PT. Mahakarya Sentosa
di Tempat_

 

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Supriyadi Yusuf
Jabatan:Staff Produksi
Departemen:Produksi Barang
Alamat:Jl. Sangkuriang No. 123, Medan

Surat ini saya buat atas maksud untuk pengajuan izin cuti menikah selama 5 hari, terhitung mulai tanggal 20 November 2021, hingga 24 November 2021.

Hal ini terkait dengan pernikahan saya yang akan berlagsung pada tangga 21 November mendatang.

Demikianlah surat permohonan cuti menikah ini saya buat dan saya sampaikan dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan izin dari Ibu kepala Personalia, saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Saya,

Supriyadi Yusuf

Hal Lain yang Penting Anda Tau Terkait Pengambilah Cuti Pernikahan

Apa Perbedaan Antara Cuti Nikah PNS dan Swasta

Tidak jarang pertanyaan seperti ini muncul, apakah ada perbedaan antara cuti nikah PNS dengan cuti nikah swasta?

Untuk mendapatkan jawaban pasti dari pertanyaan diatas, kita harus mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), cuti menikah termasuk ke dalam cuti karena alasan penting.

Untuk PNS, lama cuti nikah itu ditentukan oleh pejabat yang berwenang untuk memberikan hak tersebut kepada pegawai yang mengajukan, tapi tetap rata-rata maksimal lama cuti adalah 1 (satu) bulan.

Sementara untuk cuti nikah karyawan swasta itu mengikuti aturan atau ketetapan yang ada pada UU Nomor 13 tahun 2003.

Ketentuan terkait waktu lamanya pemberian cuti nikah untuk karyawan swasta itu bisa menyesuaikan peraturan yang tertera dalam kontrak kerja atau perjanjian kerja yang perusahaan berikan pada karyawan.

Jumlah Hari Saat Cuti Nikah

Merujuk pada UU Nomor 13 tahun 2003, lama cuti menikah tanpa mendapat pemotongan gaji bagi karyawan adalah 3 (tiga) hari saja.

Meski demikian, kembali lagi terhadap ketentuan cuti yang berlaku di tempat kerjamu yang sudah disepakati atas pemberian izin yang dari atasanmu, cuti nikah yang Anda dapatkan bisa lebih dari tiga hari jika memang diawal ada aturan seperti itu.

Sedangkan jumlah hari cuti nikah untuk PNS itu tergantung pada izin yang diberikan oleh atasan, namun disesuaikan dengan aturan yang tertera dalam PP No. 11 Tahun 2017, dengan maksimal lama cuti adalah 1 (satu) bulan.

Apakah Cuti Nikah Akan Memotong Cuti Tahunan?

Contoh dan cara membuat surat cuti menikah
toriqa.com

Kenyataannya adalah, jika kita membaca kembali Undang-Undang Ketenagakerjaan, disana dijelaskan bahwa cuti menikah nggak termasuk ke dalam cuti tahunan, melainkan termasuk ke dalam cuti karena alasan atau keperluan penting.

Berdasarkan hal itu, cuti menikah nggak akan memotong cuti tahunan yang berjumlah 12 hari setiap tahunnya.

Itu adalah ketentuan atau fakta yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, namun untuk untuk lebih jelasnya, Anda dapat bertanya kembali pada staf personalia perusahaan mengenai kejelasan antara cuti nikah dan cuti tahunan.

Penutup

Surat cuti menikah hingga saat ini masih tetap digunakan sebagaimana fungsinya di berbagai kantor atau instansi.

Setiap karyawan atau pegawai berhak untuk mendapatkan dan mengajukan cuti untuk keperluan pernikahaan, yang mana surat ini juga hampir sama secara fungsi dengan surat cuti melahirkan.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini terkait cara membuat dan contoh surat cuti menikah. Semoga bisa diaplikasikan dengan mudah dan bisa menjadi bahan refrensi.

Tinggalkan komentar