Struktur Organisasi Pramuka

Struktur Organisasi Pramuka Penggalang & Penegak di Indonesia – Cerdas Pra

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang struktur organisasi gerakan Pramuka yang merupakan bagan atau skema yang menggambarkan tingkatan-tingkatan organisasi Gerakan Pramuka dari mulai tingkatan yang paling bawah hingga ke tingkatan yang paling atas, berikut mekanisme kerjanya.

Apa manfaat dibentuknya struktur pramuka hingga sedemikian rupa di Indonesia?

Dengan adanya struktur organisasi seperti ini, maka gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan di Indonesia dapat mengelola serta mudah mengotrol, dan menata secara rapi berdasarkan tingkatan organisasi dari tingkat Nasional, Daerah, Cabang, Ranting, hingga sampai ke Gugusdepan, sehingga organisasi ini bisa terus berjalan secara efektif.

Undang – undang yang mengatur tentang struktur organisasi Gerakan Pramuka ada dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 220 Tahun 2007 yang berisi Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-Pokok Organisasi Gerakan Pramuka.

Selain itu, dalam keputusan tersebut juga ada beberapa peraturan tentang tugas pokok serta fungsi Gerakan Pramuka, adanya pembagian tugas dan tanggung jawab, musyawarah, hingga garis hubungan dalam organisasi Gerakan Pramuka.

Isi dari surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 220 Tahun 2007 salah satunya adalah tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-Pokok Organisasi Gerakan Pramuka, jika Anda ingin melihat atau membacanya bisa langsung mengunduhnya di halaman SK dan PP Pramuka.

Struktur Organisasi Gerakan Pramuka

Struktur Organisasi Gerakan Pramuka
toriqa.com

Penyusunan struktur organisasi Gerakan Pramuka dirancang mulai dari tingkat Nasional, Daerah, Cabang, Ranting, hingga ke Gugusdepan yang mana struktur organisasi tersebut meliputi:

  • Majelis Pembimbing (Mabi).
  • Kwartir.
  • Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
  • Kordinator Gugusdepan (Korgudep).
  • Gugusdepan (Gudep).
  • Satuan Karya Pramuka (Saka).
  • Badan Kelengkapan Kwartir.

Adapun bagan atau struktur organisasi gerakan Pramuka di indonesia secara keseluruhan adalah sebagai berikut:

Struktur Organisasi Gerakan Pramuka Di Indonesia

Struktur Organisasi Gerakan Pramuka
toriqa.com

Penjelasan Struktur Organisasi Gerakan Pramuka Secara Umum

Majelis Pembimbing 

Majlis pembimbim merupakan organisasi internal yang bertugas memberikan bimbingan serta bantuan secara moril, organisatoris, material, dan finansial kepada para kwartir, gugusdepan, dan satuan karya pramuka.

Pembentukan majelis pembimbing dilakukan di masing masing tingkatan seperti Nasional, Daerah, Cabang, Ranting, Gugusdepan dan Saka.

Struktur Majelis Dari Pusat Hingga Daerah

  1. Majelis Pembimbing diketuai secara ex-officio.
  2. Di tingkat Nasional atau Mabinas dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia.
  3. Di tingkat daerah atau Mabida diketuai oleh Gubernur.
  4. Di tingkat cabang atau Mabicab diketuai oleh Bupati atau Walikota.
  5. Di tingkat ranting atau Mabiran diketuai oleh Camat.
  6. Sedangkan di tingkat gugusdepan atau Mabigus ketuanya dipilih dari anggota Mabigus.
  7. Dan di tingkat Saka atau Mabi Saka pimpinan dipegang oleh pejabat pada lembaga atau instansi atau departemen terkait.

Badan Keuangan Gerakan Pramuka

Badan ini (BPK) adalah satuan internal dalam Gerakan Pramuka yang merupakan badan independen yang dibentuk oleh Musyawarah Gerakan Pramuka, badan ini bertanggungjawab kepada Musyawarah Gerakan Pramuka.

Kwartir dan Kordinator Gerakan Pramuka

Kwartir dan Koordinator Gudep adalah suatu perangkat dan mekanisme kerja dalam organisasi pramuka untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka, pembentukan kwartir dilakukan mulai di tingkat:

  • Nasional, disebut Kwartir Nasional (Kwarnas), satuan kerja ini ditetapkan dalam Musyawarah Nasional (Munas) dimana masa baktinya adalah 5 tahun.
  • Daerah, disebut Kwartir Daerah (Kwarda), satuan kerja ini ditetapkan dalam Musyawarah Daerah (Musda) yang mana masa baktinya selama 5 tahun.
  • Cabang, disebut Kwartir Cabang (Kwarcab), satuan kerja ini ditetapkan dalam Musyawarah Cabang (Mucab) dengan masa bakti yaitu 5 tahun.
  • Ranting, disebut Kwartir Ranting (Kwarran), satuan kerja kecil ini ditetapkan dalam Musyawarah Ranting (Musran) dengan masa baktinya yaitu 3 tahun.
  • Gugusdepan yaitu satuan kecil dalam pramuka yang biasa dibentuk dalam satu wilayah kelurahan atau desa dikoordinasikan oleh Koordinator Gudep (Korgudep), satuan ini ditetapkan dalam Musyawarah Ranting (Musran) dengan masa baktinya yaitu 3 tahun.

Lihat juga: Panduan membuat Proposal Kegiatan Pramuka yang Baik dan Benar

Gugus Depan Kepramukaan

Gugusdepan atau Gudep merupakan pangkalan dari para peserta didik yang merupakan wadah pendidikan dalam organisasi Gerakan Pramuka.

Saka Pramuka

Satuan Karya Pramuka atau disingkat Saka adalah suatu wadah untuk setiap kegiatan kepramukaan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan peserta didik dalam wawasan tertentu.

Selain itu juga untuk melakukan berbagai kegiatan secara nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia yang sejati.

Seksie Kwartir

Apa itu badan kelengkapan Kwartir? badan kelengkapan kwartir adalah badan-badan yang mempunyai tugas membantu kwartir, badan Kelengkapan Kwartir masih meliputi:

  1. Dewan Kehormatan.
  2. Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka yang meliputi Lemdikanas jika di tingkat Nasional dan Lemdikada untuk tingkat Daerah, serta Lemdikacab untuk tingkat Cabang.
  3. Ada juga dewan kerja Pramuka penegak dan Pramuka pandega yang umum disebut dengan Dewan Kerja, satuan ini meliputi Dewan Kerja Nasional DKN untuk tingkat Nasional, Dewan Kerja Daerah (DKD) untuk tingkat Daerah, dan Dewan Kerja Cabang (DKC) untuk tingkat Cabang Dewan Kerja Ranting (DKR) untuk tingkat Ranting.
  4. Pimpinan Satuan Karya Pramuka atau disebut Saka.
  5. Pembantu Andalan.
  6. Badan Usaha Kwartir.
  7. Badan Kegiatan sesuai dengan dengan kondisi yang ada ditempat yang sifatnya situasional.
  8. Staf Kwartir.

Geraka Pramuka Utama

Penjelasan tentang Geraka Pramuka Utama
toriqa.com

Gerakan Pramuka utama adalah kegiatan pramuka yang dipimpin langsung oleh Kepala Negara Republik Indonesia (Presiden).

Musyawarah Kwartir

Musyawarah Kwartir adalah suatu lembaga yang berada di lingkungan Gerakan Pramuka yang melakukan sidang tiap akhir masa bakti kwartir atau gugusdepan, dewan musyawarah kwartir juga memegang kekuasaan tertinggi dalam kwartir atau gugusdepan.

Musyawarah ini terdiri dari:

  • Musyawarah Nasional merupakan acara musyawarah yang diadakan sekali dalam waktu kurun waktu 5 (lima) tahun, adapun peserta Munas terdiri atas utusan atau wakil Kwarnas, Mabinas, Kwarda, serta Mabida.
  • Musyawarah Daerah merupakan kegiatan musyawarah penting yang diadakan sekali dalam waktu 5 (lima) tahun, anggota yang mengikuti Musda ini terdiri atas utusan atau wakil dari Kwarda, Mabida, Kwarcab, dan Mabicab.
  • Musyawarah Cabang adalah kegiatan musyawarah yang diadakan sekali dalam waktu 5 (lima) tahun, adapun peserta dalam acara Mucab ini terdiri dari berbagai utusan atau wakil dari Kwarcab, Mabicab, Kwarran, dan Mabiran.
  • Musyawarah Ranting, musyawarah ini diadakan sekali dalam waktu 3 (lima) tahun, adapun peserta dalam acara Musran ini terdiri atas utusan atau wakil dari Kwarran, Mabiran, Korgudep, Mabi Desa, Gudep dan Mabigus.
  • Musyawarah Gugusdepan adalah kegiatan penting yang diadakan sekali dalam waktu 3 (lima) tahun, peserta dari acara Mugus ini terdiri atas utusan atau wakil dari gudep dan Mabigus.
Untuk lebih memahami seputar struktur organisasi tersebut, silakan baca SK Kwarnas No : 220 Tahun 2007.

Penjelasan Struktur Organisasi Gerakan Pramuka Secara Lebih Spesifik

Susunan struktur organisasi gerakan pramuka sudah disusun secara terstruktur mulai dari tingkat nasional, daerah, cabang, ranting hingga ke tingkat gugus depan, dan untuk mempermudah kita dalam memahaminya, saya sudah menyiapkan bagan yang menggambarkan tingkatan organisasi kepramukaan lengkap dengan mekanisme kerjanya.

Selain itu, saya juga akan memberikan contoh struktur organisasi pramuka di sekolah jika Anda ingin membuat struktur di sekolah Anda, contoh struktural kepramukaan ini bisa Anda jadikan refrensi ataupun rujukan jika ingin membuatnya nanti.

Struktur Organisasi Pramuka Penggalang

Struktur Organisasi Pramuka Penggalang
toriqa.com

Pramuka penggalang adalah tingkatan dalam gerakan pramuka yang umumnya anggotanya terdiri dari usia 11 – 15 tahun.

Dalam artian, mereka yang ikut didalamnya sudah menyelesaikan syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang yang ada di tingkat Rakit serta sudah mengucapkan trisarya pada saat upacara pelantikan yang dipimpin oleh pembina pramuka penggalang.

Bunyi Trisatya adalah sebagai berikut:

Struktur Organisasi Pramuka Penggalang
TORIQA.COM

Struktur Organisasi Pramuka Penegak

Pramuka penegak adalah anggota gerakan pramuka yang rata – rata anggotanya sudah berusia 16-20 tahun dimana pada usia tersebut mereka sudah masuk dalam masa remaja atau sosial (khostam).

Umumnya, pada usia tersebut mereka akan mencari jati dirinya, mereka juga punya semangat serta kemauan yang kuat, suka berdebat dan agresif dalam mencapai suatu tujuan.

Struktur Organisasi Pramuka Gugus Depan

Struktur Organisasi Pramuka Gugus Depan
toriqa.com

Gugus depan atau gudep pramuka adalah satuan anggota gerakan kepramukaan yang berada di level paling bawah.

Meski berada di tingkat paling bawah secara srtuktural, gugus depan secara kegiatan tidak harus selalu berpangkal di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi, namun mereka juga bergerak berdasarkan wilayah atau yang biasa disebut gudep wilayah.

Baca juga: Biografi Baden Powel, Perjuangan dan Kisah Hidup Sang Pendiri Kepanduan Dunia

Struktur Organisasi Pramuka Di Sekolah Dasar (SD)

Struktur Organisasi Pramuka Di Sekolah Dasar (SD)
toriqa.com

Berikut ini adalah beberapa contoh stuktur organisasi pramuka yang di sekolah dasar (SD) dari berbagai sekolahan di Indonesia.

Struktur Organisasi Pramuka Di Sekolah SMP

Struktur Organisasi Pramuka Di Sekolah SMP
toriqa.com

Berikut ini contoh stuktur organisasi pramuka di tingkat sekolah SMP dari berbagai sekolahan di Indonesia.

Struktur Organisasi Pramuka Di Sekolah SMK

Struktur Organisasi Pramuka Di Sekolah SMK
toriqa.com

Berikut ini contoh stuktur organisasi pramuka yang ada di tingkat sekolah SMA atau SMK dari berbagai sekolahan di Indonesia.

Baiklah, mungkin cukup sekian apa yang bisa saya share dalam artikel kali ini terkait topik Struktur Organisasi Pramuka berikut jabatan, tugas dan peranannya dalam gerakan pramuka.

Lihat juga bagaimana perjuangan seorang baden powel, sang penggagas serta pendiri kepanduan di dunia dan bagaimana perkembangan pramuka pada awal pendiriannya.

Tinggalkan komentar