Simak 6 Cara Ini Agar Mendapatkan Pekerjaan Impian

Anda sudah membuat resume namun masih belum yakin apakah resume tersebut sudah benar atau belum? Sebelum mengirimkan resume atau CV ke HRD Anda harus pastikan bahwa resume tersebut sudah benar – benar sempurna dan sesuai dengan format pada umumnya.

Tapi jika Anda masih ragu, Anda harus mengoreksi lebih detail resume yang baik lalu lakukan cara menyempurnakan resume agar resume Anda bisa dilirik HRD. Memang seperti apa resume yang sempurna dan bagaimana cara membuatnya?

Nah tenang saja, di artikel kali ini Anda akan mengetahui cara membuat resume lebih sempurna sehingga bisa mendapatkan pekerjaan impian.

Cara Menyempurnakan Resume 

Tips di bawah ini bisa digunakan untuk Anda yang hendak melamar kerja dan Anda yang hanya berniat untuk update resume saja. Siapapun Anda pastikan buatlah resume yang sempurna dengan memperhatikan hal berikut.

Pastikan Berformat ATS Friendly

Mungkin Anda sudah pernah mendengar CV ATS friendly, tapi apakah Anda sudah praktik membuat CV tersebut? 

ATS atau applicant tracking system merupakan software yang digunakan untuk membaca dan menilai CV. Nah, CV ATS friendly sendiri merupakan CV yang di desain agar lolos seleksi ATS tadi. 

Lalu seperti apa contoh CV ATS friendly? Misalnya perusahaan meminta syarat pengalaman kerja 2 tahun dan pada resume Anda, Anda mencantumkan pekerjaan 2 atau lebih dari 2 tahun maka CV Anda akan dinilai baik oleh ATS dan menjadi salah satu yang layak masuk seleksi selanjutnya.

Resume yang berformat ATS friendly ini sekarang sangat dianjurkan, karena banyak perusahaan besar yang menggunakan seleksi model ini.

Sesuaikan Isi dengan Permintaan Perusahaan

Cara menyempurnakan resume selanjutnya saling berhubungan dengan yang pertama. Ketika membuat resume, Anda memang diminta untuk menuliskan apa adanya dan tidak dilebih – lebihkan.

Namun, untuk membantu CV agar lolos seleksi ATS, Anda dapat membuat isi CV nya agar sesuai dengan requirement perusahaan. 

Contohnya seperti perusahaan A meminta syarat harus memiliki skill komunikasi yang baik. Nah, dalam resume tersebut Anda dapat memasukan soft skill “komunikasi” atau “communication” dengan cara itu akan membantu resume Anda lolos ATS.

Jadi, apabila sebelumnya Anda sudah membuat resume namun belum ATS friendly sebaiknya segera diperbaiki formatnya.

Edit Ringkasan Profil

Ringkasan atau summary profil merupakan bagian yang dilihat pertama kali oleh HRD. Summary profil yang baik yaitu yang singkat, padat namun berbobot dan dapat membuat HRD tertarik pada Anda.

Anda tidak perlu membuat ringkasan yang terlalu panjang dan menjabarkan semua tentang Anda. Cukup sampaikan bagian diri Anda yang penting, yang sekiranya dapat membedakan dari pelamar lain.

Setelah itu, kalau bisa tambahkan angka yang menunjukkan pencapaian Anda, misalnya seperti.

  • Berhasil menjual lebih dari 100+ produk pada konsumen
  • Telah membantu 50+ klien meningkatkan website
  • Dan masih banyak lagi.

Mengapa hal tersebut menjadi penting? Dengan adanya angka yang menunjukkan jumlah atau persentase maka HRD akan lebih percaya bahwa itu memang fakta, bukan sekadar opini semata yang dibicarakan oleh Anda.

Jika sebelumnya profil Anda hanya berisi kalimat – kalimat saja, maka segera edit menjadi lebih singkat dan tambahkan data angka seperti contoh di atas.

Baca Juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan (CV) Berbagai Jenis & Kebutuhan

Masukan Pengalaman Hanya yang Relevan

Apabila Anda memiliki banyak pengalaman di berbagai bidang, masukan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar pada CV anda. Mengapa demikian? Karena HRD hanya melihat pengalaman yang relevan dan selinier dengan posisi yang Anda lamar.

Mungkin Anda bertujuan agar di CV pengalaman Anda semakin banyak sehingga bisa memberi peluang besar untuk diterima. Namun Anda salah besar, karena pengalaman yang kurang relevan tidak akan dilihat oleh HRD.

Kecuali jika memang Anda seorang fresh graduate yang memang belum memiliki pengalaman apa – apa. Jika begini, Anda bisa memasukan pengalaman organisasi, volunteer atau coba membuat portofolio yang bisa mendukung.

Tonjolkan Kemampuan 

Cara menyempurnakan resume selanjutnya yaitu dengan menonjolkan kemampuan atau bidang yang sangat Anda kuasai atau geluti. Mungkin ketika membuat CV Anda berpikir bahwa CV ini sudah sangat sempurna dan bagus.

Padahal ketika sudah masuk pada HRD, ada lebih banyak CV yang isinya sama seperti CV Anda atau bahkan lebih baik.

Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menyempurnakannya dan membuat beda dari yang lain dengan menonjolkan kemampuan. 

Misalnya seperti Anda seorang fresh graduate yang belum memiliki kemampuan apa – apa. Namun, Anda memiliki skill marketing yang bagus.

Nah, di resume tersebut Anda bisa sampaikan bahwa Anda memiliki skill marketing dan dapat menjualkan produk. Hal itu akan menjadi poin plus Anda di mata HRD dan menjadi pembeda dari yang lain.

Konsultasikan dengan Orang Lain

Terakhir, Anda bisa lakukan cara menyempurnakan CV dengan berkonsultasi. Anda bisa berkonsultasi dengan siapapun, misal dengan teman yang sebelumnya sudah keterima kerja, dengan kenalan HRD atau bahkan berkonsultasi dengan advisor.

Saat ini ada banyak situs web yang menawarkan konsultasi CV secara gratis dan berbayar. Nantinya mereka akan memberikan masukan terhadap CV yang sudah Anda buat. Sehingga CV Anda akan lebih sempurna.

Sampai sini, Anda sudah tertarik untuk membuat resume lebih sempurna? Sebelum mengirimnya pada HRD pastikan Anda mempraktekkan cara menyempurnakan di atas.

Resume yang sempurna tentu memberikan peluang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan impian.

Tinggalkan komentar