Makna dan Fungsi Sejarah Tari Tarian

Fakta Sejarah Tari saman Lengkap [ Asal Usul, Makna, Gerakan ] +Gambar

Sejarah tari saman adalah tarian khas aceh yang sudah ada di indonesia sejak abad ke- 14 dengan nama awal tari pok ane, bahkan sebelum islam menyebar ke nusantara.

Baru setelah islam masuk, tarian ini mulai diperkenalkan oleh seorang ulama bernama syeh saman dengan sedikit sentuhan adat islam.

Tari saman biasanya dipentaskan saat ada acara – acara penting seperti maulid nabi, penyambutan tamu penting dan acara penting lainnya.

Hebatnya, tarian ini tidak hanya dikagumi oleh warga lokal, tapi juga masyarakat mancanegara juga mengagumi tarian ini hingga UNISCO menetapkan tarian ini sebagai warisan dunia.

Untuk mengetahui lebih dalam seputar sejarah tari saman yang unik dan mengagumkan ini, ikuti terus pembahasan artikel berikut ini:

Sejarah Dan Asal Usul Tari Saman

Asal usul keberadaannya
Busy.orng

Tari saman merupakan tarian yang berasal dari suku hayo yang berada di Aceh. Tari saman ini mulai diperkenalkan secara umum sejak abad ke 14 oleh syekh saman yang merupakan seorang ulama besar pada masanya.

Tarian ini pada awalnya hanya sekadar permainan rakyat yang sebelumnya diberikan nama Pok Ane.

Setelah kebudayaan Islam masuk ke wilayah Gayo perubahanpun sedikit demi sedikit terjadi, sehingga dua kultur ini berakulturasi, dan menyebabkana perubahan.

Dari sudut pandang sebuah lagu yang mengiringi permainan Pok Ane, yang dulunya lebih dari sekadar pelengkap, kini tarian ini berubah menjadi fantasi yang dipenuhi syair dan makna bagi Tuhan.

Tari saman mulai diperkenalkan secara umum sejak abad ke 14 oleh syekh saman, yang merupakan seorang ulama besar di aceh.

Sedikit demi sedikit adat Islam juga mampu mengubah sebagian gerakan tari saman. Dari mulai gerakan tepukan tangan hingga perubahan tempat duduknya.

Makna dan Fungsi Sejarah Tari Saman

Makna dan Fungsi
Tribunnewswiki

Tari saman adalah tarian khas aceh yang juga memiliki fungsi sebagai media untuk menyampaikan pesan, nasihat, atau dakwah.

Sedang makna dari tari saman sendiri merupakan gambaran sebuah pendidikan, sopan santun, keagamaan, kepahlawanan, kebersamaan dan kekompakan dalam sebuah kehidupan.

Sebelum penampilan tarian tarian akan dilakukan, akan ada pembukaan atau pembukaan biasanya disajikan oleh pemimpin agama atau sesepuh lokal yang mewakili masyarakat.

Para pemeran akan menyajikan saran yang bermanfaat bagi penonton tentang pakaian dansa.

Dalam tarian ini syair dan lagu diungkapkan secara bersamaan dan berkesinambungan, para pemain tari saman diantaranya terdiri dari laki-laki muda yang menggunakan pakaian adat tempat.

Selain itu tari saman ini juga dapat dijadikan sebagai kancah perlombaan, pentas seni, perlombaan, atau semacamnya.

Nantinya diadakan eveluasi untuk menilai kemampuan dari masing-masing peserta dalam dalam meniru lagu, tari, hingga gerakan yang diberikan oleh pihak lawan.

Tari saman memiliki makna sebagai format akan tingginya rasa sopan santun, pendidikan, kebersamaan, kekompakan, kepahlawanan dari masyarakat Aceh yang agamis.

Pada tiap – tiap baris syairnya terdapat pesan dakwah yang juga menjadi poin penilaian tersendiri.

Artikel terkait

( Sejarah tari jaipong )

( Sejarah candi prambanan )

Makna Sejarah Tari Saman

Makna dan fungsi Tari Saman
Jeng Susan

Dari sekian banyaknya macam – macam seni tari adat dari berbagai suku – suku di Indonesia, tari saman ini adalah salah satu tarian adat yang tergolong unik.

Keunikan dari tari saman tidak hanya nampak dari pola gerakan para penarinya saja, tetapi juga pada keharmonisasian paduan suara dan lagu yang mengiringinya.

Keunikan – keunikan inilah yang menjadikan tari asal Aceh ini menjadi sangat populer, bahkan tidak hanya di dalam negeri melainkan juga sampai ke mancanegara.

Pada mulanya tari saman hanyalah permainan rakyat Aceh yang kala itu bernama Pok Ane. Baru setelah kebudayaan Islam mulai masuk ke daerah aceh, Gayo, kemudian dua kultur ini saling berakulturasi.

Akibatnya terjadilah perubahan kultur pada tari Pok Ane, dari mulai lagu pengiring permainan Pok Ane yang pada awalnya hanya bersifat sebagai komplemen. Kemudian berganti menjadi suatu format lagu yang syairnya mengandung penuh makna.

Gerakan Tari Saman

Gerakan dalam latihan
Portal Wisata

Unsur dalam gerakan dasar tari saman menerapkan dua gerakan dasar, dua unsur tersebut adalah tepukan dada dan tepuk tangan.

Syekh Saman saat menyebarkan agama islam mempelajari tari melayu kuno. Setelah itu beliau mengadakan kembali apa yang telah dipelajarinya via gerakan yang disertai dengan syair dakwah atau bimbingan Islam.

Tujuannya adalah untuk mempermudah dakwahnya menjadi kekinian sehingga lebih mudah diterima.

Sampai hari ini, tarian dan ritual keagamaan masih digunakan untuk penyampaian khotbah dan bimbingan media melalui pertunjukan tari.

Tari saman dalam setiap pertunjukkannya selalu disukai dan dikagumi oleh banyak orang. Hal ini karena aksi tariannya yang begitu harmonis. Juga syair-syair yang mengalun kencang saling berkombinasi satu sama lain.

Bahkan hingga orang luar negeri banyak lebih mengenal tari saman dibandingkan tari pendet atau kecak yang asalnya dari Bali.

Tari saman sendiri merupakan salah satu tarian yang unik dari pada tari pada umumnya. Karena tarian ini hanya menampilkan gerakan tepuk tangan dan gerakan lainnya. Seperti gerak lingang, kirep, surang – saring, yang menggunakan bahasa Gayo.

( Baca Juga: Pengertian sejarah menurut para ahli )

Penari Tari Saman

Penari Tari Saman
MerahPutih

Dalam setiap pertunjukan, tari saman dimainkan oleh belasan hingga puluhan laki-laki.

Namun yang pasti jumlahnya pemainnya tetap ganjil, meskipun ada juga anggapan lain yang mengatakan, tari ini dilaksanakan kurang lebih sebanyak 10 orang.

Dengan 8 orang berperan sebagai penari dan 2 orang lainnya sebagai pemberi aba-aba sambil lalu tarik suara.

Di era modern ini nyanyian secara tak lantas menerangkan bahwa sebuah tarian akan semakin menarik sekiranya ditarikan oleh penari dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

Jumlah penari tari saman berjumlah 10 orang dengan 8 penari dan 2 orang sebagai pemandu.

Supaya para penarinya dapat mengontrol gerakannya, maka diadakan pemeran khusus yang mempunyai tugas sebagai penyanyi syair-syair lagu saman.

Paduan Suara Tari Saman

Paduan Suara
Media Indonesia

Biasanya tari saman ditampilkan tanpa disertai iring-iringan alat – alat musik, melainkan menerapkan suara dari para penari saman itu sendiri.

Selain suara tarian, tari saman juga dipadu dengan tepukan tangan dari para penari yang dikombinasikan dengan memukul bagian dada serta pangkal paha mereka. Sebagai format sinkronisasi juga gerakan menghempaskan badan ke perbagai arah.

Biasanya saat penampilan tarian ini didampingi langsung oleh seorang pemimpin yang disebut dengan nama syekh.

Oleh karena kekompakan dan keseragaman formasi serta kecermatan waktu dalam menampakkan gerakan tarian ini.

Oleh sebab itu para penari saman dituntut untuk memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, serta  latihan yang serius agar dapat menampilkan gerakan tari yang sempurna.

Tarian ini lebih dikhususkan untuk ditampilkan oleh kaum laki-laki.

Dulu tari saman ditampilkan dalam acara-acara adat tertentu, seperti ketika ada acara memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad, dan acara – acara religius lainnya.

Selai itu tari saman juga dipertunjukkan dalam acara-acara yang sifatnya legal, contohnya seperti ada kunjungan tamu-tamu antar kabupaten. Atau juga pada saat pembukaan sebuah festival dan acara-acara penting lainnya.

Sekarang karena semakin berkembangnya zaman hingga masuk era modern ini, tari saman semakin semarak, dan tarian ini juga mengalami perkembangan.

Hal ini dapat dilihat dengan menambahkan jumlah penari lebih dari 10 orang. Disamping itu, para wanita yang awalnya tidak diperbolehkan untuk memainkan sekarang sudah diperbolehkan.

Tari saman punya gerakan khusus yang unik dari pada tarian lainnya, karena gerakan tari saman ini terbagi menjadi 2 faktor gerakan, yaitu gerakan tepukan dada serta gerakan tepukan tangan.

Kemudian juga ada gerak kirep, guncang, lingang, surang-saring, nama-nama unik dari gerakan ini berasal dari bahasa Gayo, bahasa salah satu daerah di aceh.

Tarian ini terbentuk dengan sempurna dengan perpaduan antara iringan lagu yang dikombinasikan dengan gerakan dari para penari.

Dalam tari saman dikenal 5 macam alunan lagu khas diantaranya adalah:

1. Ayo pergi

Merupakan alunan lagu yang berasal dari suara auman yang diawali oleng pengangkat.

2. Dering

Merupakan rengum dari tarian yang disertai dengan suara dari semua penari.

3. Syekh

Syekh merupakan alunan lagua yang dinyanyikan oleh seorang penari saman dengan menampakkan suara panjang yang tinggi melengking, biasanya dijadikan penanda dilaksanakannya perubahan gerak.

4. Saur

Lagu saur merupakan bagian dari lagu tari saman yang diulangi secara berbarengan oleh semua penari setelah sebelumnya dinyanyikan oleh penari solo.

Fakta Tentang Tari Saman

Tari saman merupakan salah satu tarian kebudayaan dari sekian banyak kekayaan tari tradisional bangsa Indonesia yang berasal dari tanah Gayo di Aceh.

Tari saman juga pernah meraih penghargaan MURI atas rekor jumlah penari saman terbanyak, yaitu mencapai 12.262 orang penari.

Kali adalah penggelaran acara tari saman massal yang ke dua, setelah sebelumnya pada tahun 2011 juga pernah menampilkan tarian dengan jumlah penari mencapai 5.054 orang.

Dengan menggunakan kostum kain yang bermotif khas Kerawang Gayo, para penari menampilkan tariannya dengan kompak dan cantik dalam meniru tempo tarian yang berubah-ubah, sehingga menimbulkan decak kagum dari sekian banyak orang yang menontonnya.

Namun, akhir-akhir ini muncul beberapa fakta menarik perihal tari saman yang dapat anda jumpai, hal-hal menarik sehubungan dengan fakta tari saman diantarannya sebagai berikut.

1. Tari Saman Dianggap Sama dengan Tari Ratoeh Datuk

Fakta unik
ANTARANews

Bagi sebagian orang, tari saman sering kali dianggap sama dengan Tari Ratoeh Datuk, meskipun faktanya, kedua tari ini sangatlah berbeda.

Perbedaannya dapat dilihat dari para penarinya, tari saman dimainkan oleh penari pria dengan jumlah yang ganjil, sedangkan tari ratoeh datuk dimainkan oleh para penari perempuan dengan jumlah yang genap.

Perbedaan lainnya juga dapat dilihat dari segi bajunya, dimana pada tari saman menggunakan pakaian dengan kantong yang bermotif, sedang tari ratoeh datuk menngunakan pakaian polos yang dipadukan dengan songket Aceh.

Perbedaannya juga terdapat dari segi bahasa yang digunakannya dimana tari ratoeh datuk menggunakan snyair dari bahasa Aceh, sementara tari saman menerapkan syair dalam bahasa Gayo.

2. Berfungsi Sebagai Media Berdakwah

Tari saman sebagai media dakwah
Pesona Travel

Jika dilihat dari sudut pandang sejarah, tari saman sudah ada sejak abad ke-13, kemudian dikembangkan kembali oleh Syekh Saman sebelum dipopulerkan.

Tari saman biasanya dipakai sebagai media untuk menyebarkan agama islam secara luas, dan juga memberikan bimbingan, ajaran yang mengajarkan perihal kebersamaan dan kekompakan.

Seiring berkembangnya zaman kini tari saman fungsinya lebih luas lagi, dimana sekarang sudah dijadikan kancah pertunjukkan hiburan yang menjadikannya salah satu kekayaan tradisi di Indonesia.

( Lihat juga: Asal usul kota lamongan )

3. Milik Aceh untuk Dunia

Sejarah tari saman
Pegipegi

Irwandi Yusuf, Gubernur asal Aceh pernah menjelaskan bahwa, tari saman adalah tarian Aceh tullen untuk diperlihatkan kepada Dunia.

Beliau juga mengatakan bahwa tari saman juga milik dunia yang yang diciptakan dan disusun oleh Gayo Lues, bukan Aceh secara keseluruhan.

4. Diakui UNESCO Sebagai Salah Satu Warisan Dunia

Indonesia patut berbagga hati karena salah satu karya tradisionalnnya diakui oleh UNESCO ( organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan perserikatan bangsa bangsa.)

Jika ingin diakui sebagai warisan oleh UNESCO, setidaknya terdapat 4 skor yang wajib dimiliki oleh suatu kebudayaan, diantarannya adalah keunikan, keabsahan, adanya skor filosofi yang bersifat universal, dan juga kekuatan tular ke masyarakat.

Salah satu dari kebudayaan Indonesia yang telah memenuhi keempat kriteria ini adalah tari saman.

Selain tari saman, tradisi lain milik indonesia akhir – akhir ini juga sudah diakui juga oleh UNESCO, diantaranya adalah adalah wayang, batik, keris, dan juga seni angklung.

Faktanya, tari saman diakui oleh UNISCO sebagai salah satu warisan dunia yang berasal dari indonesia.

Pendiri Tari Saman

Secara umum dalam setiap pentas, tari saman ditampilkan tanpa menerapkan iring-iringan dari alat musik, namun menerapkan suara dari para penari saman itu sendiri.

Selain itu suara – suara tersebut dipadukan dengan tepukan tangan mereka yang dikombinasikan dengan memukul komponen dada serta pangkal paha. Hal ini sebagai format sinkronisasi juga gerakan menghempaskan badan ke berbagai arah.

Biasanya tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang disebut dengan nama syekh, sebagaimana sejarah tari saman ini yang dipopulerkan oleh Syekh Saman.

Tarian ini fokus pada kekompakan dan keseragaman formasi serta kecermatan waktu sehingga menghasilkan gerakan tari sangat bagus dan mengagumkan bagi para penonton.

Untuk mendapatkan tarian yang sempurna, para penari saman dituntut untuk meningkatkan konsentrasi yang tinggi serta latihan yang serius, biasanya tarian ini lebih bagus jika ditampilkan oleh laki-laki.

Sebelumnya tari saman hanya digelar pas ada acara – acara khusus saja, seperti pada acara maulid nabi, serta khusus dalam konteks kontemporer.

Tari saman juga ditampilkan dalam acara-acara karakter resmi, seperti kehadiran tamu antar-distrik , atau pada pembukaan festival atau acara penting lainnya.

Pola Gerakan Tari Saman

Pola Gerakan Tari Saman
theisidemag.com

Agar mendapat kekompakan dalam tarian ini, biasanya ada 2 syekh yang memimpin.

Syekh berperan sebagai pengatur jalannya ritme gerakan sekaligus menjadi pemandu untuk lagu dan syair dalam iringan tarian saman.

Dalam prakteknya gerakannya, tari saman ini terbagi menjadi 2 elemen gerakan, pertama adalah gerakan tepukan dada serta gerakan tepukan tangan.

Kemudian gerak kirep, guncang, lingang, surang-saring. Mungkin bagi sebagian orang kedengarannya nama gerakan ini cukup unik kerena berasal dari bahasa lokal Gayo, tempat lahirnya tari saman.

Ciri-Ciri Tari Saman

Sejarah tari saman
Adira Finance

Sebagaimana tari yang lain, tari saman juga memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Keunikan dan ciri khas tari saman terletak pada kekompakan gerakannya yang sangat menakjubkan.

Para penari saman dapat bergerak secara serentak dengan mengikuti irama musik yang yang dimainkan dengan harmonis.

Gerakan demi gerakan berjalan secara teratur seolah – olah digerakkan oleh satu tubuh, Para penari terus menari dengan kompak, mengikuti dendang lagu yang dinamis.

Maka tak heran jika tari saman banyak memikat hati para penikmat seni tari. Bahkan bukan hanya dari Indonesia saja penikmatnya, tapi juga masyarakat luar negeri juga dibuat kagum penampilan tarian ini.

Perlengkapan Tari Saman

Sejarah Tari saman
www.tokopedia.com

Terdapat beberapa perlengkapan yang diperlukan dalam pementasan tari saman, diantarannya adalah sebagai berikut:

1. Busana Tari Saman

Para penari tari saman memakai kostum yang terdiri dari atasan, kain sarung, dan bawahan berupa celana.

2. Ikat Kepala

Untuk para penari laki – laki biasannya mengenakan hiasan yang dikenakan melingkar pada bagian kepala.

3. Jilbab Tari Saman

Kostum khusus untuk penari wanita semua mengenakan jilbab yang mengidentikan sebagai seorang muslimah.

4. Alat Musik Tari Saman

Dalam pementasan tari saman, alat musik yang digunakan dalam pementasan biasanya berupa rebana. Alat musik rebana mengidentikan budaya islam yang berasal dari timur tengah.

5. Kostum Penari Tari Saman

Kostum Penari Tari Saman
MateriBelajar.co.id

Pada kostum yang dipakai para penari tari saman juga memiliki keunikan tersendiri. Pada kostum penari Saman terdapat tiga bagian corak yang menonjol, yaitu pada bagian kepala, badan, dan tangan.

  • Bagian Kepala

Dibagian kepala penari tari saman mengenakan teleng bulung atau tengkuluk kain kotak hitam besar empat persegi. Kain tersebut disulam dengan menggunakan benang seperti baju dan suntimng kepies.

  • Bagian Badan 

Pada bagian badan kostum yang dipakai adalah baju pokok atau baju kerawang, celana dan kain sarung.

  • Bagian tangan

Sedang untuk bagian tangan, penari saman mengenakan topeng gelang satu tangan yang berwarna. Warna – warna tersebut dipercaya mempunyai nilai-nilai tertentu. Seperti identitas, serta menunjukkan rasa kebersamaan dan kekompakan dari para penari Tari Saman tersebut.

Demikianlah Penjelasan mengenai sejarah tari saman. Mudah – mudahan dengan adanya sedikit sharing tentang sejarah tari saman ini dapat meningkatkan kecintaan kita pada budaya lokal.

Sebagaimana sejarah tari saman ini muncul tidak lain untuk membuat generasi muda bangsa ini sadar, bangkit, dan terus berkreasi, berinovasi untuk memajukan bangsa.

Sejarah tari saman dan asal masukanya tari saman, gerakan tari saman, para penari tari saman, pembuat tari saman, semua kami bahas disini. Semoga dengan artikel ini para pembaca dapat mengetahui lebih dalam lagi tentang sejarah tari saman dan seluk beluk keindahannya.

 

 

 

Tinggalkan komentar