Sejarah tapak suci

Mengetahui Sejarah Tapak Suci – Aliran, Jurus Dan Tingkatan Perguruan

Sejarah tapak suci merupakan topik yang menarik sekaligus penting untuk di bahas karena merupakan seni bela diri khas indonesia. yang memiliki ciri khas tersendiri yang dikembangkan untuk mewujudkan identitas.

Taukah kalian bahwa Tapak Suci termasuk kedalam 10 Perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh kembangnya IPSI sebagai organisasi.

Tapak suci dibentuk untuk melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa serta menjaga dari pengaruh syirik dan menyesatkan yang dapat menodai nilai luhur ajaran yang terkandung di dalamnya.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai sejarah tapak suci, jangan pernah bosan untuk menyerap ilmu dari artikel berikut ini:

Sejarah Tapak Suci

Sejarah Tapak Suci
Pencak silat

Sejarah tapak suci di indonesia juga ikut serta mewarnai perjalanan sejarah perjuangan bangsa indonesia.

Tapak Suci merupakan salah satu perguruan yang termasuk kedalam 10 Perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh kembangnya IPSI sebagai organisasi olahraga nasional.

Banyak macam aliran pencak silat yang bahu membahu berjuang mengusir penjajah hingga ahkirnya kemerdekaan dapat diraih.

Namun setiap organisasi pencak silat memiliki sejarahnya tersendiri seperti halnya juga sejarah tapak suci di indonesia.

Menurut sejarahnya, pencak silat tapak suci dibentuk untuk mencetak pemuda yang tangkas dan memiliki ketinggian iman demi untuk menghadapi dan mengusir penjajah dari tanah air.

1. Sebelum Kelahiran Tapak Suci

Sejarah tapak suci
Radar Banyuwangi – Jawa Pos

Suatu ketika pada tahun 1872, lahirlah seorang putra dari KH. syuhada di Banjarnegara yang kemudian diberi nama Ibrahim.

Ibrahim dari sejak kecil sudah mempunyai karakter yang pemberani dan juga tangguh sehingga banyak dari kawan – kawannya yang segan terhadapnya.

Ibrahim sudah mulai belajar pencak dari kecil dan kelak menginjak usia remaja dia sudah menunjukkan ketangkasan dalam pencak silat.

Kemudian karena sesudah menjadi buronan Belanda, Ibrahim mulai berkelana ke beberapa daerah hingga sampai ke Betawi, dan selanjutnya pergi ke Tanah Suci.

Setelah ia kembali dari Tanah Suci, kemudian ia menikah dengan puteri KH. Ali. Ibrahim, dan kemudian mendirikan Pondok Pesantren Binorong di Banjarnegara.

Setelah selesai melaksanakan ibadah haji, Ibrahim masih berstatus buronan Belanda, untuk menghindari pengintaian dari belanda ia mengganti namanya menjadi KH.Busyro Syuhada.

Dibawah asuhannya, Pondok Pesantren Binorong berkembang dengan pesat, dan di antara murid – muridnya antara lain Achyat adik misan Ibrahim, M. Yasin (adik kandung), dan Soedirman, yang kelak menjadi Jenderal Besar.

Kemudian pada tahun 1921 dalam acara konferensi Pemuda Muhammadiyah di Yogyakarta, KH. Busyro untuk pertama kalinya bertemu dengan dua kakak beradik yaitu, A.Dimyati dan M.Wahib.

Pertemuan ini berawal dari adu kaweruh antara M.Wahib dengan Achyat yang kelak berganti nama menjadi H. Burhan.

Kedua kakak beradik ini akhirnya berguru kepada KH. Busyro sekaligus juga nyantri di pesantrennya.

  • Perguruan Kauman

Perguruan Kauman
Laduni.id

Busyro Syuhada akhirnya memutuskan untuk pindah dan menetap di Yogyakarta setelah beberapa lama mengasuh di pondok pesantren yang didirikannya.

Sehingga aliran Pencak Silat Banjaran, yang semula dikembangkan di Pondok Pesantren Binorong kemudian juga dikembangkan di Kauman, Yogyakarta.

Atas restu dan izin dari pendekar Besar KH. Busyro, kemudian A. Dimyati dan M.Wahib membuka perguruan dan menerima murid.

Pada tahun 1925 Perguruan Pencak Silat di Kauman akhirnya dibuka dan terkenal dengan nama Cikauman.

Perguruan ini dipimpin langsung oleh dua Pendekar Besar M. Wahib dan Pendekar A. Dimyati.

  • Perguruan Seranoman

Singkat cerita tersebutlah M. Syamsuddin, seorang murid Cikauman yang berhasil dinyatakan lulus, dan diizinkan untuk menerima murid, sehingga ia mendirikan Perguruan Seranoman.

Letak Perguruan Seranoman berada di kauman sebelah utara, Setelah beberapa lama berjalan akhirnya lahir seorang Pendekar Muda M. Zahid yang mempunyai seorang murid andalan bernama Moh. Barrie Irsyad.

Sebagai seorang murid dari generasi ke-6 yang sudah dinyatakan lulus dalam menjalani berbagai gemblengan oleh Pendekar M. Zahid, M.

  • Perguruan Kasegu

Syamsuddin, M. Wahib dan A. Dimyati Kemudian mendirikan sebuah Perguruan bernama KASEGU, Kasegu sendiri merupakan senjata khas yang bertuliskan Muhammad, yang diciptakan oleh Pendekar Moh. Barrie Irsyad.

Kelahiran Tapak Suci

Berdirinya tapak suci
Nasional Kompas

Setelah adanya desakan dari murid-murid Perguruan Kasegu terhadap Pendekar Moh. Barrie Irsyad agar mendirikan sebuah perguruan yang menggabungkan perguruan yang sejalur (Cikauman, Seranoman dan Kesegu).

Akhirnya beliau mendirikan Perguruan Tapak Suci, yang mulai dibentuk pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta, dan yang jadi Ketua Umum pertama Tapak Suci adalah Djarnawi Hadikusumo.

Setelah Tapak Suci berdiri dan mulai berkembang, kemudian perguruan ini mulai menerima permintaan untuk membuka cabang di daerah-daerah lain.

Selain itu, setelah perguruan ini berdiri maka secara otomatis TAPAK SUCI menjadi wadah silaturahmi para pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah.

Pada tahun 1964, saat itu organisasi Muhammadiyah pusat masih diketuai oleh KH Ahmad Badawi, untuk itu Tapak Suci dapat langsung diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah.

Selanjutnya perguruan mengganti nama menjadi Tapak Suci Putera Muhammadiyah, yang disingkat Tapak Suci.

Perguruan Tapak Suci mulai dibentuk pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta oleh pendekar Moh. Barrie Irsyad

Daerah pertama cabang Tapak Suci berdiri di Jawa Timur, kemudian disusul di Sumatra Selatan, Jakarta, dan Sumatra Barat dan sekarang Tapak Suci sudah menyebar hingga ke Singapura, Belanda, Jerman, Austria, dan Mesir.

Aliran Tapak Suci

Aliran Tapak Suci putra muhammadiah
You Tube

Pencak silat Tapak Suci merupakan aliran ilmu bela diri pencak silat yang berlandaskan pada Al Islam, yang bersih dari syirik yang menyesatkan.

Gerak langkah dan sikap mental adalah suatu bentuk tindak tanduk kesucian yang mengutamakan Iman dan Akhlak, serta tetap memegang aliran dasar dari Banjaran-Kauman, yang kemudian dikembangkan dengan metodis dan dinamis.

Perguruan Tapak Suci

Perguruan Tapak Suci merupakan perguruan yang dibentuk dengan hasil dari peleburan sekaligus kelanjutan dari tiga perguruan yang pernah ada sebelumnya, yaitu: Kasegu, Seranoman dan Kauman.

Landasannya adalah Al Islam dan berjiwa ajaran KH. Ahmad Dahlan serta membangun pencak silat yang berwatak mulia dan berkepribadian nasionalis.

Selain itu perguruan ini didirikan untuk melestarikan budaya bangsa yang luhur dan bermoral, serta mengabdikan perguruan untuk perjuangan agama, bangsa, dan negara.

Jurus Perguruan Tapak Suci  

Jurus Perguruan Tapak Suci  
Cangnakbali – wordpress

Pada awalnya sebelum resmi berdiri, jurus-jurus khas Tapak Suci diberi nama dengan nomor, seperti Jurus 1, 2, dan seterusnya.

Namun setelah pendeklarasian berdirinya TAPAK SUCI pada tahun 1963, jurus-jurus itu diganti dengan nama-nama flora dan fauna.

Tujuan dari pemberian nama seperti ini agar senantiasa mengingat kebesaran Allah yang maha kuasa untuk menciptakan segala mahluk.

Selain itu maksud pemberian nama ini juga mengandung arti bahwa jurus TAPAK SUCI yang kosong artinya sama juga dengan tumbuhan dan hewan, yang hanya mempunyai nafsu dan hawa naluri, tanpa adanya akal dan budi pekerti, tanpa adanya Iman dan Akhlak.

Dalam perguruan tapak suci terdapat 8 (delapan) jurus khas, yaitu:

  1. Jurus Harimau
  2. Jurus Merpati
  3. Jurus Rajawali
  4. Jurus Lembu
  5. Jurus Ikan
  6. Jurus Naga
  7. Jurus Katak
  8. Jurus Mawar

Kedelapan Jurus ini dapat diaplikasikan dalam berbagai Permainan Tangan Kosong maupun Bersenjata, baik digunakan untuk olahraga, seni, maupun bela diri.

Setiap gerakan Jurus mempunyai Sikap Awal untuk melakukannya, sikap awal artinya sikap dari pesilat yang mendahului setiap permainan jurus.

Jurus Pertandingan Tapak Suci

Sejarah tapak suci
You Tube

Jurus jurus dalam perguruan tapak suci terdiri dari berbagai macam gerakan yang terkombinasi.

Berikut beberapa gerakan dalam tiap jurus tapak suci:

1. Serangan Tangan

  1. Serangan Merpati Mengibas Ekor
  2. Serangan Merpati Mengibas Sayap
  3. Serangan Pagutan Merpati
  4. Serangan Tandukan Lembu Jantan
  5. Serangan Rajawali Mengibas Sayap
  6. Serangan Naga Terbang
  7. Serangan Katak Melempar Tubuh

2. Pola Langkah

  1. Langkah Segi Empat
  2. Langkah Segi Tiga
  3. Langkah Paku-Paku

3. Tangkisan Tapak Suci

  1. Tangkisan Kibasan Harimau
  2. Tangkisan Benturan Harimau
  3. Tangkisan Merpati Mengibas Sayap
  4. Tangkisan Merpati Mengibas Ekor
  5. Tangkisan Ikan Menerjang Sarang
  6. Tangkisan Katak Melempar Tubuh
  7. Tangkisan Bunga Mawar Mekar
  8. Tangkisan Bunga Mawar Layu
  9. Tangkisan Naga Terbang

4. Serangan Jatuhan Atau Bantingan 

  1. Bantingan keluar
  2. Bantingan kedalam
  3. Terkaman Harimau
  4. Guntingan

5. Serangan Kaki

  1. Serangan Kibasan Harimau
  2. Serangan Benturan Harimau
  3. Serangan Harimau Menutup Jalan
  4. Serangan Harimau Membuka Jalan
  5. Serangan Ikan Menjulang ke Angkasa
  6. Serangan Ikan Menggoyang Sirip

Kategori Tingkatan Perguruan Tapak Suci

Kategori Tingkatan Perguruan Tapak Suci
Universitas Lampung

Dalam perguruan tapak suci terdapat tiga kategori tingkatan, yaitu siswa, kader, dan pendekar yang masing – masing memiliki cabang tingkatan lagi, seperti berikut:

1. Tingkat Siswa

  1. Siswa dasar dengan tanda sabuk kuning.
  2. Siswa satu dengan tanda sabuk kuning melati satu.
  3. Siswa dua dengan tanda sabuk kuning melati dua.
  4. Siswa tiga dengan tanda sabuk kuning melati tiga.
  5. Siswa empat dengan tanda sabuk kuning melati empat.

2. Tingkat Kader

  1. Kader dasar dengan tanda sabuk biru polos.
  2. Kader muda dengan tanda sabuk biru melati merah satu.
  3. Kader madya dengan tanda sabuk biru melati merah dua.
  4. Kader kepala dengan tanda sabuk biru melati merah tiga.
  5. Kader utama dengan tanda sabuk biru melati merah empat.

Tingkat Pendekar

  1. Pendekar muda dengan tanda sabuk hitam melati merah satu.
  2. Pendekar madya dengan tanda sabuk hitam melati merah dua.
  3. Pendekar kepala dengan tanda sabuk hitam melatih merah tiga.
  4. Pendekar utama dengan tanda sabuk hitam melati merah empat.
  5. Pendekar besar dengan tanda sabuk hitam melati merah lima.

PRINSIP DASAR ORGANISASI

Organisasi pencak silat tapak suci
PWN Jawa Timur
  1. Menjaga dan memelihara keaslian ilmu pencak silat sebagai seni bela diri indonesia yang sesuai dan tidak menyimpang dari ajaran Islam sebagai warisan budaya yang luhur dan beriman.
  2. Membina serta mendidik anggota untuk menjadi kader Muhammadiyah.
  3. Menciptakan berbagai kegiatan dan usaha yang dapat mewujudkan tercapainya maksud dan tujuan.
  4. Menyelenggarakan dan menggembirakan kegiatan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar sesuai dengan proporsi seni bela diri.
  5. Melakukan pengembangan dan penelitian ilmu Seni Bela diri untuk meningkatkan kemajuan Seni Bela diri Indonesia khususnya tapak suci.
  6. Ikut serta dalam berbagai acara olahraga dan seni baik yang diadakan oleh Pemerintah maupun swasta selama tidak bertentangan dari maksud dan tujuan Tapak Suci.
  7. Dapat menyalurkan dan melakukan amalan melalui seni bela diri seperti dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dalam usaha mempertinggi ketahanan Nasional.
  8. Mengadakan pembinaan seni Bela diri Indonesia untuk lebih baik dan maju.

 

STRUKTUR ORGANISASI TAPAK SUCI

Sejarah tapak suci
Menara62

Pembuatan susunan organisasi Tapak Suci dibentuk secara berjenjang dari mulai tingkat Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Daerah, hingga ke Pimpinan Cabang.

Pemimpin Pusat Tapak Suci merupakan pemimpin tertinggi yang melaksanakan kepemimpinan dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang menyangkut urusan organisasi.

Sedang untuk pimpinan wilayah Tapak Suci pusatnya berkedudukan daerah ibu kota propinsi atau daerah.

Pemimpin tingkat I, bertindak sebagai pemimpin terhadap wilayahnya sekaligus Komisaris Pimpinan Pusat yang melakukan koordinasi administrasi dan operasional daerah.

Untuk pemimpin Daerah Tapak Suci berpusat di setiap kabupaten atau kota, kegiatannya sebagai pelaksana administrasi dan juga bertindak secara operasional.

Untuk mempermudah berjalannya tugas operasional, Pimpinan Daerah dapat membentuk cabang Tapak Suci di daerahnya.

Pimpinan Pusat juga dapat mendirikan Perwakilan untuk wilayah luar negeri sebagai pelaksana administrasi dan juga bertindak secara operasional.

Struktur keanggotaan Tapak Suci terdiri dari siswa, anggota penuh, dan anggota kehormatan.

Penerimaan murid untuk menjadi Siswa Tapak Suci adalah anak-anak, remaja, dewasa putra-putri yang beragama Islam yang menyetujui anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Tapak Suci serta sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Mungkin cukup sekian pembahasan artikel tentang sejarah tapak suci, mudah – mudahan ulasan ini sesuai dengan kebutuhan para pembaca sekalian.

Harapan kami semoga warisan bangsa ini tidak hilang di tangan bangsa kita sendiri yang tidak mau peduli terhadap adanya dan perkembangan seni bela diri tanah air.

Untuk itu mari kita ketahui tentang sejarah pencak silat di indonesia supaya kecintaan kita terhadap budaya lokal bertambah kuat.

 

 

Tinggalkan komentar