Keindahan Pemandangan Samudra Hindia

Sejarah Pantai Pandawa [ Lengkap ] Wisata Unggulan Pulau Bali

Pantai pandawa merupakan salah satu objek wisata unggulan di Bali karena memiliki sederet daya tarik bagi para wisatawan, namun tahukah anda tentang sejarah pantai pandawa?

Di artikel ini, saya tidak hanya berbagi informasi seputar panorama dari pantai pandawa, namun juga sejarahnya yang penting juga untuk kita ketahui untuk mengenal lebih dekat.

Anda berhak mengetahui hal- hal unik dan menarik seputar sejarah pantai pandawa ini.

Untuk itu, ikuti terus informasi seputar sejarah pantai pandawa, dan berbagai objek menarik yang di tawarkan pantai ini, berikut ini ulasannya:

Sejarah Pantai Pandawa – Bali

Sejarah Pantai Pandawa
Kintamani.id

Bali adalah pusatnya tempat wisata di indonesia, salah satunya adalah pantai pandawa Bali.

Tempat wisata yang eksotis ini tak kalah populer dengan tempat – tempat wisata lainnya yang ada di daerah bali.

Hal ini disebabkan karena pantai Pandawa memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, salah satunya adalah adanya pemandangan patung Panca Pandawa, serta wisata airnya yang eksotis.

Dalam sejarah pantai pandawa, keberadaan patung panca pandawa ternyata tidak serta merta berada di tebing kapur, yang ada diperlintasan jalan menuju pantai pandawa.

Pantai pandawa merupakan salah satu objek wisata unggulan di Bali yang memiliki daya tarik serta keunikan yang khas.

Salah satu sebabnya adalah adanya kisah yang sangat menarik, yang erat kaitannya dengan sejarah keberadaan pantai pandawa itu sendiri.

Semua kisahnya kurang lebih seperti berikut ini:

Sejarah Awal Kehidupan Masyarakat Pantai Pandawa

Masyarakat Pantai Pandawa
Tempat Asik

Pada awalnya Pantai Pandawa ini dikenal luas oleh penduduk setempat sebagai sebuah pantai yang bernama Pantai Melasti.

Pantai ini lokasinya sangat tersembunyi, karena berada di balik sebuah bukit tebing yang besar, sehingga untuk menuju tempat ini, aksesnya sangat sulit.

Dahulu jika ada orang yang ingin berkunjung ketempat tersebut, harus menuruni tebing batu kapur yang curam, sehingga sangat menyulitkan sekali.

Menyadari daerahnya memiliki potensi sebagai objek wisata yang masih terisolir, maka tergeraklah masyarakat desa kutuh untuk membuka kampung halamanya untuk dunia luar.

Akhirnya masyarakat pun berpikir, bagaimana caranya agar setiap orang yang berkunjung ke sana, bisa dengan mudah menuju ke sana.

Maka mereka pun berencana, untuk membuka semua kendala akses jalan di daerah mereka, dengan cara memecah tebing batu untuk membuat jalan akses.

Akhirnya mereka pun bekerja sama untuk bergotong royong membelah bukit tebing kapur dengan seluruh warga perkampungan desa.

Maka sejak tahun 1997, dimulailah upaya bersama membelah tebing tersebut.

Dengan menggunakan biaya dari mereka sendiri dan waktu yang cukup lama serta perlu kesabaran yang tinggi, akhirnya usaha mereka pun berhasil.

Akhirnya tebing kapur besar yang selama ini menjadi penghalang menuju kampung mereka, pada tahun 2010 telah berhasil dibelah dan jalan tengahnya sudah siap untuk digunakan.

Pantai pandawa awalnya memiliki akses jalan yang sulit ditempuh, hingga masyarakat setempat berupaya membukanya untuk mempermudah wisatawan berkunjung ke daerahnya. 

Setelah akses jalan sudah bisa diatasi, maka pada tanggal 27 desember 2012, pantai melasti ini pun ditetapkan dan dirubah namanya menjadi pantai pandawa.

Pargelaran perdana Pandawa Beach Festival untuk pertama kalinya digelar sebagai acara seremonial peresmian pantai pandawa.

Sedangkan sejarah pemberian nama pantai pandawa sendiri memiliki sejarah sebagai berikut:

Hubungan Sejarah Pantai Melasti Dan Panca Pandawa

Hubungan Sejarah Pantai Melasti Dan Panca Pandawa
Ezwisata.com

Masyarakat pulau bali mayoritas beragama Hindu, dan mereka sangat kuat dalam menunaikan semua ajarannya dalam kehidupan sehari -hari.

Begitu juga dengan warga sekitar pantai ini, inspirasi untuk membuka akses jalan yang begitu sulit berasal dari kisah panca pandawa.

Sehingga memberi mereka semangat untuk memperjuangkan daerah mereka untuk dunia luar.

Meskipun untuk itu, mereka harus melakukannya dengan cara membelah tebing yang cukup sulit untuk dilakukan, namun pada akhirnya mereka berhasil mengatasinya.

Sejarah Pantai Pandawa Bali ini sangat mirip dengan salah satu kisah dalam Epos Mahabharata, dimana kala itu Panca Pandawa dikurung di dalam Goa Gala – Gala oleh kurawa.

Untuk bisa meloloskan diri dari kurungan Gua tersebut, para pandawa lima membuat sebuah terowongan, yang membuatnya bisa lolos keluar dari Gua tersebut.

Setelah mereka berhasil meloloskan diri, Para Pandawa Lima yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa kemudian membuka sebuah perkampungan.

Disana mereka membangun daerah kekuasaan dengan cara membuka kawasan hutan belantara yang dikenal sangat angker.

Dengan kerja keras serta dukungan dari seluruh pengikutnya, akhirnya mereka pun berhasil mendirikan Kerajaan Amertha. Sedang yang menjadi rajanya pertama adalah yudistira, kakak tertua dari lima pandawa.

Begitu juga dengan sejarah pantai pandawa yang memiliki kemiripan kisah dengan cerita lima pandawa dalam membuka hutan dan menjadikannya daerah yang lebih baik.

Jika anda tertarik maka segeralah untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di Badung selatan Bali ini.

Saya yakin anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika berkunjung ke tempat wisata pantai pandawa, apalagi dengan segala fasilitas yang ditawarkan saat ini.

Artikel terkait

( Sejarah Pantai Kuta )

( Nama Jawa Kuno )

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali
Booking Bali Villa

Selain memiliki keunggulan – keunggulan layaknya tempat wisata pada umumnya, pantai pandawa bali juga memiliki pesona alam yang menawan.

Seperti daya tarik wisata alam dan pantai pasir putih yang indah serta ombaknya yang tenang.

Perlu diketahui, bahwa pesona keindahan Pantai Pasir Putih di pantai ini, telah menjadi lokasi favorit rumah produksi asal ibukota jakarta untuk shooting. Seperti FTV, film hingga Sinetron.

Selain itu, tempat wisata menarik di Bali ini juga terkenal akan kawasan budidaya rumput laut karena kontur pantainya yang landai.

Ditempat ini juga ada juga hal yang sangat unik, yang bisa kita lihat secara langsung ketika hendak mengunjungi kawasan tempat wisata di Kuta Bali ini.

Yaitu ketika kita hendak melewati tebing kapur. Di samping kiri dan kanannya terlihat pemandangan yang memanjakan mata, yaitu adanya pemandangan sejumlah patung dengan ukuran sangat besar.

Di sepanjang tebing tersebut terdapat patung – patung berjumlah 6 buah. Keenam patung tersebut merupakan sosok patung dari Panca Pandawa, yaitu Dharma wangsa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

Sedangkan satu patung lagi merupakan patung dari sosok dewi kunti, yaitu ibunda dari Yudistira, Bima dan Arjuna.

Keberadaan dari sederet patung inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang melintasi sepanjang jalan menuju pantai.

Oleh karenanya banyak dari mereka yang sengaja berhenti atau melambatkan kendaraannya untuk melihat dan mengabadikannya dengan berfoto.

Mungkin dari kalian timbul pertanyaan, mengapa sampai ada sekian patung besar di sepanjang pinggiran jalan.

Sudah tahukah anda asal usul kenapa di di salah satu sisi tebing kapur tersebut tersimpan patung – patung Panca pandawa dan dewi kunti ?

Nah jika belum tahu, inilah asal usul cerita dan Sejarah Pantai Pandawa Bali yang wajib anda ketahui sebelum anda mengunjujungi tempat ini.

Keindahan Pemandangan Pantai Pandawa

Pemandangan Pantai Pandawa
Idprogramer.id

Hampir setiap wisatawan yang mengunjungi Pandawa Beach di desa Kutuh ini, akan terpukau dengan keindahan pemandangan pantainya.

Saat tiba di bibir pantai, pengunjung akan disajikan dengan hamparan pantai sejauh 1 kilometer, yang bertekstur pasir halus dan berwarna putih kekuningan.

Di pantai pandawa, kebersihan sangat terjaga serta ombak lautnya yang tenang.

Ketika wisatawan menginjakan kaki di pasir pantai dan menghadap ke samudra Hindia.

Maka akan terlihat pemandangan yang luar biasa dari perpaduan warna yang sangat indah serta hamparan pantainya yang putih bersih.

Dari mulai warna pasirnya yang putih bersih hingga warna air laut dipinggir pantai kehijauan dan semakin kedalam air laut berwarna biru.

Perlu diketahui bahwa pantai pandawa adalah salah satu tujuan wisata favorit di bali, yang memiliki pantai pasir putih terbaik yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke Bali.

Disana wisatawan dapat berenang dengan pemandangan dasar laut yang jernih, serta pemandangan pantai yang indah menambah wisatawan betah berlama – lama di pantai.

Selain itu, laut disana cukup bersahabat karena ombak lautnya sangat tenang, sehingga wisatawan bisa berenang dengan rasa aman tanpa takut tertarik arus laut.

( Lihat Juga: Legenda bahasa Jawa )

Keunikan Pantai Pandawa Bali

Selain dapat menikmati berbagai pesona pantai yang eksotis. Disisi lain pantai pandawa juga memiliki keunikan yang memukau mata, hal demikian hanya anda dapatkan di pantai pandawa Bali.

Berikut ini beberapa keunikan yang hanya ada di pantai pandawa.

1. Patung Panca Pandawa

Patung Panca Pandawa
May laow Tranport

Pengunjung juga dapat melihat tempat parkir dengan kendaraan yang sangat luas dari atas tebing.

Di bagian kiri jalan raya terdapat enam lubang pada tebing, di dalam lubang inilah terdapat patung Panca Pandawa bersama ibunya Dewi Kunti.

Patung Panca Pandawa yang pertama pengunjung lihat adalah patung Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula serta berikutnya Sahadewa.

2. Keindahan Pemandangan Samudra Hindia

Keindahan Pemandangan Samudra Hindia
Wikidpr.com

Setelah pengujung membayar tiket dan dapat akses masuk pantai, biasanya selanjutnya akan melewati jalan raya dengan aspal halus.

Saat melintasi jalan raya, pengunjung akan melihat tebing kapur yang menjulang tinggi.

Setelah beberapa meter melintasi jalan raya, pengunjung juga akan disajikan dengan pemandangan samudra Hindia serta garis pantai yang berwarna putih.

Letak dan Lokasi Pantai Pandawa

Letak dan Lokasi Pantai Pandawa
Pandawa.com

Pantai pandawa beralamat di Jalan Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Anda harus melewati sebuah jalan yang diapit diantara tebing batu yang terjal untuk memasuki kawasan pantai pandawa di desa Kutuh Bali.

Namun sebelum sampai ke pantai, anda akan disuguhi pemandangan alam tebing terjal di sepanjang jalan.

Dimana disamping kanan dan kiri, ada sederet patung dari Panca Pandawa dalam kisah Mahabharata. Karena itulah pantai ini dinamakan Pantai Pandawa Kutuh Bali.

Sedang lokasi Pandawa beach Bali terletak di balik tebing batu kapur yang cukup tinggi. Dan dari atas tebing anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah Samudra Hindia.

Jika berkeinginan mengunjungi objek wisata ini mohon gunakan fasilitas google maps, untuk menjaga keakuratan alamat.

Itulah sekelumit informasi tentang sejarah pantai pandawa di Bali.

Sebenarnya masih banyak objek – objek wisata lain yang kecantikannya tak kalah dengan objek wisata yang sudah populer. Hanya mungkin belum terekspos oleh masyarakat luas.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar