daftar sejarah pahlawan nasional dari jawa timur

Daftar Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia – Biografi Lengkap Dan Asalnya

Sejarah pahlawan NasionalDari sekian banyaknya para pahlawan yang banyak berjasa terhadap negri ini, siapakah yang kamu kenal atau yang menjadi inspirasimu?.

Ada pepatah mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan, pesan ini tidaklah berlebihan karna para pahlawan rela mengorbankan masa muda, tenaga, bahkan nyawa sekalipun untuk kemerdekaan tanah air, untuk itu setidaknya kita harus tau tentang sejarah pahlawan nasional di indonesia.

“Pepatah  pernah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan”

Kita sebagai penerus bangsa sudah seharus mengetahui tentang sejarah kemerdekaan Indonesia yang didapatkan melalui perjuangan para pahlawan bangsa dalam mengusir para penjajah dari Indonesia.

Gelar sebagai pahlawan nasional adalah penghargaan tertinggi  di indonesia.

Pemerintah memberikan gelar anumerta atas tindakan yang heroik yang diartikan sebagai perbuatan nyata yang dapat dikenang dan diteladani oleh masyarakat sepanjang sejarah pahlawan nasional Indonesia. Atau juga berjasa yang sangat luar biasa bagi kepentingan rakyat dan negara.

Tujuh Kriteria Syarat Menyandang Pahlawan Nasional Indonesia

  1. Warga negara indonesia yang sudah meninggal dunia dan selama hidupnya sudah memimpin perjuangan bersenjata atau perjuangan politik/perjuangan di bidang lain. Sehingga dapat mencapai, memepertahankan, atau mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. dan telah melahirkan sebuah pemikiran yang besar untuk perkembangan dan kemajuan bangsa.Dengan melahirkan karya besar yang bermanfaat bagi masyarakat luas untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa indonesia.
  2. Perjuangannya berdampak secara nasional dan memiliki jangkauan yang sangat luas.
  3. Mempunyai akhlak dan moral yang sangat tinggi.
  4. Dalam riwayat hidupnya tidak pernah melakukan perbuatan tercela yang dapat merusak reputasinya.
  5. Tidak pernah tunduk/ menyerah terhahap musuh dalam perjuangannya
  6. Memliki sifat konsisten dan jiwa nasionalisme yang tinggi.
  7. Perjuangan dan pegabdiannya berjalan hampir seumur hidupnya melebihi tugas yang di embannya.

Adapun proses pengangkatan harus menemuh 4 tahapan, dan harus mendapatkan persetujuan dari masing masing tahapan diataranya yaitu:

  1. Masyarakat di sebuah kota / kabupaten harus membuat proposal yang di ajukan ke walikota atau bupati setempat.
  2. Bupati atau walikota membuat permohonan dan meneruskanya kepada gubernur di provensi tersebut.
  3. Gubernur melanjutkannya dengan membuat rekomendasi ke kementrian sosial.Selanjutnya kementrian sosial meneruskannya kepresiden.

Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia Dari Jawa Barat

daftar sejarah pahlawan nasional indonesia
travel dream

Jawa barat memiliki banyak sekali tokoh tokoh pejuang yang sudah mengokohkan diri sebagai pahlawan nasional berkat jasa dan perjuangannya terhadap negeri ini.Ada beberapa pahlawan nasional dari jawa barat yang harus anda ketahui, berikut ulasannya:

1. Dewi Sartika

dewi sartika sejarah pahlawan nasional indonesian
simdik.info

Dewi Sartika adalah pelopor kaum wanita, melanjutkan perjuangan R A kartini yakni memajukan pendiddikan wanita demi masa depan anak bangsa. Dia lahir di bandung pada tanggal 4 Desember 1884 di jawa barat dan diakui sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah tahun 1966

2. Otto Iskandardinata

sejarah pahlawan nasional dari jawa barat
kompasiana.com

Otto Iskandardinata adalah seorang pahlawan naisonal dari jawa barat. Ia lahir 31 maret 1897 di bojongsoang kabupaten bandung.

Pada masa kemerdekaan ia banyak terlibat dalam organisasi organisasi kemerdekaan, salah satu tugasnya ialah mempersiapkan pembentukan BKR yang tersebar di seluruh indonesia.

Ia meninggal dalam kasus penculikan dan jazadnya sampai sekarang belum di temukan. Ia diangkat sebagai pahlawan nasional pada tanggal 6 november 1973.

3. Ir. H.Raden Karta Wijaya

otto iskandardinata sejarah pahlan nasional
infobiografi.com

Dia lahir di Tasikmalaya 14 januari 1911 dan meninggal di jakarta 7 november 1963. Ia adalah perdana mentri indonesia yang ke 10 sekaligus yang terakhir. Setelah itu ia menjabat sebagai mentri keuangan dalam kabinet kerja satu.

Ia dikenal atas sumbangannya dalam deklarasi Juanda tahun 1957 yang menyatakan bahwa laut indonesia adalah termasuk laut sekitar diantara dan di dalam kepulauan indonesia menjadi satu kesatuan laut NKRI, atau dikenal dengan sebutan kepulauan.

Artikel terkait:

( Sejarah Bahasa Indonesia )

Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia Dari Jawa Tengah

daftar sejarah pahlawan nasional jawa tengah
jatengprov.go.id

Jawa Tengah sejak jaman dulu sudah menjadi basis perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah. Karna itu tidak mengherankan apabila banyak tokoh pejuang dan pahlawan berpengaruh berasal dari daerah ini.

Berikut ini nama nama pahlawan nasional yang berasal dari Jawa tengah:

1. Agustinus Aji Sucipto

sejarah pahlawan nasional adji sucito
id.wikipedia.org

Adi Sucipto dikenal sebagai letnan muda indonesia yang mengharumkan nama bangsa berkat kecerdasannya dalam pendidikan dan penerbangan, hingga namanya diabadikan menjadi bandara udara.

Ia lahir di salatiga jawa tengah, 3 juli 1916 dan meninggal di bantul jogjakarta 29 juli 1947 akibat terlibat konvrontasi dengan belanda hingga pesawatnya jatuh terkena serangan.

2. Pangeran Diponegoro

sejarah pahlawan nasional indonesia pangeran diponegoro
jagad.id

Memiliki nama asli bendara pangeran haryadipanegara dia adalah penggerak perlawanan rakyat terhadap penjajah dan kolonialisasi. Sejarah perjuangannya tidak akan pernah hilang sampai kapanpun.

Namanya banyak dipakai sebagai jalan jalan umum dan universitas di indonesia. Ia lahir di lingkunga keraton jogjakarta pada tanggal 17 november 1785. Kontribusinya dalam melawan penjajah membuatnya di anugrahi gelar pahlawan nasional.

3. R. Suprapto ( pahlawan revolusi)

daftar sejarah pahlawan nasional
wikipedia

Letnan Jendral TNI Anumerta R Suprapto lahir di purwokerto jawa tengah, 20 juni 1920. Meninggal di lubang buaya jakarta 1 oktober 1965. Ia adalah salah satu korban tragedi G 30 S/PKI yang terbunuh di lubang buaya bersama tokoh ABRI lainya.

Ia banyak terlibat dalam banyak perjuangan selama era kemerdekaan seperti perang melawan Jepang, yang kemudian berhasil melucuti senjata pasukannya di cilacap, dan juga pertempuran di ambarawa melawan tentara inggris dibawah langsung pimpinan panglima besar Jendral Sudirman dengan menjadi ajudannya.

Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia dari Jawa Timur

daftar sejarah pahlawan nasional dari jawa timur
google.com

Jawa Timur juga memiliki orang orang hebat yang banyak berjasa terhadap kemerdekaan indonesia. Berikur beberapa pahlawan nasional yang ditetapkan kementrian sosial sebagai penghargaan atas jasanya:

1. Marsekal Muda TNI Anumerta Iswahyudi

daftar sejarah pahlawan nasional indonesia
merdeka.com

Marsda Anumerta Iswahyudi adalah seorang tokoh pahlawan nasional yang dikenal sebagai perintis TNU angkatan udara indonesia. Ia lahir di Jawa Timur pada tanggal 15 juli 1918.

Setelah terjadinya prokalamasi Iswahyudi merupaka seorang pahlawan nasional yang berjuang memertahankan kemerdekaan dengan turut serta dalam pengambilan kantor kantor pemerintahan dari tangan Jepang.

Ia juga pernah mejabat sebagai komandan LANUD Maospati Madiun lalu kembali ditugaskan menjadi komandan LANUD Gadut Bukittinggi. pemerintah Indonesia memberinya gelar sebagai pahlawan nasional  pada tanggal 9 agustus 1975.

2. Harun Tohir

sejarah pahlawan nasional indonesia lengkap
facebook

Harun Tohir meruakan Kopral Dua KKO( Kors Komando/ sekarang Korps Marinir) yang lahir di pulau Bawean Gersik Jawa Timur pada tanggal 14 aril 1943.

Pada masa konfrontasi dengan Malaysia ia menjadi salah seorang dari dua orang bersama temannya bernama Usman yang tertangkap pasukan Singapura.

Ia dijatuhi hukuman gantung atas tuduhan meletakkan bom dipusat kota Singapura pada tanggal 10 maret 1965.

Atas jasa jasanya terhadap negara akhirnya Kopral KKO TNI Anumerta Harun bin Said di agnugrahi gelar pahlawan nasional pada tanggal 17 oktober 1968.

3. DR Suetomo

sejarah pahlawan nasioanal indonesia budi utomo
organisasiergerakan.wordpress.com

Ia bernama asli Subroto lahir di nganjuk Jawa Timur 30 juli 1988. Ia merupakan tokoh pendiri Budi Utomo organisasi pergerakan yang pertama di Indonesia.

Organisasi Budi Utomo ini didirikan saat ia masih kuliah kedokteran di Batavia. Setelah lulus ia bekerja sebagai Dokter pemerintah dengan berpindah pindah tempat ke beberapa daerah di Indonesia.

Pada tahun 1924, Sutomo mendirikan organisasi sebagai wadah untuk pelajar Indonesia. Kemudian organisaasi itu berhasil mendirikan Sekoalah Tenun, Koprasi, Bank Kredit dan sebagainya.

Dibawah pimpinannya organisasi ini berkembang pesat. Namun belanda juga semakin ketat menekannya. Oleh karna itu organisasi Budi Utomo berganti menjadi perindra dan Sutomo diangkat menjadi ketuanya dan terus berjuang untuk mencapai Indonesia merdeka.

Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh

daftar sejarah pahlawan nasional indonesia
google.com

Banyak para sejarawan dalam negeri ataupun luar negeri mengakui bahwa perang paling menyedot stamina dan biaya adalah perang melawan aceh.

Perlawanannya muncul dengan berbagai taktik, baik berkelompok maupun perorangan. Bahkan di Aceh dikenal istilah alceh moorden atau aceh pungo( aceh gila) yang berarti pembunuhan aceh.berikut beberapa pejuang aceh:

1. Ahmad Subardjo

sejarah pahlawan nasional indonesia aceh
biografiku.com

Mr. Raden Ahmad Suebardjo Djojoadisuerjo  meruakan seorang dilomat dan pejuang kemerdekaan indonesia. Ketika Indonesia baru merdeka beliau menjabat sebagai mentri luar negri indonesia yang pertama.

Beliau lahir di kerawang Jawa Barat 23 maret 189 dan meninggal dunia di Jakarta 15 desember 1978. Beliau mendapatkan meester in de rechten dari universitas leiden belanda.

Sewaktu masih menjadi mahasiswa ia banyak mengikuti organisasi perjuangan kemerdekaan seperti Jong Java dan Persatuan Mahasiswa di Belanda. Dalam penyusunan naskah proklamasi beliau juga turut andil bersama Bung Karno dan Bung Hatta.

2. Cut Nyak Dien

daftar sejarah pahlawan nasional indonesia
lagoon avenue dharmahusada

Cut Nyak Dien merupakan sesosok pahlawan wanita dari Aceh yang mendapat julukan srikandi indonesia. Ia dilahirkan saat terjadinya perang aceh dari tanggal 4 juni 1873.

Ia  menikah dua kali, suami pertamanya Teuku Ibrahim dari Lamga tertembak mati oleh belanda. Kemudian menikah lagi dengan panglima perangnya Teuku Umar yang kemudian juga tertembak dalam pertempuran melawan belanda.

3. Teuku Umar

daftar sejarah pahlawan nasional indonesia
google.com

Tauku Umar lahir di Meulaboh Aceh Barat pada tahun 1854. Ia adalah pejuang yang terkenal dengan taktik dan perang gerilyanya dalam menipu belanda. Ia pernah berpura pura bekerja sama dengan belanda dengan tujuan mendapatkan banyak senjata dan uang.

Setelah berhasil mendapatkannya ia berbalik menyerang belanda. Pada tahun 1899 ia gugur bersama pasukannya dalam sebuah pertempuran hasil jebakan dan mata mata belanda.

Atas pengorbanan dan semangat juangnya ia diangkat dengan pemberian penghargaan tertinggi sebagai salah seorang pahlawan nasional Indonesia.

Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia Dari Bali

sejarah pahlawan nasional indonesia
google.com

Bali adalah salah satu kota paling terkenal di Indonesia dengan wisatanya sampai ke manca negara.

Meskipun begitu, Bali merupakan saksi sejarah dimana ada banyak pahlawan dari daerah ini yang rela berkorban tanpa rasa takut hingga kehilangan nyawa dan harta benda.

Berikut beberapa orang yang mendapatkan gelar pahlawan nasional dari Bali yatu:

1. I Gusti Ngurah Rai

sejarah pahlawan nasional indonesia
taldebrooklyn.com

Kalo mengingat sejarah pahlawan nasional dari Bali pasti terlintas nama I Gusti Ngurah Rai, karna perjuangannya yang luar biasa namanya abadi dan mendapatkan tempat istimewa dari masyarakat bali dan indonesia. ia lahir di desa carang sari, petang, kabupaten  badung, 30 januari 1917.

Ia mencatatkan sejarah atas keberaniannya memimpin perang puputan margarana atau perang habis habisan sampai mati, demi menjaga harkat dan martabat rakyat Bali yang tidak mau tunduk kepada Belanda.

2. Untung Suropati

sejarah pahlawan nasional indonesia
wikipedia

Untung Suropati lahir di Bali 1660,  dengan nama asli Surawiroaji, ia dikenal sebagai pejuang yang legendaris atas perjuanganya melawan belanda.

Ia meninggal dalam sebuah pertempuran besar melawan pasukan koalisi VOC, Madura Kartasura dan Surabaya. Ia di tetapkan sebagai pahlawan nasional pada tanggal 3 november 1975.

3. I Gusti Ketut Pudja

sejarah pahlawan nasional indonesia
dananjaya

I Gusti Ketut Puja lahir di Bali pada tanggal 10 mei 1908. Ia adalah salah seorang pahlawan dari Bali yang juga ikut serta merumuskan berdirinya negara kesatuan republik indonesia melalui panitia persiapan kemerdekaan indonesia (PPKI) mewakili bali

Pada saat kepemimpinan Sukarno ia diangkat sebagai gubernur sunda kecil. Atas jasanya ia dianugrahi gelar pahlawan oleh pemerintah pada tahun 2011 dan diabadikan dalam pecahan uang logam baru, uang Rp.1000.,

Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia dari D.I. Jogjakarta

sejarah pahlawan nasional jogjakarta
eksotisjogja.com

Jogja bukan hanya tentang kota pendidikan dan wisatanya yang populer seperti yang umumnya orang orang tau tentang jogja.

Tapi juga peran para tokoh tokoh daerahnya yang memiliki semangat juang tinggi untuk negara di era kemerdekaan. Untuk itu saya rangkum beberapa tokoh legendaris sebai motivasi bagi generasi muda indonesia hususnya Jogja.

Berikut nama nama pahlawan dari Jogjakarta yang memiliki semangat kepahlawanan yang tinggi hingga indonesia merdeka:

1. Ki Hajar Dewantara

Sejarah pahlawan nasional Jogjakarta
Kompasiana.com

Ki Hajar Dewantara dilahirkan dengan nama asli Raden Mas Soeardi Soerjaningrat di kota yogjakarta pada tanggal 2 mei 1889.

Ia dikenal sebagai aktivis pergerakan kemerdekaan indonesia, politisi kolumnis dan pelopor pendidikan indonesia di zaman belanda.

Ia memberikan kesempatan pendidikan untuk kalangan pribumi agar mendapatkan pendidikan yang sama seperti para priayi atau orang orang belanda, dengan mendirikan perguruan taman siswa.

Semboyan ciptaanya pada pendidikan yang populer adalah  tutwuri handayani menjadi selogan kementrian nasional indonesia. Untuk mengenang jasa jasanya maka tanggal kelahirannya diperingati sebagai hari pendidikan nasional.

2. K.H. Ahmad Dahlan

Sejarah pahlawan nasional indonesia
Suara Muhammadiah

K.H. Ahmad Dahlan dikenal luas sebagai pendiri organisasi besar muhammadiah. Beliau dilahirkan pada tanggal 1 agustus 1868 di kauman yogyakarta.

Pria yang bernama asli Muhammad Darwis ini sejak kecil sudah antusias untuk berdakwah. Sejak umur 15 tahun beliau sudah menetap di Mekkah selama lima tahun untuk belajar agama dari para ulamak ulamak besar yang memiliki pemikiran dan pembaharu tentang islam.

Sekembalinya dari Mekkah ia mengubah namanya dari Muhammad Darwis menjadi Ahmad Dahlan, dan mendirikan Muhammadiah di kauman Jogjakarta.

Atas jasa jasanya dalam membangkitkan kesadaran masyarakat tentang pembaharuan islam dan pendidikan maka pemerintah mengangkatnya menjadi salah seorang pahlawan nasional  tahun 1961.

3. Pangeran Diponegoro

Sejarah pahlawan nasional Jogjakarta
Jagad.id

Pangeran Dioponegoro adalah salah satu pahlawan nasional yang terkenal akan kepemimpinanya dalam perang diponegoro melawan tentara belanda.

Perang tersebut merupakan perang dengan korban paling besar dalam sejarah kemerdekaan indonesia.

Perang ini meletus karna belanda memasang patok patok diatas tanah milik rakyat yang membuat beliau muak atas tindakan yang tidak menghargai adat istiadat setempat dan sangat mengeksploitasi rakyat dengan membebani pajak.

Ia lahir di lingkungan keraton Jogja pada tanggal 17 november 1785 dengan nama asli B.R.M. Antawirya keturunan dari sultan hamengkubuono ke-3.

Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia dari Jakarta

Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia
Update Berita

Sejak masa perjuangan hingga Indonesia merdeka Jakarta merupakan pusat perjuangan para pahlawan kemerdekaan dan menjadi saksi atas sejarah panjang kemerdekaan.

Hingga kini jakarta menjadi ibu kota negara. Berikut nama tokoh tokoh pejuang dari jakarta yang perlu diketahui bagi kita sebagai perus bangsa:

1. Ismail Marzuki

Sejarah Pahlawan Nasional indonesia
Legal era Indonesia

Ismail Marzuki adalah seorang komponis besar dari indonesia yang lahir di kwitang, senen, batavia 11 mei 1914,dan meninggal di kampung bali tanah abang jakarta 25 mei 1958.

Ia merupakan seorang pencipta musik musik perjuangan yang disiarkan melalui radio. Sebagai pencipta musik yang hebat ia banyak menghasilkan karya karya musik.

Diantaranya, Bisikin tanah air, Indonesia pusaka, mars gagah perwira, sarinah, ali baba rumba hingga yang paling terkenal adalah “rayuan pulau kelapa” di tahun 1944. Atas jasanya ada negeri ini beliau diangkat menjadi pahlawan nasional dari Jakarta pada tangal, 5 11 2004.

2. W.R.Supratman

Sejarah Pahlawan nasional W. R. Supratman
Kemdikbed

 

W.R.Supratman pertama kali tertarik terhadap gerakan kemerdekaan dan banyak bergaul dengan tokoh tokoh pergerakan saat ia berkerja sebagai wartawan kaoem moeda dan kaoem kita.

Ketidak senangannya terhadap penjajah ditulis dalam buku “Perawan Desa” yang pada ahirnya oleh belanda di sita dan dilarang beredar.

W.R Supratman lahir pada 9 maret 1903 yang oleh masyarakat luas lebih dikenal sebagai sang pencipta lagu kebangsaan “indonesia raya”. Beliau di anugrahi pahlawan nasional indonesia dan bintang maha putra utama kelas III pada tahun 1917.

3. Kapten CZI Anumerta Pierre Tadean

Sejarah Pahlawan nasional Pirre Tadean
Manaberita.com

Kapten Pierre Tadean lahir pada tahun 21 februari 1939. Beliau termasuk salah satu yang menjadi korban G 30 S?PKI.

Ia memulai karir di militer sebagai seorang intelejen, oleh karna kecemerlangannya di militer ia kemudian dipilih sebagai ajudan jendral besar TNI Abdul Haris Nasution.

Pada tanggal 1 oktober 1965 PKI mulai melancarkan aksinya dengan mendatangi rumah A.H.Nasution untuk menculiknya, mendengar bunyi tembakan dan ribut ribut Ia langsung lari ke depan.

Ia tertangkap karna dikira A.H.Nasution karna kondisi rumah dalam keadaan gelap, ia kemudian di bawa ke lubang buaya dan di bunuh bersama 6 perwira tinggi lainnya. Untuk menghargai jasa jasanya, ia bersama perwira lainnya dianugrahi gelar pahlawan revolusi pada tanggal 5 oktober 1965.

Baca juga;

( Sejarah Bahasa Indonesia ) [Terlengkap]

( Pembahasan Sejarah Pendidikan Islam )

( Inilah Sejarah Kemerdekaan Indonesia )[Terlengkap]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar