Mengenal Sejarah Negara Jepang Serta Berbagai Hal yang Terjadi

Jepang adalah sebuah negara di Asia Timur. Negara ini merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 6.852 pulau dan memiliki populasi terbesar ke-13 di dunia. Ibu kota Jepang adalah Tokyo.

Sejarah Negara Jepang

Sejarah Negara Jepang

Prasejarah

Sejarah Negara Jepang itu panjang, kaya dan penuh kejutan.

Ini bukan hanya tentang samurai dan kimono. Negara ini memiliki daftar panjang fakta-fakta menarik yang akan membuat Anda berkata “wow”.

Dari orang Ainu kuno hingga budaya anime modern, berikut adalah tujuh hal mengejutkan yang tidak Anda ketahui tentang sejarah Jepang:

  • Tembikar tertua di dunia ditemukan di Jepang, berasal dari 13.000 tahun yang lalu.

Era Sebelum Restorasi Meiji

Selama era sebelum Restorasi Meiji (1868-1912), Jepang adalah negara feodal yang telah tertutup dari pengaruh Barat selama berabad-abad. Meskipun diperintah oleh para pemimpin militer, masih ada beberapa aspek budaya dan ekonominya yang berpegang pada tradisi dari masa lalu kekaisarannya.

Era Restorasi Meiji

Restorasi Meiji adalah revolusi politik yang mengembalikan kekuasaan kekaisaran ke Jepang pada tahun 1868. Hal ini mengakibatkan penggulingan keshogunan Tokugawa dan pembentukan rezim baru. Restorasi terjadi selama Era Meiji, yang berlangsung hingga tahun 1912.

Periode sebelum peristiwa ini menyaksikan perpecahan besar dan perang saudara di Jepang – saat ketika sangat sulit untuk memerintah secara efektif sebagai kaisar atau shogun. Karena tidak ada garis suksesi yang jelas di antara faksi-faksi yang bersaing, sulit bagi siapa pun untuk menjadi pemimpin tanpa terlebih dahulu mengalahkan orang lain dengan pasukan mereka sendiri. Selain itu, ada banyak samurai-para pejuang yang telah berjuang untuk tuan mereka-yang tidak lagi memiliki tuan atau majikan setelah tuan mereka kehilangan kekuasaan atau mati dalam pertempuran (atau keduanya). Para pejuang ini bisa berbahaya jika mereka bersatu dan memberontak melawan siapa pun yang saat ini memerintah Jepang pada waktu tertentu (dan sering terjadi).

Baca Juga: Mengetahui Sejarah Koperasi Dunia & di Indonesia: Tokoh Tokoh Koperasi

Era Diktator Militer

Era kediktatoran militer berakhir pada tahun 1945 setelah berakhirnya Perang Dunia II dan kekalahan negara oleh pasukan sekutu. Kaisar, yang telah dianggap sebagai dewa oleh banyak orang selama tahun-tahun sebelum perang, tidak lagi dianggap ilahi, melainkan manusia seperti orang lain.

Sedangkan untuk kebijakan politik, Jepang mengadopsi konstitusi baru yang memberikan hak yang sama kepada pria dan wanita dan menyediakan demokrasi parlementer dengan hak pilih universal. Konstitusi baru ini juga menghapuskan perang sebagai sarana untuk menyelesaikan perselisihan internasional atau kerusuhan dalam negeri, dan melarang kegiatan militer di luar negeri.

Di bawah konstitusi baru ini, Jepang membentuk pemerintahan pascaperang pertamanya di bawah Perdana Menteri Shidehara Kijuro (1873-1951). Dia menjabat dari tahun 1946 hingga 1947 sambil melanjutkan negosiasi dengan negara-negara Sekutu mengenai pembayaran kompensasi untuk kerusakan perang yang disebabkan selama Perang Dunia II.

Perang Dunia II

Serangan terhadap Pearl Harbor, yang terjadi di Hawaii pada bulan Desember 1941, merupakan langkah besar pertama untuk memasuki Perang Dunia II. Jepang memasuki perang dengan serangan mendadak terhadap angkatan laut dan udara AS di Oahu (Hawaii), menimbulkan kerusakan parah pada musuh mereka. Pada saat yang sama, Jepang melancarkan invasi ke Malaya Inggris dan Thailand. Jepang juga menyerang Hong Kong dan Singapura, serta Burma dan Malaya. Pada awal tahun 1942, Jepang merebut Manila di Filipina sebelum maju ke Indonesia Belanda di mana Jepang menduduki Pulau Jawa sampai tahun 1945 ketika Jepang menyerahkan diri kepada pasukan Sekutu setelah kehilangan sebagian besar kekuatan militernya yang bertempur melawan tentara Australia yang kecil namun sangat terlatih selama pertempuran 1942-45 di Pulau New Guinea; ini termasuk kemenangan Australia seperti Toem

Periode Pasca-Perang (1945-sekarang)

  • Periode pasca-perang menyaksikan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Ini dikenal sebagai “keajaiban ekonomi” Jepang.
  • Selama masa ini, Perang Korea dan Perang Vietnam meningkatkan ekspor Jepang ke Amerika Serikat.
  • Selain ekspor militer, Jepang juga mengekspor barang-barang konsumsi seperti TV, mobil, dan kamera. Produk-produk ini sangat diminati pada saat hanya sedikit orang yang mampu membelinya di negara lain.

Jepang Salah Satu Negara Tertua Didunia

Jepang adalah salah satu negara tertua di dunia. Negara ini memiliki sejarah yang kaya, dan orang-orangnya memiliki ingatan yang panjang. Meskipun memiliki luas daratan yang relatif kecil dibandingkan dengan banyak negara lain, Jepang memiliki sejarah yang sangat panjang yang membentang kembali ke zaman prasejarah. Orang Jepang telah membuat tembikar dan menulis puisi selama berabad-abad, tetapi mereka juga mampu menciptakan teknologi yang menakjubkan seperti layang-layang kertas dan mesin pembuat sutra.

Baca Juga: 9+ Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Luar Negeri – Dalam Negeri [ Terlengkap ] +Gambar

Kesimpulan

Jepang adalah salah satu negara tertua di dunia, dengan sejarah yang dapat ditelusuri kembali ke sekitar 3000 SM. Selama periode waktu ini, Jepang telah melalui banyak perubahan termasuk periode isolasionisme dan perang. Jepang juga telah membuat langkah besar menuju modernitas, menjadi salah satu negara paling kuat di dunia saat ini. Meskipun masih banyak tantangan ke depan bagi bangsa ini (seperti tingkat kelahiran yang perlahan-lahan menurun), tidak ada keraguan bahwa Jepang akan terus berkembang di dunia global kita.

Tinggalkan komentar