Fitur Logging

Sejarah Mikrotik Lengkap: Pengertian, Jenis, Fitur, Fungsi Mikrotik

Hallo sobat, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang sejarah Mikrotik, sebuah sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router.

Sebelumnya, saya juga menulis tentang sejarah Linux, yang mana Linux dan sistem DOS merupakan awal sejarah Mikrotik diciptakan oleh John dan Arnis tahun 1996.

Mereka berdua memulainya dengan mengkombinasi teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet yang berkecepatan 2Mbps di Moldova.

Perlu diketahui bahwa saat ini, Mikrotik merupakan sebuah perusahaan kecil yang berkantor pusat di Latvia, perusahaan ini dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. ( pencipta Mikrotik )

Untuk lebih jelasnya, mari ikuti terus pembahasan artikel berikut ini:

Pengertian Mikrotik

Pengertian Mikrotik
Amazon.com

Kita disini akan belajar tentang sejarah Mikrotik, tapi kita juga perlu tahu dong apa itu Mikrotik.

Mikrotik merupakan perangkat lunak, sekaligus sistem oprasi yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer dapat berfungsi sebagai network (jaringan), pengendali, atau pengatur lalu lintas antar jaringan komputer.

Komputer semacam ini disebut dengan Router.

Router yang dipasang pada komputer berperan sebagai media penghubung, sekaligus pengatur antara dua buah jaringan atau lebih, yang berguna dalam meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Maka dengan demikian, Mikrotik bisa dikatakan sebagai sistem operasi Router yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan, sekaligus mengatur semua aktivitas network (jaringan) secara  keseluruhan.

Selain itu, Router Mikrotik juga dapat digunakan pada jaringan komputer yang berskala besar, atau pun kecil, namun harus disesuaikan dengan resources yang ada pada komputer itu sendiri.

Apabila menggunakan Mikrotik untuk mengatur network kecil, maka penggunaan perangkat komputernya jadi biasa-biasa saja atau standar.

Namun jika digunakan untuk yang berskala besar, maka harus menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi.

Mikrotik terdiri dari beragam fitur yang diproduksi untuk jaringan wireless maupun IP network.

Sistem ini juga cocok untuk dipakai pada ISP, provider hotspot dan warnet.

Mikrotik adalah perangkat lunak yang dapat dipasang pada komputer sebagai ( network ) yang dapat mengendalikan, serta mengatur lalu lintas antar jaringan komputer.

Mikrotik populer dengan sebutan Router OS yang mempunyai fungsi yang handal, dan punya beragam fitur lengkap untuk mendukung kelancaran network.

Untuk memudahkan para user untuk menggunakannya, Mikrotik telah didesain secara khusus, baik untuk urusan administrasi jaringan komputer, misalnya merancang dan membangun sebuah sistem, baik yang berskala kecil hingga yang rumit sekalipun.

Sejarah Mikrotik

Sejarah Mikrotik
Inikindo Makassar

Sejarah Mikrotik dimulai pada tahun 1996, setelah John dan Arnis memulai membentuk Mikrotik dengan sistem Linux dan MS DOS.

Mereka mengkombinasi kedua sofware tersebut dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet yang memiliki kecepatan hingga 2Mbps di Moldova.

Ketika mereka sampai di Latvia, mereka mulai melayani lima pelanggannya.

Mereka memiliki keinginan kuat untuk membuat perangkat lunak Router yang handal, dan dapat disebarkan ke seluruh dunia.

Versi Linux yang pertama kali di gunakan oleh John dan Arnis adalah Linux yang versi Kernel 2.2.

Mereka berdua mengembangkan versi Linux tersebut dengan dibantu oleh 5 hingga 15 orang staf R&D, sehingga sekarang Mikrotik sudah mendominasi dunia Routing untuk negara-negara berkembang.

Sejak awal, Mikrotik hanya fokus untuk perusahaan jasa layanan internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani jasa servis kepada pelanggannya dengan memakai teknologi wireless atau nirkabel.

Dalam sejarah Mikrotik, pada awalnya John dan Arnis ( sang pendiri ) hanya ingin membangun software untuk Routing, sementara kebutuhan akan perangkat keras juga terus berkembang.

Sejarah mikrotik dimulai tahun 1996, pencetusnya adalah John dan Arnis,  ia berhasil mengkombinasikan sistem Linux dan MS DOS dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova.

Oleh karena itu, akhirnya mereka membuat berbagai perangkat keras yang berhubungan dengan software yang kemudian mereka kembangkan lebih lanjut.

Keunggulan Mikrotik berada pada perangkat lunak Routernya, karena terlihat mereka berjualan perangkat W-LAN dengan antena omni.

Sejarah Mikrotik di Indonesia

Pada saat itu, pemakaian antena omni di dunia W-LAN sangat tidak dianjurkan, karena sangat berpotensi terhadap berbagai gangguan.

Hingga pada akhirnya, kepopuleran mikrotik menyebar juga di tanah air, Indonesia.

Mikrotik untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia pada tahun 2001, yaitu di Yogyakarta melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dengan kawan-kawannya.

Kemudian terus meluas menjadi sebuah solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN.

Keberhasilan Mikrotik me-routing dunia merupakan sebuah contoh bahwa semua orang juga bisa untuk membantu calon pengguna internet ( user ) untuk dapat mengakses ke dunia maya, terutama dalam membangun infrastrukturnya.

Jenis-Jenis Mikrotik

Jenis-Jenis Mikrotik
www.Infinitel.es

Setelah kita tahu sejarah Mikrotik beserta pengertiannya, kita juga perlu tahu jenis – jenis Mikrotik itu ada apa aja.

Secara umum, jenis-jenis MikroTik terbagi menjadi dua, yaitu:

Mikrotik Router OSTM

Jenis Router OSTM
Netgear Nigthawk.Setup

Mikrotik Router OSTM merupakan versi Mikrotik dalam bentuk perangkat lunak, yang dapat dipasang pada komputer rumahan, atau PC dengan menggunakan CD.

Mikrotik Router OSTM merupakan sebuah sistem operasi perangkat lunak yang dibuat khusus untuk network Router, yang mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP dan wireless network.

Berikut Fitur-fitur pada Router OSTM antara lain:

  1. Routing.
  2. Hotspot.
  3. Point to point tunneling protocol ( Protokol tunneling titik ke titik )
  4. DNS server.
  5. DHCP server.
  6. Firewall, NAT.
  7. Routing and Static routing.
  8. Date Rate Management ( DRM )
  9. Simple tunnes.
  10. IPsec.
  11. Webproxy.
  12. Caching DNS Client.
  13. DHCP.
  14. Universal Client.
  15. VRRP.
  16. UPnP.
  17. NTP/ Monitoring-Accounting.
  18. SNMP.
  19. MNDP.
  20. Tools.
  21. ISDN.
  22. VLAN.
  23. WinBox.
  24. SDSL.
  25. Bridge.
  26. Bonding.
  27. Address List.
  28. M3P.
  29. Support scripting programming ( SCP )

Mikrotik Router OSTM didesain secara khusus, untuk memberikan kemudahan bagi para user dengan administrasinya, yang dapat dilakukan dengan menggunakan Windows Application (Winbox).

Kemudahan itu misalnya, dapat melakukan penginstalan, meskipun dengan standar komputer PC (Personal Computer).

Ada beberapa level yang tersedia pada Mikrotik Router OS seperti, level 3 sampai dengan 6, yang pada setiap levelnya mempunyai kemampuan masing-masing.

Setiap PC yang hendak dijadikan Router Mikrotik juga tidak membutuhkan Resources yang cukup besar untuk penggunaan standar.

Mikrotik Router OS juga berfungsi untuk merubah komputer biasa “PC” menjadi Router yang handal dan berkualitas.

File image Mikrotik Router OSTM juga dapat diunduh dengan menggunakan website resmi Mikrotik, yakni www.mikrotik.com.

Meskipun begitu, file image tersebut merupakan versi trial Mikrotik yang penggunaannya hanya dalam waktu 24 jam saja.

Namun, jika Anda ingin menggunakannya secara full time juga bisa, caranya dengan membeli lisensi key, yang mana syaratnya hanya berlaku satu lisensi, yang dapat dipakai untuk satu harddisk.

Mikrotik RouterBoard

Sejarah Mikrotik
InfoKita

Mikrotik RouterBoard merupakan jenis Router embedded, produk dari Mikrotik yang mana merupakan salah satu jenis Mikrotik, yang sistem pemakaiannya menggunakan hardware, supaya dapat menjalankan fungsi Router Mikrotik.

Fungsi penggunaan RouterBoard yaitu dapat menjalankan fungsi Router, tanpa harus tergantung pada PC, karena fungsi Router sudah ada pada routerboard.

Dalam satu board ini sudah tertanam processor RAM, ROM serta memory flash, sehingga RouterBoard ini telah terintegrasi.

Sedangkan Nama sistem operasi yang digunakannya adalah Router OS.

OS RouterOS juga digunakan oleh Routerboard, yang fungsi adalah sebagai bandwidth management, DHCP, DNS server, hotspot server, proxy server, serta Router jaringan.

Ukuran Routerboard ini lebih kecil dari pada PC yang di instal pada RouterOS, dan juga lebih kompak, serta lebih hemat listrik karena hanya menggunakan adaptor.

  • Kelebihan Routerboard

Berikut ini beberapa kelebihan jika menggunakan Routerboard secara garis besar adalah:

  1. Hemat biaya, karena Routerboard hanya membutuhkan daya sekitar 2.5 watt saja.
  2. Proses Instalasinya yang mudah, karena hanya mengatur Router dan jaringan yang digunakan.
  3. Spesifikasi untuk komputer tidak begitu tinggi.
  • Kekurangan Routerboard

Jika Anda sudah mengetahui kelebihan dari Routerboard, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa kekurangan dari Routerboard.

  1. Jika Routerboard mengalami kerusakan untuk menemukan komponennya sangat jarang ada, maka susah untuk mencari suku cadangnya.
  2. Kadang – kadang juga suka Hang, umumnya karena memori yang sudah penuh sehingga membuat Routerboard lebih cepat Hang.

Fungsi Mikrotik Pada Jaringan Komputer

Fungsi Jaringan Komputer
Pixabay

Saat ini Mikrotik telah menjadi favorit untuk membuat Router dan juga administrasi dalam jaringan, tool yang sederhana serta mudah pengaplikasiannya, membuat Mikrotik menjadi pilihan utama banyak orang.

Berikut ini fungsi Mikrotik dalam jaringan komputer yang cukup penting kita tahu:

  1. Mikrotik dapat di aplikasikan sebagai biling hotspot, sehingga akan mempermudah dalam pengkonfigurasian serta pembagian bandwitch pada jaringan.
  2. Mikrotik dapat mengkonfigurasi jaringan internet yang dapat dilakukan secara terpusat, sehingga memudahkan admin jaringan untuk mengelola jaringan tersebut.
  3. Mikrotik juga dapat dimanfaatkan untuk memblokir berbagai situs terlarang, atau konten yang mengandung pornografi dengan menggunakan proxy, sehingga menghasilkan penggunaan internet yang positif.
  4. Mikrotik dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE Server.
  5. Konfigurasi LAN dan pengaturannya dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS, dengan spesifikasi perangkat keras yang sangat rendah.
  6. Dapat Memisahkan bandwith traffic internasional dengan yang local.

Tujuan Mikrotik

Berikut ini tujuan dari Mikrotik, diantaranya yaitu:

  • Desain Mikrotik dibuat khusus agar penggunanya dapat digunakan dengan mudah, baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer.
  • Mikrotik juga dapat digunakan di warnet, belakangan ini banyak usaha warnet yang menggunakan Mikrotik sebagai Routernya, dan rata – rata mereka merasa puas dengan hasilnya.

Cara Instalasi Mikrotik

Cara Instalasi Mikrotik
Low Cost Computer

Berikut ini langkah – langkah cara instalasi Mikrotik:

  1. Pertama Buka Winbox pada komputer.
  2. Pada tampilan Winbox, Kemudian masukkan no IP contoh 192.168.1.254 dengan Login : admin password : kosong pada kolom Connect To m, setelah itu klik tombol Connect.
  3. Selanjutnya Login ke Mikrotik Via Winbox berhasil.
  4. Lalu Klik IP —> ADDRESS.
  5. Kemudian akan muncul tampilan dari address.
  6. Setelah itu masukkan IP public (dari ISP)
  7. Biasanya akan muncuk daftar IP pada 2 ethernet.
  8. Setelah itu Anda Setting Gateway, IP —> Routes.
  9. Kemudian masukkan IP GATEWAY (dari ISP)
  10. Dan Hasil ROUTING nya.
  11. Lalu Masukkan Primary DNS dengan Secondary DNS (dari ISP)
  12. Setelah itu klik Apply dan OK.
  13. Kemudian Anda Setting lagi MASQUERADE.
  14. Lalu Klik IP —> Firewall.
  15. Baru Anda pilih NAT.
  16. Di tab General.
  17. Di Chain pilih srcnat.
  18. Di Out, Interface Anda pilih ether1.
  19. Lalu pada tab Action pilih masquerade.
  20. Dan terakhir klik Apply dan OK.

Fitur Logging Pada Mikrotik

Fitur Logging
BlogD-Net

Beberapa fitur Logging pada Mikrotik terdiri atas:

  • Tab Action ( System Logging Action )

Berfungsi untuk digunakan sebagai pengaturan metode penyimpanan log.

  • Tipe Disk

Dengan menggunakan tipe Disk ini, maka log akan disimpan dalam bentuk teks file, yang kemudian disimpan pada storage system Router itu sendiri.

Anda juga dapat melakukan setting Nama file log saat disimpan pada parameter File Name.

Anda juga dapat menyetting seberapa banyak baris log yang akan disimpan dalam setiap file nya, itu bisa diset pada parameter Lines Per file.

  • Tipe Echo

Jika menggunakan tipe ini, maka log dari Router secara otomatis ditampilkan pada New Terminal (winbox) atau pada saat kita remote menggunakan CLI (direct console).

  • Tipe email

Dengan ini kita dapat menentukan Log yang akan dikirimkan ke email.

Untuk dapat berfungsi, maka sebelumnya kita harus melakukan proses setting di smtp server yang akan kita gunakan di menu atau tool email.

  • Tipe Memory

Dengan type ini, memungkinkan Log dapat disimpan di dalam RAM Router, dan bisa kita lihat pada menu Log.

Namun, karena hanya disimpan dalam RAM, maka log ini akan terhapus atau tidak bisa kita baca lagi setelah Router reboot.

  • Tipe Remote

Dengan type remote maka Log akan dikirimkan ke perangkat lain yang menjalankan syslog server.

Anda tinggal memilih mesin yang menjalankan syslog server tersebut dengan mengisikan IP Address.

Fitur Fitur Mikrotik

Fitur Fitur Mikrotik
Coretan Abu Fawwaz-Wordpress

Fitur -fitur pada Mikrotik terdiri atas:

  • Limitasi

Jika anda menggunakan hotspot server di jaringan pribadi, anda nanti bisa melakukan limitasi berdasarkan berapa lama user akses jaringan (uptime),

Data rate atau kecepatan akses quota based atau banyak data yang sudah digunakan, hingga kebijakan policy firewall.

Beberapa Limitasi tersebut dapat anda terapkan per user, atau mungkin per group dari jaringan anda.

  • Plugin Play Connectivity

Pernahkah Anda mengalami kerepotan dalam merubah-rubah IP setiap terkoneksi ke jaringan wireless orang lain?

Atau mungkin anda pernah mengalami kasus di perangkat User memiliki security yang mengakibatkan user tersebut tidak lagi diijinkan merubah-rubah IP pada perangkatnya?

Solusinya, dengan memanfaatkan Hotspot Server, maka anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal itu.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan sembarang IP statik di perangkatnya atau DHCP, nanti Hotspot server akan melakukan one to one nat secara otomatis, agar client tersebut bisa akses ke jaringan kita.

  • Bypass

Biasanya secara normal, semua koneksi dari berbagai perangkat yang ada di jaringan Hotspot kita akan di block sebelum melakukan login atau autentikasi ke hotspot server.

Namun, tidak semua perangkat bisa melakukan sistem autentikasi tersebut, seperti pada: Printer server, IP Cam, VoIP server dan sebagainya.

Ada juga user VIP yang memang istimewa, sehingga tidak memerlukan proses login.

Anda tidak perlu melakukan login untuk akses ke jaringan jika mau melakukan bypass untuk perangkat – perangkat anda, cukup menggunakan fitur yang namanya IP Binding.

Namun, jika anda memiliki kebijakan untuk mengakses resource di jaringan lokal anda pribadi (halaman web perusahaan atau web server, mail server, file server dan sebagainya) maka anda tidak perlu melakukan login.

Pada saat pengguna ingin akses ke internet, seperti misalnya browsing ke yahoo, facebook dan sebagainya, baru anda meminta pengguna tersebut untuk melakukan proses login.

Fitur yang dapat anda gunakan untuk hal tersebut namanya adalah Walled Garden.

Jika anda menggunakan fitur advertisement pada Hotspot server, maka anda dapat menampilkan popup halaman sebuah web ke pengguna anda, dan popup – popup yang akan muncul bisa anda setting intervalnya.

  • Trial User

Dengan menggunakan fitur Mikrotik jenis Advertisemet ini memungkinkan anda yang lagi berkecimpung di dunia jasa layanan internet, untuk memberikan masa trial atau uji coba ke calon pelanggan anda, tujuannya adalah untuk meyakinkan kualitas jaringan.

Terdapat fungsi trial di Hotspot server ini, yang memungkinkan para pengguna tidak perlu lagi melakukan login, hingga pada batas waktu yang telah ditentukan.

Setelah melewati batas waktu yang telah ditentukan, barulah pengguna diwajibkan untuk melakukan login.

Umumnya dilapangan, fungsi trial ini dipadukan dengan fungsi advertisement sebelumnya, untuk membentuk sebuah ajang promosi didalam layanan jasa internet.

  • Voucher

Apakah Anda pernah membeli voucher pulsa GSM?

Atau pernahkah anda berada di hotel yang memiliki layanan internet, yang mengharuskan pengunjung meminta voucher di petugas Hotspot Mikrotik, anda juga dapat membuat sistem voucher prabayar bagi calon costomer jasa internet anda.

Anda bisa menentukan harga, jenis atau detil limitasinya, yang nantinya setiap ada calon costomer yang datang, anda tinggal generate voucher yang akan berisi custom username dan password.

Nah, itulah sekelumit pembahasan tentang sejarah Mikrotik beserta dengan pengertian Mikrotik, jenis – jenis Mikrotik, fungsi Mikrotik, serta cara instalasi Mikrotik.

Jika anda tertarik menambah pengetahuan teknologi disini, anda bisa melanjutkan membaca artikel kami tentang SEJARAH LINUK atau SEJARAH JARINGAN KOMPUTER.

Semoga artikel ini bermanfaat, tetap tersenyum dan rendah hati, dan konsistenlah untuk senantiasa memperluas wawasan.

 

 

 

Tinggalkan komentar