Sejarah Microsoft Word 2010

Sejarah Microsoft Word [ Terlengkap ] Pengertian Microsoft Word, Versi

Hay sobat semuanya, di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang sejarah Microsoft Excel Nah, kali ini kita akan menambah wawasan lagi, dengan mempelajari sejarah Microsoft Word beserta pengertian dan yang lainnya.

Jadi, Microsoft Word merupakan sebuah Sofware atau Aplikasi populer, yang banyak banget penggunanya, dari mulai siswa di bangku sekolah hingga pekerja profesional di bisnis dan perkantoran.

Namun tahukah Anda, kapan Microsoft Word itu diciptakan lalu kemudian diluncurkan, dan siapa saja yang memiliki peran penting dalam menciptakannya.

Dalam artikel ini kita akan menjawab semua pertanyaan tersebut.

 Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word
Thec Junkie

Pengertian Microsoft Word adalah sebuah program untuk komputer, yang masih termasuk dari paket instalasi Microsoft Office.

Microsoft Word berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata yang meliputi pembuatan, pengeditan, hingga pemformatan berbagai macam dokumen.

Word processing system atau perangkat lunak pengolah kata merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks, seperti surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.

Hingga saat ini, Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia.

Microsoft Office Word adalah perangkat lunak ( sofware ) pengolah kata handal, yang diluncurkan dan dikembangkan oleh Microsoft corporation untuk  berbagai sistem operasi, seperti DOS, Apple Macintosh, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Window.  

Selain itu, saat ini tersedia juga berbagai jenis sistem operasi Microsoft Word.

Sofware ini juga telah didistribusikan pada sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, IOS, dan Android.

Hal inilah yang membuat popularitas Microsoft Word bertahan, meskipun saat itu banyak juga aplikasi pengolah kata sejenis yang terus bermunculan hingga saat ini.

Sejarah Microsoft Word

Sejarah Microsoft Word
Pixabay

Seperti yang kita tau bahwa, Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft.

Untuk pertamakalinya Microsoft Word diperkenalkan ke publik pada tanggal 25 Oktober 1983.

Saat itu, Nama yang digunakannya masih bukan Microsoft Word, melainkan Multi-Tool Word.

Sejak awal diluncurkan, Multi-Tool Word hanya dapat digunakan untuk sistem Xenix, karena saat itu Microsoft Windows masih belum ada.

Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, seiring dengan terus berkembangnya teknologi, Multi-Tool Word, dilakukan pengembangan agar bisa digunakan oleh sejumlah platform lainnya.

Seperti pada komputer IBM, komputer AT&T Unix, Aple Macintos, Atari ST, OS/2, SCO Unix dan macOS.

Perangkat lunak ini baru dapat dipakai pada Microsoft Windows pada tahun 1989.

Pengembangan Microsoft Word

Pada tahun 1981, Microsoft bekerja sama dengan Charles Simonyi, yang merupakan seorang pengembang Bravo, perangkat lunak pengolah kata pertama yang ada di dunia.

Simonyi kemudian mulai mengerjakan projeck pengolah kata bernama Multi-Tool Word, dengan  dibantu oleh Richard Brodie, bekas pegawai Xerox.

Pada tahun-tahun berikutnya Brodie yang menjadi pengembang utama Multi-Word Tool.

Kemudian pada tahun 1983, Microsoft merilis Multi-Tool Word untuk perangkat Xenix dan MS-DOS.

Nama ini selanjutnya lebih disederhanakan lagi menjadi Microsoft Word.

Tidak sama dengan kebanyakan program MS-DOS lainnya saat itu, Microsoft Word dirancang secara khusus untuk digunakan dengan mouse.

Dari segi kemampuan, Microsoft Word pada saat itu masih terbatas hanya untuk melakukan undo, display teks bold, italic dan underlined atau dengan garis bawah.

Untuk itu, Microsoft Word dengan cepat dapat mengalahkan beberapa perangkat lunak pengolah kata lainnya, seperti WordStar, karena memiliki tampilan yang sangat berbeda.

Seiring berjalannya waktu sejak diciptakannya, Microsoft terus melakukan menyempurnakan Word dengan merilis versi 2.0 hingga 5.0 hanya dalam kurun waktu enam tahun saja.

Dalam Sejarah, Microsoft Word mulai diterbitkan untuk umum pada  25 Oktober 1983 dengan Nama Multi-Tool Word, saat itu sofware pengolah kata masih di dominasi oleh WordPerfect dan WordStar.

Pada tahun 1985, Microsoft Word memperkenalkan Word yang dapat digunakan untuk perangkat Mac OS.

Sejak diluncurkannya untuk perangkat Mac OS, penjualan Mac OS menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan di perangkat MS-DOS selama lebih dari empat tahun.

Artikel terkait

( Sejarah Linux )

( Sejarah jaringan komputer )

Dinobatkan Sebagai yang Terbaik

Dinobatkan Sebagai yang Terbaik
Pixabay

Peluncuran versi kedua untuk Mac OS dilakukan pada tahun 1987 dengan nama Word 3.0.

Peluncuran kali ini dilakukan sebagai sinkronisasi antara pengguna Mac OS dengan DOS.

Ini juga merupakan yang pertama kalinya pengguna Mac OS dengan DOS dapat saling bertukar file Word.

Word 3.0 sudah dalam proses perbaikan dan penembahan fitur baru, di antaranya adalah implementasi Rich Text Format (RTF) untuk yang pertama kalinya.

Namun sayangnya implementasi RTF ini masih ada sejumlah bug error, setelah beberapa bulan berikutnya, Microsoft kembali merilis versi 3.01 sebagai perbaikan bug error tersebut.

Versi 3.01 kemudian dikirimkan kepada para pengguna Word 3.0 yang telah terdaftar secara gratis.

Di pertengahan 90-an, Word pada perangkat Mac OS tidak mempunyai kompetitor yang berarti.

Microsoft Word 5.1 yang diluncurkan pada tahun 1992 kemudian terkenal di kalangan pengguna komputer karena memiliki tampilan yang elegan, kemudahan penggunaan serta beragam fitur yang sangat berguna.

Banyak yang mengatakan dari para penggunanya bahwa, Microsoft Word 5.1 merupakan versi terbaik yang pernah dibuat oleh Microsoft.

Sejarah Microsoft Word 2007

Pengertian Microsoft Word 2007

Pengertian Microsoft Word 2007
How – To Geek

Microsoft Office Word 2007 adalah sebuah program aplikasi pengolah kata ( word processor ) yang dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam dokumen.

Seperti dokumen laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang dapat dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word.

Microsoft Office Word 2007 sendiri adalah pengembangan dari versi Microsoft sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini.

Selain itu, Microsof Office Word juga sudah menyediakan fasilitas tambahan yang lebih kompleks terhadap apa yang kita perlukan.

Dengan beragam fasilitas yang sudah cukup lengkap, menjadikan Microsoft Office Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang paling mutakhir saat ini.

Berbeda dengan beberapa versi Word sebelumnya seperti, Word 2000, XP dan 2003.

Microsoft Word 2007 sudah tidak menyediakan menu bar dengan pull downnya beserta beberapa toolbar seperti formating, standar dan drawing.

Sejak diciptakan, Microsoft Word terus mengalami berbagai pengembangan, baik fitur, versi dan pengembangan lainnya.

Akan tetapi terdiri dari beberapa tab, dan tab tersebut juga terdiri dari beberapa grup, dan masing-masing grup juga terdiri dari beberapa perintah singkat atau icon.

Sejarah Microsoft Word 2007

Sejarah Microsoft Word 2007
Pixabay

Peluncuran Microsoft Word 2007 diperuntukkan bagi kalangan bisnis pada tanggal 30 November 2006, dan di pasarkan secara luas pada tahun 2007 untuk menyaingi platform Windows vista.

Dirilisnya Microsoft Word 2007 ini bertujuan agar program aplikasi pengolah kata atau word processor dapat dengan mudah digunakan.

Selain itu juga agar dapat memanfaatkan bagi semua fasilitas yang ada, baik pada sistem jaringan internet ataupun intranet.

Microsoft Word 2007 atau yang sering juga disebut Word 2007 adalah pengembangan dari beberapa versi sebelumnya.

Setiap versi terbaru yang dikeluarkan, sudah mengalami banyak perubahan dan perbaikan di berbagai bagian, sehingga menyediakan fleksibilitas yang lebih tinggi.

Selain itu juga ditingkatkan fasilitas secara penuh untuk akses internet dari setiap program Aplikasinya.

Kemampuannya dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program Word 2007 serta kemudahan dalam menggunakannya.

Microsoft Word 2007 merupakan versi terbaru, dan benar-benar berbeda dari versi sebelumnya. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam membantu proses bisnis dengan cepat dan tepat.

Pengguna akan mendapatkan banyak hal baru yang bisa dimanfaatkan dalam mendukung kualitas kerja pekerjaan.

( Lihat Juga: Sejarah Microsoft Excel )

Sejarah Microsoft Word 2010

Pengertian Microsoft Word 2010

Pengertian Microsoft Word 2010
Singapore Transiptions

Microsoft Word 2010 juga merupakan bagian dan pengembangan dari Microsoft Office Word yaitu, salah satu perangkat lunak yang diterbitkan oleh pihak Microsoft untuk, digunakan dalam melakukan pengolahan kata.

Microsoft Word 2010 memiliki banyak fitur sehingga berguna untuk menulis teks-teks atau berbagai macam dokumen yang membuat prosesnya menjadi lebih cepat dan mudah.

Microsoft Word hampir semuanya berhubungan dengan pengolahan kata.

Namun tidak hanya itu, Microsoft Office Word juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain seperti, menambahkan, gambar, grafik, simbol dan lainnya sehingga dokumen akan terlihat lebih unik dan menarik.

Selain itu dalam Microsoft Word, kita juga dapat mencetak apa yang ingin kita produksi, atau merancang dahulu untuk membuat sesuatu menjadi lebih menarik.

Seperti menambahkan diagram, tabel, gambar dan fakta daftar, serta angka dengan menggunakan grafis.

Beragam dokumen penting dalam pekerjaan Anda dapat Anda simpan pada hard drive untuk digunakan atau untuk mengedit di masa mendatang.

Anda dapat menulis berbagai macam teks dengan Microsoft Word 2010 atau juga dapat membuat berbagai jenis tabel, menulis makalah akademik dan menyisipkan referensi, daftar isi dll.

Semua fitur baru yang disediakan Microsoft Word 2010 bertujuan untuk membuat segalanya jauh lebih mudah bagi pengguna baru dan ahli.

Sejarah Microsoft Word 2010

Sejarah Microsoft Word 2010
Udemy

Dalam sejarah, Microsoft Word 2010 perkembangannya terjadi di hampir semua fitur dan fasilitasnya, sehingga saat ini semakin banyak penggunanya yang sudah mengadaptasi untuk laptop atau komputer sendiri-sendiri.

Hingga saat ini, Microsoft Word sudah sangat terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia.

Microsoft Word sendiri mayoritas digunakan untuk melakukan berbagai tugas atau pekerjaan yang mengharuskan penggunaan Microsoft Word ini.

Microsoft Word 2010 biasa digunakan untuk membuat suatu surat, artikel, dan juga brosur atau juga yang lainnya karena memiliki fitur yang lebih lengkap dan kompleks.

Selain itu, ada banyak fasilitas lain yang disediakan oleh Microsoft Word, dimana beragam fasilitas itu sangat bermanfaat bagi kita dalam pengolahan gambar-gambar yang menarik, dan juga dokumen yang lucu-lucu.

Semua itu sangat mudah kita lakukan untuk mempermudah pekerjaan, selain itu kita juga dapat mengerjakan berbagai macam rumus matematika atau pun tentang ilmiah dan semacamnya.

Hingga saat ini, versi terbaru yang diluncurkan sudah semakin canggih dan lengkap yang disesuaikan pada zaman sekarang yang teknologi nya juga semakin canggih.

Sejarah Microsoft Word 2016

Pengertian Microsoft Word 2016

Pengertian Sofware Pengolah kata
Udemy

Anda mungkin tidak asing dengan salah satu versi terbaru Microsoft.

Jadi, pengertian Microsoft Word 2016 yaitu merupakan aplikasi pengolah kata yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai model dokumen, termasuk surat, resume, dan banyak lagi.

Dalam Microsoft Word 2016, berbagai fasilitas terbaru juga sudah ditambahkan untuk menavigasi antarmuka Word.

Selain itu Microsoft Word 2016 juga dilengkapi dengan beberapa fitur penting, misalnya seperti Ribbon, Quick Access Toolbar, dan tampilan Backstage.

Microsoft Word 2016 pada dasarnya mirip dengan Word 2013 dan Word 2010.

Apabila Anda sebelumnya sudah berpengalaman menggunakan versi di bawahnya, maka Microsoft Word 2016 tentunya juga sudah biasa dan mudah.

Namun, jika Anda termasuk pengguna yang baru dalam menggunakan Microsoft Word atau lebih banyak pengalaman dengan versi yang lama.

Maka Anda harus lebih banyak meluangkan waktu untuk lebih akrab mempelajari fitur – fitur terbaru Microsoft  Word 2016.

Sejarah Microsoft Word 2016

Sejarah Aplikasi Pengolah Kata
Course firs

Microsoft Office 2016 atau yang memiliki sandi Office 16 merupakan versi dari paket aplikasi perkantoran dari Microsoft Office.

Versi Word ini menggantikan kedua versi sebelumnya yaitu, Office Word 2013 dan Office untuk Mac 2011.

Microsoft Word 2016 dirilis untuk OS X pada tanggal 9 Juli 2015 untuk pelanggan Office 365. Sedangkan pada tanggal 22 September 2015 baru dirilis secara resmi.

Saat dirilis, pratayang untuk versi Windows yang diumumkan dalam konferensi Ignite di Chicago pada bulan Mei 2015.

Dalam versi beta, juga telah tersedia Office 365 bagi pengguna untuk mencoba, atau untuk mengunduh sebagai percobaan beta.

Manfaat dan Fungsi Microsoft Word

Fungsi Microsoft Word

Fungsi Microsoft Word
Pixabay

Fungsi utama dari Microsoft Word adalah untuk mempermudah dalam proses pengolahan kata.

Dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia akan membuat semua pekerjaan yang berkaitan dengan mengolah kata, sehingga dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat.

Berikut ini fungsi – fungsi umum dari Microsoft Word, diantaranya:

  1. Membuat dan mengedit berbagai model surat, baik untuk keperluan resmi maupun tidak resmi
  2. Mempermudah dalam membuat dokumen dengan cepat serta tepat.
  3. Mempermudah membuat beragam dokumen yang bervariasi agar terlihat lebih menarik.
  4. Dapat menambahkan gambar dalam setiap pengolahan dokumen.
  5. Membuat table dengan mudah dan cepat, dan masih banyak fungsi lainnya.

Manfaat Microsoft Word

Manfaat Microsoft Word
Pixabay

Ada banyak Manfaat Microsoft Word yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya. Berikut ini beberapa manfaatnya yaitu:

  1. Membantu mempermudah dalam pembuatan surat resmi yang rapi dan terstandar, dengan menggunakan fasilitas yang telah tersedia dalam Microsoft Word.
  2. Mempermudah dalam merancang serta membuat buku dengan tanpa perlu memikirkan halaman, karena sudah tersedia fasilitas untuk membuat halaman.
  3. Dapat mempercepat dalam pembuatan brosur berlipat tanpa harus membagi bidang secara manual.
  4. Cepat dan mudah membuat surat yang sama dengan alamat yang berbeda, dengan memanfaatkan fasilitas Mail Merge.
  5. Mempermudah dalam pembuatan laporan yang menarik, karena mudah dalam meletakkan gambar serta menata paragraph sesuai yang diinginkan.
  6. Dapat menghemat kertas dan biaya produksi, karena hasil pekerjaan dapat disimpan dalam bentuk file, sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen.
  7. Mudah dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan, dengan Microsoft Word, kita juga bisa mengedit serta merubah, jika sebelumnya telah terjadi kesalahan sebelum dicetak.
  8. Dapat membuat table dengan mudah dan cepat menggunakan fasilitas Microsoft Word dengan berbagai variasi, sesuai dengan selera.

Penutup

Nah, Itulah artikel sharing kita mengenai pengertian Microsoft Word dan sejarah Microsoft Word.

Anda juga dapat mengetahui informasi lain seputar istilah dan ilmu komputer, seperti:

  1. Sejarah Microsoft Excel.
  2. Sejarah dan ilmu Linux.
  3. Sejarah MikroTik Lengkap.
  4. Sejarah jaringan komputer.

Dengan mengetahui ilmu penting komputer, seperti sejarah Microsoft Word. Maka otomatis pengetahuan Anda bertambah, dan Anda akan lebih siap untuk mempelajari ilmu rumit lainnya.

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita, serta bermanfaat untuk kita semua.

 

 

Tinggalkan komentar