Sejarah Microsoft Excel 2010

Sejarah Microsoft Excel Lengkap [ Pengertian, Perkembangan, Fungsi dan Manfaat Microsoft Excel ]

Beragam teknologi dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan, versi demi versi terus di moderenisasi, tak terkecuali Microsoft Excel yang merupakan teknologi kalkulasi modern, dan kali ini saya akan mengulas tentang sejarah Microsoft Excel.

Seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa Microsoft Excel merupakan program aplikasi lembar kerja yang dapat mempermudah pekerjaan manusia dalam pengolahan data dan angka.

Program sofware ini dibuat dan didistribusikan oleh  Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS.

Mari kita bahas lebih rinci dari mulai pengertiannya, bagaimana sejarah Microsoft Excel,  hingga pengetahuan lainnya seputar Microsoft Excel disini.

Pengertian Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel
Make Tech Easier

Jadi, Pengertian dari Microsoft Excel yaitu sebuah program aplikasi, berupa lembar kerja spreadsheet, yang diciptakan sekaligus di distribusikan oleh pabrikan Microsoft, untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

Software ini juga populer dengan sebutan Microsoft Office Excel, MS Excel juga kerab disebut sebagai Excel saja.

Oleh karena itu, untuk bisa menggunakan program aplikasi Excel ini syarat utamanya adalah, komputer yang akan anda gunakan harus sudah terinstal sistem operasi (operating sistem) Windows atau Mac terlebih dahulu.

Microsoft Excel merupakan salah satu dari sekian banyak jenis Program Aplikasi yang terdapat dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang hanya khusus dalam pengolahan angka.

Jadi apabila dalam komputer Anda sudah Terinstal Office Word atau powerpoint, maka microsoft Office Excel kemungkinan besar juga sudah bisa Anda gunakan.

Jika anda berprofesi dalam bidang pengolahan angka, Aplikasi Excel ini sangat tepat jika anda gunakan dalam membantu meringankan tugas Anda.

Selain itu, Microsoft Excel juga mempunyai beragam fitur dan fungsi yang dapat Anda manfaatkan untuk hal-hal lainnya.

Fitur Microsoft Excel

Adanya kelengkapan fitur Formulas dan Functions yang juga kita kenal dengan istilah rumus Excel menjadi salah satu hal yang membuat aplikasi Excel semakin populer.

Kegunaan dari Formula dan fungsi ini adalah untuk membantu anda dalam mengerjakan berbagai proses perhitungan data secara tepat dan juga cepat serta semi otomatis.

Anda juga dapat menggunakan Formula Excel dalam hal perhitungan yang sederhana, hingga kalkulasi yang sifatnya kompleks sekalipun.

Baik untuk data yang berbentuk teks, data angka, data tanggal, data waktu, atau kombinasi dari beberapa data tersebut.

Dalam Microsoft Excel, kita dapat bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook ada worksheet atau lembar kerja yang secara umum kita menyebutnya dengan sheet saja.

Jadi, apabila workbook adalah sebuah buku, maka worksheet adalah lembaran-lembaran kertas yang ada dalam buku tersebut.

Microsoft Excel adalah sofware atau aplikasi berupa lembar kerja ( Spretsheet ) yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation, dan dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS.

Selain itu, dalam worksheet terdapat kolom dan baris yang dapat digunakan dalam bekerja, bentuknya kotak kecil-kecil berupa sel-sel (cells) yang bisa kita memasukkan data.

Sejak beberapa tahun setelah Microsoft Excel ini diciptakan telah mengalami banyak perkembangan.

Microsoft Excel yang anda gunakan saat ini versinya mungkin sudah berbeda dengan Microsoft sebelumnya, tapi tenang, kita juga akan membahasnya dalam artikel ini.

Kita telah membahas tentang pengertian Microsoft Excel, selanjutnya kita akan membahas tentang sejarah Microsoft Excel.

Sejarah Microsoft Excel

Sejarah Microsoft Excel
How-To Geek

Tahukah anda bahwa dalam sejarah, Microsoft Excel pertama kali diluncurkan pada tahun 1985.

Namun dalam peluncuran perdananya tersebut, itu hanya tersedia untuk sistem operasi Mac OS atau Macintosh, dan itupun masih menggunakan Nama Excel, tanpa Microsoft di depannya.

Saat itu, Microsoft sempat dituntut perusahaan-perusahaan besar pada saat awal peluncuran Excel, yang juga bergerak pada bidang finansial.

Mayoritas mereka juga mengeluarkan produk yang dinamai Excel, hingga pada akhir tuntutan itu, Microsoft dikalahkan perusahaan tersebut.

Baru setelah saat itu, Namanya sepenuhnya berganti menjadi Microsoft Excel .

Setelah penuntutan itu, Microsoft tidak terlalu mempersoalkan, untuk memastikan tidak ada masalah lain dikemudian hari, maka pihak pihak Microsoft akhirnya membeli Nama software dari perusahaan penuntut.

Microsoft meluncurkan Excel dalam sistem operasi Windows pada tahun 1987,  yang diberi Nama Excel versi 2.0.

Dalam aplikasi yang sejenis, Microsoft Excel juga berhasil mendahului pesaing beratnya pada waktu itu yakni lotus 1-2-3, yang terlambat mengeluarkan versi windowsnya, dan masih menggunakan MS-DOS.

Pada tahun 1988, Excel akhirnya berhasil secara total menggeser pesaingnya tersebut, dan sukses menjadi salah satu software spreadsheet yang sangat populer, serta handal dipasaran.

Untuk pertama kalinya pada tahun 1993,Microsoft membundel ke dalam Microsoft Office, saat itu Microsoft juga mendesain ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft Power Point.

Tujuannya adalah untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang saat itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling favorit bagi penggunanya.

Keberhasilan demi keberhasilan ini membuat Microsoft terus berkembang dan terus mengeluarkan versi – versi terbaru sampai sekarang.

Excel juga telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA) sejak tahun 1993, yang dapat meningkatkan kemampuan Excel dalam melakukan automatisasi di dalam Excel.

Selain itu juga dapat menambahkan beragam fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna atau user-defined functions/UDF agar dapat dimanfaatkan di dalam lembar kerja.

Sejarah Microsoft Excel

Dalam versi berikutnya, untuk mempermudah para programmer dalam melakukan pembuatan program, Microsoft juga akan menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA Excel.

Dalam melakukan automatisasi beberapa tugas, Excel melakukan perekaman di semua aktivitas yang dilakukan oleh pengguna.

VBA juga memberikan izin dalam pembuatan form dan kontrol yang ada didalam worksheet, sehingga dapat berkomunikasi dengan penggunanya.

Sejarah Microsoft Excel, pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 dengan Nama Excel, yang hanya dapat di oprasikan dengan Mac OS atau Macintosh.

Penggunaan DLL ActiveX/COM juga didukung Bahasa VBA , meskipun tidak dapat membuatnya.

Selanjutnya, versi VBA  menambahkan support terhadap class module sehingga penggunaan teknik pemrograman yang berorientasi objek dalam VBA diizinkan.

Penyediaan Fungsi automatisasi oleh VBA membuat Excel jadi sebuah target oleh virus-virus macro.

Sehingga ini menjadi masalah yang sangat serius dalam dunia korporasi, hingga para pembuat antivirus mulai meningkatkan support untuk mendeteksi serta membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel.

Hingga akhirnya, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi dalam mencegah penyalahgunaan macro meskipun agak sedikit terlambat, yaitu dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan.

Selain itu, Microsoft juga mengaktifkan macro setiap kali mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang benar – benar tepercaya.

Microsoft Excel masih menggunakan ekstensi .xls, hingga pada versi 11.0 (Microsoft Excel 2003)

Namun, mulai dari versi 12.0 (Microsoft Excel 2007) Microsoft Excel meluncurkan ekstensi baru yaitu, xlsx yang dianggap lebih baik dari ekstensi sebelumnya.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah Microsoft Excel, baik dalam perkembangannya atau setiap versi yang diluncurkannya, berikut ini kami uraikan.

Artikel Terkait

( Sejarah Jaringan Komputer )

( Sejarah Linux )

Sejarah Microsoft Excel 2003

Sejarah Microsoft Excel 2003
Digital Earning Land

Microsoft Office 2003 termasuk versi lama dari Microsoft dengan kode Nama: Office 11.

Microsoft office 2003 merupakan sebuah office suite yang diproduksi, dikembangkan serta didistribusikan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows.

Pada tanggal 19 Agustus 2003, Office 2003 mulai dimanufaktur, yang kemudian dirilis untuk ritel pada tanggal 21 Oktober 2003.

Versi dari office ini adalah sebagai penerus dari versi Office XP – yang kemudian juga dilanjutkan oleh Office 2007.

Dengan dirilisnya Office 2003, harapannya adalah dapat meningkatkan produktivitas, karena versi ini sudah didesain secara khusus untuk para Pekerja intelektual.

Maka dari itu, Microsoft juga menambahkan branding Office untuk semua programnya.

Office 2003 adalah versi yang pertama dengan dukungan untuk Windows XP yang memiliki warna dan gaya visual, serta memperkenalkan ikon diperbarui.

Sejarah Microsoft Excel 2007

Sejarah Microsoft Excel 2007
VemaFats

Dalam sejarah Microsoft Excel 2007, yaitu pada saat awal rilis, Excel pernah menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial, yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki Nama Excel.

Dalam sidang tuntutan tersebut Microsoft mengakhirinya dengan kekalahan, sehingga Microsoft harus mengubah Nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft.

Meskipun demikian, faktanya, Mikrosoft tidak begitu memperhatikan masalah ini, bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka.

Sehingga untuk menggunakan Nama Excel, tidak akan lagi ada masalah.

Sebagai singkatan dalam programnya tersebut, Microsoft juga sering menggunakan singkatan hanya dengan huruf XL, yang meskipun tidak umum lagi.

Ikon yang digunakan Microsoft dalam programnya tersebut masih terdiri dari dua huruf, maskipun juga diberi beberapa gaya penulisan.

Ekstensi default dari spreadsheet yang diciptakan oleh Microsoft Excel sampai pada versi 11.0 atau Excel 2003 adalah *.xls.

sedangkan dari Microsoft Office Excel 2007 atau versi 12.0 ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang support format HTML, namun isinya masih sama – sama mempunyai ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.

Sejarah Microsoft Excel 2010

Sejarah Microsoft Excel 2010
Sam Radakovits

Sejarah Microsoft Excel 2010 dan juga pengembangan pembangunannya dimulai pada tahun 2007.

Sementara itu, Microsoft juga sedang menyelesaikan projecnya untuk Office 12, yang dirilis sebagai Microsoft Office 2007.

Namun pada versi yang 13 tersebut diabaikan karena keengganan, sementara untuk angka 13 Ini telah diperkirakan sebelumnya bahwa Office 2010 yang kemudian disebut Kantor 14 akan mengirimkan pada semester pertama tahun 2009.

Microsoft Office Excel 2010 adalah pengembangan dari Microsoft Office versi sebelumnya, dan merupakan salah satu dari beragam produk Microsoft Corporation yang telah diluncurkan.

Untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, pada Microsoft Excel 2010 ini telah dilengkapi berbagai macam kemampuan lebih dari versi sebelumnya, khususnya yang berhubungan dengan pengolahan angka, baik dalam perkantoran maupun dalam dunia bisnis lainnya.

Dalam hal penggunaan program ini khusus di Amerika, diadakan serangkaian penelitian.

Hasilnya menyatakan bahwa Microsoft Excel merupakan salah satu produk dari Microsoft Corporation yang terbukti paling laris dan paling banyak digunakan di pasaran, jika dibandingkan dengan program pengolah angka sejenis seperti Quattro, Quattro Pro, Lotus, dan Supercall.

Hal tersebut disebabkan karena Microsoft Excel berada di bawah sistem operasi Windows yang mempunyai keunggulan berbasis grafik atau Grafic user interface/GUI, yang dikembangkan oleh Microsoft.

Itu berarti, sistem ini selain dapat digunakan untuk mode grafis, juga mempunyai kelebihan untuk melaksanakan tugas ganda atau multitasking.

Selain itu, juga dapat digunakan untuk menjalankan program lain yang berbeda, pada saat yang bersamaan.

( Lihat Juga: Sejarah MikroTik )

Perkembangan Microsoft Excel

Sampai disini kita telah membahas tentang pengertian Microsoft Excel dan sejarah Microsoft Excel.

Selanjutnya, kita juga akan membahas lebih detail seputar perkembangan versi Microsoft Excel dari waktu ke waktu.

Perkembangan Microsoft Excel Untuk Windows

Microsoft Excel Untuk Windows
Pinterest

Berikut ini perkembangan Microsoft Excel dari awal hingga saat ini khusus untuk versi Windows:

  1. Pada tahun 1987, Microsoft Excel 2 merilis (Versi 2.0)
  2. Pada tahun 1990, Microsoft Excel 3 merilis (Versi 3.0)
  3. Pada tahun 1992, Microsoft Excel 4 merilis (Versi 4.0)
  4. Pada tahun 1993, Microsoft Excel 5 merilis (Versi 5.0)
  5. Pada tahun 1995, Microsoft Excel 95 merilis (Versi 7.0)
  6. Pada tahun 1997, Microsoft Excel 97 merilis (Versi 8.0)
  7. Pada tahun 2000, Microsoft Excel 2000 merilis (Versi 9.0)
  8. Pada tahun 2002, Microsoft Excel 2002 merilis (Versi 10.0)
  9. Pada tahun 2003, Microsoft Excel 2003 merilis (Versi 11.0)
  10. Pada tahun 2007, Microsoft Excel 2007 merilis (Versi 12.0)
  11. Pada tahun 2010, Microsoft Excel 2010 merilis (Versi 14.0)
  12. Pada tahun 2013, Microsoft Excel 2013 merilis (Versi 15.0)
  13. Pada tahun 2016, MIcrosoft Office Excel 2016 merilis (Versi 16.0)

Perkembangan Microsoft Excel Untuk Mac ( Machintos )

 

Perkembangan dalam versi MAC adalah sebagai berikut:

  1. Pada tahun 1985, Microsoft Excel 1 merilis (Versi 1.0)
  2. Pada tahun 1988, Microsoft Excel 1.5 merilis (Versi 1.5)
  3. Pada tahun 1989, Microsoft Excel 2 merilis (Versi 2.2)
  4. Pada tahun 1990, Microsoft Excel 3 merilis (Versi 3.0)
  5. Pada tahun 1992, Microsoft Excel 4 merilis (Versi 4.0)
  6. Pada tahun 1993, Microsoft Excel 5 merilis (Versi 5.0)
  7. Pada tahun 1998, Microsoft Excel 98 merilis (Versi 8.0)
  8. Pada tahun 2000, Microsoft Excel 2000 merilis (Versi 9.0)
  9. Pada tahun 2001, Microsoft Excel 2001 merilis (Versi 10.0)
  10. Pada tahun 2004, Microsoft Excel 2004 merilis (Versi 11.0)
  11. Pada tahun 2008, Microsoft Excel 2008 merilis (Versi 12.0)
  12. Pada tahun 2011, Microsoft Excel 2011 merilis (Versi 14.0)
  13. Pada tahun 2016, Microsoft Office Excel 2016 juga merilis (Versi 16.0)

Fungsi dan Manfaat Microsoft Excel

Fungsi Microsoft Excel

Fungsi Mikrosoft Pengolah Angka
Medium

Apabila profesi atau kegiatan Anda sehari-hari berkaitan dengan keuangan, maka Excel cocok untuk Anda gunakan dalam membantu mempermudah pekerjaan Anda.

Sedang fungsi Microsoft Excel adalah sebagai software atau aplikasi pengolah angka.

Berikut ini Fungsi dan kegunaan Microsoft Excel dalam pekerjaan sehari-hari antara lain:

  1. Mengedit atau membuat, mengurutkan, menganalisa serta meringkas data.
  2. Memudahkan dalam mengerjakan perhitungan aritmatika dan statistika.
  3. Mempercepat dalam menyelesaikan soal-soal logika ataupun matematika.
  4. Sebagai media dalam pembuatan berbagai macam grafik dan diagram.
  5. Mempermudah dalam membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
  6. Mempermudah dalam Menghitung dan mengelola pinjaman, investasi, penjualan, inventaris, dan sebagainya.
  7. Mempermudah dalam Melakukan analisa serta riset harga.
  8. Mempermudah dalam membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah atau universitas.
  9. dapat digunakan dalam melakukan konversi mata uang.
  10. mempermudah Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.
  11. Dan lain – lain sebagainya.

Manfaat Microsoft Excel

Manfaat Microsoft Pengolah Angka
Studi365

Setelah mengetahui fungsinya lalu apa manfaat Microsoft Excel untuk digunakan?

Manfaat Microsoft Excel sangat banyak sekali dalam mempermudah pekerjaan anda.

Berikut ini manfaat menggunakan Microsoft Excel dalam berbagai bidang, antara lain:

  • Bidang Akuntansi

Berikut ini contoh manfaat Microsoft Excel dalam bidang Akuntansi, antara lain:

  1. Mampu secara akurat menghitung jumlah laba atau rugi dalam suatu perusahaan.
  2. Mempermudah dalam mencari besarnya keuntungan selama satu periode.
  3. Memudahkan dalam menghitung gaji karyawan, dan lain – lain sebagainya.
  • Kalkulasi Matematis

Manfaat Microsoft Excel juga dapat diterapkan dalam kalkulasi matematis, yang tujuannya adalah untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

  • Pengelolaan Data

Dalam proses pengelolaan data, manfaat Mikrosoft Excel yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

  • Pembuatan grafik

Excel juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembuatan grafik, contohnya seperti:

  1. Grafik perkembangan jumlah penduduk dalam kurun waktu satu tahun.
  2. Grafik perkembangan jumlah siswa dalam sebuah lembaga pendidikan..
  3. Grafik kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah atau daerah.
  4. Grafik kelulusan siswa, dan lain – lainnya.

Kelebihan Microsoft Excel

Kelebihan Lembar Kerja Microsoft
Converge

Berikut ini beberapa kelebihan Microsoft Excel, antara lain:

  • Dapat menampung data yang berkapasitas hingga 1 juta baris serta 16.000 kolom dalam 1 sheet, untuk itu, dalam 1 sheet Anda dapat menampung jawaban hingga 1 juta responden serta 16 ribu jawaban atau pertanyaan.
  • Microsoft Excel mempunyai Format yang fleksibel juga telah populer, oleh karena itu, mayoritas software data entry ada fasilitas konversi ke format Excel, atau format lain yang bisa dibaca Excel, Atau jika memang dibutuhkan, kita dapat konversi balik dari Excel ke software statistik lainnya.
  • Microsoft Excel juga mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap, untuk mempermudah dalam pengolahan angka sehingga menghasilkan dokumen yang lebih canggih dan akurat.
  • Untuk melakukan kegiatan atau bekerja secara efektif, Microsoft Excel menyediakan Pivot Tables, dengan ini seluruh tabel summary yang kita rencanakan dapat kita buat dahulu. Walaupun data belum masuk semua, Setiap ada data masuk secara otomatis pivot table akan me-refresh, sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Nah, demikianlah pembahasan tentang sejarah Microsoft Excel beserta pengertian dan perkembangannya.

Semoga artikel ini dapat membuka wawasan Anda tentang dunia teknologi khususnya disini sejarah Microsoft Excel.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui beragam sejarah teknologi, disini anda juga bisa membaca tentang Sejarah jaringan Komputer atau juga Sejarah Linux.

Semoga mudah dipahami, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan atau pembahasan.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar