Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer Lengkap [Pengertian dan Perkembangannya]

Hallo sahabat pintar semuanya, semoga kabar kalian baik hari ini, dan tentunya semakin bertambah ilmunya, kali ini kita akan membahas tuntas tentang sejarah jaringan komputer.

Apa itu jaringan komputer?

Bagaimanakah sejarah jaringan komputer dari masa ke masa menuju zaman modern seperti saat ini?

Semuanya akan terjawab setelah anda membaca artikel berikut plus seputar pengetahuan umum jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer
Utopicomputers

Jaringan komputer adalah sistem jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer untuk saling mengkoneksikan, dan saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Fungsi dari jaringan komputer adalah untuk mencapai tujuan antar jaringan komputer seperti meminta dan memberikan layanan (service).

Pihak yang meminta atau menerima layanan tersebut disebut klien (client) dan yang memberikan atau mengirim layanan disebut peladen (server).

Sistem ini disebut dengan sistem client-server, dan difungsikan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Jaringan komputer merupakan sistem jaringan, yang menghubungkan antar komputer untuk saling bertukar informasi atau data.

Dua atau lebih perangkat komputer yang masing-masing mempunyai sebuah kartu jaringan yang kemudian dihubungkan dengan kabel ataupun nirkabel sebagai medium transmisi data.

Terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan yang membentuk sebuah jaringan komputer sederhana.

Jaringan komputer masih bisa dikembangkan menjadi lebih luas, namun memerlukan peralatan tambahan lain, seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer
Pixabay

Asal usul sejarah jaringan komputer bermula sejak konsep jaringan komputer mulai muncul pada tahun 1940-an di Amerika.

Sistem jaringan ini, untuk pertama kalinya mulai dipresentasikan oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I, di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin oleh profesor Howard Aiken.

Pada awalnya proyek tersebut hanya akan dimanfaatkan sebagai sebuah perangkat komputer yang harus dipakai secara bersama – sama.

Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu, maka dibuatlah proses beruntun atau Batch Processing.

Sehingga beberapa program yang dikerjakan, dapat dijalankan sekaligus dalam sebuah komputer dengan menerapkan sistem antrian.

Selanjutnya pada tahun 1950-an ketika jenis – jenis komputer sudah semakin berkembang hingga lahirnya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal).

Barulah kemudian ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang populer dengan nama TSS (Time Sharing System).

Sejarah jaringan komputer berasal dari tercetusnya sebuah konsep dalam sebuah pengembangan komputer di sebuah laboratorium Universitas Harvard, yang akan digunakan untuk kepentingan bersama.

Saat itu, untuk pertama kalinya bentuk jaringan atau network komputer mulai diaplikasikan.

Dalam sistem TSS, beberapa terminal langsung dihubungkan secara seri ke sebuah komputer, atau perangkat lainnya, yang terkoneksi dalam suatu jaringan (host) komputer.

Pada awalnya, teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi berjalan sendiri – sendiri, namun dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan dari kedua teknologi ini.

Asal Usul Sejarah Jaringan Komputer ( ARPANET )

Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau US, Defense Advanced Research Projects Agency ( DARPA ) melakukan mengadakan riset.

Tujuan riset tersebut untuk menghubungkan sejumlah komputer, dan membentuk sebuah jaringan organik.

Program riset ini kemudian dikenal dengan nama ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network )

Pada tahun 1970, sudah tergabung dengan koneksi jaringan kurang lebih 10 komputer, sehingga mereka bisa saling berkomunikasi.

Pada tahun 1970, penggunaan konsep proses distribusi atau distributed Processing mulai digunakan.

Hal itu diperlukan karena beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar juga mulai terasa sangat mahal.

Host – host dalam sistem komputer ini berfungsi untuk mengerjakan sebuah proses besar, secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang terhubung secara seri pada setiap host komputer.

Dalam proses distribusi sudah wajib dibutuhkan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi.

Karena, selain proses yang harus didistribusikan, semua host pada komputer juga wajib melayani terminal-terminalnya, dengan satu perintah dari komputer pusat.

Sejarah Jaringan Komputer ( Penemuan dan penggunaan Imail )

Sejarah penemuan email
Pixabay

Pada tahun 1972, seorang ahli komputer bernama Roy Tomlinson melakukan penelitian jaringan komputer.

Dalam penelitiannya, dia berhasil menyempurnakan program surat elektonik atau email yang dia buat setahun sebelumnya untuk ARPANET.

Program yang dibuatnya tersebut sangat mudah untuk digunakan, sehingga langsung populer dan banyak yang menggunakannya di dunia.

Kemudian, Ikon at (@) juga ditemukan di tahun yang sama, dan diperkenalkan sebagai simbol penting yang menunjukan “at” atau “pada”, simbol ini merupakan simbol wajib dalam email.

Pada tahun 1973, jaringan komputer besar ARPANET mulai dikembangkan dan meluas ke luar Amerika Serikat.

Komputer pertama yang berada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET adalah komputer milik University College di London.

Pada tahun yang sama, yaitu tahun 1973, dua orang ilmuan komputer yaitu, Vinton Cerf dan Bob Kahn memperkenalkan sebuah konsep atau gagasan yang lebih besar.

Ada banyak penemuan penting seiring perkembangan jaringan komputer yang manfaatnya sangat besar disegala bidang teknologi.

Konsep inilah yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).

Untuk pertama kalinya ide ini dipresentasikan di Universitas Sussex.

Kemudian pada tanggal 26 Maret 1976, ada hari bersejarah dimana saat itu Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

Penggunaan User Network, Internet Protocol (IP), domain name system ( DNS)

Dalam waktu singkat, sudah lebih dari 100 komputer yang berhasil bergabung dan terkoneksi satu sama lain, membentuk suatu jaringan dalam tubuh ARPANET.

Kemudian pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups untuk pertama kalinya, yang diberi nama USENET (User Network).

Pada tahun 1981, France Telecom menemukan sesuatu hal yang baru dengan menciptakan dan meluncurkan telepon televisi pertama.

Dengan telepon tersebut, orang bisa saling menelepon dan juga berhubungan dengan menggunakan video link.

Seiring dengan bertambahnya jumlah komputer yang bergabung membentuk jaringan, kemudian dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan.

Maka dari itu, pada tahun 1982 dibentuklah sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih populer dengan sebutan Internet Protocol (IP) seperti yang kita kenal sekarang ini.

Selain itu, di Eropa juga muncul sebuah jaringan yang memiliki sistem yang sama dengan ARPANET milik amerika yaitu, Europe Network (EUNET) jaringan tersebut meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia.

Jaringan EUNET ini juga dilengkapi dengan penyediaan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.

Untuk itu pada tahun 1984, diperkenalkan sistem penamaan domain atau domain name system ( DNS) yang berfungsi untuk menyamakan beragam alamat dalam jaringan komputer, yang aktif digunakan hingga sekarang.

Sementara Komputer yang terhubung dengan jaringan yang ada, sudah lebih dari 1000 komputer.

Bahkan pada 1987, jumlah komputer yang terhubung ke jaringan, menanjak hingga 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.

Hingga tahun 1988, jaringan komputer terus dikembangkan.

Jarkko Oikarinen seorang warga negara Finlandia menemukan sekaligus mempresentasikan Internet Relay Chat atau populer dengan IRC.

Dengan IRC ini, memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer, bisa berhubungan secara langsung atau saling bertukar pesan (Chatting).

Akibat dari penemuan ini, setahun setelahnya jumlah komputer yang saling berhubungan semakin melonjak hingga 10 kali lipat.

Sudah lebih dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan.

Sejarah Jaringan Komputer (World Wide Web)

Sejarah Jaringan Komputer (World Wide Web)
Pixabay

Di pertengahan tahun 1990 menjadi tahun yang paling bersejarah dalam sejarah jaringan komputer.

Karena pada saat itu, Tim Berners Lee merancang sebuah program penyunting sekaligus penjelajah, yang mampu menjelajahi komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan.

Program inilah yang disebut (Waring Wera Wanua) atau populer dengan nama (World Wide Web).

Pada tahun 1992, Komputer yang saling terhubung dan membentuk jaringan sudah mencapai lebih dari sejuta komputer.

Pada tahun yang sama, juga muncul istilah surfing atau menjelajah di internet.

Kemudian pada tahun 1994, beragam situs di internet tumbuh dengan pesat mencapai lebih dari 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya shopping melalui internet atau virtual-shopping ( e-retail ) juga muncul di situs.

Pada tahun yang sama juga, didirikan mesin pencari Yahoo, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Klasifikasi Jaringan Komputer

Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi beberapa jenis, seperti berikut ini:

Berdasarkan Geografisnya

Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan geografisnya terbagi menjadi beberapa bagian yakni, Jaringan area lokal atau Local Area Network (LAN).

Metropolitan Area Network atau Jaringan area metropolitan (MAN), dan Jaringan area luas atau Wide Area Network (WAN).

Berikut ini uraiannya.

  • Lokal Area Network ( LAN )
Lokal Area Network ( LAN )
Pixabay

Lokal Area Network atau Jaringan area lokal merupakan jaringan milik pribadi, yang berada dalam sebuah gedung atau tempat yang ukurannya sampai beberapa 1 – 10 kilometer.

Secara umum, penggunaan jaringan LAN lebih sering dimanfaatkan untuk menghubungkan antar komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik yang dipakai bersama sumberdaya, misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi.

  • Metropolitan Area Network (MAN)

Wide area network atau Jaringan area metropolitan adalah perluasan dari jaringan LAN, sehingga mencakup satu kota yang cukup luas.

Secara umum, jaringan ini terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 – 50 kilometer.

Kabel transmisi yang digunakan sebagai penghubung antar komputer, adalah kabel serat optik atau Fiber Optic.

  • Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN)
Pixabay

Wide area network atau Jaringan area luas merupakan jaringan antar kota, antar propinsi bahkan antar negara, hingga antar benua.

Jarak dari struktur jaringan ini bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan antar bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia.

Biasanya, media transmisi utama jaringan ini adalah komunikasi melalui satelit, tetapi banyak yang masih mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

Berdasarkan Fungsinya

Klasifikasi komputer berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua, yaitu Jaringan Klien-server atau Client-server, dan Jaringan Ujung ke ujung atau Peer-to-peer.

  • Jaringan Klien-Server

Pada dasarnya, jaringan klien-server yaitu seperti ada satu komputer yang disiapkan untuk menjadi peladen (server) dari komputer lainnya, yang sebagai klien (client).

Semua permintaan dan layanan sumberdaya dari komputer klien, harus melalui komputer peladen terlebih dahulu, kemudian komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya.

Jika komunikasi untuk permintaan layanan dalam keadaan sibuk, maka bisa disiapkan lebih dari satu komputer untuk menjadi peladen.

Sehingga ada pembagian tugas, seperti misalnya file-server, print-server, database server dan lain sebagainya.

Untuk jumlahnya, sudah tentu bahwa konfigurasi komputer peladen lebih besar dari konfigurasi komputer klien, baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras atau harddisk, hingga kecepatan prosessornya.

  • Jaringan Ujung Ke Ujung (Peer-to-peer)

Peer to peer atau Jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer yang saling mendukung.

Tujuannya agar setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya, dari komputer lainnya.

Sistem jaringan ini harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya.

Umumnya, model jaringan ini hanya bisa berjalan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak.

Maksimal jumlah komputer 25, karena komunikasi akan menjadi lebih rumit bahkan macet apabila komputer terlalu banyak.

Berdasarkan Topologi Jaringan

Sejarah jaringan komputer
Pixabay

Berdasarkan topologinya, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

  1. Topologi bus.
  2. Topologi bintang.
  3. Topologi cincin.
  4. Topologi mesh.
  5. Topologi pohon.
  6. Topologi linier.

Berdasarkan Distribusi Sumber Datanya

  • Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat terdiri atas komputer klien dan peladen, yang berfungsi sebagai perantara dari komputer klien, untuk mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari satu komputer peladen.

  • Jaringan Terdistribusi

Jaringan distribusi adalah perpaduan beberapa jaringan terpusat, sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang bisa saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan Media Transmisi Data

Media Transmisi Data
Contoh Sistem Jaringan
  • Jaringan Berkabel (Wired Network)

Untuk jenis jaringan berkabel, biasanya mampu menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan penghubung, berupa kabel jaringan.

Fungsi dari kabel jaringan yaitu, dapat mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

  • Jaringan Nirkabel (Wi-Fi)      

Jaringan WI-FI merupakan bentuk jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik.

Untuk itu jenis jaringan ini tidak memerlukan kabel sebagai penghubung antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang mengirimkan sinyal informasi antar komputer dalam jaringan.

Penggunaan Jaringan Internet Secara Luas

Seiring perkembangan zaman, perkembangan sistem jaringan komputer juga semakin pesat dan juga semakin luas.

Hingga saat ini, sudah lebih dari puluhan juta penduduk dunia telah menggunakan komputer, yang saling terhubung dengan jaringan komputer lain di dunia.

Saat ini, jaringan komputer yang paling banyak digunakan di dunia adalah jaringan internet.

Mengapa Internet Banyak Digunakan?

Sejarah jaringan komputer
Pixabay

Ada banyak alasan mendasar mengapa banyak orang memilih untuk masuk ke dalam jaringan internet, berikut ini beberapa alasannya:

  1. Akses untuk menggunakan jaringan internet sangat mudah.
  2. Biaya untuk mengaksesnya cenderung murah.
  3. Bisa mendapatkan update informasi terbaru.
  4. Adanya beragam fitur sosial, seperti chatting, email, dan juga sosial media.
  5. Internet dapat digunakan sebagai jaringan e-commerce untuk berbelanja online.
  6. Adanya banyak provider yang menyiapkan layanan jaringan internet.
  7. Kemudahan dalam mengakses beragam informasi terbaru.

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat jaringan computer sangat luas dan beragam, mulai sejak diciptakannya tahun 1940 – 1950, computer terus berkembang dan berinovasi, sehingga dari segi manfaat juga semakin besar dan luas.

Manfaat jaringan computer diantaranya adalah:

  1. Dapat mempermudah sharing files.
  2. Mampu menjaga data – data yang sifatnya rahasia.
  3. Dapat memudahkan komunikasi antar divisi.
  4. Mampu mempercepat arus informasi.
  5. Dapat mempermudah akses data ke dalam sarver.
  6. Dapat menghemat data.
  7. Sebagai integrasi data.

Manfaat Jaringan Komputer Untuk Personal Atau Umum

Manfaat Jaringan Komputer
Pixabay

Selain memberikan manfaat bagi industry atau organisasi, Jaringan computer juga bermanfaat untuk tiap personal maupun masyarakat umum.

Berikut ini beberapa manfaat jaringan komputer bagi masyarakat umum dan juga personal:

  • Email / Surat Elektronik

Sejak ditemukannya email, salah satu manfaat dari jaringan komputer bagi masyarakat, baik personal maupun umum adalah kemampuannya untuk saling bertukar informasi dengan email.

Dengan hadirnya email, maka cukup dengan sekali klik saja, dalam hitungan detik anda sudah bisa mengirimkan email kepada siapa saja melalui jaringan komputer.

  • Social Media

Tidak bisa dipungkiri bahwa jaringan komputer sangat besar pengaruhnya pada sosial media.

Untuk itu, hampir semua informasi dapat diakses secara mudah dan juga cepat.

Mulai dari berita terkini, kondisi seseorang, status terbaru, bahkan lokasi seseorang juga bisa dilacak dengan menggunakan sosial media.

Intinya, media sosial merupakan salah satu hal yang memiliki banyak sekali manfaat bagi penggunanya dengan peran utama dari jaringan.

  • Chatting

Dengan alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan obrolan dengan siapa saja dengan mudah, dan pastinya tanpa memerlukan biaya yang begitu besar.

Cukup hanya dengan menghubungkannya ke komputer anda dengan jaringan, maka anda sudah bisa melakukan chatting dengan siapa saja.

  • E-Commerce

Sejarah jaringan internet
Seluler.id

E-commerce saat ini lagi booming di tanah air, dengan perangkat ini anda dapat membeli banyak barang dengan mudah.

Cukup dengan sekali klik, bahkan anda pun bisa membayar tagihan atau membayar biaya dengan memanfaatkan layanan e-commerce ini.

Praktis banget bukan? Namun tanpa menggunakan jaringan, perangkat ini juga bukan apa – apa.

  • Video call dan video conference

Pemanggilan telepon dengan menggunakan fitur video saat ini sudah menjadi salah satu kemudahan tersendiri yang ditawarkan untuk masyarakat luas.

Dengan adanya koneksi ke dalam jaringan, baik internet maupun jaringan lokal, maka masyarakat umum dapat saling terhubung.

Selain itu, masyarakat juga bisa berkomunikasi dengan menggunakan video call atau juga juga video conference.

  • Internet Telephone

Telepon pada awalnya hanya bisa dilakukan oleh jaringan telekomunikasi, sementara  jaringan komputer tidak bisa melakukannya.

Namun, berkat perkembangan teknologi, saat ini jaringan komputer pun sudah bisa digunakan untuk melakukan panggilan.

Selain itu, Anda dapat melakukan panggilan dengan menggunakan fitur internet telephone, dengan memanfaatkan jaringan internet, anda tidak perlu banyak menghabiskan pulsa untuk melakukan panggilan ke luar kota, atau bahkan juga luar negeri.

Nah itulah uraian lengkap tentang sejarah jaringan komputer, Jadi kali ini udah paham kan, bagaimana sejarah jaringan komputer itu.

Semoga artikel dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda untuk terus berkembang dan berinovasi, jangan lupa tetap tersenyum, berpikir positif dan selalu rendah hati.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar