Sejarah Futsal

Sejarah Futsal dan Perkembangannya [ Di Dunia, Di Indonesia ] + Gambar

Hai teman teman, kali ini saya akan berbagi artikel nih, yang akan membahas tentang sejarah Futsal.

Asal usul kata Futsal berasal dari 2 kata dalam bahasa Spanyol, yakni Futbol yang memiliki arti sepak bola, dan sala yang artinya adalah dalam ruangan.

Jadi, dari kedua kata tersebut secara keseluruhan ( futsal ) berarti sepak bola dalam ruangan.

Jika dilihat, memang sekilas Futsal ini mirip dengan sepak bola, namun perbedaan yang mencolok adalah, Futsal dimainkan di dalam ruangan yang masing-masing tim beranggota 5 orang.

Fokus permainan ini adalah menciptakan gol ke gawang lawan, dengan cara memanipulasi bola dengan kaki.

Selain dari lima pemain utama, setiap tim juga diperbolehkan untuk memiliki pemain cadangan sebagai mengganti pemain utama.

Bedanya Futsal dengan permainan olah raga dalam ruangan yang lain, lapangan Futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Pengertian Futsal Menurut Para Ahli

Pengertian Futsal
Toriqa.com

Berikut ini beberapa ilmuan atau ahli yang mengungkapkan pendapatnya tentang pengertian permainan Futsal.

Kamus Pintar Futsal

Menurut kamus besar bahasa indonesia, Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu dengan 5 anggota di setiap regu, dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan.

John D. Tenang

Pengertian Futsal menurut seorang ahli olahraga Futsal ( John D Tenang ) Futsal merupakan permainan bola oleh dua regu yang saling berlawanan yang masing – masing beranggotakan lima orang.

Selain lima pemain utama, setiap tim juga diperbolehkan untuk memiliki pemain cadangan sebagai pengganti.

Roeslan Hatta

Pengertian Futsal menurut Roeslan Hatta, seorang mantan wasit FIFA dan figur sepak bola Indonesia, permainan Futsal adalah sepak bola mini yang dipertandingkan dalam sebuah ruangan.

Sedang untuk panjang lapangannya adalah 38 sampai dengan 42 m, dan lebar 15 sampai dengan 25 m.

Justinus Lhaksana

Pengertian Futsal menurut Justinus Lhaksana, sosok dibalik kesuksesan Futsal Indonesia, Futsal merupakan permainan bola yang dimainkan secara cepat dengan segi lapangan yang kecil.

Dendy Sugono

Pengertian Futsal menurut dendy sugono ( Kepala pusat bahasa Depdiknas ) adalah sebuah olahraga permainan sepak bola dengan lapangan dan gawang yang lebih kecil.

Sepak bola Futsal dimainkan di lapangan yang cukup besar dengan tim masing – masing 5 orang pemain.

Futsal merupakan permainan bola kaki yang dimainkan oleh dua tim, masing – masing berjumlah 5 orang dengan tujuan menciptakan gol ke gawang lawan untuk menang. 

Sejarah Futsal

Sejarah Futsal
PurbalinggaNews.Net

Olahraga Futsal mungkin sudah familiar ditengah masyarakat modern saat ini, namun untuk sejarah Futsal, sebagian besar dari Anda mungkin tidak tahu bukan, siapa  yang menciptakan olahraga futsal?

Ide olahraga Futsal berawal dari seseorang bernama Juan Carlos Ceriani Gravier, dia adalah seorang guru olahraga sebuah sekolah di Uruguay yang sukses dalam menciptakan Futsal.

Ide ini lahir tepat pada tahun 1930, saat itu Juan lagi mengajar muridnya bermain sepak bola di lapangan.

Namun kondisinya saat itu tidak mendukung untuk melakukan latihan di luar karena mereka di terpa hujan sangat deras.

Merasa kegiatannya terhalang dengan kondisi itu, kemudian Juan menghentikan latihan itu dan dia pun terpikir untuk mengadakan latihan untuk murid – muridnya di dalam ruangan.

Oleh karena ruangan yang berukuran kecil dan tidak memungkinkan untuk 11 lawan 11, maka dia mengarahkan muridnya untuk membentuk tim 5 lawan 5 secara bergantian.

Sejak saat itulah Juan Carlos Careani mulai berpikir untuk membuat olahraga sendiri yang kemudian populer dengan Nama Futsal dengan peraturan pemain 5 lawan 5 di dalam ruangan kecil.

Sejarah Futsal Di Dunia

Sejarah Futsal Di Dunia
Toriqa.com

Tidak butuh waktu lama Futsal tumbuh dan berkembang sangat pesat didunia, di Negara Italia, sejarah permainan Futsal mulai dikenal sejak tahun 1950an.

Futsal mulai merambah ke Negeri Pizza tersebut dengan diawali  oleh pemain sepak bola yang datang dari Amerika Latin, yang pada waktu itu sedang dikontrak oleh Team Sepak bola di Liga Italia Seri A.

Mereka kerap melakukan permainan Futsal di saat – saat waktu luang sehingga Futsal pun semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat luas di Negara Italia.

Perkembangan Futsal juga menyebar dan sampai ke Negeri Elisabet dengan proses yang berbeda dengan di Italia.

Di Negara Inggris, para pemain sepak bola justru sudah biasa dalam melakukan latihan di lapangan yang berumput dengan formasi enam lawan enam.

Pertumbuhan Olahraga Futsal di Inggris berjalan dengan pesat, sehingga diadakannya turnamen Futsal yang pada saat itu disuport oleh London Express yang merupakan sebuah harian terkenal di London.

Sedang di Negara Matador atau Spanyol, perkembangan kemajuan Futsal malah jauh lebih pesat lagi dari Negara Lain di dunia.

Hal ini terjadi disebabkan karena style dan cara bermain bola di Spanyol tidak jauh berbeda dengan di berbagai bagian Amerika Latin.

Jadi, untuk memainkan permainan seperti ini hanya cukup sebentar saja untuk masyarakat di Eropa, khusus nya di Negara Spanyol.

Sedang untuk di Negara Amerika latin seperti Brazil, Futsal sangat diminati oleh masyarakatnya sehingga Futsal maju pesat.

Sejarah Futsal berawal dari ide Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930 saat mengajar murid – muridnya sepak bola dalam ruangan karena di luar terkendala hujan.

Di Negara ini pulalah awal mula munculnya aturan futsal yang hampir sama dengan peraturan yang diterapkan saat ini.

Setelah standart dan aturan Futsal sudah ditetapkan, kemudian Futsal semakin maju baik di Negara – Negara Amerika Latin atau bahkan ke segala penjuru dunia.

Sejarah Futsal dari FIFUSA Kepada FIFA

Sejarah Futsal dari FIFUSA Kepada FIFA
Toriqa.com

Pada tahun 1974 diadakan meeting dari semua perwakilan Futsal yang datang dari berbagai Negara untuk menyampaikan ide tentang Futsal.

Dari pertemuan tersebut kemudian terbentuklah The Federacao International de Futebol de Salao atau Federasi Futsal Amerika Serikat (FIFUSA) yang berfungsi sebagai sebuah organisasi resmi untuk mengelola Futsal.

Dengan terbentuknya organisasi ini menjadikan olah raga Futsal semakin maju pesat ke seluruh dataran Amerika, Eropa, Asia hingga Afrika.

Untuk pertama kalinya turnamen Futsal yang dibuat oleh FIFUSA digelar pada tahun 1982 di Negara Brazil.

Futsal juga sangat berperan dalam memajukan persepakbolaan dunia, oleh karena itulah akhirnya FIFA tertarik untuk menaungi Futsal sebagai bagian dari sepak bola, dan juga termasuk mengadakan kejuaraan dunia Futsal.

Sejarah Futsal di Indonesia

Sejarah Futsal di Indonesia
Good News From Indonesia

Dalam sejarah Futsal, Indonesia sebenarnya sudah mengenal olahraga jenis ini sejak tahun 1998-1999.

Namun, Indonesia baru meresmikan olahraga ini sejak tahun 2002.

Bahkan dalam penggelaran putaran Final kejuaraan Futsal tingkat Asia di Jakarta, Indonesia dipilih untuk menjadi tuan rumah oleh Asian Football Confederation (AFC)

Penyelenggaraan putaran kejuaraan Futsal tingkat Asia ini mulai diadakan pada tanggal 22 – 30 Oktober 2002.

Seluruh pertandingan yang diselenggarakan bertempat di Istora Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta dan saat itu Iran keluar sebagai pemenang dalam kejuaraan ini.

Sedang yang berhasil menyabet gelar pemain terbaik adalah Anucha Munjarern dari Thailand.

Indonesia hanya berhasil mendapat satu kali kemenangan dan satu kali seri, sehingga tidak dapat menembus babak penyisihan.

Dalam sejarah Futsal di Indonesia dihiasi dengan Nama almarhum Rolland Hermanus Pattinasarany atau Ronny Pattinasarany.

Sejarah Futsal di Indonesia mulai dikenal sejak tahun 1998-1999, sedang kompetisi resminya baru digelar dari musim 2006-2007 dan hingga saat ini sudah terselenggara sebanyak 13 kali.

Beliau merupakan pejuang sepak bola yang juga telah banyak terlibat dalam pembinaan pemain Futsal usia-usia muda.

Wujud cintanya dalam dunia olahraga Futsal tanah air juga beliau tunjukkan dengan mendirikan Badan Futsal Nasional (BFN).

Oleh karena itu, tidak salah kiranya apabila ia dijuluki sebagai Bapak Futsal Indonesia.

Sejarah Futsal – Federasi Futsal Indonesia

Federasi Futsal Indonesia
Pinterest

Badan resmi Futsal di indonesia adalah FFI ( Federasi Futsal Indonesia ) yang berada di bawah naungan PSSI, organisasi inilah yang mengurusi olahraga Futsal di Indonesia.

Sebelum FFI Nama organisasi Futsal Indonesia adalah AFI (Asosiasi Futsal Indonesia), yang dibentuk karena pembubaran dari BFN.

FFI fokus dalam mengurusi penggelaran kompetisi utama Futsal tingkat nasional di Indonesia.

Nama dari kompetisi ini adalah Liga Futsal Profesional Indonesia yang diketuai oleh Hary Tanoesoedibjo, FFI baru saja mengadakan Kongres Tahunan Futsal pada tanggal 30 November 2017 lalu.

Kongres ini berlangsung dengan diikuti oleh 34 Asosiasi Futsal Provinsi serta 12 klub Futsal putra liga Futsal profesional dan delapan klub putri liga Futsal profesional.

Sampai saat ini, sudah berlangsung sebanyak 11 kompetisi yang telah diselenggarakan sejak musim 2006 – 2007.

Pada penggelaran kompetisi musim 2017, yang keluar sebagai juaranya adalah Vamos Mataram dengan skor 8 – 3, saat itu melawan Permata Indah Manokwari.

Sedang untuk kompetisi saat ini, Liga Futsal Profesional Indonesia mulai berlangsung tanggal 20 Januari 2018 hingga 6 Mei 2018.

Pada tahun 2002, untuk pertama kalinya indonesia bermain pada kejuaraan AFC, meskipun saat itu Indonesia tidak lolos dalam babak penyisihan.

Namun pada kejuaraan AFF dari tahun 2003, Indonesia selalu bertahan pada posisi tiga besar.

Bahkan Indonesia mampu keluar sebagai juara pada tahun 2010, momen ini tentu menjadi sebuah prestasi membanggakan dalam sejarah Futsal di Indonesia.

Selain itu, tim nasional Futsal wanita Indonesia juga tidak kalah dalam urusan prestasi.

Para atlet Futsal Indonesia ini telah sukses menjuarai Piala Antarklub Futsal AFF 2016 dengan skor 5 – 4 atas Thailand Khong Kaen FC.

Teknik Dasar Permainan Futsal

Teknik Dasar Permainan Futsal
Pixabay

Berikut ini ada beberapa poin yang akan kita bahas tentang teknik dasar permainan Futsal.

Permainan Futsal pada dasarnya mempunyai kesamaan dengan permainan sepak bola, termasuk juga pada teknik dasar dalam bermain, berikut uraiannya:

  1. Teknik dasar mendribble atau menggiring bola melewati berbagai rintangan lawan.
  2. Taknik untuk menendang bola.
  3. Teknik untuk mengumpan bola.
  4. Teknik untuk mengoper bola.
  5. Teknik untuk menghentikan bola.
  6. Teknik untuk menyundul bola.
  7. Teknik untuk menangkap bola.

Peraturan Futsal

Peraturan Futsal
Toriqa.com

Berikut ini beberapa peraturan yang berlaku dalam permainan bola Futsal.

Standart Ukuran dan Luas Lapangan Futsal

Lapangan Futsal dalam setiap ajang kompetisi harus di buat dengan kayu atau bahan buatan yang rata.

bahan yang digunakan tidak boleh menggunakan bahan yang membahayakan seperti beton, adapun ukuran lapangan Futsal secara umum adalah sebagai berikut.

  1. Standart untuk ukuran lapangan Futsal: panjang 25–43 m x lebar 15–25 m.
  2. Ketentuan batas garis lapangan, lebar garis 8 cm, yakni garis sentuh di sisi dan garis gawang di ujung-ujung, serta garis melintang ditengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan.
  3. Ukuran daerah penalti berbentuk busur dengan ukuran 6 m dari masing-masing tiang gawang.
  4. Titik penalti berukuran 6 m dari titik garis tengah gawang.
  5. Untuk titik penalti kedua, berukuran 10 m dari titik tengah garis gawang.
  6. daerah pergantian berukuran 5 m, artinya 5 m dari garis tengah lapangan, pada sisi tribun dari pelemparan.
  7. Untuk gawang berukuran: tinggi 2 m x lebar 3 m.
  8. Daerah permukaan pelemparan harus halus, rata, dan tidak abrasive.

Standart Ukuran Bola Futsal

Standart Ukuran Bola internasional
PNGFuel

Berikut ketentuan atau standar ukuran bola Futsal secara umum:

  1. Ukuran bola: 4.
  2. Keliling bola: 62–64 cm.
  3. Berat bola: 0,4 – 0,44 kg.
  4. Lambungan berukuran 55–65 cm pada pantulan pertama.
  5. Bahan pembuatan bola: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu bahan tak berbahaya)

Jumlah pemain futsal

Untuk pemain sepak bola Futsal juga ada aturan khusus dalam jumlah pemain yang membedakannya dengan sepak bola lainnya, berikut ini standart jumlah pemain Futsal:

  1. Maksimal jumlah pemain Futsal adalah 5 orang untuk memulai pertandingan dan salah satunya penjaga gawang.
  2. Minimal jumlah pemain dalam pertandingan Futsal untuk mengakhiri pertandingan: 2 (tidak termasuk cedera)
  3. Untuk pemain cadangan maksimal berjumlah 7.
  4. Wasit berjumlah 2.
  5. Tidak ada hakim garis.
  6. Maksimal atau batas jumlah pergantian pemain tidak terbatas.
  7. Proses pergantian pemain berlaku untuk seluruh pemain kecuali kiper atau penjaga gawang yang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika permainan bola sudah dihentikan dan dengan persetujuan wasit.
  8. Wasit dalam memimpin pertandingan tidak boleh menginjak arena lapangan, hanya boleh di luar garis lapangan saja, kecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang mengharuskan memasuki lapangan.

Lama Permainan Futsal

Pertandingan Futsal akan berakhir jika sudah sampai dua babak.

Setiap babak berdurasi 20 menit, dan durasi dari salah satu babak bisa ditambah untuk menentukan pemenang jika terjadi “seri”.

Setiap tim diizinkan untuk meminta time-out selama 1 menit dalam sebuah babak pertandingan. Berikut ini beberapa kondisi yang boleh mendapatkan time-out dalam sebuah babak:

  1. Durasi normal adalah 2×20 menit.
  2. Waktu istirahat adalah 10 menit.
  3. Untuk perpanjangan waktu durasinya adalah: 2×10 menit (jika hasil masih imbang setelah 2×20 menit waktu normal)
  4. Diadakan adu penalti ( maksimal 3 gol ) jika setelah perpanjangan waktu jumlah gol masih sama atau seri.
  5. Time-out: 1 setiap tim disetiap babak; tidak ada dalam waktu tambahan.
  6. Waktu dalam pergantian babak maksimal adalah 10 menit.

Sanksi Disiplin

Sanksi Disiplin sepak bola
Bola – Tempo.co

Sama halnya dengan sepakbola, setiap pelanggaran pemain Futsal dapat dikenakan peringatan dengan kartu berwarna kuning dan merah.

Kartu kuning berarti peringatan dan jika tetap melakukan pelanggaran yang lain dalam pertandingan, maka ditunjukkan kartu merah dan artinya dikeluarkan.

Berikut situasi atau kondisi yang memicu dikeluarkannya kartu kuning, diantaranya:

  • Kondisi dimana pemain memasuki lapangan sebelum dua menit pengusiran sementara.
  • Melakukan pelanggaran permainan secara terus-menerus.
  • Melawan setiap keputusan wasit, baik kata – kata, tindakan dan gerak tubuh wasit.
  • Melakukan tindakan atau kelakuan yang tidak sportif.
  • Wasit berhak menentukan waktu permainan.
  • Membuat kesulitan dalam berjalannya pertandingan.
  • Memanipulasi permainan atau melakukan tindakan menipu wasit.
  • Meninggalkan arena sebelum pertandingan usai tanpa meminta izin wasit.
  • Berusaha menghalangi tendangan arah bola menggunakan tangan ( selain kiper ).

Sedangkan kartu merah ditunjukkan untuk pemain dalam situasi seperti berikut:

  • Melakukan tindakan kekerasan terhadap pemain lain.
  • Melakukan gaya permainan yang kasar.
  • Melakukan tindakan – tindakan seperti gerakan cabul, kasar dan menyinggung.
  • Melakukan pelanggaran yang berpotensi kartu kuning setelah mendapatkan kartu kuning kedua.
  • Melakukan pencegahan terhadap gol, jika bukan kiper.
  • Meludahi pemain lain dalam pertandingan.
  • Berikan sebuah tindakan yang dapat mengancam integritas fisik pemain lain.
  • Melakukan pencegahan terhadap terjadinya gol secara ilegal.
  • Anggota pemain cadangan melakukan penyerangan ke lapangan untuk atau mengganggu jalannya pertandingan.

Setiap pemain yang mendapatkan kartu merah, baik secara langsung maupun akumulasi kartu kuning, maka dia secara otomatis diusir dari pertandingan kompetisi berikutnya.

Hal yang sama juga berlaku, apabila telah mengumpulkan 3 kartu kuning dalam pertandingan yang berbeda dari kompetisi yang sama.

Manfaat Permainan Futsal Bagi Tubuh

Manfaat Permainan sepak bola Bagi Tubuh
Toriqa.com

Berikut ini adalah manfaat olahraga Futsal yang auto anda dapatkan jika melakukan rutin melakukannya:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bagi setiap pemain Futsal, ketika bermain pasti jantungnya akan berdetak sangat kencang.

Kondisi demikian sebenarnya bagus untuk jantung, karena akan membuat jantung menjadi semakin kuat dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit jantung serta serangan jantung.

Menurunkan Berat Badan

Untuk sebagian orang menurunkan berat badan mungkin susah, salah satu solusi yang tepat adalah dengan bermain Futsal.

Kenapa demikian, karena ketika melakukan olahraga ini, maka tubuh anda dituntut untuk bergerak secara terus – menerus dan akan membakar sejumlah kalori dalam tubuh.

Mengeluarkan Racun

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jika tubuh bergerak dengan aktif maka keringat akan keluar.

Apalagi melakukan olahraga Futsal yang mengkombinasikan gerakan seluruh tubuh.

Maka secara otomatis keringat juga akan keluar dalam jumlah yang besar, hal ini efektif mengeluarkan racun dalam tubuh yang keluar bersamaan dengan keluarnya keringat.

Menguatkan Otot

Futsal merupakan olahraga yang mengharuskan kita untuk berlari dengan cepat serta menendang dengan keras.

Dengan melakukan olahraga ini secara rutin, itu akan berdampak pada meningkatnya kekuatan otot kaki.

Melatih Kekompakan

Futsal adalah olahraga yang teknis permainannya dilakukan dengan atau per tim.

Jadi untuk meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan, maka kerja sama dan kekompakan tim sangat dibutuhkan agar permainan dapat berjalan dengan indah dan gol.

Nah, itulah pembahasan tentang sejarah Futsal beserta dengan pengertian Futsal, teknik dan juga manfaatnya Futsal bagi tubuh kita.

Semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk kita semua, terus belajar dan olahraga dengan teratur agar kita bisa menjadi pribadi yang berkualitas, sehat dan bermanfaat untuk sesama.

 

Tinggalkan komentar