sejarah bahasa indonesia

Mengetahui Sejarah Bahasa Indonesia [ Sejarah Lengkap ]

Sejarah Bahasa Indonesia – Kalian tau gak sih, bahwa bahasa Indonesia itu baru diresmikan di Negeri kita ini tepat sehari setelah pelaksanaan  proklamasi kemerdekaan di proklamirkan.

Kira – kira hampir bersamaan dengan dimulainya konstitusi di indonesia.

Bahasa Indonesia baru diresmikan setelah proklamasi diproklamirkan oleh Ir Suekarno.

Bahasa indonesia sendiri sangatlah dinamis, hal ini terbukti dengan adanya banyak campuran serta pengaruh dari beberapa bahasa lokal dan juga bahasa asing.

Zaman sekarang ini, kita sebagai pemuda harus paham akan sejarah dari bahasa kita sendiri, agar kebudayaan yang asli dari bahasa kita tetap terjaga.

Asal Usul Sejarah Bahasa Indonesia

asal usul bahasa
sejarah bahasa indonesia

Sejarah Bahasa Indonesia, Jaman Belanda

Di zaman penjajahan belanda, orang-arang indonesia banyak yang dipekerjakan, baik dengan pekerjaan yang berat seperti perbudakan atau dengan kerja paksa tanpa dibayar atau bahkan makan.

Ada juga yang dipekerjakan dengan pekerjaan yang sedikit terhormat, yaitu dengan menjadi pegawai di perkantoran belanda.

Oleh belanda orang-orang indonesia dinilai sangat lemah dalam pemahaman bahasa, maka Belanda mulai melakukan terobosan untuk mempermudah proses administrasi pekerja bagi kalangan pegawai pribumi.

Belanda mulai meningkatkan penyadaran maupun pendidikan di sekolah – sekolah, bahkan juga melibatkan para sarjana Belanda.

Tujuannya adalah untuk menyusun beberapa kitab dalam bahasa melayu.

Oleh karena adanya dukungan dari pemerintah Belanda yang semakin kuat untuk menerapkan bahasa lokal terhadap masyarakat pribumi.

Maka terbentuklah balai pustaka yang menjadi standarisasi Ejaan bahasa Nasional berkembang dengan sangat cepat.

Seperti didirikannya 700 lebih perpustakaan dalam tempo dua tahun.

Sejarah Bahasa Indonesia, Jaman Kemerdekaan

Lahirnya bahasa indonesia tidak lepas dari para pejuang kemerdekaan yang dengan berani mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan.

Bahasa Indonesia lahir tepat disaat para pemuda berkumpul dan bersumpah dengan isi sebagai berikut:.

Sumpah pemuda

“Kami putra dan putri indonsia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air indonsia.

Kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa indnesia.

Kami putra dan putri indonesia menjunjung tinggi bahasa pesatuan bahasa indonsia”.

Dengan adanya Ikrar sumpah diatas yang dikemudian hari dikenal sebagai sumpah pemuda, yang diperingati setiap tanggal 28 0ktober.

Bahasa indonesia merupakan hasil resapan dari beberapa bahasa lokal, dan mulai disusun dan dibentuk setelah indonesia secara resmi memproklamasikan kemerdekaannya. 

Kemudian dikukuhkan menjadi bahasa nasional yang tercantum di dalam UUD 1945 bab XV pasal 36.

Baca juga

( Sejarah Kemerdekaan Indonesia )

Berasal Dari Bahasa Melayu

brasal dari bahasa melayu
Bahasa Indonesia Berasal Dari Bahasa Melayu

Tahukah kalian bahwa Bahasa Indonesia itu berasal dari Bahasa Melayu?

Bahasa Melayu adalah Bahasa yang banyak digunakan oleh orang – orang zaman dahulu untuk berintraksi.

Banyak para pedagang baik dari luar Nusantara maupun sesama Nusantara, menjadikan Bahasa Melayu sebagai Bahasa penghubung.

Baik sebagai bahasa penghubung antar suku, perdagangan dan bangsa antar kerajaan.

Bahasa ini sangat mudah diterima dan penyebarannya hampir merata di seluruh wilayah Nusantara.

Tidak hanya oleh para pedagang saja bahasa ini populer, bahkan jauh di zaman kerajaan Sriwiijaya berkuasa, Bahasa Melayu sudah dipakai sebagai Bahasa baku kebudayaan, untuk pelajaran Agama Budha yang pada saat itu menjadi agama resmi kerajaan.

Ada 4 faktor penting mengapa Bahasa Melayu dijadikan sumber utama sebagai Bahasa Nasional Indonesia saat ini.

  1. Karena Bahasa Melayu sudah sejak lama akrab dijadikan Bahasa perhubungan di dalam perdagangan di seluruh Nusantara.
  2. Didalam Bahasa Melayu tidak ada tingkatan Bahasa baik itu halus maupun kasar. Sistem dalam Bahasa Melayu sangat mudah dipelajari dan juga mudah diterapkan.
  1. Mayoritas suku di Indonesia sangat mudah dalam menerima Bahasa Melayu. Mereka dengan suka rela menerima Bahasa Melayu sebagai Bahasa Nasional.
  2. Secara luas Bahasa Melayu sanggup menerima penyerapan dari berbagai bahasa lokal untuk dijadikan kebudayaan.

Awal mula dari istilah penyebutan Bahasa Melayu itu berasal dari sebuah wilayah yang bernama Malaya yang bertempat di Batang Jambi.

Berkat kekuasaan atas perdagangan di wilayah tenggara pesisir utara di pulau Sumatra oleh kerajaan Sriwijaya.

Kemugkinan besar penyebaran Bahasa Melayu berasal dari daerah ini, yang diperkuat juga dengan penemuan Aksara pertama berbahasa Melayu.

Artikel Terkait:

( Sejarah Pendidikan Islam / Sejarah Pahlawan Nasional )

Menyerap Dari Berbagai Bahasa Lokal

sejarah bahasa indonesia
liputan.com

Dibawah langsung kementrian Pendidikan dan kebudayaan, para pakar bahasa telah banyak menemukan dan menyusun ketata bahasaan.

Baik itu yang baku maupun hasil resapan dari berbagai bahasa lain. Dengan melibatkan pakar dari berbagai bidang lain, seperti pakar agama, politik, ekonomi, hukum dan kedokteran, yang turut adil dalam penyusunan bahasa.

Ada beberapa Bahasa yang terserap dalam Bahasa Indonesia saat ini seperti, bahasa Madura, bali, minangkabau, sunda, jawa dan aceh.

Fungsi Bahasa Indonsia

sejarah bahasa indonesia
pixabay

Adapun fungsi dari bahasa indonesia terbagi menjadi dua:

  1. Fungsi Bahasa Secara Umum

  • Sebagai sarana yaitu sebagai sarana untuk berintraksi sekaligus kontrol.
  • Tidak bisa di pungkiri bahwa kita butuh alat untuk berintraksi satu sama lain, dan disinilah peran Bahasa sangat dibutuhkan.
  • Lebih dari itu bahasa juga dapat dijadikan tolak ukur dengan siapa kita berintraksi. Dengan sesama atau diatas tingkatan kita. Maka Bahasa bisa di sesuaikan.
  • Sebagai alat untuk mengekspresikan diri untuk segala sesuatu yang ingin diungkapkan, dengan berbagai tujuan dan keinginan. Seperti, agar kita bisa menarik perhatian orang, atau keinginan kita supaya semua pemikiran atau ide bisa tersalurkan.
  • Sebagai alat kontrol di masyarakat, yang dapat diterapkan baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti contoh penulisan di buku, iklan atau media sosial.
  • Sebagai alat komunikasi baik secara verbal seperti berbicara secara langsung, atau non verbal seperti menggunakan simbol simbol tertentu.

 

  1. Fungsi Bahasa Secara Khusus

  • Sebagai Media Belajar dan Penelitian

Sebagai media untuk belajar berbagai hal memerlukan Bahasa yang dapat menjadi media. Sehingga kita bisa menemukan berbagai hal baru yang terjadi di masa lampau. Sehingga kita bisa mengantisipasinya di masa yang akan datang.

  • Mewujudkan Seni Sastra

Bahasa juga bisa dijadikan sebagai ungakapan dalam bentuk sastra, dalam hal ini diperlukan penghayatan serta pemahaman yang mendalam. sehingga kita bisa mengungkapkan sesuatu dalam bentuk karya.

  • Menggali Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dengan akal yang diberikan tuhan pada manusia dan dengan keinginan akan ilmu pengetahuan. maka manusia selalu ingin menciptakan sesuatu yang baru demi mencapai kehidupan yang lebih baik.

  • Sebagai Penghubung Kehidupan Sehari – Hari

Manusia adalah satu satunya mahluk berakal yang tak terpisahkan satu dengan yang lainnya. dengan saling menggunakan bahasa formal maupun non formal untuk beritraksi.

Memiliki Dialeg Dan Ragam Bahasa

sejarah bahasa indonesia
mikalimulyo.com

Dialeg Bahasa Indonesia

Dialeg adalah keragaman Bahasa yang digunakan di berbagai tempat pengucapan dari berbagai model Bahasa. Dialeg sendiri antar penggunaannya  di beberapa tempat berbeda beda.

Bahasa jika dilihat dari pengucapannya disebut dengan dialeg, sedangkan jika dilihat dari segi pemakaian disebut ragam Bahasa, berikut beberapa perbedaannya:

  1. Dialeg Regional: Yaitu perbedaan dialek atau pengucapan antar daerah meskipun masih       dalam  lingkup satu Bahasa resmi. Seperti contoh, bahasa Melayu dialeg Medan, dialeg Ambon, dialeg Jakarta Betawi
  2. Ideoleg: yaitu ciri ciri khas bahasa setiap individu dalam melafalkan bahasa, meskipun masih           dalam satu bahasa.
  3. Dialeg sosial: Yaitu dialeg yang membedakan tingkat atau golongan suatu masyarakat dalam       penggunaannya, Contoh Bahasa Pria dan Wanita, Tua kepada yang muda.
  4. Dialeg temporal: Yaitu dialeg yang membedakan penggunaan Bahasa dalam kurun waktu            tertentu. Contoh penggunaan Dialeg di Melayu zaman Sriwijaya, dan Dialeg Melayu Zaman  Abdullah.

Ragam Sejarah Bahasa Indonesia

Dalam ragam bahasa ialah perbedaan pemakain, atau cara pengucapan bahasa berdasarkan topik yang dibicarakan di berbagai daerah.

Seiring berjalannya waktu, Bahasa juga mengalami banyak perkembangan dengan timbulnya banyak variasi – variasi bahasa.

Untuk tidak mengurangi fungsi bahasa yang efektif, maka di bentuklah ragam standar Bahasa Indonesia.

 

Tinggalkan komentar