Kumpulan Rumus Ranking Excel Tutorial Mudah Mencari dan Menentukan Peringkat Melalui Ms Excel

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap tentang Rumus ranking excel, yaitu panduan membuat, menentukan serta mencari ranking atau peringkat nilai melalui microsoft excel dengan menggunakan fungsi Rank, Rank AVG serta Rank EQ.

Taukah Anda bahwa RANK AVG dan fungsi RANK EQ pertama kali muali perkenalkan oleh microsoft excel sejak versi Ms excel 2010 sebagai alternatif pengganti fungsi RANK excel.

Meski demikian, namun tetap kita masih bisa menggunakan fungsi RANK excel ini sampai versi terakhir saat ini.

Jika anda masih mengoprasikan Ms Excel yang versi 2007 ke bawah, jangan geran kalo Anda tidak akan pernah menikmati layanan fungsi RANK EQ dan RANK AVG.

Tahap Awal Akses Rumus Ranking Excel

Tahap Awal Akses Rumus Ranking Excel
toriqa.com

Tentunya, ada hal pertama yang harus kamu pahami sebagai dasar dalam akses rumus ranking excel. Hal umum yang kamu perlukan untuk penulisan adalah membuat tabel.

Tabel menjadi hal dasar untuk menerapkan rumus. Fungsi ini memang dipakai untuk menentukan peringkat dari beragam daftar nama yang disusun jadi satu.

Kamu dapat memakai langkah mudah untuk dengan tabel sederhana. Dalam isi tabel ini, buat beberapa bagian yang akan menyederhanakan proses urutan sendiri.

Langkah mudah yang dapat kamu lakukan adalah menulis nama dan juga nilai pada tabel yang berbeda. Buat tiga kotak jika kamu ingin melakukan uji untuk rumus yang ada.

Rumus sendiri mempunyai perbedaan sehingga hasilnya juga akan berbeda nantinya. Namun, beda hasil tidak terlalu jauh. Hanya terdapat pada bagian desimal angka saja.

Fungsi RANK yang baru ini hadir saat ada Microsoft versi 2010. Karena ini juga, ada banyak pengguna yang tidak dapat memakai rumus pada komputer versi 2007.

Rumus RANK Excel

Manfaat Rumus RANK Excel

Pada dasarnya, fungsi ini adalah bentuk yang paling umum. Sudah ada banyak orang yang memakai jenis rumus dasar ini dalam mempermudah pekerjaan.

Manfaat dari rumus ini adalah menentukan peringkat yang sesuai setelah mengurut nilai yang ada. Urutan untuk nilai yang ada berdasarkan pada tinggi dan rendahnya nilai yang ada.

Cara Pakai Rumus RANK

Untuk cara pakai rumus sendiri tidak menjadi hal yang sulit. Kamu hanya perlu ikuti aturan yang berlaku untuk penulisan. Hal ini pastinya sederhana untuk mengurutkan nilai yang ada.

Rumus penulisan adalah: RANK (Angka;  Referensi;  [order])

Ada keterangan untuk setiap fungsi yang kamu ketik. Biasanya, tidak mudah untuk mengerti tanpa adanya praktek untuk rumus dan pengurutan sendiri.

Angka adalah nilai yang ingin dicari peringkatnya. Selanjutnya, hal lain yang kamu butuhkan adalah referensi. Bagian referensi ini memang berarti acuan untuk fungsi.

Dalam acuan ini, kamu hanya perlu pilih sesuai dengan tabel yang ada dalam data. Referensi sel ini merupakan data yang ada dalam bentuk sel atau daftar angka untuk dicari.

Bagian akhir ada pada order yang penting untuk rumus peringkat. Kamu dapat memakai cara sederhana dengan memilih nilai rata-rata yang tepat untuk peringkat.

Biasanya, orang hanya memasukkan dua angka antara 0 dan juga 1. Jika kamu isi 0 atau biarkan saja kosong, hasilnya akan disusun secara urut dan menurun.

Namun, jika kamu isi dengan angka 1, posisi akan berubah dimana penyusunan berada dalam bentuk menaik.

Nilai rata-rata ini memasukkan angka yang sesuai sehingga nilai data yang sebelumnya ada akan menunjukkan hasil.  Penentuan lolos dan gagal paling banyak dipakai dengan cara ini.

Pemakaian Rumus Pada Excel

Untuk praktek rumus RANK langsung pada Excel, kamu dapat memakai cara mudah dengan memilih tabel lebih dulu. Ada tabel yang tersedia untuk kamu cek.

Proses pengurutan akan dilakukan sesuai dengan perintah kotak tabel yang dimasukkan. Jika kamu meletakkan data pada bagian C nomor 2 hingga C nomor 11, ada rumus yang tepat.

Kamu dapat memakai rumus mudah dengan menekan RANK ( C2; $C$2 : $C$11 ; 0)

Tentunya, caranya sama persis dengan memasukkan rumus seperti sebelumnya bergantung pada data yang memang ingin disaring secara berurutan.

Jika kamu ingin mengecek data hanya sampai pada nomor 8. Maka, kamu dapat ganti rumus dengan pembagian hingga C8 saja.

Adanya ikon dolar dalam penulisan memang disengaja sehingga proses copy rumus nanti tidak akan ada masalah karena nilainya tetap sama.

Jika sudah, kamu dapat menekan copy untuk tetap ke bawah. Selain itu, gunakan saja rumus autofill jika ingin proses jadi jauh lebih cepat juga.

Lihat juga: (Kumpulan Rumus Akar di Ms Excel Berikut Panduannya)

Rumus Rank. EQ

cara mengurutkan rangking di excel
Pixabay

Fungsi Rumus RANK. EQ

Hasil dari fungsi ini sama persis dengan rumus RANK sebelumnya. Pada dasarnya, tidak ada pembeda yang benar-benar jelas dari rumus ini sendiri.

Rumus memang tetap digunakan untuk mengurutkan ranking angka. Kamu dapat memakai rumus dengan cara aktivasi yang sama karena merupakan pengganti dari rumus sebelumnya.

Cara Pakai Rumus RANK. EQ

Kamu dapat memakai rumus sederhana dengan memasukkan RANK.EQ (Number; Referensi;  [order]). Perbedaan hanya terletak pada bagian .EQ dan number saja.

Kamu tetap memasukkan angka yang ingin dicari sebagai peringkat. Lalu, data lainnya adalah referensi dari range. Daftar angka tetap jadi bagian acuan atau referensi.

Kemudian, kamu dapat memasukkan angka 0 dan 1 untuk acuan urutan nilai sendiri. Dalam bagian ini, kamu dapat menekan angka 0 jika ingin hasil urutan menurun.

Untuk angka 0 sendiri, nilai yang paling besar akan berada dalam ranking 1. Pengurutan dengan angka 0 seperti ini adalah bentuk umum yang paling banyak orang pakai.

Kamu juga dapat menggunakan urutan dengan angka 1 yang hasilnya akan menaik. Berbalik dengan sebelumnya, nilai paling kecil akan berada dalam peringkat 1.

Pemakaian Rumus RANK. EQ Pada Excel

Untuk pemakaian rumus sendiri, caranya juga sederhana. Kamu dapat mengaplikasikan fungsi dengan mudah dalam bagian ini.

Cukup masukkan =RANK.EQ (C2; $C$2 : $C$11 ; 0)

Kamu dapat melakukan copy ke bagian bawah dengan memakai tanda $ sehingga nilainya tidak akan berubah.

Tentunya, cara ini dipakai karena hasilnya juga rapi. Kamu tidak akan kerepotan dengan memakai langkah ini dalam memasukkan rumus tabel.

Rumus RANK. AVG Excel

Fungsi RANK. AVG

Rumus yang satu ini mempunyai perbedaan dengan beberapa rumus sebelumnya. Rumus ini lebih banyak dipakai untuk penentuan ranking dengan rata-rata pemilik nilai.

Pemakaian ini juga termasuk sebagai bagian yang sering orang gunakan. Kamu dapat menggunakan cara sederhana karena tidak perlu menghitung bagian yang sama lagi.

Untuk nilai yang sama dalam daftar peringkat akan secara otomatis disusun oleh rumus. Hasilnya berupa rata-rata untuk peringkat dari nilai yang ada.

Cara Menggunakan Rumus RANK. AVG

Bagian rumus yang sederhana ini juga dapat kamu masukkan dengan mudah seperti sebelumnya dalam penulisan.

Rumus untuk penentuan ranking dari cara ini adalah =RANK. AVG ( Angka; Referensi;  [order] )

Kamu dapat memasukkan angka order dengan 0 atau juga 1. Untuk angka 0 akan memberikan hasil urutan ke bagian bawah. Untuk angka 1 urutan akan tersusun secara menaik.

Saat kamu memasukkan rumus dalam kolom yang ada. Tentunya, hasilnya akan keluar dimana nilai telah berada dalam bentuk urutan.

Lalu, nilai yang sama akan diberikan bagian desimal atau dua kali angka tersebut. Jika ada nilai 95 sebanyak 2 kali. Maka, keduanya akan menjadi peringkat 1.

Baca juga: (Tutorial Cara Print Data Excel Lengkap)

Cara Membuat Ranking di Excel Agar Tidak Ganda

Untuk menghindarai duplikat rangking ini caranya terlebih dahulu Anda tetapkan beberapa kriteria yang anda inginkan, karena kriteria ini akan menentukan model perankingan mana yang tepat untuk anda gunakan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, diantaranya:

Selanjutnya kita tinggal copy-paste ke sel lain yang ada dibawahnya, kolom jumlah inilah yang akan kita pakai sebagai acuan perangkingan nilai kita kali ini.

Sementara Kolom “RANKING” yaitu (Cell G2) diatas menggunakan rumus excel seperti berikut:

=RANK(F2;$F$2:$F$11)

Anda bisa lihat penggunaan tanda $ pada rumus excel diatas, Hal itu tujuannya adalah untuk membuat referensi range tersebut menjadi absolut, sehingga tidak mengalami perubahan ketika kita mencopy-paste ke sel-sel lain dibawahnya.

Setelah kita selesai memasukkan data dan juga rumus-rumus excel diatas, jika diperhatikan maka akan terlihat bahwa hasil pemeringkatan dengan menerapkan fungsi RANK exel diatas terdapat beberapa peringkat nilai yang ganda.

Tepatnya pada peringkat atau rangking ke 1,3 dan juga 6.

Nah, pada pembahasan lanjutan dibawah ini kita akan belajar tentang pemecahan masalah duplikat rangking diatas.

Menghindari Ranking Ganda Dengan Fungsi COUNTIF Excel

Dalam mengantisipasi adanya rangking ganda atau membuat sebuah ranking atau peringkat yang unik, sebenarnya tidak terlalu susah, salah satu cara yang bisa kita gunakan adalah dengan menggunakan fungsi COUNTIF Excel.

Seperti contoh pada gambar diatas, dengan menerapkan fungsi RANK kita akan menemukan ada beberapa ranking ganda pada hasil pemeringkatan.

  1. Ranking 1 ada 2.
  2. Ranking 3 ada 3.
  3. Dan ranking 6 itu ada 3.

Lalu bagaimana cara untuk membuat ranking yang unik dan tidak ganda dengan menggunakan rumus excel? Caranya Cell G2 Anda copy-pastekan saja kebawah:

=RANK(F2;$F$2:$F$11;0)+COUNTIF($F$2:F2;F2)-1

Sekali lagi coba cermati dan perhatikan penggunaan tanda $ pada rumus diatas.

Setelah anda copy, lalu kemudian pastekan ke bawah, maka hasil akhir pemeringkatan nilai diatas akan berubah seperti ini hasilnya:

Menghindari Ranking Ganda Dengan Fungsi COUNTIF Excel
toriqa.com

Selain menggunakan rumus excel seperti cara diatas, anda juga dapat menggunakan rumus lain seperti ini, tapi hasilnya akan sama:

=RANK(F2;$F$2:$F$11;0)+COUNTIF($F$1:F1;F2)

Dengan menerapkan kedua rumus excel diatas, maka duplikat tidak akan ada lagi.

Iya mungkin saja nilai yang ada di awal baris akan mendapatkan rangking yang lebih kecil. Sehingga terkesan bahwa siswa no.4 memperoleh jumlah nilai yang lebih bagus dari pada siswa yang ada pada nomor 7, padahal sebenarnya jumlah nilainya sama saja.

Lihat juga: (Mengetahui Sejarah sistem Oprasi Ms Excel Serta Perkembangannya)

Cara Mengurutkan Ranking di Excel

Setidaknya terdapat dua cara yang bisa kita terapkan untuk menghindari permasalahan ini. Cara pertama kita bisa menggunakan fitur Sort & Filter Excel.

Cara ke-2 kita bisa menggunakan rumus Excel atau excel formula.

Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan data seperti gambar dibawah yang sudah saya siapkan sebagai contoh peraktek.

Mengurutkan Ranking di Excel
toriqa.com

Pada tutorial ini, cell G2 isinya adalah rumus perankingan atau pemeringkatan seperti berikut ini:

=RANK.EQ(F2;$F$2:$F$11;0)+COUNTIF($F$1:F1;F2)

Selanjutnya anda tinggal copy-pastekan saja rumus tersebut hingga cell G11.

Rumus Renk Excel Dengan Kriteria

Pada contoh diatas, ranking Excenya didasarkan pada jumlah nilai, karena ada beberapa nilai yang sama maka muncul beberapa ranking ganda.

Contoh Rumus excel pada cell H2 itu seperti berikut:

=RANK.EQ(G2;$G$2:$G$11;0)

Dengan rumus diatas, coba anda copy-Pastekan saja ke cel-cel yang ada di bawahnya jika anda ingin menerapkan tutorial seperti gambar diatas.

Pada hal untuk mencari atau menentukan ranking excel ini, misalnya Anda mau membuat kriteria bahwa ranking disusun berdasarkan “Jumlah Nilai”.

Apabila Jumlah Nilainya sama, maka nama nama siswa yang mendapatkan “Nilai 1” biasanya lebih tinggi, maka akan mendapat ranking yang lebih sedikit.

Namun jika Jumlah Nilai dan Nilai 1 juga sama, maka akan di utamakan untuk yang mendapat Nilai 2 lebih tinggi, seperti itu juga seterusnya dengan urutan kriteria Nilai 3, Nilai 4, hingga pada Nilai 5.

Namun jika yang mendapatkan Nilai 5 juga sama, maka Nama yang mendapatkan No lebih kecil atau yang namanya ditulis lebih dahulu akan diutamakan.

Rangkin umumnya itu disusun secara descending atau menurun dari nilai terbesar hingga yang terkecil. Nilai yang terbesar itu memperoleh ranking yang kecil, contohnya ranking urutan 100,90,80 adalah 1,2,3.
Jadi, urutan kriteria penentuan Ranking pada contoh ini yaitu:
  1. Jumlah Nilai.
  2. Nilai 1.
  3. Nilai 2.
  4. Nilai 3.
  5. Nilai 4.
  6. No.

Jika anda ingin membuat Ranking Excel berdasarkan banyak kriteria, maka caranya hanya butuh Composite Key.

Composite Key merupakan suatu kombinasi dari sel-sel kriteria sehingga nanti akan terbentuk sebuah key unik dan baru yang bisa dijadikan rujukan perankingan atau pemeringkatan.

Lalu bagaimana caranya? cara untuk membuat Composit Key dalam hal pemeringkatan multi kriteria disini adalah dengan merancang penjumlahan hasil perankingan disetiap baris kolom kriteria yang telah ditetapkan.

Supaya lebih mudah untuk dimengert, disini saya akan membuat kolom dummy atau kolom bantu yang mana masing-masing pada cell J2, K2, L2, M2, N2, hingga O2 diketik rumus excel seperti berikut ini:

Pada sel J2 :

=RANK.EQ(G2;$G$2:$G$11;1)*10^10

Pada sel K2 :

=RANK.EQ(C2;$C$2:$C$11;1)*10^8

Pada sel L2:

=RANK.EQ(D2;$D$2:$D$11;1)*10^6

Pada sel M2:

=RANK.EQ(E2;$E$2:$E$11;1)*10^4

Pada sel N2:

=RANK.EQ(F2;$F$2:$F$11;1)*10^2

Pada sel O2:

=RANK.EQ(A2;$A$2:$A$11;0)

Pada masing-masing kolom rumus Excel diatas itu bertujuan untuk membuat ranking berdasarkan masing-masing kriteria sesuai urutan kriteria yang telah kita tetapkan sebelumnya.

Pada kolom J hingga kolom N, perangkingan sengaja dibuat secara order ascending atau urutan naik. Tujuannya adalah, biar jumlah atau nilai yang tinggi nantinya akan mendapat angka rangking yang tinggi juga.

Sementara dari kolom O atau sel O2 order perangkingan kita buat secara descending atau menurun dengan maksud agar nomor yang lebih awal atau ada pada baris (row) atas memperoleh peringkat yang lebih tinggi secara angka sesuai dengan kriteria yang kita tetapkan sebelumnya.

Lalu pada rumus *10^10 (Kali 10 Pangkat 10), *10^8 (Kali sepuluh pangkat 8) dan seterusnya tujuannya itu adalah agar nanti hasil penjumlahan dapat kita gunakan sebagai composit key sebagai acuan pemeringkatan.

Rumus excel perkalian seperti diatas itu tidak harus seperti itu terus.

Angka yang berada dibelakang pangkat (^) itu masih tergantung atau sangat dipengaruhi oleh jumlah siswa atau jumlah record yang akan kita buat sistem perangkingan dan jumlah kriteria yang kita tentukan.

Intinya adalah, bahwa dalam satu cell excel itu hanya bisa menerima 15 digit angka saja, maka dari itu jika composite key yang anda buat itu sudah melebihi 15 digit, Anda harus memisahkan dulu amsing – masing menjadi dua atau tiga composite key, kemudian buat lagi composite key yang baru dari hasil pecahan composite key yang tadi.

Jadi, kita buat composite key yang sifatnya unik atau tidak ganda sesuai dengan kolom-kolom kriteria yang hasil akhirnya nanti dapat kita Ranking lagi untuk memperoleh ranking yang unik dan sesuai yang kita harapkan.

Nah, setelah rumus-rumus excel tersebut sudah anda ketik kembali, selanjutnya buat lagi satu kolom sebagai komposit key di cel P2 dengan menggunakan rumus excel seperti berikut:

=J2+K2+L2+M2+N2+O2

Tentunya, ini merupakan hal yang harus kamu pahami dalam pemakaian rumus ranking Excel yang jelas memudahkan. Dengan menggunakan rumus itu akan membuat kamu jauh lebih mudah mengerjakan tugas atau pekerjaan.

Tinggalkan komentar