10+ Rumah Klasik Indonesia Berbagai Ukuran, Model Arsitek & Lantai

Saat ini, model rumah modern memang sedang trend dan banyak peminatnya, dengan desain yang simpel serta tidak mempunyai banyak ornamen detail di model bangunannya, dapat membuatnya banyak diminati oleh masyarakat luas, tapi, rumah klasik Indonesia tetap diidamkan.

Terlebih masih banyak orang yang beranggapan bahwasanya rumah itu bukan hanya harus nyaman serta layak ditempati saja.

Tapi juga perlu mencerminkan identitas dari si pemilik rumah. Sementara untuk mendapatkan info lebih detailnya, simaklah ulasan dibawah ini dengan seksama !

Seperti Apa Rumah Klasik Indonesia Itu?

Rumah klasik adalah ciri khas dari sebuah bangunan yang mudah dikenali serta dengan nilai keindahan arsitektur tersendiri, dalam hal ini adalah milik atau ciri khas arsitektur budaya lokal kita.

Rumah klasik Indonesia

Rumah klasik Indonesia
toriqa.com

Desain rumah klasik Indonesia dengan gaya mediteranian ini tampak sangat mewah serta elegan. Walau tak terlalu luas dan besar, desain rumah klasik semacam ini banyak sekali diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pada bagian dalam rumah juga dapat dibuat beberapa kamar serta ruangan lainnya. Misalnya seperti ruang keluarga, ruang tamu, serta dapur.

Karena luas tanah serta bangunan rumah dengan gaya klasik yang satu ini sangat cukup luas dan masih cukup jika dibuat taman pada bagian depan rumah.

Contoh Desain Rumah Klasik Indonesia 1 Lantai

Contoh Desain Rumah Klasik Indonesia 1 Lantai
toriqa.com

Desain rumah klasik Indonesia dengan gaya mediteranian ini tampak sangat mewah serta elegan. Walau tak terlalu luas dan besar, desain rumah klasik semacam ini banyak sekali diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pada bagian dalam rumah juga dapat dibuat beberapa kamar serta ruangan lainnya. Misalnya seperti ruang keluarga, ruang tamu, serta dapur.

Karena luas tanah serta bangunan rumah dengan gaya klasik yang satu ini sangat cukup luas dan masih cukup jika dibuat taman pada bagian depan rumah.

Contoh Desain Rumah Klasik Indonesia 2 Lantai

Contoh Desain Rumah Klasik Indonesia 2 Lantai
toriqa.com

Bagi anda yang berjiwa seni sangat tinggi, maka desain rumah klasik indonesia dua lantai ini dapat menjadi bahan referensi yang sangat cocok bagi anda.

Sementara untuk desain rumah klasik dan mewah ini biasanya dihiasi oleh ukiran di bagian tiang, tembok, serta beberapa sisi rumah yang lainnya. Selain ukiran kaca yang dipakai, biasanya juga punya pattern atau corak tersendiri.

Yang mana desain seperti ini membuat rumah tersebut tampak mewah dan klasik. Ciri khas dari desain rumah klasik yang lainnya yaitu di atasnya mempunyai banyak kubah yang semakin membuatnya terlihat mewah.

Contoh Rumah Klasik Ala Jawa yang Sederhana

Contoh Rumah Klasik Indonesia Jawa Sederhana
toriqa.com

Rumah dengan gaya klasik indonesia jawa yang terlihat sederhana ini sangat cocok jika ditempatkan di daerah yang memiliki suhu udara rendah.

Kesejukan yang dirasakan dengan desain arsitektur yang mana sangat mendukung untuk membuat hunian semakin nyaman.

Rumah klasik Indonesia jawa ini tak hanya ada di daerah pedesaan saja, akan tetapi masih banyak sekali penghuni yang memilih membuat hunian klasik sederhana indonesia jawa di daerah perkotaan.

Hunian klasik ini cukup menarik dengan adanya unsur jawa yang sangat kental. Rumah adat jawa yang sangat terkenal disebut dengan rumah joglo yang mana jenis rumah ini seringkali menjadi perhatian bagi kalangan masyarakat.

Dengan desain atap yang menyerupai bangunan trapesium adalah ciri khas dari rumah klasik jawa sederhana ini. Dan atap yang berwarna kecoklatan serta tiang penyangga yang disebut dengan istilah soko ini menjadi sebuah pelengkap dari unsur rumah jawa.

Seperti Apa Rumah Klasik Indonesia Minimalis?

Dengan saking banyaknya kebutuhan akan desain, ukuran dan seni warna sebuah bangunan, disini saya akan membagikan sedikit info tentang rumah klasik dengan ukuran minimalis (kecil).

Rumah Klasik Indonesia Minimalis

Macam macam Rumah Klasik Indonesia Minimalis
toriqa.com

Rumah dengan desain yang klasik tak selalu mempunyai model kuno, ukuran yang mewah dan besar. Tapi ada pula yang berukuran minimalis. Contohnya seperti gambar diatas, yang merupakan rumah minimalis dengan tembok dan tiang berukir.

Rumah klasik Indonesia biasanya mempunyai beberapa pilar di bagian teras rumah, dan pada bagian atapnya yaitu dengan bentuk segitiga dan penuh dengan ukiran.

Pintunya yang terletak pada tengah-tengan rumah serta di bagian kanannya terdapat jendela kecil yang memajang. Sedangkan di sebelah kiri terdapat garasi.

Bentuk ini yaitu merupakan adpsi dari rumah klasik simetris dengan jendela. Tapi, bagian sebelah kanannya di modifikasi menjadi pintu garasi. Pintu garasi punya warna senada dengan warna pintu dan kusen jendela.

Di bagian atas jendela juga ada beberapa ukiran yang berbentuk segitiga. Dengan pemilihan warna senada dan lampu tempel yang juga memberikan kesan yang modern tapi tetap punya unsur klasik.

Contoh Hunia Klasik Modern yang Banyak diadaptasi di Indonesia

Rumah Klasik Indonesia Modern
toriqa.com

Untuk rumah klasik Indonesia modern satu ini yaitu dengan 2 lantai. Anda bisa mulai dari bagian luarnya terlebih dahulu. Anda dapat mencoba untuk memajukan gaya kontemporer dengan desain yang minimalis modern yang ada pada saat ini.

Pemakaian kusen warna putih sangat rentan dengan gaya klasik serta dipadukan juga dengan adanya teralis di jendela luar yang bisa membuat rumah anda menjadi lebih bagus.

Dan jangan lupa pula untuk memakai pintu utama yang berbahan dasar dari kayu jati yang punya urat besar serta warna yang sedikit merah gelap, agar bisa menciptakan suasana mahal ketika anda akan memasuki rumah tersebut.

Ciri-ciri Rumah Klasik Modern

  1. Mempunyai permainan warna-warni yang tampak mewah, contohnya seperti warna putih, abu-abu, merah, biru, dan perpaduan warna emas yang dapat membuat rumah anda terlihat elegan.
  2. Mengutamakan simplisitas serta tak menghilangkan garis-garis tegas yang merupakan ciri – khas dari rumah modern.
  3. Rumah klasik modern di bagian interiornya memakai furniture dengan perpaduan antara gaya klasik yang mewah serta modern yang sederhana. Kedua elemen ini dapat ditemui di semua bagian rumah yang dapat membuat suatu keharmonisan.

Rumah Klasik Indonesia Dengan Desain Mewah

Rumah Klasik Indonesia Dengan Desain Mewah
toriqa.com

Untuk rumah klasik Indonesia mewah yang punya ciri khas yang dapat anda ambil di rumah klasik modern mewah yaitu salah satunya di pemakaian warna pada eksterior rumah.

Warna cerah yaitu seperti warna putih pastel dan atap warna biru menjadi suatu statement yang sangat kental, bahwasanya rumah tersebut tampak begitu elegan.

Agar dapat semakin mempertegas sentuhan klasiknya, maka anda juga dapat memakai railing di beranda rumah dengan pilihan model yang menawan serta warna yang gelap, agar kesan elegan dapat terpancar di luar rumah mewah anda.

Contoh Rumah Klasik Milik Artis Indonesia

Contoh Rumah Klasik Milik Artis Indonesia
toriqa.com

Salah satu artis yang memilih desain rumah klasik pada huniannya yaitu Anang Hermansyah, yang merupakan seorang musisi sejak tahun 1980-an.

Rumah klasik Indonesia yang mewah tersebut mempunyai tiga lantai serta dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas yang mewah. Seperti dapur mewah, studio rekaman, dapur mewah, dan lain sebagainya.

Beberapa artis yang punya dan hobi mengoleksi properti klasik, termasuk rumahnya diantaranya :

  1. Nikita Willy.
  2. Andre Taulany.
  3. Sule.
  4. Iis Dahlia.
  5. Prilly Latuconsina.
  6. Atta Halilintar sang youtuber.
  7. Dan Dewi Persik.

Rumah mewah klasik nggak harus selalu mengadopsi gaya lokal seperti rumah klasik Jawa, Sumatera dan sebagainya. Namun rumah klasik juga bisa mengadopsi gaya arsitekstur dari luar, semisal :

  1. Rumah klasik khas Bollywood, India.
  2. Rumah klasik Amerika Kolonial.
  3. Rumah klasik ala Prancis.
  4. Rumah klasik ala Maroko yang terkenal dominasi warna unik yang cerah.
  5. Rumah klasik Jepang dengan esensi alamnya.
  6. Rumah klasik Rusia dengan keagungan arsitekturnya.
  7. Rumah dengan gaya Mediterania Spanyol.

Dan rumah – rumah klasik lainnya di dunia yang bisa kita adopsi dan memodifikasinya menjadi sedikit modern.

Nah, itulah tadi yang dapat dijelaskan mengenai beberapa contoh desain rumah desain klasik yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar