Review Kampus Universitas Diponegoro Menurut Pengalaman Pribadi

Dewasa ini banyak sekali para lulusan SMA sedang mencari kampus pilihannya. Menurut sumber sebanyak 3,7 juta siswa lulus sma setiap tahunnya, Bagaimana ? banyak bukan ?

Nah Kali ini saya mau bagiin sedikit informasi pengalaman saya tentang Review Kampus Universitas Diponegoro sejak saya kuliah disana, cekidot.

Review Kampus Universitas Diponegoro

Sewaktu tahun 2018 ketika saya baru saja lulus dari SMA saya kurang mengenal kampus universitas diponegoro ini atau yang biasa disingkat undip. Saya bahkan dulu gak tau ini kampus berada dimana loh wkwk.

Saat itu saya diterima melalui jalur PSSB Diploma 3 Jurusan Management Perusahaan melalui seleksi raport. Saya kurang bersemangat saat itu karna tujuan saya yaitu kampus yang berada dijabodetabek terumata ui karna saya domisili bogor.

Tapi, karena rezeki saya saat itu hanya keterima d3 kampus undip mau tidak mau saya mengambil jurusan itu dari pada saya gapyear atau biasa dikenal nganggur setahun. Sewaktu saya masuk dan proses pendaftaran ulang, First impression saya terhadap undip SANGAT BAIK. Kenapa sangat baik ? pertama kampus ini terletak di ibu kota jawa tengah yaitu semarang. Oiya kampus undip ini ada 2 yang utama yaitu berada di kecamatan Tembalang dan Pleburan, kebetulan kampus saya berada di pleburan waktu itu gabung dengan S2 nya, walau sekarang semua di satukan di tembalang dan pleburan hanya untuk S2.

Dari segi lingkungan Semarang ini kota yang sangat bagus untuk mahasiswa seperti layaknya jogja yang terkenal dengan kota nya mahasiswa. Semarang sangat tidak kalah, karna banyak kampus lain yang dekat dengan undip sendiri yaitu ada kampus Universitas Negeri Semarang, dan kampus Swasta.

Lingkungan disana hampir di penuhi oleh mahasiswa yang lalu lalang, misal jika kamu kesana kamu bakal ngerasain deh hawa nya beda sekali, hampir tidak pernah sepi tembalang ini selalu ramai dengan mahasiswa, baik itu yang melakukan organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa atau Pengurus Jurusan, ada juga yang melakukan kegiatan Ekskul nya dan juga banyak yang berbisnis.

1. Nyari Kosan Mudah Banget

Jika kamu pertama kali kuliah atau biasa dikenal MABA, kamu bakal hype banget keseruan berkuliah terutama di undip tembalang ini. Banyak kos2an yang tersedia disana jadi kamu gampang banget untuk milah milih kosan sesuai selera dan budget kamu. Jika kamu pergi langsung ke tembalang undip, kamu tinggal berkeliling sekitar dengan jalan kaki pun kamu bakal gampang nyari kosan tidak perlu repot dengan kendaraan.

Dan btw untuk kamu usahakan pilih kosan yang tidak punya jam malam yang gerbang nya dikunci, karna lebih efisien menurut saya jika kamu ada tugas kelompok atau harus fotocopy dll malam2. Karna disana hampir beberapa kosan ada yang punya jam malam.

2. Gampang Pake Banget Nyari Makan

Kalo kamu bertanya gimana nyari makan disana susah apa gampang ? jawabannya gampang pake banget. Serius asli disana ada yang namanya BURJO/Bubur Kacang Ijo itu hanya sebutan untuk tempat makan loh bukan makanan nya wkwk. Kalo kamu akrab sama WARMINDO nah itu jawaban nya, Burjo itu mirip sama Warmindo yang isi nya ada makanan kaya warteg, mie instan, kopi, dll dan asiknya lagi buka nya 24 jam loh.

Burjo ini jadi andalan mahasiswa banget karna 24 jam bukanya dan harga murah. Kamu bisa makan dan ngopi sambil ngerjain tugas atau sekedar ngobrol ringan disini asik pokonya. Nih kamu bisa lihat banyak nya burjo disemarang dan itu belum semuanya heheh.

brujo semarang

3. Pengiriman Barang

Sewaktu itu saya ingin membawa motor saya dari rumah yang berada di bogor, karna emank buat jalan2 di undip hehe. Jadi saya kirim motor saya via kereta barang yang berada di stasiun pasar senen. Kalo saya alurnya saya kirim motor saya dipaketkan lewat pengiriman barang delivere atau apapun sampai Stasiun pasar senen jakarta. Lalu saya daftarkan pengiriman barang saya lewat agen sana (bisa kamu tanyakan ke petugas jika ingin kirim motor bagaimana) waktu itu biaya nya 600rb ditahun 2018 kalo sekarang kurang tau ya mungkin beda2 dikit. Setelah menunggu sampai 6 harian sampai deh Motor saya di stasiun Tawang, Semarang dan saya kendarai sampai kosan saya.

Dan jika kamu mau ngirim2 barang/paket dari rumah kamu langsung aja kamu kirim ke alamat kosan kamu, biasanya alamat kosan di undip udah gampang2 alamatnya jadi kurir udah gabakal kesesat jamin deh.

4. Tempat Hiburan Anak Kosan

Untuk hal ini pastinya berbeda pendapat sama kamu karna saya paling males sama tempat hiburan gatau kenapa rasanya mau nyantai aja dikosan atau burjo wkwk. Tapi ya beberapa kali pernah liburan2an gitu sama temen jurusan. Dan banyak sekali tempat bagus disana untuk refreshing diantaranya;

  • Mawar Camp Ungaran detailnya bisa kamu liat disini
  • Lawang Sewu, Pleburan
  • Kota Tua, Pleburan
  • Simpang Lima, Pleburan
  • Sunmori Semarang

Nah dulu menurut saya tempat2 ini aja yang biasa untuk santai di waktu weekend hehe karna tempat yang dekat dan pastinya ramah kantong.

5. Rekomendasi Tempat Ngumpul di Semarang

Nah pas kamu jadi MABA nantinya pasti banyak tuh tugas2 kelompok atau banyak kegiatan sama temen jurusan kamu, dan walau disemarang banyak tempat nongkrong/cafe untuk kumpul bareng tapi suka full tempatnya atau udah dibooking duluan. Nah jika kamu bingung saya ada beberapa rekomendasi sebagai pilihan kamu untuk tempat ngerjain tugas dan nongkrong ramean, berikut diantaranya;

  • Burjo Remaja, Bulusan Tembalang
  • Parjo Gondang, Semarang
  • Bursky – Burjo Kekynian
  • Teman Kerja Coffee
  • Anak Panah Tembalang

Nah menurut saya itu juga cukup kok buat jadi tempat titik kumpul kalo mau ketemuan/nongkrong, sisanya bisa kamu eksplor sendiri ya.

Baca Juga: 5 Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMA, Spesifikasinya di Jepang

Penutup

Nah Sampe sini dulu aja ya pembahasan nya mengenai review pengalaman kuliah di universitas diponegoro, nantinya akan saya update lagi mengenai hal lainnya diundip, atau jika kamu para pembaca mau menanyakan hal lain kamu bisa komen di artikel ini, nanti saya akan menjawab nya. Dan nanti akan saya buatkan juga review mengenai kampus lain dari kawan2 saya yang berkuliah di berbagai kampus di indonesia.

Terima kasih telah mampir, Salam Hangat.

Tinggalkan komentar