Properti Tari Merak [Kostum, Aksesoris & Alat Musiknya+ Setting Panggung

Artikel ini akan membahas tentang properti tari merak berikut dengan beberapa pola gerakannya, busana hingga aksesorisnya.

Tari merak adalah salah satu dari sekian banyak mahakarya leluhur kita yang telah melahirkan beranekaragam budaya.

Masing masing karya seni di Indonesia ini punya karakteristik serta keunikan tersendiri, contohnya seperti yang akan kita bahas dalam artikel dibawah ini.

Mengenal Beragam Properti Tari Merak

Mengenal Beragam Properti Tari Merak
toriqa.com

Properti tari ialah segala sesuatu yang berkaitan dengan eksternal tari, baik yang dikenakan maupun tidak oleh para penari sebagai bahan pelengkap, pendukung, penambah nilai estetika maupun penyempurna dalam menyampaikan pesan pada suatu Tari.

Di Indonesia sendiri, jenis Properti tari tentunya sangat beragam, karena selain nilai yang terkandung dalam tarian properti yang mengiringinya, juga punya ciri khas tersendiri dari setiap provinsi.

Nama tari Merak sendiri digunakan karena para penarinya bergerak mengikuti gerakan burung Merak ketika berada di alam bebas.

Inspirasi yang menjadi contoh tarian ini memang murni mengambil dari bentuk burung merak.

Bagaimana, unik bukan konsep dari tarian ini?

Selain konsepnya yang unik, penggunaan properti pada tarian ini juga mempunyai keunikan tersendiri yang tentunya mendukung terhadap gambaran tentang hal yang ingin disampaikan yang ditampilkan lewat gerakan tari Merak.

Nah, lalu apa saja sih properti yang digunakan dalam setiap pementasan tari merak?

Properti Tari Merak Untuk Busana dan Aksesorisnya

Properti Tari Merak Untuk Busana dan Aksesorisnya
toriqa.com

Mahkota (Siger)

Mahkota adalah salah satu bagian dari properti tari merak yang digunakan oleh para penari sebagai bentuk hiasan di kepalanya.

Penggunaan mahkota ini juga menjadikan tarian ini semakin unik serta menjadi ciri khas tersendiri yang memperlihatkan bentuknya yang mirip seperti burung merak.

Baju Atas

Saat pentas, para penari tari merak juga akan menggunakan baju khusus atasan yang memiliki bentuk mirip dengan kemben yang memiliki corak serta warna yang dibuat menyerupai bulu burung merak.

Warnanya sendiri bisa bermacam macam, tapi pada umumnya memilih warna ungu yang identik dengan warna burung merak. Ada juga warna ping dan merak muda.

Apok

Apok ini terbuat dari kain yang dipakai dengan cara melingkarkannya di bawah area leher dan memiliki panjang yang dapat menutupi dada penari.

Motifnya yang cantik juga menambah kecantikan para penarinya saat pementasan.

Tahukah anda bahwa tari merak diciptakan pertama kali pada tahun 1891-1963 oleh Raden Tjetje Somantri, seorang maestro seni tari yang mempunyai banyak sekali pengalaman dalam bidang seni. 

Sesuping

Bagi yang belum tau nih apa itu sesuping, sesuping adalah hiasan yang digunakan para penari yang dipakai di area sekitar telinga.

Fungsinya menag mirip seperti anting yang mana bisa memaksimalkan penampilan sang penari di atas panggung.

Properti Tari Merak – Mahkota Garuda Mungkur

Properti tari merak, Garuda Mungkur
toriqa.com

Ini juga merupakan bagian dari hiasan kepala, garuda mungkur ialah sejenis mahkota yang digunakan para penari sebagai hiasan kepala mereka, tetapi bedanya ia dikenakan pada bagian belakang kepala.

Garuda mungkur punya keunikan tersendiri, hal ini bisa kalian lihat pada bentuknya yaitu seperti kepala burung merak.

Lihat juga artikel terkait lainnya : Properti Tari Indang dan beragam keunikan dan cirikhasnya.

Sampur

Sampur juga merupakan hiasan yang dikenakan oleh penari, sampur terbuat dari tisue dan dibentuk sedemikian rupa supaya menyerupai bulu merak.

Dengan dilengkapi Sampur, gerakan menari para penarinya akan semakin bagus dan lebih menarik dilihatnya.

Sabuk

Sabuk merupakan busana merak yang dipakai penari untuk mengencangkan pakian, sabuk tari merak dibuat dari bahan kain yang agak tebal dan lembut.

Sayap

Busana tari merak Sayap
toriqa.com

Karena tarian merak menggambarkan seekor burung, maka para penarinya juga dilengkapi dengan sepasang sayap.

Nah, sayap-sayap ini dibuat dari bahan kain yang menyerupai selendang sebagai bentuk sayap pada burung Merak.

Motifnya dibuat mirip seperti burung merak, hanya saja warnanya yang digunakan bisa bermacam macam.

Rok

Umumnya, para penari tari merak yang perempuan menggunakan rok pada saat tampil (pentas).

Rok sendiri terbuat dari kain yang nanti digunakan di bagian bawah kostum merak dan menggunakan corak dan warna yang beragam menyerupai warna pada burung merak.

Properti Tari Merak – Aksesoris Gelang

Para penari merak juga  menggunakan gelang sebagai aksesoris untuk menghiasi pergelangan tangan. Gelang yang digunakan biasanya berbentuk lingkaran dengan warna-warni yang senada dengan kostum yang dikenakan penari.

Kilat Bahu

Diantara banyaknya properti hiasan yang digunakan penari tari merak, hal yang tak boleh dilupakan ada juga hiasan kilat bahu, ini dugunakan untuk menghiasi bahu mereka agar lebih indah saat menari.

Kilat bahu yang digunakan berbentuk seperti gelang, namun pada penggunaannya dipakaikan di bahu.

Ukurannya sendiri bisa lebih besar dari gelang pada umumnya.

Sudah Tau Belum? Ini Dia 15 Contoh Tarian Tradisonal Sunda.

Properti Alat Musik Pengiring Tari Merak

Properti Alat Musik Pengiring Tari Merak
toriqa.com

Musik yang dipakai sebagai pengiring lagu dalam tiap penampilan tari merak ialah gending macan tutul.

Selain itu, ada juga lagu cingcangkeling yang mulai popular digunakan sebagai musik pengiring tari merak.

Tidak hanya itu, nanti gending ini juga diselingi dengan tabuhan dari alat musik waditra bonang dengan suara yang sangat kencang sebagai tanda dimulainya gerakan pasangan burung merak saling bermesraan.

Keunikan, Makna dan Filosofi Tari Merak

Adaptasi Tingkah Laku Merak Jantan

Sebagaimana Tari Cendrawasih dari Bali yang mengadaptasi perilaku dari burung cendrawasih.

Tarian merak juga mengadaptasi akan tingkah laku dari burung merak jantan dalam mencoba ‘menggaet’ pasangannya, hal inilah yang menjadi inspirasi diciptakannya gerakan-gerakan dasar tari merak. Seperti mengepakkan properti sayap sebagai simbol representasi ekor burung merak.

Gerakan lain yang diadaptasi dalam tarian ini yaitu cara jalan burung merak yang tergambar dalam gerakan kepala menunduk dengan salah satu tangan diletakkan ke depan badan, tepatnya di bawah dagu.

Gerakan pada tari merak ini mengisyaratkan akan keceriaan serta kebahagiaan, sebagai lambang keindahan makhluk ciptaan Tuhan.

Tari merak juga menggambarkan akan usaha dan juga ketangkasan seseorang dalam meraih apa yang diinginkan.

Kostum Menyerupai Burung Merak

Busana dan juga properti yang dipakai oleh penarinya yang terlihat mencolok menjadi keunikan serta ciri khas dari tari merak.

Kostum tari merak memang benar-benar menggambarkan layaknya burung merak yang asli, yang mana memiliki motif khas bulu merak serta perpaduan warna hijau, hitam dan biru.

Adanya seperti perlengkapan sayap sebagai ilustrasi ekor merak yang terkembang membuatnya semakin megah dan cantik.

Penari Perempuan

Selain dari sisi busana yang dikenakan penari, keunikan lain dari tari merak adalah dari penarinya sendiri.

Kenapa?

Tari merak menggambarkan merak jantan yang sedang menarik perhatian pasangannya, namun dalam pentasnya tarian ini ditarikan oleh penari perempuan.

Mengapa hampir tidak ada penari laki-laki dalam tarian ini?

Tentu saja karena perempuan dianggap mempunyai gestur tubuh dan juga keluwesan yang lebih merepresentasikan gerakan merak jantan, dari pada penari laki-laki.

Properti Tata Panggung Tari Merak

Properti Tata Panggung Tari Merak
toriqa.com

Panggung yang berupa tempat luas serta tidak adanya variasi di atas panggung itu akan membuat kurang kurang tergambarnya latar dari tari merak bagi penonton.

Seharusnya, dekorasi harus benar-benar disetel, bisa berupa rumput-rumputan atau pohon-pohonan untuk menonjolkan kesan burung merak yang tinggal di hutan.

Pentas yang diletakkan di tempat yang luas dan juga kosong itu akan sulit menyesuaikan dengan tata lampu.

Lakukan pencahayaan atau atur skema pencahayaan yang baik, agar penari dapat dilihat dengan jelas oleh penonton.

Baca juga: Mengenal Tari Kupu Kupu, Tarian Khas Bali Secara Lengkap.

Penampilan Tari Merak dalam Event

Properti tari Merak dan Penampilan Tari Merak dalam Event
toriqa.com

Expo di Amerika Serikat

Ini mungkin hanya segelintir orang yang tau bahwa tari merak sudah pernah tampil dalam event internasional pada tahun 1970, yaitu sebuah expo di Amerika Serikat.

Penampilan tari merak dalam expo saat itu sangat luar biasa meskipun tidak memenangkan juara, tetapi menjadi titik balik perkembangan kostum burung merak menjadi beberapa warna yang indah tidak hanya terpatok pada warna hijau saja.

Konferensi Asia Afrika (KAA) Bandung

Selain pernah tampil dalam Event super penting, tari merak juga pernah ditampilkan dalam penyambutan tamu agung dari berbagai negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) pada tahun 1955 di Bandung, Jawa Barat.

Saat itu presiden pertama kita Ir Suekarno memilih langsung tari merak sebagai tari penghormatan tamu. Hal ini juga menjadi kebanggan tersendiri sebagai simbol bahwa tari merak punya banyak kelebihan dan mendapatkan penghargaan yang tertinggi sebagai salah satu budaya bangsa.

Sarewu Merak Tandang

Yang tak kalah menarik yaitu, tari merak pernah menjadi icon of Sundanese yang ditetapkan secara resmi pada tahun 1990.

Tari ini kemudian diusung dalam sebuah festival tari merak bertajuk sarewu merak tandang yang diselenggarakan pada tahun 2015 dalam rangka memperingati 50 tahun lahirnya tari merak.

Hal tersebut selain sebagai ajang promosi, juga sebagai bentuk nguri-uri budaya yang semestinya terus dilestarikan.

Penutup Pengenalan Properti Tari Merak

Kita sebagai bangsa yang baik harusnya bangga punya ragam budaya yang sangat kaya. Tari merak selain tari tradisional juga merupakan simbol identitas bangsa yang sudah diakui dunia. Hal ini terbukti dari berkali – kali tari merak sudah pernah tampil di berbagai evens nasional maupun internasional.

Untuk itu, kita perlu mengenal lebih dalam apa itu tari merak, teknik gerakan serta propertinya bagaimana, jika perlu kita ikut terlibat didalamnya (mempelajarinya maupun ikut menyebarkan keelokan tari merak untuk dunia)

Mungkin cukup sekian pembahasan seputar properti tari merak, semoga bisa menambah wawasan dan kepedulian kita akan budaya bangsa ini.

Tinggalkan komentar