Ingin Sukses Mendapat Pekerjaan, Yuk Intip Apa Saja Persyaratan Lamaran Kerja yang Wajib Disertakan

Melamar pekerjaan memang harus membutuhkan trik khusus agar lekas diterima. Salah satu langkah yang bisa anda perhatikan adalah dokumen yang akan diberikan kepada perusahaan untuk pertama kalinya. Selain lengkap, dokumen tersebut juga harus memberikan informasi yang cukup. Inilah persyaratan lamaran kerja yang wajib anda sertakan saat melamar kerja.

Ingin Sukses Mendapat Pekerjaan, Yuk Intip Apa Saja Persyaratan Lamaran Kerja yang Wajib Disertakan

7 Macam Dokumen Wajib yang Dipersiapkan Saat Melamar Kerja

  1. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae

Dokumen wajib pertama yang harus anda sertakan ketika melamar kerja adalah Daftar riwayat hidup atau sering disebut juga dengan Curriculum Vitae. Dokumen ini akan memuat data diri, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan informasi lainnya yang dibutuhkan untuk melamar kerja. Dokumen ini akan pasti diminta oleh perusahaan. 

Bagi anda yang merupakan lulusan baru dan ingin melamar pekerjaan pertama kali, maka anda juga bisa mencantumkan pengalaman organisasi, magang, atau kegiatan yang lainnya. Banyak CV di desain dengan kreatif untuk menarik perhatian HRD. Desain yang menarik ini juga bisa menjadi cara anda menunjukkan daya kreatif. 

  1. Surat lamaran kerja atau cover letter

Persyaratan lamaran kerja lainnya yang harus ada adalah Surat lamaran kerja atau yang sering disebut dengan cover letter. Surat lamaran ini biasanya akan dibuat dengan kesan formal. Sehingga fungsinya sebagai surat pengantar dokumen lainnya yang akan anda sertakan. Dalam surat ini anda akan menyebutkan alasan mengapa tertarik bekerja di perusahaan tersebut. 

Jangan sampai mengabaikan atau melupakan dokumen satu ini. Hal ini karena biasanya, dikumen ini akan menjadi alat screening awal HR kepada para pelamar pekerjaan. Beberapa poin yang bisa anda gunakan dalam surat lamaran ini adalah seperti Salam pembuka, Nama dan tujuan menuliskan surat, Alasan melamar posisi tersebut hingga Kontak yang dapat dihubungi. 

  1. Ijazah dan transkrip nilai

Dokumen lainnya yang bisa anda sertakan adalah ijazah dan transkrip nilai. Dokumen ini penting karena akan dijadikan sebagai referensi perusahaan tentang jenjang pendidikan dan juga kemampuan menguasai materi pendidikan saat di bangku sekolah. Walaupun tidak semua meminta dokumen ini, namun masih ada banyak yang menggunakannya sebagai syarat. 

Hal ini karena ada beberapa perusahaan yang masih mensyaratkan nilai minimal pendidikan untuk diterima kerja. Tak perlu melampirkan dokumen aslinya, namun persyaratan lamaran kerja ini cukup anda lampirkan salinannya saja. Dokumen ini akan membuat HRD lebih mudah menilai kemampuan anda. 

Baca Juga: 4+ Manfaat dari Slip Gaji Sederhana Menggunakan Sistem Online

  1. Pas foto terbaru

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk dilampirkan adalah pas foto. Foto terbaru yang menunjukkan diri anda ini akan memberikan perusahaan sebuah gambaran tentang pekerjanya. Pas foto ini bisa menggunakan desain setengah badan namun juga ada yang full body, tergantung permintaan perusahaan. 

Beberapa perusahaan penyedia lowongan kerja juga mensyaratkan pelamarnya untuk melampirkan pas foto terbaru untuk dicantumkan di CV. Ada yang meminta pas foto setengah badan atau pas foto full body. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan desain background yang sesuai dengan permintaan perusahaan ya. 

  1. Sertifikat terkait

Persyaratan lamaran kerja yang lain yang bisa anda sertakan adalah seperti sertifikat pendukung. Melampirkan sertifikat kegiatan yang pernah diikuti ini akan membuat anda terlihat unggul daripada kandidat pelamar kerja lainnya.  Namun jangan terlalu berlebihan, anda bisa memilih beberapa sertifikat yang sesuai. 

Beberapa sertifikat yang bisa dilampirkan adalah seperti sertifikat pelatihan atau kursus, sertifikat TOEFL, piagam penghargaan, atau sertifikat pendidikan non formal lainnya. Sertifikat yang dilampirkan ini sebaiknya yang masih berhubungan dengan jenis pekerjaan yang akan anda lamar. 

  1. Identitas Pribadi 

Selain dokumen diatas, anda juga wajib menyertakan salinan indentitas pribadi yang pastinya akan dibutuhkan untuk bahan pertimbangan HRD perusahaan. Identitas diri tersebut adalah seperti fotokopi KTP atau KK. Namun sebelum mengirimkan data diri ini, anda harus memastikan bahwa perusahaan tersebut benar benar terpercaya. 

Maka untuk berjaga jaga, lampiran data diri ini bisa anda berikan bila perusahaan memintanya saja. Sehingga data diri pribadi anda tidak bisa disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bila perusahaan tempat melamar kerja tidak meminta data diri maka anda cukup melampirkan CV, surat lamaran kerja, dan sertfikat saja.

  1. Portofolio

Ada beberapa persyaratan lamaran kerja yang memang mengharuskan untuk menyertakan portofolio. Dokumen ini akan berisi tentang riwayat pekerjaan, pencapaian, hingga kumpulan hasil karya dalam bidang tertentu. Hal ini akan diperlukan bila anda melamar pekerjaan pada perusahaan yang bergerak di industri kreatif. 

Itulah beberapa berkas wajib yang harus ada dalam lampiran lamaran pekerjaan anda. Berkas wajib tersebut haruslah ada untuk memberikan informasi yang jelas tentang pelamar pekerjaan. Sehingga dari pihak HRD perusahaan akan lebih mudah dalam mendapatkan kandidat yang sesuai. Ikuti langkah diatas dan segera kirimkan lamaran kerja anda. 

Tinggalkan komentar