Pengertian Sistem Bilangan Biner dan Contoh Serta Kasusnya

Sistem bilangan biner adalah cara untuk merepresentasikan angka. Sistem ini digunakan dalam komputasi digital karena merupakan bentuk representasi data yang sederhana namun kuat.

Definisi Sistem Bilangan Biner

Bilangan biner adalah sistem yang merepresentasikan nilai dengan menggunakan angka 0 dan 1. Sistem bilangan biner adalah sistem basis-2 (atau radix-2), yang berarti hanya menggunakan dua angka: 0 dan 1. Bilangan biner digunakan untuk merepresentasikan informasi digital; misalnya, perangkat memori mungkin menyimpan data sebagai bit biner yang dapat dibaca oleh beberapa jenis sensor. Karena hanya ada dua digit dalam basis angka ini, sistem ini juga dikenal sebagai sistem angka biner atau hanya basis 2.

Contoh dan Kasus Sistem Bilangan Biner

Sistem bilangan biner, juga disebut notasi basis-2 atau basis-2 (atau hanya 2), digunakan untuk mewakili data digital. Dalam sistem biner, setiap digit bisa memiliki satu dari dua nilai-0 atau 1. Digit-digit ini biasanya disebut “bit”. Setiap bit membentuk angka biner yang mewakili pangkat tertentu dari 2. Misalnya, 1110 dalam sistem desimal (basis 10) akan ditulis sebagai 8 + 4 + 2 + 0 dalam sistem biner karena sama dengan 32 (1×32 + 0×16 + 0×8 + 0×4 + 0×2+1).

Bilangan biner paling sering digunakan untuk menyimpan dan memproses data komputer. Misalnya, ketika Anda menyimpan gambar favorit Anda pada hard drive komputer atau mengunggahnya ke media sosial seperti Facebook®, setiap piksel informasi warna disimpan sesuai dengan nilai merah/hijau/biru (RGB); jenis skema penyimpanan ini menggunakan tiga byte berbeda per piksel: satu byte untuk kemerahan/kehijauan/kebiru-biruan ditambah delapan byte lagi untuk atribut lain seperti saturasi dan pencahayaan

Baca Juga: Sistem Bilangan Maya: Pengertian, Contoh, Serta Kasusnya

Kegunaan Sistem Bilangan Biner

Sistem bilangan biner digunakan dalam komputasi digital karena merupakan bentuk representasi data yang sederhana namun kuat. Komputer menggunakan sistem bilangan biner karena komputer hanya dapat menyimpan dan memproses informasi dalam 1s dan 0s.

Kesimpulan

Bilangan biner adalah bentuk representasi data yang sering digunakan dalam komputasi digital. Sistem biner dikembangkan oleh Gottfried Leibniz dan John Napier, yang keduanya bekerja pada sistem bilangan desimal pada waktu yang berbeda.

Tinggalkan komentar