Pengertian Sejarah menurut para ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Luar Negeri – Dalam Negeri [ Terlengkap ] +Gambar

Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang pengertian sejarah menurut para ahli, baik dari para tokoh dalam negeri ataupun luar negeri.

Sejarah sangat penting dalam berdirinya suatu bangsa, seperti kata sang proklamator Ir.sukarno Jangan pernah melupakan sejarah, ini akan membuat dan mengubah siapa kita.

Sebuah bangsa terbentuk karena mempunyai sejarah yang sama terutama sejarah tentang para pejuang dari sebuah bangsa untuk kebebasannya.

Oleh kerena itu, sebelum kita belajar sejarah lebih jauh, sangat penting kita belajar terlebih dahulu tentang pengertian sejarah.

Berikut ini kami himpun pengertian sejarah Menurut pendapat dan gagasan para ahli dan tokoh, berikut ini artikelnya untuk anda.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Indonesia

Pengertian sejarah menurut para ahli
Artikel mengeluh

Menurut beberapa tokoh ahli dari Indonesia, mereka mengungkapkan pendapatnya tentang pengertian sejarah. Siapakah para ahli serta tokoh tersebut? Berikut ini daftar para tokoh dan pendapatnya tentang pengertian sejarah.

Pengertian sejarah menurut para ahli, tokoh dan ilmuan dari indonesia dan luar negeri

1. Sejarah Menurut Mohammad Hatta

sejarah menurut bung hatta
ArteriNews

Menurut pandangan Muhamad Hatta, sejarah bukan untuk melahirkan cerita dari kejadian masa lampau, tetapi justru memberikan pengertian dari masa lalu sebagai masalah-masalah.

 2. Sejarah Muhammad Yamin

Sejarah menurut mohammad yamin
Kompas.com

Muhamad Yamin memberikan definisinya tentang sejarah, menurutnya sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang tersusun berdasarkan hasil penyelidikan dari beberapa peristiwa, yang dapat dibuktikan kebenarannya.

3. Sejarah Menurut Moh. Ali

Moh Ali merupakan Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), beliau berpendapat bahwa sejarah merupakan keseluruhan dari sebuah perubahan, dan juga dari kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi.

Sejarah adalah disiplin ilmu, yang mempelajari serta menyelidiki tentang perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau.

 4. Sejarah Menurut Nugroho Notosusanto

Menurut pendapat Nugroho Notosusanto, Sejarah merupakan segala bentuk peristiwa yang menyangkut manusia sebagai mahluk bermasyarakat yang terjadi di masa lalu.

Selain itu, sejarah juga diartikan sebagai kisah dari segala bentuk peristiwa, dan kisah itu tersusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa itu.

5. Sejarah Menurut J.S Poerwadaminta

Jika dilihat dari definisi dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, Pengertian sejarah menurut W.J.S Poerwadaminta, sejarah merupakan Asal-usul (keturunan) silsilah, Kejadian serta peristiwa yang memang secara fakta terjadi di masa lampau.

Kemudian dari riwayat kejadian, cerita serta Pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.

6. Sejarah Menurut Roeslan Abdulgani

Pengertian sejarah menurut para ahli
Duniatempo.co

Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani , yang merupakan tokoh yang dianggap sebagai orang yang sangat berpengaruh atas suksesnya acara KAA Asia-Africa Di Bandung ini.

Beliau mendefinisikan sejarah sebagai ilmu yang fokus untuk meneliti serta menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lalu beserta kejadian-kejadiannya.

Tujuannya adalah untuk menilai secara kritis semua hasil dari penelitiannya, agar bisa dijadikan perbendaharaan atau pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres masa depan.

Roeslan Abdulgani menggambarkan sejarah seperti penglihatan secara tiga dimensi; pertama penglihatan ke masa lampau, kedua penglihatan kemasa sekarang, dan ketiga penglihatan kemasa yang akan datang.

Artinya, suatu penyelidikan kemasa silam tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan-kenyataan masa sekarang yang sedang dihadapi, dan sedikit banyak tidak dapat kita melepaskan diri dari perspektif masa depan.

7. Sejarah Menurut Drs. Sidi Gazalba

Menurut pendapat ahli filsafat ini sejarah merupakan kejadian masa lalu manusia serta seputarnya, yang disusun secara ilmiah dan juga lengkap yang meliputi urutan-urutan fakta masa tersebut dengan penjelasan yang jelas tentang segala sesuatu yang berlaku.

8. Sejarah Menurut W. J. S. Poerwadarminta

Pengertian sejarah menurut W. J. S. Poerwadarminta dijelaskan dalam buku yang berjudul Kamus Umum Bahasa Indonesia, dalam buku tersebut arti sejarah dapat diartikan sebagai:

  1. Asal – usul atau silsilah
  2. Peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
  3. Ilmu, pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar telah terjadi pada masa lampau.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Luar Negeri

Sejarah menurut para tokoh luar negeri
Pixels

Ada beberapa tokoh serta ahli dari luar negeri yang mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian dari sejarah, mereka juga menyumbangkan waktunya serta pemikirannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan terutama dibidang sejarah.

Berikut ini beberapa tokoh serta ilmuan yang megungkapkan pendapatnya tentang pengertian sejarah.

1. Sejarah Menurut Ibnu Khaldun

Sejarah menurut ilmuan luar negeri
Binanalar

Menurut seorang sejarawan yang berasal dari tunisia ini yang lebih dikenal sebagai pendiri ilmu Historiografi, Ekonomi dan Sosiologi ini, mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umum dan manusia, atau peradaban manusia yang terjadi pada watak atau sifat masyarakat tersebut.

2. Sejarah Menurut Aristoteles

Sejarah menurut aristoteles
Biografi tokoh dunia

Seorang Filsuf asal Yunani ini mengungkapkan bahwa, sejarah adalah suatu sistem yang meneliti tentang sebuah kejadian yang terjadi sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi.

Aristoteles juga berpendapat bahwa sejarah meliputi semua bentuk peristiwa pada masa lalu yang memiliki catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.

3. Sejarah Menurut Charles Harding Firth

Seorang sejarawan asal Inggris ini berpendapat bahwa Sejarah merupakan rekaman dari kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terjadi secara terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam keadaan material yang telah membantu atau merintangi proses perkembangannya.

4. Sejarah Menurut Jan Marius Romein

Sejarawan dan juga sekaligus Jurnalis asal Belanda ini adalah seorang penulis buku Dalam Pesona Prambanan Indonesia di Tengah Gejolak Dunia (versi Indonesia).

Jan marius romein berpendapat bahwa, Kata sejarah mempunyai makna yang sama dengan kata history dalam bahasa Inggris dan geschichte dalam bahasa Jerman, yang maknanya adalah cerita tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau.

5. Sejarah Menurut Henri Pirenne

Menurut henri pirenne, seorang sejarawan asal Belgia yang menulis sejarah multivolume tentang Belgia dan Prancis ini mengungkapkan pendapatnya tentang sejarah.

menurutnya sejarah adalah sebuah kisah yang meliputi berbagai peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam masyarakat.

6. Sejarah Menurut Ernst Bernheim

Pengertian sejarah Menurut sudut pandang seorang sejarawan asal German Ernst bernhheim, ia mendefinisikan sejarah sebagai sebuah ilmu yang menelusuri serta menempatkan peristiwa-peristiwa tertentu dalam ruang dan waktu mengenai perkembangan manusia, baik secara perorangan maupun kolektif, sebagai makhluk sosial dalam hubungan sebab akibat,baik lahir maupun batin.

7. Sejarah Menurut Beverley Southgate

Beverley mendefinisikan Sejarah sebagai sebuah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang terjadi pada masa lampau,

Secara ideal studi tersebut adalah sebuah penyajian masa lalu, sebagaimana adanya.

Sejarah merupakan suatu studi yang menunjukkan sebuah fakta; tidak hanya dapat dinikmati adanya, tetapi juga secara moral juga bermanfaat di dalam pengajaran.

Oleh karena itu Sejarah divalidasi sesuai dengan metode ilmu pengetahuan; dengan difokuskan terhadap sebuah objek yang bersumber dari fakta dan menghasilkan suatu laporan yang benar.

8. Sejarah Menurut Muthahhari

Sejarah Menurut Para ahli
WWW.Tebyan.net

Menurut Muthahhari, untuk mendefinisikan sejarah dapat melalui tiga cara dan juga tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan yaitu:

  1. Filsafat sejarah merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala bentuk perubahan yang terjadi secara bertahap, dan membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, dia ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dalam artian, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.
  2. Sejarah ilmiah yaitu ilmu pengetahuan tentang berbagai hukum yang tampak menguasai kehidupan pada masa lampau yang diperoleh melalui sebuah pendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa dimasa lampau.
  3. Sejarah tradisional yaitu ilmu pengetahuan, yang megulas tentang kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau yang ada kaitannya dengan keadaan-keadaan dimasa sekarang.

9. Sejarah Menurut Benedetto Croce

sejarah menurut para ahli
Sergio de tomi

Sejarah menurut Benedetto Croce adalah suatu rekaman dan kreasi jiwa manusia di segala bidang, baik teoritikal maupun praktikal.

Kreasi spiritual ini selalu ada dalam hati dan pikiran manusia jenius, pemikir, budayawan yang lebih mementingkan tindakan dan pemburu agama.

Mungkin demikian pengertian sejarah menurut para ahli, baik secara etimologi ataupun dari beberapa pendapat dari tokoh dalam negeri dan luar negeri yang dianggap berpengaruh dalam disiplin ilmu sejarah.

Sebagai sebuah bangsa yang besar, bangsa yang kaya akan sejarah, sudah seharusnya kita memberikan perhatian khusus terhadap sejarah, terutama sejarah Indonesia.

Kita dapat belajar banyak hal melalui sejarah, memetik hikmah dari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau untuk mempersiapkan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Terlepas dari apapun latar belakang pendidikan, profesi dan kedududkan anda, penting bagi bagi anda untuk mengetahui sejarah dan mengambil pelajaran pelajaran yang terkandung didalamnya. Berbagai bentuk peristiwa yang terjadi dimasa lampau bisa kita jadikan sebagai motivasi untuk berbuat lebih baik dari pendahulunya.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar