Ini Dia, Pengertian Offside Dalam Sepak Bola yang Harus Kamu Tahu!

Pengertian offside adalah aturan yang kontroversial dalam sepak bola. Ini dirancang untuk mencegah tim menggunakan pemain sebagai umpan untuk menyiasati pertahanan tim lain, tetapi juga menghukum pemain bertahan yang berlari ke bawah lapangan untuk mencoba dan membuat permainan pada bola.

Pengertian Offside Adalah Aturan yang Bisa Jadi Sulit Dipahami

Offside adalah aturan yang bisa jadi sulit dipahami. Pengertian Offside dirancang untuk mencegah pemain berada dalam posisi yang menguntungkan ketika bola keluar dari permainan.

Apa maksudnya ini? Katakanlah Anda sedang bermain sepak bola dan salah satu rekan tim Anda menendang bola ke gawang lawan (net). Anda biasanya akan mencetak poin untuk tim Anda, tetapi karena Anda offside, tim Anda tidak dapat mencetak gol! Itu berarti tidak ada poin untuk mereka!

Hal ini bisa membingungkan karena terkadang tidak jelas kapan offside berlaku atau tidak. Sebagai contoh: Misalkan tidak ada orang di antara Anda dan gawang ketika rekan setim Anda menendang bola? Lalu apa yang terjadi jika mereka lebih dekat dari dua meter dari tempat Anda berdiri? Atau mungkin mereka bahkan tidak berada di sisi mereka sama sekali sebelum mereka menendangnya melewati garis sisi lain; apakah ini masih dihitung sebagai “offside”?”

Baca Juga: Sejarah Futsal dan Perkembangannya [ Di Dunia, Di Indonesia ] + Gambar

Apasih Offside itu dan Gimana Skemanya

Seorang pemain berada dalam posisi offside ketika mereka lebih dekat ke garis gawang lawan dari pada bola dan bek terakhir di sebelahnya. Bola harus berada dalam permainan, begitu juga semua pemain lainnya, pada saat melakukan operan atau tembakan.

  • Pemain juga harus berada di setengah lapangan lawan agar aturan ini berlaku.
  • Pemain bertahan terakhir harus berada di samping mereka, yang berarti bahwa jika ada lebih dari dua pemain bertahan di antara Anda dan garis gawang/kiper/tiang gawang Anda maka Anda tidak akan offside (bahkan jika ada orang lain yang menyentuhnya terlebih dahulu).
  • Terakhir, mereka harus lebih dekat dengan garis gawang Anda daripada tempat Anda menendang/melewati/memukulnya (yaitu: lebih jauh ke belakang di sisi mereka di tengah lapangan daripada sisi Anda).

Penyebab Offside Bisa Terjadi

Jika seorang pemain diberikan bola saat berada dalam posisi offside, tim mereka akan kehilangan penguasaan bola.

Jika seorang pemain memasuki setengah lapangan mereka sendiri dan menerima bola dari lawan, maka pemain tersebut tidak dapat disebut offside selama mereka tidak memainkan bola ke depan.

Jika seorang pemain berdiri dalam posisi offside ketika mereka menerima operan dari pemain lain di tim mereka yang telah dijegal oleh anggota tim lawan (ini bisa disebut “dimainkan”), maka mereka tidak melakukan pelanggaran dan tidak boleh dihukum.

Hukum Dalam Terjadi nya Offside

Aturan offside dirancang untuk mencegah pemain mengambil keuntungan dari posisi mereka. Misalnya, jika seorang pemain berada dalam posisi offside, mereka tidak dapat menerima umpan dari tendangan sudut atau lemparan ke dalam. Jika lawan telah memainkan bola ke depan dan kemudian salah satu rekan satu tim mereka bergerak di belakang mereka, ini dianggap onside.

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda berdiri dalam posisi offside dan seseorang mengoper bola kepada Anda, Anda masih akan disebut offside bahkan jika tidak ada orang lain yang menyentuhnya sebelum mencapai kaki Anda.

Offside Dapat Terjadi Terhadap Siapapun

Offsides juga dapat dilakukan terhadap pemain yang tidak memiliki penguasaan bola. Hal ini terjadi apabila seorang pemain ofensif berada dalam posisi offside (tidak berada di dalam atau di belakang setengah lapangannya sendiri) dan ia terlibat dalam permainan aktif dengan cara:

  • Mengganggu permainan, seperti mencegah pemain bertahan dari menantang bola
  • Memainkan atau menyentuh bola yang dioper kepadanya

Offside juga dapat dilakukan terhadap pemain yang lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan bek terakhir di sebelahnya.

Hal yang Tidak Terpengaruh Offside

Dalam sepak bola, seorang pemain tidak offside jika mereka menerima operan dari rekan setimnya sendiri yang melewati belakang mereka.

Seorang pemain juga tidak offside jika mereka menerima operan dari rekan setimnya sendiri yang melewati kepala mereka.

Kesimpulan

Pengertian offside adalah salah satu aturan yang paling kontroversial dan membingungkan dalam sepak bola. Mungkin sulit untuk dipahami, tetapi ada beberapa cara untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang aturan ini. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang cara kerja offside, lihat artikel kami berikutnya tentang bagaimana hal itu memengaruhi permainan!

Tinggalkan komentar