Pengertian Etos Kerja: Definisi, Manfaat, Contoh, Dan Kesimpulannya

Pengertian Etos kerja Anda adalah seperangkat nilai yang Anda gunakan sebagai panduan Anda di tempat kerja. Etos kerja dapat membantu Anda menjadi lebih sukses dan lebih bahagia dalam karier Anda.

Definisi Pengertian Etos Kerja

Singkatnya, etos kerja adalah sikap Anda terhadap pekerjaan. Ini adalah cara Anda melakukan pendekatan terhadap tugas-tugas dan tanggung jawab di hadapan Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa definisi orang lain tentang pengertian etos kerja mereka sendiri lebih akurat daripada definisi Anda, tetapi itu belum tentu benar. Definisi Anda (dan tindakan selanjutnya) akan didasarkan pada keyakinan pribadi Anda tentang apa yang perlu diselesaikan, siapa yang harus melakukannya, berapa banyak usaha yang diperlukan dan berapa banyak waktu yang diperlukan.

Cara yang baik untuk melihat apakah Anda memiliki etos kerja yang sehat atau tidak adalah dengan melihat betapa mudahnya bagi orang lain untuk mengandalkan Anda di rumah atau di sekolah. Jika orang lain tahu bahwa mereka bisa mengandalkan Anda untuk menyelesaikan sesuatu tanpa harus diingatkan atau diomeli, maka kemungkinan besar sikap Anda tentang menyelesaikan pekerjaan telah terbangun dengan baik dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Budaya Adalah: Produk Dari Lingkungan, Simak Contoh Serta Kesimpulannya

Manfaat dari Etos Kerja

Anda akan lebih sukses dalam hidup.

Anda akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Anda akan lebih bahagia dan karenanya, lebih sehat.

Anda akan lebih percaya diri dengan diri Anda sendiri dan keputusan yang Anda buat.

Anda akan dihormati oleh rekan-rekan Anda dan orang-orang di sekitar Anda karena muncul setiap hari, mengurus bisnis, dan memenuhi tenggat waktu atau tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya… dan tidak ada yang bisa mengambilnya dari Anda!

Contoh Etos Kerja

Sikap itu penting. Sikap Anda dapat menentukan seberapa sukses Anda dalam hidup. Sikap positif akan membantu Anda maju di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi Anda. Sikap positif adalah seperangkat nilai yang memandu Anda ketika keadaan menjadi sulit.

Sikap positif:

  • Anda percaya pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda, terutama mereka yang berusaha sebaik mungkin untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan membuat segalanya lebih mudah bagi orang lain.
  • Anda yakin bahwa segala sesuatu akan berjalan dengan baik (bahkan jika tidak terlihat seperti itu)
  • Anda bertanggung jawab atas masalah yang timbul daripada menyalahkan orang lain atau membuat alasan untuk kesalahan yang dibuat (“Saya tidak tahu bagaimana ini bekerja!”)

Sikap negatif:

  • Anda tidak percaya pada diri sendiri atau orang-orang di sekitar Anda; sebaliknya, Anda menaruh semua kepercayaan Anda pada kemampuan orang lain (termasuk mereka yang tidak melakukan pekerjaan mereka dengan baik)

Cara Membedakan Etos Kerja

Pengertian Etos kerja merupakan cara Anda melakukan pendekatan terhadap pekerjaan Anda, dan ini memengaruhi seberapa sukses Anda dalam pekerjaan itu.

Etos kerja yang baik dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang dan mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam hidup.

Etos kerja yang buruk bisa membatasi jumlah uang yang Anda hasilkan dan prestasi yang Anda peroleh.

Bagaimana Anda tahu apakah etos kerja Anda baik atau buruk? Jawaban atas pertanyaan itu tergantung pada apakah ada manfaat atau kekurangan dari pendekatan Anda saat ini dalam bekerja. Jika ada manfaatnya, maka kemungkinan besar sikap Anda terhadap kerja adalah positif-dan sebaliknya untuk aspek negatif juga!

Kisah Etos Kerja

Etos kerja adalah kecenderungan untuk bekerja keras, produktif dan menyelesaikan sesuatu. Etos kerja juga tentang mempertahankan standar yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain, baik Anda dibayar untuk pekerjaan Anda atau tidak. Orang dengan etos kerja yang kuat bersedia melakukan yang terbaik.

Anda dapat memberikan dampak pada kehidupan orang lain dengan berbagi cerita yang menggambarkan pentingnya memiliki etos kerja yang kuat. Jika ada seseorang yang Anda kenal yang memiliki kisah inspiratif tentang bagaimana mereka mengatasi tantangan melalui kerja keras, bagikan di media sosial menggunakan #MyWorkEthicStory.

Kesimpulan Etos Kerja

Pengertian Etos kerja adalah seperangkat nilai yang Anda gunakan sebagai panduan Anda di tempat kerja. Anda tahu bahwa etos kerja Anda telah dikembangkan ketika Anda membuat keputusan berdasarkan apa yang terbaik bagi perusahaan, atau apa yang akan memberikan kontribusi paling besar bagi kesuksesan pribadi Anda dan kesuksesan orang lain.

Etos kerja Anda bisa menjadi cara hidup Anda jika Anda menuliskannya dan meninjaunya setiap hari. Ketika hal ini terjadi, akan lebih mudah untuk memastikan bahwa segala sesuatu yang terjadi di tempat kerja selaras dengan nilai-nilai kita, karena nilai-nilai itu dituliskan secara hitam-putih, sehingga tidak ada kebingungan tentang nilai-nilai itu!

Anda akan menemukan bahwa memiliki rasa tujuan dan produktivitas yang kuat membuat hidup lebih mudah dan lebih memuaskan daripada ketika Anda tidak tahu mengapa atau seberapa keras untuk mendorong diri Anda sendiri setiap hari… atau jika bahkan ADA yang namanya “sulit”.

Kesimpulan

Kita semua ingin sukses, dan inilah mengapa kita memerlukan etos kerja yang kuat. Etos kerja yang kuat dapat membantu kita mencapai tujuan dan mencapai ketinggian baru dalam karier kita. Memiliki etos kerja yang kuat berarti muncul setiap hari dengan semangat, tekad, dan kegigihan. Etos kerja yang kuat berarti memberikan jam kerja ekstra saat dibutuhkan tanpa mengeluh tentang hal itu karena Anda tahu betapa rekan kerja Anda menghargai upaya Anda atas nama mereka. Singkatnya: ini berarti menjadi manusia yang mengagumkan!

Tinggalkan komentar