Mengenal Lebih Dekat Tugas dan Juga Gaji Pilot Tahun 2022

Pilot adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh kalangan laki-laki. Selain terlihat menyenangkan karena berkaitan dengan kendaraan, nyatanya pilot juga menjadi prospek kerja yang bagus. Bahkan gaji pilot ini juga sebanding dengan berbagai tugas yang harus dijalankannya. Penasaran apa saja? berikut paparan lengkap untuk anda.

Mengenal Lebih Dekat Tugas dan Juga Gaji Pilot Tahun 2022

Baca Juga: Tertarik Kerja Di PT. KAI? Yuk Intip Kisaran Gaji Masinis dan Beberapa Posisi Lainnya

Tugas dari Seorang Pilot

  1. Menerbangkan Kendaraan Udara atau Pesawat

Salah satu tugas pilot yang banyak di ketahui oleh masyarakat secara umum adalah menerbangkan pesawat. Pada saat menerbangkan pesawat tersebut, pilot tidak hanya bekerja sendiri namun dengan beberapa tim. Biasanya sekali menerbangkan pesawat, ia bakal bekerja sama dengan CO pilot, kapten, bagian ahli mesin, pramugari, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam proses menerbangkan pesawat tersebut, maka keselamatan dari pesawan yang di tunggangi bakal menjadi tanggung jawab pilot secara utuh. Maka dari itu, sebelum akhirnya menerbangkan pesawat, maka umumnya mereka bakal memperoleh banyak bekal pendidikan dari gaji pilot yang diterima. Tidak ketinggalan, seorang pilot juga harus paham dengan masalah cuaca.

  1. Bisa Menjaga Keselamatan pada Setiap Penumpang

Tidak hanya mahir dalam menerbangkan pesawat saja, nyatanya seorang yang nantinya terjun berkarir di bidang pilot juga harus memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam menjamin keselamatan bagi penumpangnya. Di harapan pada saat menerbangkan kendaraan tersebut, seorang pilot harus bisa membawa penumpang hingga selamat sampai tujuan.

Umumnya untuk tugas yang satu ini biasanya dikhususkan bagi para pilot tipe komersial yang bekerja dalam sebuah maskapai penerbangan dan juga pada saat menerbangkan pesawat namun tetap di bayar. Namun yang perlu di garis bawahi juga, selain gaji pilot yang besar, ia juga diharapkan mampu memastikan semua penumpang bisa nyaman pada saat perjalanan.

  1. Mampu Menjaga Kesehatan Diri dengan Baik

Hampir pada semua hal yang berkaitan dengan bidang jasa akan memiliki tanggung jawab yang besar pada setiap konsumen, salah satunya juga pilot. Namun di satu sisi hal yang tidak boleh dilupakan bagi orang yang terjun di dunia pilot adalah harus tetap menjaga kesehatan pada dirinya, baik pada saat sebelum atau pas menerbangkan pesawat.

Menjaga kesehatan diri ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Lantaran pada saat mengemudikan kendaraan pesawat tersebut diharapkan dia dalam keadaan fit. Meskipun gaji pilot besar, namun ia dilarang memaksa untuk menerbangkan pesawat dalam kondisi yang kurang sehat, Hal ini dikhawatirkan bakal memberikan dampak negatif bagi kenyamanan dan keselamatan penumpang.

  1. Paham akan Berbagai Batasan di Karirnya

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan jika seseorang terjun untuk berkarir di bidang pilot adalah harus paham betul dengan berbagai batasan yang ada. Batasan yang dimaksud dini adalah batas keahlian dan juga kemampuannya dalam menerbangkan pesawat. Jika ia melebihi batasan tersebut, dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif di masa yang akan datang.

  1. Tahu Berbagai Rute dan Juga Tanda Bahaya

Tugas lain yang harus dimiliki oleh orang yang berkecimpung dalam dunia pilot adalah harus paham dengan berbagai rute dan juga tanda bahaya. Rute yang dimaksud dini adalah arah tujuan dari berbagai penerbangan, baik dalam maupun luar negeri. Biasanya untuk gaji pilot yang tinggi dan memiliki jam terbang tinggi, akan diminta untuk mengoperasikan hingga luar negeri.

Anda yang nantinya ingin terjun di bidang pilot juga harus tahu akan berbagai tanda bahaya yang sering terjadi. Biasanya tanda bahaya yang sering dialami oleh seorang pilot adalah cuaca buruk, kebakaran yang membuat asap kendaraan mengganggu penerbangan, pengalihan rute, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: Ingin Jadi Pramugari? Inilah Kisaran Gaji Pramugari Maskapai Besar Indonesia yang Harus Diketahui

Range Gaji yang Bakal Diterima Oleh Orang yang Terjun di Bidang Pilot

Dalam sebuah survei menunjukkan bahwasannya orang yang terjun dalam dunia pilot akan memiliki gaji rata-rata kurang lebih sekitar 40 hingga 50 juta setiap bulannya. Range demikian biasanya diberikan pada para pilot yang sudah memiliki jam terjang cukup tinggi. Bagi pilot yang masih junior dan masih mengantongi commercial pilot license, maka gaji yang didapat sekitar 30 jutaan per bulan.

Beda cerita jika anda terjun sebagai kapten senior pada maskapai penerbangan dengan bintang lima. Biasanya untuk jenjang yang satu ini sudah bisa menerima take home pay dengan gaji pilot sekitar 100 sampai dengan 150 juta setiap bulannya. Namun bagi anda yang ingin masuk dalam jajaran ini anda harus berproses dengan memiliki jam terbang tinggi hingga proses beberapa tahun kedepan.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan diatas adalah bahwasannya pilot ini memiliki tugas yang beragam. Mulai dari menerbangkan pesawat udara, mampu menjaga keselamatan penumpang, mampu menjaga kesehatan diri dengan baik, paham berbagai batasan, dan tahu rute dan bahaya. Kemudian untuk harga yang bakal di di terima oleh pilot ini sekitar 30 hingga 150 juta per bulannya.

Tinggalkan komentar