Mengenal Sejarah Negara Korea Dengan Perubahan Besar yang Terjadi

Korea memiliki sejarah yang kaya yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Artikel ini akan menguraikan periode sejarah yang paling penting dalam sejarah Korea, termasuk Periode Tiga Kerajaan dan Periode Silla Bersatu. Kami juga akan membahas beberapa peristiwa penting serta beberapa perubahan besar yang terjadi sepanjang sejarah Negara Korea.

Sejarah Negara Korea Serta Berbagai Peristiwa Penting

Sejarah Negara Korea Serta Berbagai Peristiwa Penting

Tiga Kerajaan

Tiga Kerajaan, juga disebut Samhan, adalah trio negara Korea kuno yang berkuasa di Korea selatan selama abad ke-1 SM dan Masehi. Mereka adalah Goguryeo (고구려), Silla (신라) dan Baekje (백제). Nama “Tiga Kerajaan” adalah anakronistik; ketika kerajaan-kerajaan ini muncul, ada empat negara kecil lainnya yang masih berada di bawah kendali mereka: Buyeo, Mahan, Okjeo dan Dongye. Selain keempat kerajaan kecil ini, ada juga Gojoseon (고조선), yang kemudian memunculkan Kekaisaran Jin Daemusin.

Periode Silla Bersatu

Periode Silla Bersatu adalah yang pertama dari tiga kerajaan yang memerintah Korea. Didirikan oleh Jenderal Talhae, yang menyatukan tiga kerajaan asli Goguryeo, Baekje dan Silla menjadi satu negara. Nama “Silla” mengacu pada kerajaan Korea kuno yang menduduki Korea Selatan modern dari tahun 57 SM sampai 935 Masehi. Periode Silla Bersatu berlangsung dari tahun 668 Masehi hingga 935 Masehi.

Goryeo

Dinasti Goryeo memerintah sebagian besar Korea dari ibu kota mereka di Kaesong, yang terletak di dekat Pyongyang. Dinasti Goryeo didirikan oleh Wang Geon, yang merupakan seorang jenderal kerajaan. Pada tahun 918 Masehi, ia mengambil kendali pemerintahan setelah melakukan kudeta terhadap Raja Taejo yang jatuh sakit dan meninggal sebelum waktunya.

Goryeo terus menggunakan aksara Tionghoa sampai tahun 1443 ketika Raja Sejong menemukan sistem penulisan lain yang disebut Hangul yang masih digunakan sampai sekarang.

Bagian Joseon

  • Dinasti ini memerintah Korea selama lima ratus delapan belas tahun.
  • Didirikan oleh Yi Seong-gye pada tahun 1392, setelah dia menggulingkan Dinasti Goryeo.
  • Dinasti Joseon berakhir ketika Korea dianeksasi oleh Jepang pada tahun 1910. Selama periode waktu itu, Korea mengalami periode yang relatif damai dan makmur serta peningkatan perdagangan dengan Tiongkok dan Jepang (dan kemudian Rusia).

Pemerintahan Jepang

Pendudukan Jepang di Korea dimulai pada tanggal 29 Agustus 1910 ketika Kekaisaran Korea dianeksasi oleh Jepang. Aneksasi Korea oleh Jepang terus memiliki konsekuensi pada hubungan Korea Selatan-Jepang.

Perang ini berakhir pada tahun 1945 setelah Perang Dunia II, tetapi kadang-kadang masih disebut sebagai “Perang Asia Timur Raya” (大東亜戦争) atau “Perang Pasifik” (太平洋戦争).

Pemerintahan Jepang di Korea sangat keras dan brutal bagi orang Korea. Banyak orang dipaksa masuk ke dalam kamp kerja paksa sepanjang hidup mereka, di mana mereka disiksa dan disiksa oleh para penculik Jepang mereka.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Negara Jepang Serta Berbagai Hal yang Terjadi

Korea Modern Akhir

Dalam bagian ini, Anda akan belajar tentang sejarah negara Korea dari tahun 1945-sekarang.

Anda akan belajar tentang:

  • Periode setelah Perang Dunia II, ketika Korea dibagi menjadi dua negara yang terpisah: Korea Utara dan Korea Selatan
  • Perang Korea (1950-1953), yang terjadi antara Korea Utara dan Korea Selatan. Perang ini berakhir dengan perjanjian gencatan senjata yang membuat kedua belah pihak secara teknis masih berperang satu sama lain.
  • Pemerintahan Park Chung-hee (1963-1979). Ini adalah periode pertumbuhan ekonomi yang cepat di Korea Selatan di bawah kepemimpinan Presiden Park Chung Hee, yang pada masa pemerintahannya banyak kebijakan otoriter yang diberlakukan untuk mempromosikan pembangunan ekonomi dengan cara apa pun.
  • Pemberontakan Gwangju (1980), di mana protes mahasiswa terhadap hukum darurat militer ditumpas dengan kekerasan oleh rezim militer Chun Doo Hwan; ribuan orang tewas dalam insiden ini saja serta tindakan keras yang terjadi di kemudian hari selama pemerintahannya.

Korea Modern

  • Pada awal abad ke-20, Korea terbagi antara bagian selatan yang dikuasai Jepang dan bagian utara yang dikuasai Rusia.
  • Sebagai akibat dari Perang Dunia II, Jepang dikalahkan oleh pasukan Sekutu dan kemudian menyerah pada tahun 1945. Pasukan Soviet menginvasi Korea di bawah perintah dari Joseph Stalin; mereka menduduki Korea Utara selama periode waktu ini, sementara pasukan yang dipimpin AS menguasai Korea Selatan.
  • Pada tahun 1948, dua pemerintahan terpisah didirikan di masing-masing bagian dari apa yang dulunya merupakan satu negara: Korea Utara (Republik Rakyat Demokratik) dan Korea Selatan (Republik). Amerika Serikat masih mempertahankan pasukan di Korea Selatan saat ini sebagai bagian dari aliansi dengan Seoul untuk melawan agresi Korea Utara – tetapi ketegangan telah tinggi sejak Presiden Trump mengancam “api dan amarah” jika Kim Jong Un melanjutkan uji coba nuklir di ujungnya!

Kesimpulan

Sejarah Negara Korea sangat panjang, dan meskipun banyak dari sejarah itu telah hilang dalam kabut waktu, kita masih bisa belajar darinya. Selama berabad-abad, negara kecil ini telah berdiri melawan rintangan besar dan mengatasinya melalui ketekunan dan kecerdikan. Kami harap Anda menikmati belajar tentang beberapa momen terpentingnya

Tinggalkan komentar