Mengenal Kisaran Gaji Kurir JNT Beserta Tugas Dan Tanggung Jawabnya

Jasa ekspedisi memiliki progress yang pesat untuk berkembang, terlebih di era serba online seperti saat ini. Banyak sekali orang yang membeli barang melalui e-commerce sehingga para kurir dibuat sibuk. Salah satu jasa ekspedisi ternama adalah JNT. Sebelum melamar posisi tersebut, yuk cari tahu berapa gaji kurir JNT dan apa saja tugasnya sebagai berikut!

gaji kurir jnt

Gaji Kurir JNT Secara Umum

Setiap kurir memiliki kisaran gaji yang berbeda beda, tergantung mekanisme penggajian yang diberlakukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Sebagai contoh, gaji kurir shopee dibayar per paket yang berhasil diantar. Namun ada juga kurir yang bayarannya tetap setiap bulan karena sistemnya gaji bulanan. Informasi semacam ini perlu anda tahu sebelum melamar sebagai kurir. 

Dikutip dari data yang ada, kisaran gaji kurir jnt berada di angka 2 juta ke atas. Terlebih jika kurir tersebut bekerja dibawah perusahaan ekspedisi besar yang merajai jasa pengiriman Indonesia. Namun untuk yang hitungannya per paket, maka gaji yang diterima bisa lebih dari 1,5 juta. Meskipun tidak besar, kurir tetap akan mendapat tunjangan dan bonus. 

Jenis tunjangan sangat beragam, ada yang namanya tunjangan bensin, tunjangan perawatan motor, dan tunjangan makan. Akan tetapi, hal tersebut juga tergantung kebijakan masing masing perusahaan. Anda perlu bertanya kepada HRD secara langsung berapa gaji kurir JNT sebelum tandatangan kontrak. 

Gaji Kurir Ekspedisi JNT

Sesuai dengan judul yang ditulis, kali ini anda akan mengetahui berapa gaji kurir ekspedisi JNT. Dikutip dari sebuah website, ditulis bahwa kisaran gaji kurir jnt perusahaan ini adalah sekitar 2,5 juta rupiah. Angka tersebut akan bertambah karena JNT ikut memberikan uang bensin setiap satu minggu sekali. Para kurir juga akan mendapat bonus jika berhasil mengantar barang dengan aman. 

Lantas berapa bonus yang didapat oleh kurir JNT? Jawabannya adalah 1.000 rupiah per paket yang utuh. Misalnya saja anda berhasil mengantar 50 paket dengan aman maka anda akan mendapat bonus 50 ribu di hari tersebut. Jika dihitung hitung, komisi dari bonus ini bisa mencapai 1,5 juta dalam satu bulan. Alasan itulah yang membuat pekerjaan sebagai kurir lumayan menjanjikan. 

Setiap pekerja di gerai JNT akan merasa sangat senang jika semakin banyak orang yang datang untuk menggunakan jasa mereka. Kabarnya ada bonus tambahan jika tempat anda bekerja berhasil memenuhi target. Bonus tersebut tidak hanya menambah gaji kurir JNT namun juga staff di drop point. Tentu besar nominalnya hanya diketahui oleh manajemen JNT. 

Tanggung Jawab Kurir

  1. Melakukan Pengiriman Setiap Hari

Kurir JNT memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengiriman setiap hari. Jika anda bekerja sebagai kurir, maka anda wajib memastikan bahwa barang yang dikirim bisa sampai dalam kondisi yang baik. Kerusakan yang terjadi karena kesalahan kurir bisa menyebabkan kurir yang bersangkutan tidak mendapat bonus. Nama JNT sebagai jasa ekspedisi juga menjadi taruhannya.

Lantas bagaimana jika tanggal tersebut adalah hari libur? Kebanyakan kurir masih bekerja meskipun sedang tanggal merah. Alasan itulah yang membuat pekerjaan kurir cukup melelahkan dan menguras waktu. Kendati demikian, banyaknya paket yang dikirim tidak selamanya full, tergantung ramai atau tidaknya pengguna jasa saat itu. 

  1. Bersikap Ramah dengan Konsumen

Kurir merupakan sosok yang memegang tanggung jawab besar terhadap nama perusahaan. Merekalah yang paling sering bersinggungan dengan masyarakat sehingga sikapnya menjadi cerminan perusahaan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka salah satu tugas pegawai yang menerima gaji kurir JNT adalah bersikap ramah ramah pada konsumen. 

Salah satu contoh bersikap ramah adalah dengan mengetuk pintu atau pagar dengan baik. Selain itu, mereka juga harus bisa bisa menyikapi komplain pelanggan secara bijaksana. Diluar sana masih ada saja konsumen yang menyalahkan kurir atas mekanisme pengiriman barang yang dilakukan oleh JNT secara keseluruhan. Anda harus bisa menangani komplain tersebut dengan tenang.

  1. Memberikan Laporan Secara Jujur

Setiap pengiriman pasti ada saja kendala yang tiba tiba muncul. Seorang kurir harus bisa mengkomunikasikan hal tersebut di drop point dengan baik. Laporan tadi harus jujur dan memang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Bertindak sebagai kurir yang curang bukanlah wujud dari perilaku yang terpuji. Kredibilitas anda juga akan dipertanyakan dan tentunya berbahaya bagi karir.

Disamping menerima gaji kurir JNT, anda juga akan mendapat pengalaman kerja yang baik dengan menjadi kurir. Lowongan sebagai kurir bisa didapat selama anda memenuhi persyaratan yang diminta. Satu yang pasti, anda harus bisa mengemudikan kendaraan roda dua dengan baik. Skill ini penting karena anda akan membawa tas besar berisi paket di bagian belakang motor. 

Akan sangat berbahaya jika anda sampai kehilangan keseimbangan dan jatuh di jalan. Selian mengancam keselamatan, hal tersebut juga bisa merusak paket yang harus dikirim kepada pelanggan. Selain masalah kemampuan berkendara, anda juga harus hafal rute atau setidaknya familiar dengan wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. 

Tinggalkan komentar