Lowongan dan Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMP

Lulusan SMP bukan berarti tidak ada kesempatan untuk bekerja di luar negeri. Ada banyak kesempatan untuk berkerja di luar negeri di berbagai negara; mulai dari Malaysia, Taiwan, hingga Polandia. Bagi anda yang tertarik, sebaiknya mengikuti cara-cara berikut ini. Temukan lowongan dan cara kerja di luar negeri lulusan SMP yang telah di rangkum di bawah ini.

Lowongan dan Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMP

Bekerja di Luar Negeri untuk Lulusan SMP

Cara untuk bekerja di luar negeri saat ini cukup mudah karena sudah difasilitasi oleh pemerintah. Selain itu proses pendaftarannya pun bisa dilakukan secara online melalui website resmi Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Dalam website tersebut juga tersedia persyaratan setiap lowongan pekerjaan yang ditampilkan.

Bagi anda yang tertarik, anda bisa langsung mengakses website resmi lowongan pekerjaan luar negeri BP2MI di jobsinfo.bpm2mi.go.id. Pada halaman pertama website tersebut anda bisa langsung klik “cari” untuk mencari lowongan pekerjaan yang tersedia. Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman baru dimana anda bisa melihat lowongan pekerjaan yang tersedia.

Cara kerja di luar negeri lulusan SMP adalah dengan memilih posisi tertentu maupun negara yang dituju dengan menyaring pencarian. Saat ini ada total 3.065 lowongan pekerjaan dari beberapa bidang pekerjaan seperti kesehatan, konstruksi, hingga keuangan. Jangan lupa daftarkan diri anda atau lakukan log in untuk memulai proses pelamaran pekerjaan.

Selain melalui website resmi BP2MI, pelamar juga bisa mengakses semua lowongan melalui aplikasi resmi BP2MI untuk melakukan pendaftaran. Hanya saja, untuk saat ini aplikasi resmi tersebut baru tersedia di Google Playstore dan belum tersedia di AppStore. Prosedur pendaftaran dan jumlah lowongan pun sama. 

Sebelum mendaftar, disarankan kepada para pelamar untuk menyiapkan beberapa skill dasar bahasa asing. Langkah kedua cara kerja di luar negeri lulusan SMP ini dimulai dengan mempelajari bahasa Inggris dasar karena bahasa ini diterima di banyak negara. Namun, perlu untuk mempelajari bahasa negara tersebut apabila negara tujuan bukan negara berbahasa Inggris.

Baca Juga: Wajib Dicoba, Ini Cara Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya

Lowongan Pekerjaan di Luar Negeri untuk Lulusan SMP

Bidang pekerjaan untuk lulusan SMP yang tersedia di BP2MI cukup beragam. Anda bisa menemukan lowongan pekerjaan di bidang kesehatan, konstruksi, migas, teknologi informasi, hingga keuangan. Tentu saja setiap lowongan memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa lowongan pekerjaan luar negeri yang tersedia.

  1. Asisten Rumah Tangga – Taiwan

Lowongan dan cara kerja di luar negeri lulusan SMP yang pertama adalah Asisten Rumah Tangga. Negara tujuan dari lowongan pekerjaan ini adalah Taiwan dengan gaji NT17.000. Saat ini, agensi tersebut membuka total 20 lowongan untuk posisi ini. Tidak banyak persyaratan untuk lowongan pekerjaan ini selain pelamar harus berjenis kelamin perempuan. Segera daftarkan diri sebelum 19 April 2022.

  1. Production Operator – Malaysia

Pada tanggal 11 Juni 2022, PT. ARWANA CITRA LESTARI mempublikasikan lowongan ini. Agensi ini mencari 10 orang berusia sekitar 18 hingga 45 tahun untuk bekerja sebagai production operator. Gaji yang ditawarkan sebesar RM1.500 dengan fasilitas berupa uang lembur, asuransi, dan lain-lain. Agensi mencari perempuan untuk posisi ini. Kirimkan lamaran sebelum 9 Juni 2023.

  1. Hospitality, Retail, dan Service Manager – Brunei Darussalam

Lowongan dan cara kerja di luar negeri lulusan SMP selanjutnya dipublikasikan oleh JAFA INDO CORPORA.Agensi ini mencari 5 laki-laki berusia 20 hingga 45 tahun untuk posisi ini. Perusahaan menawarkan gaji sebesar BND550 hingga BND650 bagi para pekerja. Tidak ada keterangan maupun persyaratan lebih lanjut mengenai lowongan pekerjaan ini. Segera daftar sebelum 28 Maret 2023.

  1. Staf Hotel – Rumania

PT AL WIHDAH JAYA SENTOSA sedang mencari 80 orang untuk posisi ini baik laki-laki maupun perempuan sebelum 20 April 2023. Gaji yang ditawarkan sebesar RON400 – RON450 dengan fasilitas tempat tinggal, kesehatan, dan transportasi kerja. Persyaratan lowongan pekerjaan ini adalah pelamar berusia sekitar 17 hingga 35 tahun. Tinggi badan minimal 150 cm dan berat badan minimal 46 kg. 

  1. Doorperson or Luggage Porter – Qatar 

Lowongan pekerjaan ini dipublikasikan oleh PT. SUKAMULIA MANDIRI AGUNG dengan tujuan negara Qatar. Agensi ini mencari 3 orang dengan menawarkan gaji sebesar QAR1.500 untuk posisi ini. Pelamar diharuskan berjenis kelamin laki-laki. Tidak ada persyaratan lain untuk lowongan dan cara kerja di luar negeri lulusan SMP ini. Kirim lamaran sebelum 13 Februari 2023.

Apabila anda bercita-cita untuk bekerja di luar negeri namun tidak memiliki ijazah sarjana, anda tidak perlu berkecil hati. Saat ini sudah banyak peluang bekerja di luar negeri bahkan untuk latar belakang pendidikan SMP yang dilindungi oleh BP2MI. Untuk itu, anda tidak perlu takut dan cukup mempersiapkan kemampuan dasar berbahasa asing. Selamat bekerja!

2 pemikiran pada “Lowongan dan Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMP”

Tinggalkan komentar