Komposisi Warna & Cara Mengatur Kombinasi Warna yang Menarik

Apa saja sih komposisi warna itu? mengapa kita penting untuk mengetahui (penggunaan dan efeknya).

Sederhananya, komposisi warna merupakan kombinasi atau pencampuran warna maupun bahan warna untuk dijadikan sebagai warna yang bagus dan indah.

Contoh komposisi warna menarik adalah pelangi misalnya, pelangi merupakan perpaduan beberapa warna yang terdiri dari 7 warna, yaitu :

  • Merah.
  • Jingga.
  • Kuning.
  • Hijau.
  • Biru.
  • Nila.

Beragam komposisi warna, karakteristik hingga contoh komposisi warna yang bagus untuk digunakan detailnya bisa anda jelajahi dibawah ini.

Macam Macam Komposisi Warna

Macam Macam Komposisi Warna
toriqa.com

Warna Primer

Warna primer adalah warna dasar, dalam artian bukan hasil dari campuran warna-warna lain, warna yang termasuk dalam golongan warna primer diantaranya adalah merah, biru, dan kuning. 

Warna Sekunder

Warna dengan kategori ini merupakan hasil campuran warna-warna primer dengan proporsi 1:1. Contohnya seperti warna jingga yang merupakan hasil pencampuran antara warna merah dengan warna kuning. Hijau merupakan campuran antara warna biru dan warna kuning, sementara ungu merupakan campuran antara merah dan biru.

Warna Tersier

Warna ini merupakan pencampuran antara salah satu warna primer dengan warna sekunder, seperti misalnya warna jingga kekuningan yang dihasilkan dari pencampuran antara warna kuning dengan warna jingga.
Sementara warna hijau kekuningan adalah hasil perpaduan dari warna hijau dengan kuning, warna biru kehijauan adalah hasil dari pencampuran warna hijau dan biru, warna merah jingga merupakan pencampuran dari warna jingga dan merah, dan warna ungu kemerahan adalah hasil dari campuran warna ungu dan warna merah.

Warna Netral

Warna ini adalah hasil dari campuran tiga warna dasar dalam proporsi 1:1:1.
Warna ini juga menjadi penyeimbang yang sering muncul pada warna-warna kontras di alam terbuka.
Hasil dari pencampuran warna yang tepat biasanya akan menuju pada warna hitam.
Nah, warna juga dapat dibagi menjadi tiga tipe berdasarkan paduan warnanya (colour scheme) yaitu sebagai berikut.
  • Warna Monokromatik

Warna monokromatik maksudnya adalah warna yang berdekatan, yaitu tingkatan warna dari gelap ke terang dalam urutan satu warna atau kombinasi dengan satu corak warna, namun dengan value serta intensitas yang berbeda.
Seperti contohnya urutan dari biru tua sampai ke biru yang paling muda.
  • Warna Komplementer

Tipe paduan warna berikutnya ini merupakan dua warna yang berlawanan dalam kedudukan berhadap-hadapan dengan kekuatan berimbang, seperti contoh kuning kontras ungu, biru kontras jingga, dan merah kontras hijau.
Beberapa warna tersebut sering disusun kedalam lingkaran warna brewster.
Lingkaran warna brewster ini dapat menguraikan teori tentang kontras warna (komplementer), split komplementer, triad, serta tetrad.
Hubungan-hubungan antar warna tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Kontras komplementer
Ialah persebrangan antar dua warna yang memiliki sudut 180 derajat di lingkaran warna.
Dua warna dengan posisi kontras komplementer dapat menghasilkan hubungan kontras yang paling kuat, contohnya seperti, jingga dengan biru.
2. Kontras split komplementer
Merupakan dua warna yang saling berseberangan dan mempunyai sudut mendekati 180 derajat, contohnya warna jingga memiliki hubungan split komplemen dengan hijau kebiruan.
3. Kontras triad komplementer
Kontras triad komplementer merupakan tiga warna di lingkaran yang dapat membentuk segitiga sama kaki dengan sudut 60 derajat.

4. Kontras tetrad komplementer

Kontras tetrad komplementer atau dikenal juga dengan double complementer, yaitu empat warna yang membentuk bangun segi empat (dengan sudut 90 derajat).
Mau tau contoh dan cara mengkombinasikan cat warna hijau Mint, atau kombinasi warna cat kusen pintu dan jendela, lihat ulasan nya disini. 
  • Warna Analogus

Adalah tingkatan warna dari gelap ke terang yang tersusun dalam beberapa warna atau kombinasi yang terdapat dari dua sampai tiga corak warna yang saling berdekatan.
Contohnya seperti urutan dari biru, biru kehijauan, hijau, hijau kekuningan, serta kuning.

Komposisi Warna Hijau Tosca

komposisi warna hijau tosca
toriqa.com
Tosca adalah salah satu warna yang punya tampilan yang sangat unik sehingga mampu memancarkan pesona yang luar biasa.
Maka dari itu, tak heran rasanya jika banyak orang menggunakan warna ini sebagai pilihan pada baju, kaos, celana hingga gamis dan kain-kain lainnya.
Nggak hanya sebatas warna fashion, hijou tosca juga banyak disukai dalam penggunaan berbagai pernak-pernik perhiasan dan semacamnya.
Jika kita perhatikan, jenis warna ini memancarkan kesan keceriaan, serta nyaman dilihat.
Apa bedanya dengan biru tosca?
Tosca atau dalam bahasa latinnya Turqoise adalah warna perpaduan antara biru yang sedikit kehijau-hijauan.
Bisa juga dikatakan bahwa warna ini adalah warna lautan atau Samudra.
Warna tosca ini adalah warna pertengahan antara hijau dan biru, sehingga mau disebut dengan biru juga kurang pas, mau dikatakan hijau juga kurang pas.
Warna tosca itu cenderung lebih lembut jika dibandingkan dengan warna biru atau bahkan jika dibandingkan dengan warna hijau.
Biar lebih mudah buat kita mengenalinya, hijau tosca merupakan warna tosca dengan warna hijau lebih dominan, sementara untuk warna biru tosca itu lebih dominan ke biru.

Komposisi Warna Coklat

Secara umum, istilah cokelat merupakan sebutan untuk warna kuning gelap, oranye, atau merah yang diikuti pencerahan yang relatif terhadap sinar atau juga pada objek yang berwarna putih.
Contoh komposisi warna coklat dapat anda lihat seperti pada gambar dibawah ini :
Komposisi warna coklat
toriqa.com

Komposisi Warna Gold  

Apa itu warna Gold? umumnya orang tuh menyebut warna Gold pada sesuatu yang berwarna kuning emas.
Kuning emas adalah salah satu jenis warna kuning yang jika dilihat secara seksama akan tampak seperti warna emas, warna ini juga digunakan dalam beberapa bendera negara seperti Jerman, Malaysia, dan Filipina.
Komposisi Warna Gold dapat anda lihat pada contoh dibawah ini :
komposisi warna gold  
toriqa.com
Jika dilihat, variasi Warna Gold diatas memiliki ciri khas sangat mewah dan menawan, maka tak heran jika warna ini diidentikkan dengan warna emas.
Banyak barang-barang bernilai tinggi selalu menggunakan warna ini sebagai pilihannya.
Lihat deh daftar koleksi rumah klasik indonesia sebagai bekal refrensi rencana pembuatan rumah impian.

Komposisi Warna Kuning

Apa yang ada dipikiran anda tentang warna Kuning? kuning merupakan warna cerah, melambangkan perdamaian dan keceriaan.

Kuning juga merupakan warna pada cahaya yang bisa memberikan rangsangan terhadap sel kerucut merah dan hijau pada retina mata manusia, namun tidak pada sel kerucut biru.

Adapun panjang gelombangnya rata-rata antara 565 hingga 590 nm.

Berikut ini contoh perpaduan warna kuning pada gambar dibawah ini :

Komposisi Warna Kuning
toriqa.com

Karena warna merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembuatan desain apapun, maka dibutuhkan pemikiran yang cerdas dalam menentukan komposisi warna apa yang tepat agar dapatkan menghasilkan desain yang epik dan profesional.

Jika kita sembarangan dalam memilih warna, kemungkinan gagal menghasilkan desain terbaik sangatlah besar (amburadul dan kurang bagus).

Tiap-tiap warna memiliki karakternya tersendiri sebagaimana yang dijelaskan diatas.
Banyak fakta mengatakan bahwa dalam dunia desain, sklil menguasai pengguaan warna sama pentingnya dengan menguasai teknik mendesain.

Sifat-Sifat Warna

Jangan sepelekan tentang pengetahuan sifat-sifat pada komposisi warna, yang meliputi value, hue, dan saturation.

  • Value, menunjukkan tingkat keterangan warna dengan skala hitam putih.
  • Hue, menunjukkan variasi antar warna cerah seperti misalnya warna merah, kuning, hijau dan biru (bisa lihat warna pelangi).
  • Saturation, menunjukkan kekuatan atau intensitas warna. Jika warna semakin terang maka akan semakin kuat saturasinya.

Contoh Komposisi Warna yang Bagus Untuk Digunakan

Konsep Luar Ruangan & Alami

Contoh panduan warna Luar Ruangan & Alami
toriqa.com
Anda bisa menerapkan konsep ini sebagai pilihan yang tepat jika menginginkan sesuatu yang bersifat alami dengan kualitas penghijauan sebagai desain properti atau produk anda.
Dengan menerapkan konsep warna ini, anda akan mendapatkan hasil yang lebih cerah dan segar dengan sentuhan warna hijau limau.

Biru Sejuk

Contoh warna menarik biru sejuk
toriqa.com

Anda juga bisa menerapkan skema warna monokromatik (yang dibuat dari berbagai warna, tone, atau nuansa dari satu warna) sangatlah serba guna.

Secara teknis, konposisi warna ini mungkin tidak memenuhi syarat monokromatik, untuk tujuan visual, itu memberikan efek yang kurang lebih sama.

Namun warna ini dapat digunakan dimana saja, karena warna ini multiguna seperti biru, ungu, putih dan hitam.

Tajam & Dramatis

Komposisi warna Tajam & Dramatis
toriqa.com

Kombinasi warna kontras yang dramatis akan menambah keindahan ruangan anda layaknya keindahan alam Islandia yang legendaris.

Hal ini juga dapat merangsang kehangatan, kelabu abu di dua warna bagian atas yang kontras dengan warna hijau. Ditambah lagi dengan adanya jarak dari nuansa terang ke gelap yang membuatnya mudah dikombinasikan dengan satu dua warna atau lebih dengan tetap saling melengkapi satu sama lain.

Gelap & Membumi

Contoh komposisi warna gelap membumi
toriqa.com

Anda menginginkan sentuhan layaknya pemandangan gurun yang dipenuhi oleh kontras yang dramatis, anda pun bisa menggunakan skema warna seperti warna diatas.

Untuk bisa menggunakan kombinasi warna agak gelap dengan lebih banyak tone yang turun dibandingkan terang dan menyolok. Cobalah memadukan warna ini dengan sedikit nuansa plum dan oranye kemerah-merahan.

Lembut & Profesional

Contoh komposisi warna lembut dan professional
toriqa.com

Anda menginginkan kesan menarik dan berwibawa, anda bisa menggunakan kombinasi merah dan biru yang termasuk warna standar yang sering digunakan di dalam bisnis untuk branding.

Merah sendiri bermakna “percaya diri dan kuat,” sedang warna biru berarti “menentramkan dan dapat dipercaya.”

Dengan kombinasi warna ini dapat memberikan kesan seperti itu, dengan sedikit sentuhan desaturasi yang tidak terlalu mendominasi. Mulai dari warna biru yang konsevatif, sampai pada warna merah bata yang menampilkan kesan kuat dan profesional.

Penggunaan warna ini sangat pas dalam konteks perusahaan atau proyek desain yang “lebih” serius.

Segar & Terang

macam macam komposisi warna segar dan terang
toriqa.com

Dengan adanya kombinasi warna hijau yang segar serta paduan bunga warna-warni membuat musim semi menjadi pemandangan yang menyejukkan setelah musim panas yang panjang.

Komposisi warna yang seperti ini dilengkapi oleh berbagai jenis warna hijau terang serta coral yang akan membuat desain anda lebih menarik.

Penggunaan jenis warna seperti ini lebih pas buat latar atau desain warna pada poster acara di musim semi – panas, atau beberapa jenis iklan yang memiliki kesan segar dan bermuda.

Fungsi Komposisi Warna

Mengapa kita penting mengetahui komposisi warna yang baik.

Contoh kecil saja dalam dunia fotografi, pengetahuan akan warna punya peran penting untuk menghasilkan foto yang menarik perhatiaan.

Hal yang biasa sekalipun akan menjadi jauh lebih menarik dengan sentuhan skil penggunaan komposisi warna yang tepat.

Kita ambil contoh spesifik saja dalam dunia fotografi yang juga menuntut kemampuan olah warna yang bagus.

Fungsi komposisi warna dalam dunia fotografi antara lain sebagai berikut :

Untuk Mood

Pernah kepikiran nggak sih, kalo salah satu hal yang bisa dibangkitkan dari diri manusia itu ketika melihat warna adalah moodnya atau biasa disebut gairah. 

Nah, setiap warna itu akan membangkitkan mood yang berbeda-beda.

Contohnya pada warna Biru, warna ini biasanya dapat membuat mood seseorang bertambah, seperti perasaan yang merasakan ketenangan dan kedamaian.

Lain lagi pada saat seseorang melihat warna hijau, biasanya akan bangkit mood dalam hati yang seakan merasakan kesegaran, fresh dari dalam diri.

Memancing Perhatian

Warna juga dapat menambah daya tarik seseorang terhadap sesuatu (menambah perhatian)

Dengan membuat komposisi bagus dan tepat pada sebuah foto maupun desain apapun, itu akan membuat orang melirik produk hasil karya anda.

Jadi, sangat penting sekali menguasai teknik komposisi warna, penggunaan serta efeknya. Bayangkan jika ada sesuatu yang anda lihat tampa adanya warna yang bagus, pasti akan cepat bosan. Atau bahkan anda akan buru-buru mengalihkan perhatian anda pada hal lain yang lebih menarik bukan.

Tinggalkan komentar