22 Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah Yang Harus Kamu Tau & Taati Bersama

Artikel kali ini akan membahas tentang tema “Kewajiban Siswa di Sekolah“. Selain itu kita juga akan membahas hak hak mereka serta bagaimana cara kita menanamkan rasa tanggung jawab untuk siswa selama masa pendidikan.

Siswa atau peserta didik merupakan salah satu anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi dirinya dengan kewajiban di sekolah.

Sementara siswa yang berusaha mengikuti pembelajaran pada jalur pendidikan masih di sebut dengan anak yang masih belum dewasa atau belum melewati masa puber.

Sedangkan anak adalah titipan yang di berikan kepada orang tua dengan tujuan agar anak tersebut di didik, di rawat, dan lain sebagainya.

Namun perlu diketahui, jika orang tua memiliki kewajiban terhadap anak, maka seorang siswa atau anak pun juga memiliki kewajiban yang perlu di lakukan, salah satunya kewajiban siswa di sekolah.  Berikut adalah hak dan kewajiban anak di sekolah, meliputi:

Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah

Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah
toriqa.com

Setiap seorang siswa atau pelajar tentunya memiliki hak dan kewajiban di sekolah, dimana hal ini dapat dilakukan oleh seorang guru dan siswa.

Kewajiban siswa di Sekolah

Berikut adalah salah satu contoh kewajiban siswa di sekolah, meliputi:

Patuh Terhadap Guru

Kewajiban di sekolah yang perlu di lalukan oleh seorang siswa pada guru adalah patuh, atau disebut dengan taat.

Sementara kepatuhan yang harus di lakukan oleh siswa, salah satunya seperti mengikuti peraturan yang telah di tetapkan oleh guru dan sekolah.

Menjaga Nama Baik Sekolah

Menjadi siswa di sekolah tentunya memiliki kewajibah di sekolah untuk menjaga nama baik sekolah, dimana hal ini dapat dilakukan tidak hanya berada di lingkungan sekolah saja.

Akan tetapi juga dapat dilakukan untuk diluar sekolah. Oleh karena itu, dengan penjelasan di atas maka penting bagi siswa untuk menjalankan dengan mengikuti kewajiban di sekolah.

Mengikuti Pelajaran di Sekolah

Selain patuh pada guru, ternyata mengikuti pelajaran merupakan salah satu kewajiban di sekolah yang perlu di lakukan oleh seorang siswa.

Sedangkan pelajaran ini adalah hal terpenting yang harus di ikuti, karena nilai yang akan di berikan pada siswa juga melihat dari pembelajaran yang telah di ikuti oleh siswa tersebut.

Membayar Administrasi Sekolah

Setiap siswa diberi sedikit beban atau tanggungan untuk membayar administrasi sekolah sesuai dengan ketentuan jumlah dari pihak sekolah.

Namun karena umumnya siswa belum punya kemampuan untuk membayar kewajiban ini, maka harus dipenuhi oleh orang tua atau wali dari siswa.

Bersikap Baik, Sopan, dan Santun

Siswa juga harus senantiasa menjunjung tinggi nilai sopan santun, senyum, salam serta kebiasaan saling sapa di lingkungan sekolah.

Siswa juga wajib untuk mewujudkan serta memelihara keamanan, ketertiban, keindahan serta keasrian lingkungan sekolah untuk kenyamanan bersama.

Datang Tepat Waktu

Kewajiban siswa di sekolah berikutnya adalah wajib hadir di sekolah sebelum bel berbunyi tanda masuk sekolah.

Jika ada siswa yang berhalangan masuk sekolah, maka solusinya baik dari orang tua, wali maupun dari instansi seperti rumah sakit atau kepolisian wajib memberikan surat izin tidak masuk sekolah atau yang sejenisnya.

Mengikuti Upacara dan Kegiatan Sekolah

Biasanya sekolah sering mengadakan upacara atau kegiatan khusus yang dilakukan secara rutin setiap minggu atau pada acara-acara tertentu.

Sementara siswa harus mengikuti setiap upacara dan kegiatan yang diadakan oleh sekolah.

Tidak Meninggalkan Kelas

Kewajiban siswa yang terakhir adalah siswa tidak diperbolehkan untuk meninggalkan kelas tanpa seizin wali kelas, guru kelas atau guru piket.

Siswa baru diizinkan untuk meninggalkan area sekolah setelah semua proses belajar di sekolah yang diikutinya berakhir.

Artikel terkait:

(Tugas Pokok Kepala Sekolah)

(Contoh Tata Tertib di Sekolah SD, SMP dan SMA)

Hak Hak Siswa di Sekolah

Hak Hak Siswa di Sekolah
toriqa.com

Mendapatkan Perlakuan Adil dari Guru

Keadilan merupakan salah satu hal yang harus di lakukan oleh seorang guru pada siswa, dalam artian guru tidak boleh pilih – pilih siswa untuk memberi nilai atau perlindungan.

Hal ini merupakan salah satu hak yang dapat di terima oleh siswa.

Mendapatkan Bimbingan Dari Guru

Hak selanjutnya yang bisa di terima oleh seorang siswa dari guru adalah mendapatkan bimbingan.

Bimbingan merupakan salah satu proses interaksi terhadap seorang guru dan murid, dimana guru harus membimbing siswa agar menjadi lebih baik ke depannya.

Sementara untuk kewajiban yang perlu di lakukan oleh seorang siswa di sekolah adalah sebagai berikut:

Berhak Menggunakan Fasilitas yang Ada Di Sekolah

Semua siswa mempunyai hak yang sama dalam menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang ada disekolah sesuai fungsi dan peraturan yang ada.

Siswa berhak menggunakan fasilitas karena mereka memang sudah difasilitasi pemerintah dimana dana dana untuk pengadaan fasilitas tersebut berasal dari anggaran negara untuk kesejahteraan rakyat, dalam hal ini adalah siswa.

Selain itu, siswa juga telah membayar beberapa tanggungan untuk fasilitas yang akan mereka gunakan. untuk itu tidak ada alasan untuk siswa tidah boleh menggunakan fasilitas yang ada di sekolah untuk menunjang proses belajar.

Kita harus tau bahwa ada namanya Hak dan ada namanya kewajiban, disekolah itu erat kaitannya satu sama lain baik untuk siswa maupun untuk guru sendiri

Apa Saja Kewajiban Siswa atau Anak di Masyarakat?

Apa Saja Kewajiban Siswa atau Anak di Masyarakat
toriqa.com

Kewajiban Siswa Atau Anak di Masyarakat

Namun perlu di ketahui, selain anak atau siswa memiliki kewajiban di sekolah, ternyata anak juga memiliki kewajiban yang harus di lakukan di masyarakat.

Sedangkan masyarakat merupakan salah satu sekelompok orang yang terjalin erat karena terdapat beberapa hal tertentu.

Seperti tradisi tertentu, sistem tertentu, hukum tertentu, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kewajiban anak atau siswa di masyarakat, meliputi:

  • Kewajiban pertama yang harus dilakukan oleh siswa atau anak di masyarakat adalah mematuhi semua peraturan yang diberlakukan oleh pejabat lingkungan setempat seperti RT dan RW.
  • Sementara menaati norma hukum yang diberlakukan oleh pemerintah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh siswa atau anak di masyarakat.
  • Sementara contoh dari norma hukum yang telah di tetapkan seperti seperti tidak merusak fasilitas umum,, tidak mencuri, dan lain sebagainya.
  • Kewajiban selanjutnya yang perlu dilakukan oleh siswa atau anak di masyarakat adalah mematuhi norma-norma sosial seperti adat istiadat, tata krama dan lain sebagainya.

Apa Saja Kewajiban Siswa atau Anak Dirumah Selain di Sekolah?

Kewajiban Siswa atau Anak Dirumah

Kewajiban Siswa atau Anak Dirumah
toriqa.com

Menjadi siswa atau anak, tentunya juga memiliki kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang anak di rumah.

Hal ini dapat dilakukan dengan tujuan berbakti dan membantu orang tua dirumah. Berikut adalah kewajiban yang dapat dilakukan oleh anak, meliputi:

  1. Patuh pada kedua orang tua adalah kewajiban anak yang harus dilakukan. Sementara untuk mematuhi orang tua dapat dilakukan dengan beberapa cara.
  2. Mengikuti perintah orang tua saat diminta pertolongan dan tidak melawan jika dimarahi!. Itulah cara patuh pada orang tua.
  3. Kewajiban selanjutnya yang harus dilakukan oleh siswa atau anak dirumah adalah menjaga kebersihan rumah.
  4. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan ruangan rumah yang terkena debu dan kotoran, sehingga sebagai anak dapat membersihkan kotoran tersebut dengan menyapu dan mengepel lantai.
  5. Membahagiakan orang tua juga merupakan salah satu kewajiban seorang anak di rumah. Sementara hal ini merupakan salah satu tujuan bagi anak untuk membahagian orang tua.
  6. Hal ini dapat di lakukan dengan berbagai cara seperti rajin beribadah, gemar membantu orang tua, hal yang menjadi kewajiban di sekolah dapat dipertanggung jawabkan.

Hak dan kewajiban itu harus seimbang, jangan hanya mementingkan hak kita saja atau sebaliknya. Namun penuhilah kedua – duanya

Bagaimana Cara Menanamkan Rasa Tanggung Jawab untuk Anak di Sekolah?

Cara menanamkan kedisiplinan untuk siswa di sekolah
toriqa.co

Kita tau bahwa kewajiban siswa di sekolah itu sangatlah penting, karena itu merupakan bagian dari pembentukan karakter mereka kedepannya, namun menanamkan rasa tanggung jawab untuk anak tentunya bukanlah perkara mudah.

Tapi bukan tidak mungkin juga selama kita menggunakancara cara yang benar untuk mereka.

Nah, disini peran orang tua dan guru di sekolah sangatlah penting untuk mereka.

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan rasa tanggung jawab anak seperti kewajiban  di sekolah, melitputi:

Biarkan Anak dalam Mengambil Keputusan Sendiri

Cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan rasa tanggung jawab untuk anak adalah biarkan seorang anak mengambil keputusan sendiri.

Hal ini dapat di lakukan dengan tujuan agar anak tersebut tidak selalu bergantung pada orang tua maupun guru disekolah.

Sehingga sebagai orang tua atau guru dapat disarankan agar jangan terlalu otoriter terhadap anak. jika bisa berilah ia kebebasan dengan hal-hal yang berkaitan dengan keputusan yang akan diambil anak secara positif.

Mengajari Anak – anak Untuk Memiliki Harga Diri

Mengajari anak untuk memiliki harga diri juga merupakan salah satu cara yang dapat di lakukan oleh orang tua atau guru untuk menanamkan rasa tanggung jawab dengan kewajiban di sekolah..

Karena orang yang memiliki harga diri yang tinggi tentunya akan mengemban amanah dan tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa ini merupakan salah satu hal penting yang harus di terapkan pada anak.

Oleh karena itu, jika Anda sebagai orang tua yang ingin memiliki anak bertanggung jawab dengan kewajiban di sekolah, maka didiklah mereka dengan beberapa cara yang sudah di jelaskan di atas.

Itulah pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai kewajiban siswa di sekolah, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar