Cara membuat kerajinan dari bahan ikan
toriqa.com

15+ Kerajinan dari Tulang Ikan +Bahan, Peralatan & Cara membuatnya

Diposting pada

Ternyata ikan tidak hanya dimanfaatkan sisiknya oleh pengrajin cerdas untuk membuat kerajinan dari sisik ikan, tapi hewan jenis vertebrata ini juga bisa dimanfaatkan tulangnya sebagai bahan utama pembuatan beragam kerajinan dari tulang ikan.

Bahkan, oleh karena unik dan langkanya produk kerajinan dari tulang ikan, beberapa jenis hasil kreasi dari tulang ikan telah diekspor hingga keluar Negeri.

Mau tau langkah-langkah dan contoh kerajinan dari tulang ikan, serta alat dan bahan untuk membuat kerajinan ini, yuk ikuti pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Kerajinan dari Tulang Ikan

Kerajinan dari Tulang Ikan
toriqa.com

Tahukah anda bahwa kerajinan tulang ikan belakangan ini lagi naik daun dan tengah tren dikalangan wisatawan jika berkunjung ke Bali.

Disana, ada beragam kerajinan tangan yang banyak di pajang di toko-toko kerajinan, bahkan salah satu produk kerajinan yang sedang naik daun serta banyak peminatnya adalah aneka kerajinan yang terbuat dari tulang ikan.

Katanya sih, dibuatnya ide kreatif kerajinan dari bahan tulang ikan ini diawali dari ada seorang pengrajin yang mampir ke warung kuliner seafood.

Disana, beliau ini memperhatikan banyak sekali tulang-tulang ikan bekas makan pengunjung yang berserakan tak berguna.

Nah, timbullah ide oleh si pengrajin ini untuk menfaatkannya dengan mulai mengumpulkan tulang-tulang ikan tersebut untuk dijadikan bahan kerajinan.

Makanya, jangan heran jika anda melihat sekarang banyak sekali cenderamata unik dari tulang ikan, ada yang dibentuk motor, gantungan kunci, aneka perhiasan seperti gelang maupun kalung serta masih banyak yang lagi bentuk kerajinan lainnya dari bahan ini.

Lalu siapa yang minat hanya dengan bahan seperti ini?

Jangan salah ya, meskipun hanya berbahan dasar tulang ikan, kerajinan jenis ini sudah dijual hingga ke Australia, Singapura, Arab, India, Jepang, dan China.

Itu membuktikan bahwa bisnis kerajinan tangan dari tulang ikan merupakan ide bisnis kreatif yang cocok dijalankan di Indonesia.

Terlebih kita tau bahwa negara kita adalah negara maritim yang memiliki kekayaan laut luar biasa, yang salah satunya adalah hasil laut berupa ikan.

Bahkan sebagian masyarakat Indonesia (dari dahulu kala) merupakan para nelayan atau yang bekerja di lautan.

Salah satu penyumbang terbesar dari perekonomian di Indonesia pun berasal dari sektor kelautan. Itu juga membuktikan kekayaan hasil laut indonesia benar-benar sangat berlimpah.

Makanya, sangat profitable saya kira jika mengupayakan dalam bidang kerajinan tangan dari bahan ini.

Peluangnya didalam negeri pun juga sangat besar, karena sebagian besar masyarakat kita masih beranggapan bahwa limbah tulang ikan sudah tidak ada gunanya lagi atau tidak bisa dibuat bisnis.

Contoh Kerajinan dari Tulang Ikan

Semua orang bisa membuatnya dengan mempelajarinya, karena hanya dengan berbekal keterampilan, kreativitas, dan alat-alat sederhana, produk kerajinan dari limbah tulang ikan bisa kita olah menjadi berbagai bentuk produk kerajinan yang menarik, di antaranya adalah :

Gelang dari Tulang Ikan

Gelang dari Tulang Ikan
toriqa.com

Produk kerajinan dari tulang ikan yang pertama berbentuk kalung yang didesain sedemikian rupa menjadi sebuah gelang yang menarik.

Produk ini sudah tersebar di beberapa marketplace jika anda ingin melihat kualitas produknya.

Miniatur Motor dari Tulang Ikan

Miniatur Motor dari Tulang Ikan
toriqa.com

Dalam membuat kerajinan seperti jenis ini memang membutuhkan tingkat kesabaran yang ekstra dalam merangkai-nya.

Pasalnya, miniatur kendaraan ini dirangkai di lebih dari puluhan bahkan ratusan potongan ikan berbagai bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan bentuk yang akan ditiru.

Miniatur Hewan dari Limbah Tulang Ikan

Miniatur Hewan dari Limbah Tulang Ikan
toriqa.com

Sangat unik dan mempesona membuat kerajinan miniatur hewan dari tulang ikan.

Bagaimana tidak, dengan merangkai sebuah pola menyerupai bentuk hewan, baik naga, garuda, kalajengking maupun ikan sendiri tentu membutuhkan skil kreasi, inovasi serta ketelitian yang sangat tinggi dari seorang seniman.

Anda bisa mencobanya dari hal-hal sederhana dulu sebelum membuat sesuatu yang bernilai tinggi.

Aksesoris Kalung dari Tulang Ikan

Aksesoris Kalung dari Tulang Ikan
toriqa.com

Kerajinan membuat kalung tidak hanya bisa dibuat dari sisik ikan, tulangnya pun bisa diolah menjadi sebuah kerajinan yang menarik seperti pada gambar.

Miniatur Naga

Naga dari Tulang Ikan
toriqa.com

Membuat miniatur naga dari dari tulang ikan sangat menarik dan benar-benar ada sisi unik dan artistik-nya.

Bagaimana tidak, dengan bentuk yang sangat unik serta bahan – bahan yang langka dalam pembuatannya benar benar mampu menghasilkan suatu karya seni yang bernilai tinggi serta sangat langka dalam penjualannya.

Elang dari Tulang Ikan

Elang dari Tulang Ikan
toriqa.com

Bagaimana jika anda punya hiasan dinding atau rumah berupa tampilan si gagah penguasa udara ini?

Pasti sangat indah dan artistik dong. Sekarang anda bisa membuat miniatur dari tulang ikan untuk membuat layaknya patung elang atau rajawali yang perkasa.

Kala Jengking

kerajinan kalajengking dari sisik ikan
toriqa.com

Hewan ganas yang satu sebenarnya akan menjadi sangat lucu, cantik dan indah jika dibuat miniatur. Bahannya tidak selalu dari bahan-bahan yang mengerok gocek yang terlalu.

Anda hanya cukup mengumpulkan sisa-sisa tulang ikan untuk dirangkai berdasarkan pola pembuatan kerajinan miniatur kalajengking.

Gantungan Kunci

kerajinan Gantungan Kunci dari Tulang Ikan
toriqa.com

Membuat gantungan kunci tidak selalu dari bahan-bahan yang sudah biasa, anda bisa membuat sesuatu jadi lebih unik menggunakan bahan-bahan yang dinilai mungkin sudah tidak ada gunanya seperti tulang ikan.

Sudah banyak kok pengrajin yang membuktikan bahwa kerajinan dengan memanfaatkan bahan dari tulang ikan mampu menambah nilai seni yang menanjakkan hasil nilai penjualan.

Kapal Pinishi

kerajinan kapal pinishi dari Tulang Ikan
toriqa.com

Sebagai pelengkap hiasan rumah yang unik dan menarik, membuat kreasi dari tulang ikan berupa miniatur kapal penishi mampu menciptakan menambah nilai seni suasana rumah anda.

Bahan jika anda mau membuat untuk dijual, contoh produk kerajinan ini bisa dihargai dengan sangat tinggi untuk satu unitnya saja.

Alat pembuatan kerajinan limbah tulang ikan

Bahan atau alat untuk membuat kerajinan limbah tulang ikan tidak terlalu susah didapat, di antaranya sebagai berikut :

  1. Amplas.
  2. Gergaji besi
  3. Lem tembak
  4. Dan gerinda.

Cara Membuat Kerajinan dari Tulang Ikan

Proses pembuatan kerajinan dari tulang ikan memang tidak sesederhana yang kita bayangkan layaknya membuat kerajinan berbasis media campuran atau dari barang-barang bekas.

Untuk mendapatkan hasil maksimal atau karya yang bagus, diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam membuatnya.

Dan untuk mendapatkan hasil yang bervariasi dan unik, perlu dibuat rancangan terlebih dahulu sehingga hasilnya lebih rapi dan sesuai prinsip keindahan.

Intinya, proses pembuatan kerajinan tulang ikan membutuhkan perencanaan, bahan serta alat yang cukup.

Langkah-Langkah Pembuatan :

  1. Pilihlah tulang rusuk ikan yang masih bagus agar hasilnya bisa tahan lama.
  2. Setelah tersedia, potong jadi kecil-kecil berdasarkan ruas, biasanya tulang yang besar bisa dijadikan liontin yang unik dan cantik.
  3. Kemudian susun dengan roncean menggunakan seutas tali kulit.
  4. Lalu ikat tali hingga membentuk simpul pada ujung tali kanan dan kiri.
  5. Baru lah kalung selesai dibuat, anda juga bisa membuat lebih panjang atau pendek.

Jenis Pewarna Untuk Membuat Kerajinan dari Tulang Ikan

Warna yang bisa digunakan dalam mewarnai hasil kreasi dari tulang ikan bisa beragam dan menyesuaikan dengan bentuk wujudnya.

Sementara alat yang digunakan dalam mewarnai adalah sistem penyemprot warna, melalui alat tersebut proses pengecatan bisa relatif cepat dan merata sampai ke sela-sela rangkaian tulang ikannya.

Daerah Penghasil Kerajinan dari Tulang Ikan

Di indonesia sendiri ada daerah yang punya prospek bagus dalam pengolahan kerajinan ini. Bahkan produk kerajinan dari tulang ikannya pun sudah mempu di ekspor hingga keluar negeri, seperti ke kuala lumpur, Malaysia.

daerah tersebut adalah Kabupaten Bintan, yang berhasil mengolah sisik ikan serta tulang ikan menjadi beberapa produk menarik yang disukai banyak wisatawan.

Selain itu, daerah Bangka, Bangka Belitung juga mampu mengkoordinasi daerah dan masyarakatnya menjadi pengrajin kerajinan dari tulang ikan yang menghasilkan.

Dan beberapa tahun silam juga daerah Muara Angke, Jakarta Utara, menarik minat sejumlah pejabat dan pengunjung pameran Pekan Produk Kreatif Daerah. Pasalnya daerah tersebut masyarakatnya mampu membuat kerajinan dari tulang ikan, bahkan untuk segala bentuk, seperti bentuk naga dan beragam miniatur kendaraan.

Contoh Kerajinan dari Tulang Hewan

Kerajinan Tulang Sapi

Tidak hanya tulang ikan nih, sebagai tambahan, ternyata tulang sapi bekas hasil dari pemotongan hewan bisa dijadikan ladang rejeki, tulang-tulang yang sudah dibuang itu bisa dimanfaatkan dan diolah untuk beragam jenis kerajinan aksesoris menarik.

Untuk bahan yang akan dipakai tidak hanya dari tulang sapi saja, tapi juga bisa dicampur dengan kayu maupun batu Kalsedon yang biasa di kenal batu akik.

Contohnya beberapa akan saya paparkan.

Jadi, tulang-tulang yang biasanya cuman dibuang tidak berguna jadi sampah ternyata bisa menghasilkan uang loh.

Ragam kerajinan dari tulang sapi

Baiklah, dibawah ini ada beberapa jenis kerajinan dari tulang sapi yang bisa anda jadikan inspirasi.

Kalung/Gantungan Kalung

Ragam kerajinan dari tulang sapi
toriqa.com

Tidak hanya sisik atau tulang ikan yang bisa dibuat kalung yang cantik. Faktanya tulang sapi pun bisa dikreasikan menjadi sebuah produk bernilai jual seperti gambar gantungan kunci dari bahan tulang sapi diatas.

Pipa Rokok

Pipa Rokok dari Tulang Sapi
toriqa.com

Anda hobi rokok namun sudah bosan menggunakan media sedot rokok yang hanya itu-itu saja.

Coba deh pelajari atau bisa langsung membelinya di marketplace, alat sedot rokok dari tulang sapi.

Gantungan Kunci

Gantungan kunci dari tulang sapi
toriqa.com

Kulit sapi juga bisa dibuat menjadi perlengkapan atau bagian aksesoris gantungan kunci. Unik dan menarik pastinya jika anda bisa membuatnya.

Pola dan membuatnya bisa anda googling, disini saya hanya ngasih contoh produk kerajinan dari tulang sapi saja. Atau anda bisa liat postingan saya yang lain tentang contoh kerajinan berbasis media campuran yang sangat cantik dan unik.

Cara Membuat Kerajinan dari Tulang Sapi

Sudah tahu beberapa contohnya, lanjut ke cara membuatnya secara umum.

Untuk membuatnya pertama anda harus memilih bahannya terlebih dahulu, yakni tulang sapi.

Dalam hal ini, dibutuhkan tulang sapi yang bagus serta bertekstur tebal, karena jika terlalu tipis maka tulangnya akan sulit untuk dibentuk sehingga mudah patah.

Baiklah, berikut ini detail langkahnya :

  1. Bentuk tulang sapi menggunakan mesin.
  2. Buat perencanaan yang matang (bentuk atau polanya), dalam langkah awal ini anda harus hati – hati, karena di tahap ini kita akan melakukan pembentukan awal. Tentukan juga soal mengukur panjang yang kita inginkan maupun lebar yang kita inginkan sebelum dibuat menjadi lebih detil nantinya.
  3. Buatlah pola bentuk kerajinan secara mendetail menggunakan gambar diatas tulang yang tadi telah dipotong tadi agar memudahkan dalam proses pembentukan.
  4. Cara membentuknya kita gunakan mesin, anda harus berhati-hati karena mesin gergaji yang dipakai sangat berbahaya.
  5. Mulailah menggergaji berdasarkan garis yang sudah dibuat.
  6. Setelah proses pemotongan berdasarkan polanya, lanjut ke proses pengamplasan, tujuannya adalah untuk membuat bentuknya semakin bagus dan rapih.
  7. Tahap selanjutnya adalah pengecatan, pengecatan mengunakan resin supaya tulangnya menjadi tampil mengkilap dan bagus.
  8. Setelah pengecatan, jangan lupa angin-anginkan supaya cepat kering.

Kerajinan Tulang Ayam

Selain kerajinan dari tulang ikan, limbah tulang ayam yang biasanya dibuang juga dapat kita manfaakan menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Anda bisa mempelajari caranya di banyak media sekarang ini, googling aja.

Anda bisa berkreasi menggunakan bahan tulang ayam menjadi beragam kerajinan yang di jual bahkan diekspor ke berbagai penjuru dunia.

Mau tau apa saja contoh kerajinan dari tulang ayam? berikut ini refrensi ragam kerajinan dari tulang ayam!

Contoh kerajinan dari tulang ayam

Miniatur Motor

Miniatur Motor dari tulang ayam
toriqa.com

Tidak hanya membuat miniatur motor dari tulang ikan, tulang ayam pun bisa diolah menjadi sebuah miniatur motor yang keren.

Tekniknya sangat rumit dan membutuhkan tingkat ketelatenan yang sangat tinggi dalam membuatnya.

Lampu Tidur dari Limbah Tulang Ayam

Lampu Tidur dari Limbah Tulang Ayam
toriqa.com

Koleksi terakhir ada kerajinan membuat lampu tidur dari tulang ayam.

Bagaimana bisa membuat lampu tidur hanya memanfaatkan sisa-sisa tulang ayam saja?

Iya, faktanya bisa kok. Tidak percaya? Anda bisa liat sendiri vidionya disini.

Penutup 

Disini (sebelum-sebelumnya) saya banyak membahas tentang beragam jenis kerajinan, salah satu yang saya bahas adalah kerajinan dari limbah lunak dan juga beberapa contoh kerajinan dari bahan keras alam.

Setelah membahas panjang lebar langkah-langkah membuat kerajinan, bahan dan peralatan, serta ciri ciri kerajinan dari tulang ikan. Setidaknya anda tidak memandang remeh lagi hal hal yang secara tampak mata tidak berguna.

Karena sejatinya, tuhan tidak menciptakan segala sesuatu itu tidak ada gunanya, semuanya ada gunanya dan ada fungsinya.

Jika ada pertanyaan, sisa tulang bisa dijadikan apa? sebaiknya anda share saja tulisan artikel ini, biar bermanfaat dan menambah manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.