100+ Kerajinan dari Kaleng Berbagai Jenis [Sumber Ide Kerajinan dari Kaleng Bekas]

Punya hobi dibidang kerajinan dan kreativitas, ingin punya penghasilan lebih dari berkarya atau ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan yang sangat bermanfaat? coba deh belajar aneka kerajinan dari kaleng.

Disini saya akan berbagi ide, tips dan contoh kerajinan dari kaleng dari berbagai jenis, misal dari yang berbahan kaleng susu kecil, kaleng cocacola hingga yang agak berukuran besar yaitu kaleng biscuit atau kaleng plastik ukuran besar lainnya.

Baik, mari masuk ke pembahasan!

Macam Macam Contoh Kerajinan dari Kaleng

Anda tidak perlu pusing dengan banyaknya limbah botol yang berserakan, hanya bermodal sedikit rasa ingin tau dan mau belajar, berikut ini saya berikan ide atau contoh kerajinan kaleng bekas yang mudah untuk dibuat serta punya nilai jual.

Tempat Sendok dari Kaleng Susu

Macam Macam Contoh Kerajinan dari Kaleng
toriqa.com

Meskipun anda punya dapur yang posisinya berada di belakang, jangan biarkan tampilannya selalu berantakan!

Nah, supaya penampilan dapur anda menjadi rapi dan enak dilihat, anda bisa mencoba membuat kerajinan dari kaleng bekas yang dilapisi rend atau kain flanel.

Dengan ide ini, pasti desainnya akan semakin unik dan kreatif.

Nanti anda tinggal lilitkan atau lem saja, jadi deh tempat sendok anti mainstream!

Kerajinan Pot Bunga dari Kaleng Biskuit Bekas

Kerajinan Pot Bunga dari Kaleng Biskuit Bekas
toriqa.com

Jangan terburu-buru membuang barang bekas berupa kaleng biskuit, karena kaleng bekas susu atau biskuit bisa anda gunakan sebagai pot tanaman.

Caranya tidak susah kok, tinggal anda bersihkan, lalu dicat dengan warna kesukaan, dan jangan lupa diberi hiasan berupa pita.

Dengan teknik sederhana ini, dijamin akan membuat tampilan pot tanamanmu dan terasmu makin menarik!

Kerajinan Membuat Tempat Kaos Kaki dari Kaleng Susu 

Kerajinan dari Kaleng Berbagai Jenis
toriqa.com

Tidak jarang kan kita melakukan kecerobohan dengan menaruh kaos kaki sembarangan, akibatnya sulit mencarinya saat mau pakai.

Nah, mulai dari sekarang coba deh simpan dalam kaleng bekas.

Caranya sederhana saja! silahkan perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kumpulkan kaleng bekas yang ukurannya sama, dan bersihkan.
  • Selanjutnya sediakan papan kayu, pilih yang sekiranya mudah buat digantung sebagai alas kaleng bekas saat ditempelkan nanti.
  • Kemudian gunakan lem untuk merekatkan kaleng bekas pada papan kayu.
  • Setelah itu lanjut pasang papan kayu yang sudah ditempeli tadi menggunakan kaleng bekas di tembok pakai paku.
  • Lipat kaos kaki, kemudian masukkan ke dalam kaleng bekas yang sudah dibuat.

Lihat juga aneka ide dan contoh kerajinan dari tulang ikan menarik disini.

Tempat Pensil Lucu dari Kaleng Bekas

Tempat Pensil Lucu dari Kaleng Bekas
toriqa.com

Kaleng memang cukup efektif buat dijadikan tempat untuk segala barang ringan.

Anda juga bisa manfaatkan kaleng bekas sebagai tempat meletakkan alat tulis dan alat gambar selain hanya dijadikan peralatan dapur saja.

Jika tidak bisa melakukan proses cat, anda bisa kok memberi hiasan pada kaleng bekas dengan menempeli kertas kado bermotif sesuai selera.

Hiasan Rumah dari kaleng Bekas

Hiasan Rumah dari kaleng Bekas
toriqa.com

Pilihlah kaleng susu yang teksturnya sedikit lebih lunak agar mudah dibentuk serta dilubangi dengan paku, ya!

Tempat Lilin yang Indah dari Kaleng Sarden

Dirumah anda punya kaleng bekas sarden? mulai sekarang jangan dibuang ya, karena itu bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan yang menarik berupa hiasan dinding seperti gambar di atas.

Dengan membuat hiasan dinding tambahan lilin akan membuat tampilan kamar anda menjadi lebih syahdu.

Kerajinan Rongga Lampu Kaca dari Kaleng Susu Bekas

Kerajinan Rongga Lampu Kaca dari Kaleng Susu Bekas
toriqa.com

Meskipun saat ini sudah banyak aneka lampu berdesain modern, anda tetap membutuhkan lampu belajar unik lewat kerajinan dari kaleng bekas yang bisa anda buat sendiri.

Dengan memanfaatkan kreativitas dari bahan sederhana saja, meja belajar anda akan terlihat lebih estetik dan semakin semangat menggali ide-ide gila!

Hiasan Hadiah Resepsi atau Ulang Tahun dari Kaleng Bekas

Sebagian dari kita punya impian membuat dan memamerkan hasil karyanya di acara istimewa seperti pada acara pesta pernikahan.

Karya dengan sentuhan seni sangat cocok di tampilkan di acara resepsinya outdoor, anda bisa pergunakan kaleng belas sebagai hiasan di lokasi acara.

Caranya membuat kerajinan dari kaleng jenis ini adalah sebagai berikut :

  • Kumpulkan beberapa kaleng bekas, kemudian bersihkan hingga bersih.
  • Sediakan juga beberapa karton, spidol, serta kertas yang akan dipakai untuk melapisi kaleng.
  • Anda juga bisa menempelkan karton ke badan kaleng dengan lem.
  • Gunakan spidol dan kertas tadi untuk menggambar atau menulis kata-kata yang unik dilembar karton yang telah ditempel di kaleng bekas.
  • Jika sudah, silahkan lubangi setiap kaleng, kemudian pasang benang untuk digantung pada pohon di lokasi.

Baca juga: raga contoh kerajinan dari bahan-bahan buatan yang cantik-cantik dan menarik.

Membuat Tempat Pensil, Spidol dan ATK dari Kaleng Bekas

Jika Anda punya cukup banyak kaleng bekas, coba jadikan satu semuanya dengan cara menempel dan buat bentuknya seperti piramda.

Sebelum merangkainya, anda harus mengecat kalengnya terlebih dahulu agar warnanya tidak membosankan.

Baru setelah di cat, terserah anda mau meletakkan jenis alat tulis kantor (ATK) apapun di dalam kaleng sesuka hati.

Kerajinan Membuat Bando

Untuk para ukhti nih, mulai sekarang tidak perlu pusing lagi untuk menaruh koleksi bando.

Anda hanya cukup memanfaatkan kaleng bekas dan menghiasnya sesuai selera, anda bisa melingkarkan bando pada kaleng bekas yang telah di hias.

Pada bagian dalamnya, anda juga bisa menggunakannya untuk membuat tempat bros atau pin biar makin hemat tempat.

Tempat Makanan dan Bahan Dapur 

Tempat Makanan dan Bahan Dapur 
toriqa.com

Punya cukup banyak sisa kaleng susu yang tidak lagi terpakai, anda bisa menggunakannya sebagai tempat menaruh berbagai jenis makanan di dalamnya.

Cara buatnya gampang, simak dibawah ini!

  • Siapkan kaleng yang udah bersih, lalu hias kaleng dengan kertas kado motif apapun sesuai selera.
  • Berkreasilah dengan menuliskan jenis makanan yang di simpan di dalam kaleng pada atas kertas yang ditempel.
  • Selanjutnya, anda tinggal menutupnya, kemudian jadi deh tempat bahan dapur yang unik dan tidak biasa!

Kap Lampu dari Susu kaleng Bekas

Bersihkan kaleng bekas, lalu berikan pewarnaan atau cat ulang kaleng yang sesuai dengan tema rumah.

Dengan teknik sederhana ini, anda sudah bisa mempunyai lampu yang unik sekaligus dekorasi yang menarik.

Panggangan Mini dari Kaleng Bekas

Cara Membuat Kerajinan dari Kaleng Bekas
toriqa.com

Belum punya alat pemanggang? tidak usah kawatir, karena anda hanya perlu memanfaatkan kaleng bekas untuk membuat alat panggangan.

Hanya dengan menggunakan satu buah kaleng bekas susu kental, anda sudah bisa memilikinya.

Namun, alat ini hanya bisa di gunakan untuk memanggang beberapa makanan kecil yang biasa di panggang, misalnya seperti sosis, daging dan lainnya.

Karena hanya memanfaatkan kaleng susu bekas, tentu anda hanya memiliki alat panggangan mini, namun tetap alat ini sangat berguna di kala berkemah karena praktis untuk dibawa. Silakan di kreasikan.

Lonceng Angin Penuh Warna

Kerajinan dari kaleng bekas
toriqa.com

Kaleng bekas juga bisa dijadikan sebagai lonceng angin.

Sebuah lonceng yang dapat anda letakkan di luar rumah serta mampu menghasilkan suara gemericik merdu setiap kali terkena angin.

Pada bagian bawahnya, nanti anda tambahkan manic-manik yang dapat menghasilkan suara setiap kali terjadi gesekan oleh angin.

Jadi bagi anda yang merindukan suara merdu dari bunyi-bunyi lonceng di rumahnya, anda bisa coba membuat kerajinan ini.

Aksesoris ini juga bisa di jadikan sebagai penghias eksterior rumah.

Lonceng Angin Indoor

Anda bisa membuat hiasan ruang kamar agar lebih berwarna dengan mempelajari teknik membuat kerajinan berupa lonceng angin.

Untuk membuatnya menggunakan beberapa kaleng bekas yang di gantung pada sebuah lingkarang menggunakan benang.

Tahap pertama anda harus memberikan warna atau ornament penghias yang menarik sebelum di pasang.

Bunga Matahari dari Kaleng Bekas

Ide dan contoh kerajinan dari kaleng bekas
toriqa.com

Punya bunga hiasan layaknya bunga matahari pasti sangat indah bukan? apalagi hal ini bisa dikreasikan dari kaleng bekas.

Cara membuatnya anda hanya cukup melihat contoh gambar di atas, sudah terbayang kan, cara membuatnya.

Simpel aja kok, tinggal di poles dengan sedikit kreativitas dalam pewarnaan, maka sudah bisa menghasilkan sekuntum bunga yang estetik dan menarik.

Votives Gantung – Tempat Menaruh Lilin Secara Gantung

Ide lain yang bisa di hasilkan dari kaleng bekas adalah kreasi membuat tempat lilin.

Tempat lilin ini nantinya di kasih sejenis gantungan sehingga bisa di kaitkan di paku atau benang.

Anda bisa membuat kreativitas ini, setelah jadi maka akan menghasilkan cahaya lilin yang indah dari lubang-lubang yang ada.

Cobalah.

Jam Klasik dari Kaleng

Contoh produk kerajinan dari kaleng bekas
toriqa.com

Jika anda merasa bosan dengan jam di kamar yang begitu-begitu saja, maka anda perlu mencona membuat kerajinan kaleng bekas dalam bentuk kerangka jam weker.

Bahan utama membuat kreasi jam dari kaleng bekas tidak terlalu sulit dan mudah bahannya untuk didapat.

Miniatur Drum Set

Miniatur Drum Set dari kaleng susu bekas
toriqa.com

Kerajinan sederhana yaitu sebuah kerajinan miniature drum set dari kaleng bekas yang berfungsi sebagai tempat rak atau meja.

Dengan memanfaatkan rangka kawat sebagai penyangganya serta sedikit penyesuaian maka bisa menciptakan sebuah hiasan kaleng bekas yang cantik dan unik seperti di atas.

Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?

Mozaik Kaleng

Membuat kerajinan sederhana yang unik berupa hiasan mozaik juga tidak kalah bagus, cara membuatnya juga terbilang mudah.

Buatlah beberapa irisan dengan bentuk membujur dari beberapa bagian kaleng, setelah itu pelintir dan buat secara menggulung seperti gambar di atas.

nanti hasil kerajinan ini bisa di gunakan sebagai hiasan dinding maupun meja.

Real Speaker dari Kaleng

Real Speaker dari Kaleng
toriqa.com

Dengan teknik modofikasi, kaleng dapat kita manfaatkan sebagai bahan untuk membuat rangka speaker yang unik dan mengundang perhatian.

Tidak usah khawatir, hasil pembuatan speaker mini juga bisa berfungsi baik kok, cukup estetik bukan.

Kalung dari Cetakan Kaleng Soda

Produk kerajinan dari kaleng bekas selanjutnya adalah kalung.

Teknik ini memanfaatkan lempengan kaleng yang mudah di bentuk, anda bisa membuat kerajinan berbentuk kalung dengan terlebih dahulu membuat kaleng pola bunga.

Buatlah pola dengan menggambar dan potong menggunakan gunting, bisa juga menggunakan cetakan yang dapat memungkinkan di lakukan secara instan membentuk pola seperti itu.

Cetakan Kue Ulang Tahun Mini dari Kaleng Bekas

Cetakan Kue Ulang Tahun Mini dari Kaleng Bekas
toriqa.com

Jika anda atau teman anda mau merayakan ulang tahun dengan cara sederhana, bisa membuat kue mini atau ukuran kecil.

Hal ini bisa di kreasikan dengan memanfaatkan kaleng sebagai cetakan kuenya.

Meskipun sederhana, bentuk silinder kaleng mampu menghasilkan kue mini yang cantik dan imut, di tambah lagi dengan rasa yang nikmat.

Rak Kaleng Serba Guna

Bagi yang punya stok kaleng bekas biscuit yang ukurannya besar, anda dapat memanfaatkannya sebagai sebuah rak beringkat yang nantinya dapat di gunakan untuk menaruh beragam barang keperluan.

Hanya bermodal sedikit ketelatenan, maka anda atau semua orang dapat kok membuatnya dengan mudah.

Cetakan atau Alat Potong Adonan Untuk Kue

Nggak perlu beli jika hanya ingin punya cetakan sederhana, dengan memanfaatkan kaleng bekas yang lentur dan punya tekstur yang mudah di bentuk juga bisa kok kita kreasikan sebagai cetakan kue dengan beragam bentuk.

Misal suka cetakan dengan model bintang, mickymouse atau bentuk hati bisa kita tentukan sendiri.

Maka dari itu, mulai dari sekarang, buat yang punya stok kaleng bekas biscuit di rumah yang ukurannya lumayan besar-besar, bisa tuh di kreasikan jadi sebuah rak beringkat yang serbaguna untuk menaruh beragam barang keperluan.

Syaratnya hanya anda hanya di tuntut untuk sedikit telaten, bahkan semua orang bisa membuatnya dengan mudah, karena materinya sendiri sudah banyak kok di internet.

Di sini saya hanya berbagi ide kerajinan dari kaleng saja. Selebihnya anda harus eksplor sendiri.

Rumah Rumahan dari Kaleng Mini

Ide berikutnya anda bisa membuat dekorasi rumah-rumahan mini yang hanya memanfaatkan bahan dasar kaleng bekas ukuran kecil.

Caranya sebenarnya mudah, coba perhatikan pola bentuknya, kami yakin anda semua sudah bisa membayangkan bagaimana cara membuatnya.

Secara fungsi juga bisa beragam, anda bisa membuat rumah-rumahan ini untuk dijadikan sebagai hiasan rak atau mungkin bisa buat kandang serangga dan sebagainya.

Ukurannya tentukan sendiri berdasarkan fungsi atau selera anda.

Kupu Kupu Berterbangan

kerajinan dari kaleng bekas
toriqa.com

Pengen kan punya mainan yang cantik tapi ngak usah ngeluarin duit yang terlalu dalam. Apalagi anda bisa membuatnya atau mengajarkannya pada si kecil.

Iya, hiasan outdoor yang menyerupai persis seperti rangkaian kupu-kupu layaknya pada gambar yang tampak di atas juga merupakan hasil kreasi kaleng bekas yang sangat mudah untuk dibuat.

Kerajinan dari Kaleng Bekas Cocacola

Kita bahas secara lebih spesifik saja, yaitu seputar kerajinan dari kaleng bekas Cocacola.

Mungkin anda punya sisa-sisa botol Cocacola atau saudara-saudaranya seperti Fanta, Sprite dan lain-lain.

Beberapa jenis botol minuman itu sangat familiar di telinga kita, atau bahkan mungkin kita sudah sering mengkonsumsi minuman soda yang sudah mendunia ini.

Nah, terlepas dari kontroversi atas minuman tersebut sebagai minuman yang di anggap kurang sehat, ternyata kaleng bekas Cocacola ini dapat kita kreasikan menjadi beragam bentuk ide kerajinan tangan yang menarik.

Beberapa di antaranya mempunyai nilai artistik serta nilai jual yang sangat tinggi.

Anda hanya perlu sedikit sentuhan kreativitas, maka anda sudah bisa membuat kerajinan tangan dari kaleng bekas Cocacola, bahkan dengan kualitas internasional.

Berikut ini refrensi dari beberapa contoh produk kerajinan dari kaleng bekas Coca Cola.

Tas Super Keren dari Rangkaian Cantelan/Tutup Kaleng Cocacola

Secara sekilas jika jika kita perhatikan hasilnya, tentu kita tidak akan membayangkan bahwa tas ini merupakan hasil dari kreasi kaleng bekas Coca Cola.

Yang menjadi bahan utamanya sebenarnya bukan badan kalengnya, tapi cantelan kaleng yang di rangkai sedemikian rupa hingga terbentuk seperti itu.

Bagaimana? Keren banget, kan.

Sekuntum Mawar Merah

Ide dan contoh kerajinan dari kaleng bekas
toriqa.com

Selanjutnya ide Kerajinan dari kaleng bekas adalah sebuah bentuk bunga yang cukup mudah untuk dibuat.

Caranya cukup dengan memotong beberapa lembar lempengan kaleng alumunium, lalu di bentuk hingga menyerupai beberapa buah kelopak bunga, kemudian di susun di sebuah kawat rangka.

Lokomotif dari Kaleng Bekas Cocacola

Cara membuat kerajinan dari kaleng bekas
toriqa.com

Lokomotif yang keren ini juga di buat murni dari bahan utama kaleng bekas Coco Cola loh.

Dalam proses pembuatannya di perlukan sedikit ketelatenan serta waktu yang lumayan.

Jika anda tertarik untuk membuatnya, silahkan coba buat kerajinan ini dengan kaleng Coca Cola.

Ekspresi Lelah Tergambar dari Kaleng Cocacola Ini

Sebenarnya ide untuk membuat kerajinan apapun (kaleng bekas) tidak akan ada habisnya.

Dengan hanya bermodalkan kaleng bekas Coca Cola ini kita juga bisa membuat sejenis kerajinan berbentuk orang yang menampilkan ekspresi.

Salah satunya ekspresi lelah, cara membuatnya dengan  membentuk melalui lekukan-lekukan kaleng.

Unik, kan.

Kerajinan dari Kaleng Bekas – Mainan Anak

Dari kaleng bekas yang banyak terbuang, kita juga bisa membuat mainan anak-anak dari kaleng bekas.

Seperti yang telah saya singgung di atas, kaleng alumunium itu punya tekstur yang sangat mudah di bentuk.

Dengan kelebihan ini tentu akan memudahkan kita untuk membentuknya menjadi beragam variasi kerajinan atau ide.

Nah, salah satunya kita bisa membuatnya menjadi beragam ide mainan anak-anak, atau mainan untuk sekadar jadi pajangan di rak rumah juga bisa.

Berikut ini adalah refrernsi beberapa ide atau juga hasil kreasi kaleng bekas menjadi mainan.

  1. Robot-robotan ala retro.
  2. Kaleng yang di sulap jadi pin bowling yang lucu.
  3. Boneka/robot anjing dari kaleng.
  4. Tongkat karakter lucu untuk anak-anak.
  5. Snowman atau Manusia salju.
  6. Karakter lucu dari kaleng bekas permen.
  7. Mainan telepon-teleponan.

Kerajinan dari Kaleng Bekas – Bentuk Binatang 

Refrensi ide terakhir yang bisa saya bagikan adalah produk kerajinan dari kaleng bekas bentuk binatang.

Ide membuat seperti ini (selain beberapa contoh di atas) juga tak kalah unik dan artistik, dapat mencerahkan pikiran serta membuka inspirasi.

Intinya sih jika kita meningkatkan kepedulian akan barang-barang bekas, kita akan merasa sangat sayang jadinya jika hanya melihat atau menyia-nyiakan kaleng-kaleng bekas yang mungkin menumpuk di tempat sampah.

Baiklah, berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan dari kaleng bekas yang berbentuk binatang sebagai bahan refrensi juga untuk para pecinta kerajinan.

Dan beberapa di antaranya saya lihat cukup mudah untuk dibuat.

Check these out!

  1. Boneka anjing lucu dari bahan kaleng.
  2. Naga super sangar.
  3. Cute Piggy.
  4. Beruang super charming.
  5. Sapi super unyu dari kaleng bekas.
  6. Burung hantu lucu.
  7. Aneka binatang lucu.
  8. Motif burung 2 dimensi.
  9. Kupu-kupu indah.
  10. Babi lucu dari kaleng.

Demikianlah pembahasan, refrensi beragam contoh kerajinan dari kaleng, mulai dari kaleng susu kental manis, aneka minuman ringan, kaleng biskuit, kaleng rokok, kaleng plastik, kaleng cat bekas, kaleng lasegar, kaleng susu bebelac, kaleng susu bear brand dan beberapa jenis kaleng lainnya sebagai bahan kerajinan.

Tinggalkan komentar