38+ Kerajinan dari Kain Perca +Contoh, Alat & Bahan, Cara Membuatnya

Dengan banyaknya sisa-sisa kain di banyak perusahaan garmen atau penjahit, kita bisa memanfaatkannya menjadi banyak ide produk kerajinan dari kain perca, seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

Dari hasil ide pembuatan ini, nanti kita bisa jual hasilnya, atau juga bisa kita nikmati sendiri hasil kreasi kerja kita dalam membuat sebuah karya dirumah.

Ada banyak sekali ide menarik yang bisa kita realisasikan dengan hanya memanfaatkan bahan utama kain perca.

Tertarik? berikut ini contoh ide produk pembuatan kerajinan dari kain perca selengkapnya.

Contoh Kerajinan dari Kain Perca yang Bisa Dijual

Kami tau sebagian dari kita memang ingin melakukan sesuatu untuk mendapatkan hasil, itu wajar.

Maka dari itu, disini saya share pertama kali yaitu beberapa ide contoh produk kerajinan dari kain perca yang bisa dijual nantinya.

Bed Cover dari Kain Perca

Jika anda punya atau menemukan tumpukan kain perca, usahakan jangan dibuang, mulai dari sekarang anda harus lebih realistis akan manfaat setiap sesuatu yang ditemuan.

Untuk kain perca sendiri bisa dikreasi menjadi bahan untuk membuat bed cover.

Jadi nanti anda tidak perlu lagi membelinya dengan harga mahal, karena dapat anda buat sendiri, bahkan bisa jadi ditawarkan kepada teman-teman.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi, silahkan potong setiap kain perca mengikuti pola dan ukuran yang sama, untuk masalah kombinasi warna dan coraknya bisa disesuaikan dengan kemauan anda.

Namun, secara umum sih selimut yang terbuat dari kain perca tidak begitu memperhatikan ini, karena keunikannya justru sudah ada pada percampuran warna serta coraknya.

Boneka dari Kain Perca

Cara membuat Boneka dari Kain Perca
toriqa.com

Contoh kerajinan dari kain perca bisa anda buat sebuah boneka lucu untuk si kecil.

Dengan membuatnya secara mandiri, bisa jadi anak anda lebih menyukai bonekanya dari pada yang anda beli di toko, karena lebih berkesan.

Untuk ukurannya, bentuk hingga warnanya bisa bebas anda tentukan sendiri.

Lebih dari itu, anda juga dapat mem-multifungsikan bonekanya, misalnya berguna juga sebagai bantal atau guling.

Bahkan jika anda mau boneka dari kain perca ini nanti dijual, itu sangat memungkinkan, karena keunikannya bisa menjadi daya tawar dengan harga tinggi.

Apalagi jika anda juga menyediakan layanan jasa custom, artinya si pemesan bebas menentukan mau boneka yang seperti apa.

Alas Bermain Anak dari Kain Perca

contoh kerajinan dari kain perca yang bisa dijual
toriqa.com

Jika anda punya anak yang masih kecil, atau bahkan masih balita, anda mungkin saja merasa khawatir saat anak-anak bermain di lantai.

Entah karena takut kedinginan, kotor, atau kepalanya terbentur, jika demikian, anda bisa mencoba membuat kerajinan dari kain perca ini.

Agar dapat menghasilkan penampilan yang jauh lebih menarik, pada bagian dalamnya bisa ditambahkan busa supaya menghasilkan permukaan yang empuk.

Silahkan anda susun kain-kain perca yang ada sesuai keinginan, kemudian jahit dengan rapi.

Dengan cara ini, hasil akhirnya nanti saya jamin tidak akan kalah bagus kok dengan alas bermain anak yang dijual di toko-toko.

Alas Gelas dari Kain Perca

Cara membuat Alas Gelas dari Kain Perca
toriqa.com

Kita mungkin akan merasa risih atau tidak suka jika melihat meja dalam keadaan basah, atau bahkan bernoda bekas teh dan kopi.

Nah solusinya kita membutuhkan sebuah alas untuk tempat gelas yang ditaruh di atasnya.

Dalam membuat alas ini tidak harus dari yang berbahan plastik, namun juga bisa kok dari kain, gunakanlah kain perca yang ada untuk membuat alas gelas.

Dalam prosesnya untuk mendapatkan hasil yang menarik, jangan taruh kain perca begitu saja.

Anda dapat membuat desainnya secara khusus, kemudian aplikasikan kain perca untuk permukaannya.

Menariknya, kerajinan dari kain perca ini dapat anda manfaatkan untuk dijadikan bisnis dan juga sebagai pernak-pernik rumah tangga yang unik.

Penutup Papan Setrika

kerajinan dari kain perca tanpa mesin jahit
toriqa.com

Untuk para ladies atau ibu-ibu dirumah nih, pasti pada tahu betapa pentingnya alas tutup papan setrika, iya ini bisa melindungi pakaian atau juga dalam membuat proses menyetrika jadi lebih mudah.

Gunakanlah kain perca untuk membuat tutup papan setrika di rumah, dan agar lebih nyaman dalam menyetrika, anda bisa menambahkan busa yang tipis di bagian bawahnya.

Mulai dari sekarang tidak perlu lagi bingung mencari tutup yang pas, cukup manfaatkan kain perca saja.

Semakin kesini, ada banyak ukuran setrika yang bisa membuat seseorang memakan waktu dalam menentukan atau menyesuikannya.

Untuk itu, jika bisa membuatnya sendiri mengapa harus membeli?

Bantalan Kursi

Cara membuat Bantalan Kursi
toriqa.com

Produk kerajinan dari kain perca berikutnya adalah bantalan kursi, kursi yang empuk membuat siapapun yang duduk di atasnya nyaman bukan.

Namun saya sarankan untuk tidak perlu membeli bantal, cukup dengan membuat kerajinan dari kain perca ini saja.

Caranya, silahkan ukur permukaan kursi, Kemudian pilih kain-kain perca yang akan digunakan, jangan lupa juga tambahkan busa sebagai alas duduknya supaya lembut.

Ini juga bisa menjadi cara untuk menambahkan dekorasi pada ruangan yang mungkin tidak anda sadari.

Gunakanlah warna yang terang, agar lebih menarik perhatian siapapun yang masuk ke ruangan tersebut.

Dengan warna-warna yang cocok, tamu anda akan merasakan sensasi yang berbeda begitu menduduki kursinya.

Kerajinan dari Kain Perca Brokat

Cara membuat Kerajinan dari Kain Perca Brokat
toriqa.com

Para pecinta baju brokat, anda juga bisa membuat desain pembuatan baju brokat dengan memanfaatkan kain perca.

Selain harganya yang lumayan murah, bahan kain perca juga dapat dikreasikan untuk menciptakan sebuah baju yang hasilnya tidak kalah menarik dengan desain baju brokat pada umumnya.

Dress dari Kain Perca

cara membuat kerajinan dari kain perca yang mudah dan sederhana
toriqa.com

Jika anda pernah mengunjungi para pengrajin, anda pasti pernah menemukan para penjahit yang membuang kain perca begitu saja.

Padahal, jika kita mau kreatif sedikit saja, kain-kain sisa tadi bisa loh di jadikan baju lagi, contohnya adalah sebuah dress.

Desain atau rangkaian kain perca dapat di jahit kembali sehingga menghasilkan baju santai yang menarik, terlebih jika yang menggunakannya adalah seorang wanita yang cantik, dan di tambah dengan aksesoris lainnya.

Ide kerajinan dari kain perca ini tidak hanya sebatas pada baju orang dewasa saja, namun juga untuk pembuatan baju anak-anak pun bisa.

Anda hanya perlu mempersiapkan ukuran dan membuat polanya, baik untuk pola baju laki-laki maupun wanita selama jumlah kain perca yang di butuhkan masih cukup untuk dibuat.

Intinya pola apapun bisa di wujudkan.

Bedcover

Kerajinan dari kain perca berikutnya adalah membuat bedcover atau selimut tidur.

Bagi yang belum tau nih, harga bedcover sendiri di pasaran ternyata masih cukup mahal, karena bahannya yang tebal dan menghangatkan.

Ini mungkin jadi salah satu sebab mengapa tidak semua orang punya benda yang satu ini di kamarnya.

Namun anda tidak perlu kawatir jika memang ingin memilikinya, karena hal itu bisa diwujudkan dengan lebih sederhana, yaitu dengan memanfaatkan kain perca untuk membuat bedcover impian.

Selain ke masalah biaya tentu lebih hemat, penggunaan kain perca juga mengandung nilai seni yang tinggi sehingga akan semakin mempercantik suasana kamar.

Jika anda masih ragu, anda bisa kok mencoba dulu dengan membuat dalam ukuran kecil.

Sarung Koper

Pada saat berada di bandara, tak jarang ada orang-orang yang sampai tertukar kopernya, hal ini tentu saja mengesalkan karena bisa menghambat liburan atau keperluan mereka saat tiba.

Nah, dala upaya menghindari hal tersebut, anda bisa coba nih teknik membuat kerajinan dari kain perca berupa koper yang keren.

Mengapa harus menggunakan bahan ini? karena sarung koper yang terbuat dari kain perca tentu saja tidak akan dimiliki oleh orang lain.

Selain itu, penggunaan motif yang berbeda juga membantu mencirikan koper seseorang sehingga tidak akan di ambil orang lain.

Hanya dengan bahan kain perca saja, anda bisa membuat koper yang punya tampilan unik, dan pastinya tidak perlu lagi membeli cover koper yang sebenarnya masih beresiko akan tertukar, sebab cover-cover tersebut kan marak sekali di jual dengan motif-motif yang sama.

Gorden dari Kain Perca

Masih berbicara masalah seputar dekorasi ruangan, kita juga dapat memanfaatkan kain perca untuk membuat gorden.

Pembuatan gorden dari kain perca dapat menghasilkan kesan tersendiri dalam sebuah ruangan tertentu.

Nantinya, hasil pembuatan Gorden ini bisa anda tempatkan di kamar tidur maupun jendela dapur yang menghadap keluar.

Jika di sekitar gorden ini ada beraneka macam tumbuhan maka dekorasi akan lebih menarik lagi, namun jika belum memilikinya, bisa juga mengakalinya dengan bermain warna.

Tidak usah ragu untuk mengkombinasikan dengan beragam warna dan corak pada gorden, karena di sinilah letak keunikan dari gorden tersebut.

Karpet dari Kain Perca

Berikutnya kerajinan dari kain perca adalah karpet, dalam membuatnya anda pasti membutuhkan kain perca sesuai dengan ukuran karpet yang akan di buat.

Dengan memakai bahan kain perca, ini akan menjadikan tampilan karpet semakin lebih unik dan berbeda.

Untuk pemula, dalam dalam membuat kerajinan ini memang membutuhkan waktu yang lumayan lama, namun bagi yang sudah ahli waktu yang di butuhkan biasanya jauh lebih cepat.

Hasilnya pun nanti tidak akan kalah dari karpet yang di jual di pasaran setelah selesai, meskipun harganya jauh lebih terjangkau.

Kerajinan dari Kain Bekas Baju – Tutup Galon

Sekarang ini banyak rumah tangga yang menggunakan galon untuk kebutuhan air mineral sehari-hari, arena di nilai jauh lebih praktis di banding harus merebus air melalui kompor.

Nah, agar isi galonnya tetap bersih dari debu, biasanya kita membutuhkan alat tutup dengan kain yang bervariatif termasuk kain perca.

Sampai di sini saja kita bisa melihat sebuah jenis usaha sampingan yang cukup menjanjikan apabila di lakukan secara telaten dan di kembangkan dengan baik.

Bantalan Kursi

Umumnya alat penting yang satu ini bisa di dapatkan pada saat kita membeli satu set sofa atau kursi sehingga motifnya akan sama.

Namun jika anda ingin sebuah motif berbeda dengan tujuan mungkin ingin menambah warna di ruang tamu atau keluarga, anda bisa membuat bantalan kursi sendiri dengan menggunakan kain perca.

Syaratnya, anda hanya perlu menyiapkan kain perca yang akan di buat bantalan, isi bantal, maupun peralatan jahit dalam proses pembuatannya.

Ukuran bantal nanti anda bisa sesuaikan saja dengan ukuran kursi yang sudah ada di rumah, sementara warna atau motifnya bisa memilih yang bisa di kreasikan saja.

Anda juga tidak perlu kawatir, karena biaya yang di keluarkan tidak mahal dan waktu pengerjaan yang pun terbilang sebentar.

Hal ini berbeda jika anda harus membeli bantal yang sudah jadi yang umumnya harganya akan lebih tinggi jika di bandingkan dengan membuat sendiri.

Celemek

Bagi para kaum ibu rumah tangga yang hobi memasak pasti sangat membutuhkan benda yang satu ini.

Tujuannya supaya pakaian yang di gunakannya terhindar dari bumbu dapur yang kadang sulit untuk dibersihkan, maka dari itu anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan celemek.

Namun daripada membelinya, akan lebih baik jika anda membuatnya sendiri dengan memakai kain perca.

Motif serta ukurannya dapat anda sesuaikan dengan keinginan maupun kain perca yang anda miliki.

Dengan cara yang cukup sederhana ini, anda akan menghasilkan celemek yang bagus serta pas di tubuh karena mendesainnya sendiri.

Kerajinan dari Kain Perca Batik

Kerajinan yang punya daya jual tinggi berikutnya adalah membuat batik, batik adalah salah satu kerajinan yang terbilang menarik dan banyak peminatnya, sehingga tidak heran jika batik memiliki banyak nilai seni yang tinggi.

Seperti contoh pada gambar diatas, kerajinan batik dari kain perca yang tentunya punya sisi keistimewaan yang luar biasa yang bisa anda pelajari dan praktekkan sendiri.

Contoh Kerajinan dari Kain Perca yang Mudah dan Sederhana

Anda akan merasa kesulitan jika hanya melihatnya sekilas, namun jika anda mencobanya pasti akan bisa dan lama-lama akan mengetahui pola atau cara kerjanya.

Berikut ini beberapa contoh ide kerajinan dari kain perca yang bisa anda coba.

Aksesoris dari Kain Perca

Selain dapat kita manfaatkan sebagai perlengkapan rumah tangga, ternyata kain perca juga dapat di jadikan sebagai aksesoris.

Salah satu jenis aksesoris yang bisa kita kreasikan dengan menggunakan kain perca adalah bros dengan aneka bentuk yang lucu dan cantik.

Cobalah anda mengunjungi toko aksesoris, di sana anda akan mudah menemukan jenis aksesoris dari kain perca.

Hal ini sebenarnya biasa saja karena kerajinan ini memang memiliki peluang usaha yang menjanjikan.

Selain itu, kerajinan ini juga lebih hemat pengeluaran, anda juga bisa lebih berkreasi untuk membuat aksesoris sesuai dengan yang di inginkan.

Lukisan dari Kain Perca

Lukisan dari kain perca juga punya nilai ekonomis loh, setiap pengrajin maupun pemula bisa membuat kerajinan ini.

Dalam prosesnya, sebaiknya buat gambarnya terlebih dahulu (pola) pada kertas atau alas yang akan di pakai.

Jika di bandingkan dengan membeli lukisan yang rata-rata memang mahal di pasaran, akan jauh lebih hemat apabila anda membuat lukisan dinding sendiri di rumah.

Masalah ukuran dapat anda sesuaikan dengan dinding ruangan rumah anda yang akan di beri hiasan lukisan tersebut.

Jika di perhatikan sekilas, hasil lukisan dari kain perca ini tidak akan terlihat bahan dasar pembuatannya.

Namun hal inilah yang membuat lukisan justru akan terlihat semakin unik dan menarik, dan bagi sebagian pengrajin kerajinan ini sudah di jadikan profesi yang banyak menghasilkan rupiah.

Keset Unik

Ide berikutnya adalah membuat keset yang unik dan bagus, dan sudah banyak kok orang yang memanfaatkan kain perca untuk pembuatan keset.

Mereka juga menjualnya dengan harga yang bervariasi (berdasarkan kerumitan pembuatan)

Kerajinan jenis ini biasanya di tekuni oleh para ibu-ibu rumah tangga yang sibuk dengan pekerjaan rumah namun tetap ingin mendapatkan penghasilan sampingan.

Bahkan di pasaran, anda akan menemukan banyak pengrajin yang menjual keset kain perca ini dengan harga yang relatif murah di bandingkan keset dengan bahan yang lain.

Maka dari itu, jika anda punya kain perca di rumah, anda bisa memanfaatkannya untuk membuat keset sendiri agar lebih puas dan pengeluaran juga lebih hemat.

Hiasan Dinding

Sudah menjadi hal biasa setiap berkunjung ke rumah keluarga, sahabat, maupun tetangga kita akan menemukan beragam hiasan dinding.

Hiasan ini memang berfungsi untuk memperindah ruangan, terutama ruangan tamu agar tamu lebih betah karena suasana rumah yang nyaman.

Maka dari itu, jika anda punya kain perca dengan berbagai warna dan motif, anda bisa mencoba menyulapnya menjadi hiasan dinding yang manis.

Setiap dari anda sudah barang tentu bisa berkreasi atau ingin membuat hiasan dinding yang seperti keinginan, dan tentu hal ini akan meningkatkan rasa kepuasan yang tidak ternilai.

Gantungan Kunci dari Kain Perca

Aksesoris gantungan kunci dapat membantu mempercantik setiap kunci di ruah anda, dan tidak perlu membelinya jika anda memiliki banyak potongan sisa kain tak terpakai.

Karena dengan membuat kerajinan dari bahan ini, gantungan kunci yang anda miliki bisa anda kenali, tampilan bisa sesuai selera dan tentunya jauh lebih hemat.

Ada cukup banyak model gantungan kunci yang sederhana, anda akan lebih mudah jika memiliki kemampuan menggambar dan menjahit.

Karena dengan kemampuan ini, anda bisa bebas mendesain sesuai keinginan.

Selain itu, gantungan kunci dari kain perca jika sudah jadi dapat anda jual kembali, atau juga bisa dijadikan kenang-kenangan untuk seseorang.

Bros

Membuat kerajinan dari kain perca berupa bross bisa di jadikan ladang usaha atau bisnis karena bros yang berasal dari kain perca sangat menarik untuk digunakan.

Bentuk maupun motifnya bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan, sebagai contoh sebagai pelengkap baju pesta, baju kerja, maupun untuk kerudung.

Sementara jika anda membuatnya untuk tujuan dijual, anda bisa membuatnya dengan beragam macam bentuk serta ukuran.

Semakin beragam variasinya, maka para pembeli akan semakin menarik untuk membelinya.

Beragam bentuk yang di buat biasanya adalah bunga, hewan, dan bintang, namun jika punya ide lain itu juga tak masalah.

Bisa jadi ide atau kreativitas anda ini bisa menambah daya tarik pembeli, baik dengan desain yang unik atau penggunaan warnanya.

Aksesoris Rambut

Bando, kunciran atau Jepit itu bisa di buat dari kain perca, bahkan beberapa jenis aksesoris rambut ini bisa di temukan di toko-toko pernak-pernik dengan harga mahal, padahal proses membuatnya itu sangat mudah.

contohnya, mau membuat bando dari kain perca. Ternyata hanya cukup menutup permukaan bando plastik saja dengan menggunakan kain-kain sisa potongan.

Contoh lainnya adalah kunciran, siapkan saja karet kemudian masukkan ke dalam kain perca, lalu di jahit setiap sisinya supaya menutupi karet tersebut.

Semakin anda membuat banyak variasi dalam membuat kerajinan kain perca, maka hasilnya bisa menjadi koleksi aksesoris rambut untuk berganti-ganti setiap harinya.

Bingkai Foto

Berbicara masalah kreasi kreasi bingkai foto rasanya tidak akan ada habisnya, termasuk kita berkreasi memanfaatkan bahan kain perca.

Nah, salah satu kerajinan dari kain perca tanpa harus menjahit adalah membuat kreasi bingkai foto, anda tinggal tutup saja pinggiran foto atau bingkai yang di pakai sekarang menggunakan kain perca.

Namun ada juga ide membuat kerajinan bingkai foto yang pada proses awalnya harus di jahit dulu, baru kemudian di pasangkan pada frame-nya, namun apapun caranya, ini bukan sebuah patokan untuk membuat bingkai foto dari kain perca.

Masker dari Kain Perca

Di era pandemi ini (untuk menjaga kesehatan) menggunakan masker menjadi sebuah kewajiban bagi siapa saja.

Seiring dengan berkembangnya zaman, masker juga mengalami perkembangan fashion item yang banyak di kreasikan.

Nah, dalam berkreasi, kita sebagai kreator bisa juga coba membuat masker dari kain perca, dan buktinya hasilnya juga sangat unik dan berbeda dari masker pada umumnya.

Bahan kain percanya bebas ya, namun jika anda mau membuat menggunakan kain yang tipis, harus di lapisi dengan kain yang tebal juga.

Perhatikan juga jumlah lapisan pada masker saat pembuatan, intinya jangan sampai tampilannya bagus namun secara fungsi tidak maksimal.

Karena hal demikian akan sangat di sayangkan, karena masker hanya jadi penunjang penampilan saja.

Tempat Tisu dari Kain Perca

Salah satu kerajinan dari kain perca yang bisa di jual adalah pembuatan kerajinan berupa tempat tisu.

Dengan membuat wadah tempat tisu yang menarik maka peminatnya pun akan sangat tinggi.

Dari saking bagusnya permintaan pasar, beberapa pembuat kerajinan tempat tisu juga menyediakan layanan pesan desain sesuai keinginan.

Meskipun produk ini di jual perproduknya dengan harga yang relatif murah, namun jika sampai punya pembeli yang banyak juga akan mampu menghasilkan keuntungan yang besar.

Cara membuat kerajinan dari kain perca untuk produk tempat tisu ini ternyata sangat mudah, bahkan anda tidak perlu repot-repot mengukur banyak pola layaknya membuat kerajinan dari fiberglass atau beragam bentuk kerajinan dari bahan buatan.

Kalaupun ada beberapa jenis ukuran tisu, namun variasinya tidak terlalu banyak, dalam membuatnya anda anda bisa berkreasi se bisa mungkin sehingga tempat tisu terlihat menarik.

Kerajinan Dompet dari kain perca

Membeli dompet membutuhkan duit yang cukup, itupun terkadang tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan, dompet seperti biasa di gunakan sebagai solusi untuk uang koin dan kartu-kartu agar tidak berserakan.

Namun terkadang kita tidak menemukan dompet menyediakan tempat koin dan slot kartu yang banyak (tidak semuanya ada).

Untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat dompet dari kain perca, nanti jumlah slot kartu bisa di buat sesuai kebutuhan, demikian juga untuk ukuran seberapa besar tempat koinnya.

Sebenarnya di pasaran, kerajinan dari kain perca ini cukup mudah kita temukan, misalnya di toko souvenir, pernak-pernik wanita, dan sebagainya.

Maka dari itu, bagi yang tertarik untuk membuat bisnis kerajinan, mungkin bisa mempertimbangkan membuat dompet dari kain perca.

Dekorasi Pohon Natal

Tiap menjelang tanggal 25 Desember, para umat yang akan merayakan hari natal pasti sangat senang dan sedang mempersiapkan semuanya dengan antusis.

Disamping itu pasti semuanya juga sibuk untuk menghias pohon natal dengan berbagai pernak-perniknya.

Nah, jika ingin punya daya atau sentuhan yang berbeda, cobalah untuk membuat hiasan pohon natal dari kain perca.

Anda bisa membuat bentuknya sesuai keinginan (ada banyak refrensi bentuk pohon natal), seperti :

  • Pohon.
  • Bintang.
  • Bulan.
  • Bola.
  • Bahkan ada yang berbentuk Santa Claus beserta kereta rusanya.

Untuk hiasan warnanya yang akan di gunakan biasanya kan warna merah, hijau, putih, dan kuning keemasan, namun kalau mau menggunakan warna lainnya pun juga boleh (sesuai selera).

Itulah gunanya berkreasi, berani tampil beda.

Kerajinan Tas dari Kain Perca

Kerajinan dari kain perca berikutnya yang bisa di jual dan cukup mudah di buat adalah membuat fashion item berupa tas yang unik, iya tas merupakan fashion item yang bisa di buat dari kain perca.

Dari hasil dari kerajinan ini mampu memancarkan kesan pribadi yang kreatif, humble, dan ramah lingkungan sebab di anggap mampu mendaur ulang limbah menjadi barang berguna.

Untuk ukuran maupun bentuk tasnya bisa di sesuaikan, dan jika tidak punya mesin jahit dan tidak bisa menjahit, maka serahkan proses pembuatan kepada ahlinya.

Seseorang yang punya ide-ide brilian dan kreativ cukup membuat dan memberikan pola nya dan menyerahkan kain-kain perca yang ingin di jadikan tasnya.

Hiasan Dinding dari Kain Perca

Biasanya kan sebuah lukisan menggunakan cat atau alat pewarna lainnya, namun kerajinan dari kain perca yang satu ini berbeda.

Dalam prosesnya nanti hiasan dinding dibuat dari potongan-potongan kain yang di susun sedemikian rupa mirip layaknya lukisan.

Jika anda ingin membuatnya, bisa dengan cara menempel atau menjahitnya.

Meskipun cara yang lebih cepat adalah dengan menempelkannya, namun dengan teknik menjahit, kain-kain akan terlihat lebih rapi hasil akhirnya.

Selain itu, pola maupun kombinasi warna tepat akan membuat hiasan dinding jauh lebih menarik dan unik.

Sampul Buku dari Kain Perca

Kita sering melihat kebanyakan buku agenda modelnya gitu-gitu aja, biasanya bagian depannya polos sehingga kurang menarik.

Sebaiknya sebelum membeli buku agenda yang baru dan lebih mahal, buat sampulnya sendiri menggunakan kain perca, anda ukur saja dulu panjang dan lebar bukunya, kemudian buat polanya pada sebuah kain.

Sebelum di satukan pada selembar kain tadi, silahkan pilih potongan-potongan kain sesuai selera, jika anda suka dengan satu warna tertentu, pilih beberapa kain dengan warna senada agar bervariasi.

Atau juga bisa anda mengkombinasikan antara kain polos dengan kain yang ada motif-motifnya.

Kerajinan dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit

Saya tau tidak semua pecinta kerajinan punya alat yang memadai untuk membuat suatu karya yang di inginkan.

Maka dari itu, di sini saya rekomendasikan anda untuk membuat beberapa produk kerajinan dari kain perca yang bisa dan mudah di buat tanpa harus punya mesin jahit.

Taplak Meja dari Kian Perca

Yang pertama ada taplak meja seperti pada gambar di atas.

Cara membuatnya yaitu kain perca di bentuk secara bulat-bulat, kemudian di jahit secara sederhana. Untuk motifnya bisa di sesuaikan supaya tampilan menjadi semakin terlihat menarik dan unik.

Sebenarnya ada banyak sekali model atau bentuk taplak meja yang bisa kita buat dan di sesuaikan dengan keinginan.

Dengan kerajinan ini, tentu saja dapat bermanfaat dalam memacu kreativitas seseorang agar terus berkembang dan menghasilkan karya yang bermanfaat dan bernilai.

Cara Membuat Kerajinan dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit

Alat dan Bahan Membuat Kerajinan dari Kain Perca

  1. Lem.
  2. Kain perca.
  3. Jarum pentul.
  4. Mesin jahit (jika ada).
  5. Gunting.
  6. Siapkan Penggaris.
  7. Kain Perca.
  8. Benang dan juga Jarum.
  9. Pensil, spidol, dan penghapus.

Manfaat Kain Perca

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kain perca, salah satunya bisa jadikan sebagai bisnis dalam bidang kerajinan tangan.

Tanpa harus mengeluarkan modal besar, usaha ini sudah bisa di oprasikan, bahkan memiliki peluang yang terbilang besar dan tentunya menjanjikan.

Dalam mengoprasikan usaha ini juga terbilang tidak terlalu sulit, dengan keunggulan ini anda bisa menjalankan bisnis ini dengan cepat.

Baiklah, supaya lebih jelas mari simak beberapa persiapan yang perlu anda lakukan, di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Menentukan Ide Kerajinan

Untuk mendapatkan hasil kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi, maka pertama harus di lakukan adalah membuat atau menentukan ide kerajinan.

Pastikan anda menentukan ide yang menurut penelitian pasar baik dan banyak peminatnya, misalnya seperti :

  • Kalung.
  • Gelang.
  • Tas dan masih banyak lagi.

Mempertajam Teknik Pembuatan Kain Perca

Jika sudah menentukan ide kerajinan yang akan di buat, selanjutnya harus melatih diri mengasah kemampuan teknik dalam pembuatan dengan benar.

Dengan ini memungkinkan anda berkembang sesuai dengan teknik yang di inginkan serta menciptakan kerajinan unik dan tentunya memiliki nilai tinggi.

Menyediakan Bahan dan Perlengkapan yang Diperlukan

Setelah anda menemukan ide, untuk mewujudkannya anda membutuhkan beberapa perlengkapan khusus yang dibutuhkan, sesuai dengan ide yang ingin di buatnya.

Dengan adanya dukungan alat-alat yang lengkap, akan membantu anda dalam membuat kreasi kerajinan yang menjanjikan serta memiliki harga jual tinggi, hal tersebut memang sudah menjadi target dari setiap pembuat kerajinan.

Membangun Kerjasama Antar Pengusaha

Jika anda ingin bisa cukup belajar, namun jika ingin terus berkembang dan maju maka anda harus mencari partner kerja sama.

Tujuan agar nanti anda dapat dengan mudah membangun bisnis dan bisa saling menguntungkan dalam menjalankan usaha yang lebih besar.

Demikian ulasan mengenai kerajinan dari kain perca beserta contoh bahan alat dan cara membuat kerajinan dari kain perca.

Tinggalkan komentar