Gantikan PES, Ini Kelebihan dan Kekurangan eFootball

PES atau singkatan dari Pro Evolution Soccer, merupakan sebuah game besutan Konami dengan genre sepak bola yang memiliki jutaan penggemar di dunia.

Game ini realistis dan sudah cukup lama ada. Bahkan, pada level internasional sudah diadakan turnamen esports antar negara.

PES selalu dikembangkan setiap tahunnya dan memberikan fitur-fitur baru yang mencakup dalam berbagai hal. Misalnya seperti perubahan tampilan wajah para pemain, adanya motion baru dan masih banyak lagi.

Namun meskipun demikian, hal tersebut tidak mengubah gameplay awal dari PES. Dan jika kita berbicara mengenai PES, ada satu perubahan besar yang terjadi pada PES 2022. Yaitu, seri PES tersebut berganti namanya menjadi eFootball 2022.

Lantas, apa itu eFootball 2022, serta apa perbedaannya dengan PES? Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap.

Apa itu Game eFootball?

eFootball pada dasarnya merupakan game yang sama dengan PES. eFootball merupakan PES next gen yang dikembangkan oleh Konami, namun namanya saja yang terganti.

Salah satu alasan mengapa Konami melakukan rebranding, adalah bertujuan untuk membuat PES tersebut menjadi fokus ke eSports multiplayer.

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, bahwa PES sudah mempunyai turnamen dalam skala internasional. Dan dikatakan bahwa Konami ingin menjadikan PES tersebut menjadi lebih fokus lagi ke scene eSports.

Kelebihan dan Kekurangan eFootball

Baca Juga: Cara Meningkatkan Customer Engagement

Saat kita bicara perihal kelebihan dan kekurangan eFootball, maka tentunya kita juga akan berbicara soal PES. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan eFootball.

1. Dari Segi eSports

Pertama dikarenakan didesain khusus untuk eSports, membuat game ini menjadi sangat cocok untuk perlombaan atau turnamen eSports.

Dan seperti yang kita tahu, bahwa eSports kental akan online multiplayer. Dan eFootball ini merupakan game yang memang didesain untuk multiplayer.

Meskipun menjadi suatu kelebihan, untuk orang yang terbiasa main di single player justru hal ini menjadi suatu kekurangan. Apalagi untuk yang terbiasa mabar.

2. Dari Segi Update

Seperti yang kita tahu bahwa PES selalu mendapatkan update pemain, tim dan lain-lain setiap musimnya. Update ini bisa didapatkan melalui data pack yang disediakan oleh Konami.

Kalau berbasis online, tentunya update dari eFootball akan jauh lebih banyak. Namun, bukan berarti PES juga sedikit. Patch dari PES ini juga sangat banyak dan lengkap.

Kita juga dapat mengedit tim maupun pemain melalui menu edit yang tersedia secara bawaan di game. Dilansir dari situs Uplotify.id kita juga bisa memasangkan patch tertentu untuk mendapatkan update terbaru PES.

3. Spesifikasi yang Dibutuhkan

Game eFootball 2022 tentunya jauh lebih berat ketimbang PES. Hal ini dikarenakan eFootball merupakan game next gen yang dikembangkan untuk konsol PS4, PS5, XBOX One dan lain-lainnya.

Dari segi pengaturan grafis dan lain-lain sebagainya, eFootball jauh lebih bagus ketimbang PES. Motion jauh lebih halus.

4. Fitur Game

Dan terakhir dari segi fitur. Fitur dari eFootball 2022 berbeda dari PES. Dikarenakan seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa game ini lebih terfokus ke multiplayer ketimbang single player.

Jika untuk bermain secara online, eFootball 2022 lebih cocok. Tapi dikarenakan tidak ada mode single player, maka pemain mungkin harus kembali ke PES.

Tapi karena merupakan sebuah game next gen, membuat eFootball memiliki fitur yang lebih banyak. Namun saat bicara soal stabilitas, PES akan jauh lebih stabil gamenya.

Dikarenakan PES merupakan game lama yang sudah mendapatkan berbagai update, sehingga jarang sekali muncul error-error tertentu

Kesimpulan

Kesimpulannya eFootball adalah game besutan Konami yang menggantikan PES. eFootball mengusung konsep multiplayer dimana para pemain hanya bisa bermain secara online. Tidak ada lagi fitur dua pemain secara offline.

Terdapat berbagai kelebihan dari eFootball. Tentunya terdapat juga kekurangannya. Cocok atau tidaknya sendiri bergantung dari pemain yang memainkannya.

Tinggalkan komentar