100+ Contoh Judul Skripsi Administrasi Negara Dari Berbagai Aspek

Artikel ini berisi kumpulan refrensi contoh judul skripsi Administrasi Negara yang sengaja dibuat untuk para mahasiswa yang tengah penyusunan skripsi atau masih menemukan kendala dalam menentukan judul skripsi yang tepat untuk digarap.

Tetap utamakan kreativitas diri dalam membuat dan menyusun skripsi.

Baiklah, silahkan dibaca dan dipahami dari beberapa contoh sekaligus sedikit pembahasan dalam daftar judul skripsi dibawah ini.

Contoh Judul Skripsi Administrasi Negara

Contoh Judul Skripsi Administrasi Negara
toriqa.com

ANALISIS PENGARUH PEMBERDAYAAN APARATUR PEMERINTAHAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN BANGKA

Bagi yang ingin mencari judul skripsi adminitrasi negara, dapat menggunakan contoh di atas. Melakukan penelitian tersebut tidak seberapa sulit. Mengacu pada penelitian kuantitatif.

Kamu tinggal menggunakan indikator pemberdayaan aparatur pemerintahan. Maka nanti misalnya yang menjadi x1 adalah dimensi kemampuan.

Dimensi kemampuan ini mencakup tentang apakah semua karyawan instansi pemerintahan mendapatkan sumber daya penuh.

Lalu yang menjadi x2 adalah dimensi kelancaran. Indikator ini mencakup kecakapan yang bisa diberikan pemimpin devisi.

Selanjutnya dimensi konsultasi  menjadi x3. Terakhir ada dimensi x4 yaitu dimensi kerjasama. Keempat dimensi tersebut bisa langsung dikorelasikan dengan indikator prestasi kerja.

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI Dinas PARIWISATA Kota Surabaya).

Masih tentang penelitian kuantitatif, judul di atas akan meneliti korelasi antara budaya organisasi dan kinerja pegawai. Untuk sempelnya sebenarnya bisa menyesuaikan.

Pastikan saja pihaknya mampu memberikan data cukup detail. Sehingga lebih mudah untuk kedepannya. Budaya organisasi bisa diukur menggunakan beberapa indikator.

Budaya organisasi untuk selanjutnya bisa disebut (x). Masing-masing indikatornya adalah inovasi, keberanian mengambil resiko, dan perhatian terhadap detail.

Selain itu ada berorientasi pada hasil, berorientasi pada manusia, berorientasi tim, agresif, dan stabil. Nanti semua indikator tersebut diukur menggunakan SPSS untuk melihat hasilnya.

Jangan lupa ada indikator yang disebut (y) yaitu kinerja pegawai. Sama dengan indikator (x) masing-masing nanti akan diolah ke SPSS untuk melihat hasilnya.

Indikator (y) adalah kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas.

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Pelayanan STNK di Kantor X)                                                   

contoh judul skripsi administrasi negara di atas juga bisa jadi rekomendasi terbaik. Kantor pelayanan publik seperti pengelolaan SIM masyarakat tentu harus dikaji kualitas mutunya.

Selain karena kantor tersebut memang dibangun untuk memberikan kemudahan pada masyarakat, juga termasuk instansi publik. Artinya harus benar-benar dikelola dengan baik.

Keberhasilan organisasi publik seperti pelayanan SIM, bisa ditentukan oleh penetapan budaya organisasi. Sekaligus menjadi variabel dalam penelitian ini.

Budaya organisasi ini akan diteliti apakah akan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik. Mengingat saat ini masih banyak keluhan dari masyarakat tentang ketidakpuasannya.

Kemungkinan besar rasa tidak puas itu sendiri disebabkan karena masih adanya budaya birokratis di tubuh pelayanan publik. Misalnya pemberikan pelayanan berdasarkan kekerabatan.

Dari penelitian ini nantinya akan bisa ditarik hipotesis. Pertama hipotesis alternatif (Ha) yang artinya ada pengaruh budaya organisasi dengan pelayanan publik.

Hipotesis kedua adalah hipotesis Nol (Ho) yang berarti tidak ada pengaruh budaya organisasi terhadap kulaitas pelayanan publik.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN KANTOR SEKTOR PUBLIK (Studi Di Desa XYZ)

Contoh Judul Skripsi Administrasi Negara
toriqa.com

Ada lagi contoh judul skripsi administrasi negara yang cukup sederhana. Dalam penelitian ini mengacu pada fakta dilapangan saat ini yaitu pelayanan publik yang kurang memuaskan.

Terbukti masih banyak keluhan dari masyarakat. Tentang ketepatan waktu, prosedur yang terlalu terbeli-belit, dan lain sebagainya.

Padahal pada hakekatnya pemerintah dalam hal ini merupakan pelayanan publik. Artinya bukan hanya melayani dirinya sendiri tapi juga masyarakat.

Meskipun banyak yang berakhir pasrah dan tidak memutuskan untuk mengadukan ketidakpuasannya tersebut. Dalam penelitian ini akan dibahas apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas publik.

Selain itu juga menjelaskan tentang bagaimana kualitas pelayanan publik di daerah sample yang dipilih. Keduanya juga akan menjadi tujuan penelitian.

Artikel terkait

(Kumpulan Judul Skripsi Ilmu Komunikasi)

(Kumpulan Contoh Judul Skripsi Hukum)

PENGARUH SIKAP PROFESIONALISME PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN X         

Bisa menjadi salah satu contoh judul skripsi administrasi negara berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur profesionalisme pegawai terhadap kualitas pelayanan.

Dalam hal ini objek yang dipergunakan adalah salah satu kantor pelayanan publik di kecamatan x. Menurut jenisnya penelitian ini termasuk asosiatif dengan analisa kuantitatif.

Artinya akan dipergunakan SPSS untuk membantu mendapatkan kesimpulan hasil penelitian. Pada kerangkan teori nanti harus dijelaskan tentang beberapa hal pokok.

Diantaranya tentang indikator profesionalisme pegawai, apa itu pelayanan publik, serta makna dari kualitas pelayanan.

Teori-teori tersebut dijadikan variabel penelian sehingga dapat menghasilan hasil akurat. Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, penelian ini merupakan jenis asosiatif kuantitatif.

Maka ke depannya nanti akan dicari korelasi antara 2 variabel atau lebih. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan program SPSS.

SPSS akan menguji persamaan regresi untuk melihat kebenaran hipotesis. Sebelum melakukan uji SPSS, pastinya kamu harus mencari datanya dulu.

Bisa diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan pada sample. Jawaban dari responden nanti silahkan jadikan bentuk nilai atau skor.

PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi kasus pada Sekolah Dasar Negeri Di Solo) 

Masih tentang penelitian kualitatif. Judul di atas bisa jadi referensi buat kamu yang sedang susah mencari judul skripsi administrasi negara.

Sebagai negara berkembang, Indonesia terus berupaya untuk melakukan perbaikan kualitas. Salah satunya adalah pada sektor sumber daya manusia.

Hal tersebut dilakukan demi menyiapkan kesiapan masyarakat dengan kejadian diluar dugaan di masa depan. Masalah yang termasuk sering muncul adalah kualitas pelayanan publik.

Khususnya pada sektor pendidikan. Sampai sekarang Indonesia terbukti belum bisa memenuhi target pemerintah. Misalnya pada pelayanan mutu pendidikan.

Dalam penelitian ini akan mengambil sample beberapa sekolah dasar di kota Solo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi.

Antara good goverment governance terhadap kualitas pelayanan publik untuk sample sekolah dasar negeri di kota Solo. Pengambilan sendiri mengandalkan teknik kuesioner.

Dibagikan pada 30 kepala sekolah SD negeri yang sedang menjabat. Setelah semua data terkumpul, nanti akan diproses menggunakan program SPSS.

Pengujian dapat dilakukan menggunakan metode analisis regresi linear sederhana. Dari pengujian tersebut bisa ditarik kesimpulan yang mengarah pada hasil penelitian.

PENGARUH PENERAPAN E-GOVERNMENT TERHADAP PELAKSANAAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN DI SKPD KABUPATEN LAMONGAN

Daftar Contoh judul skripsi Administrasi Negara
toriqa.com

Jika ingin penelitian skripsi lebih kearah teknologi bisa menggunakan judul di atas. Penggunaan e-governance ini maksudnya sistem operasional yang diaplikasikan menggunakan teknologi.

Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi e-government dan tata kelola pemerintahan di SKPD kabupaten Lamongan.

Selain itu bisa dituliskan juga tentang tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan e-govenrment terhadap pelaksaaan tata kelola di SKPD kabupaten tersebut.

Dalam penelitian ini akan menggunakan 2 varibel yaitu indepen dan dependen. Sebagai variable indepen adalah penerapan e-government.

Sedangkan untuk varibel dependen adalah tata kelola pemerintah. Untuk metode penelian yang digunakan bisa digunakan metode kausalitas.

Metode pengambilan sample yang tepat adalah menggunakan metode non probability sampling. Sedangkan untuk penarikan samplenya purposive sampling.

Jumlah sample yang diambil bisa disesuaikan, sebaiknya tidak lebih dari 30 SKPD. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, dengan taraf signifikasi 5%.

Kumpulan Contoh Judul Skripsi Administrasi Negara

  1. Kualitas pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Batang Kecamatan Candanu Kota Sumenep.
  2. Sistem kinerja pengelolaan sampah domestik yang ada di Kecamatan Joglo Kota Jombang.
  3. Keikutsertaan masyarakat dalam agenda Nasional pemberdayaan masyarakat atau PNPM Mandiri yang ada di desa Karyasari kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang 2020-2021.
  4. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku pemilih dalam pemilihan umum kepala daerah provinsi Jawa Timur tahun 2021 di Kecamatan Kewedanan kota Magetan.
  5. Efek kinerja para pegawai terhadap efektivitas organisasi di kantor kecamatan kelapa dua kabupaten Tangerang.
  6. Tanggung jawab dari pelayanan publik (sebuah studi kasus tentang penyelenggaraan pelayanan izin mendirikan bangunan di Kota Makassar)
  7. Penerapan strategi kartu tanda penduduk elektronik atau E-KTP yang ada di Kabupaten Nunukan.
  8. Penyelenggaraan penyaluran program beras miskin (RASKIN) di kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa.
  9. Kreatifitas dari sanitary landfill dalam pengelolaan sampah yang ada Di Dinas Pertamanan dan kebersihan kota Makassar.
  10. Strategi pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UMKM) oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan perdagangan Kabupaten Sukoharjo (sebuah studi kasus pemberdayaan koperasi pertanian)
  11. Tingkat keterlibatan masyarakat dalam kepemilikan akta kelahiran yang ada di daerah kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak.
  12. Penggarapan transportasi umum di daerah jalan Malioboro Jogjakarta.
  13. Penelitian tentang kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan gunung sari kabupaten Serang, Banten.
  14. Dampak dari efektivitas penerapan absensi finger print kepada disiplin Pegawai Negeri Sipil di sekretariat daerah kabupaten Lebak Bulus, Jakarta.
  15. Penelitian tentang implementasi peraturan daerah Kota Bogor nomor 2 tahun 2010 tentang pemberantasan, pencegahan dan penanggulangan penyakit masyarakat.
  16. Sistem rekrutmen bagi para calon anggota DPRD Provinsi Jawa Timur periode 2009-2014 (sebuah studi kasus partai keadilan sejahtera & partai demokrat)
  17. Efektivitas program corporate social responsibility pt Karatakau steel di kecamatan citangkil periode tahun 2020-2021.
  18. Penerapan sistem E-KTP di kecamatan Onggun Kabupaten Lebak.
  19. Penelitian tentang kinerja pegawai di sekretariat DPRD provinsi Bengkulu.
  20. Pengaruh kinerja pada Dinas Kehutanan dalam pengelolaan potensi hutan terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Pandeglang tahun 2010 (sebuah studi kasus di Dinas Kehutanan kabupaten Pandeglang)
  21. Efektivitas pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit umum Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.
  22. Sistem pengerjaan arsip secara dinamis di kantor kecamatan Gamping kabupaten Sleman Jogjakarta.
  23. Kualitas pelayanan yang berbasis teknologi informasi, (sebuah studi kasus terhadap pelayanan izin gangguan (ho) yang ada di kantor pelayanan perizinan kabupaten Sleman)
  24. Penerapane-procurement di kantor UPT BPDAS di kementerian Kehutanan Republik Indonesia.
  25. Keefesienan kinerja para pegawai Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, transparansi informasi pelayanan di badan perizinan terpadu serta penanaman modal di kota Surabaya (sebuah kajian tentang kasus izin usaha)
  26. Keterbukaan informasi pelayanan yang dilakukan oleh badan perizinan terpadu dan juga penanaman modal kota Banjarmasin (subuah studi kasus atas izin usaha)
  27. Penelitian tentang kebutuhan pegawai untuk badan kepegawaian daerah kota Makassar.
  28. Penerapan kebijakan perihal ketentuan pemeliharaan hewan ternak di Kabupaten Maros.
  29. Metode kearsipan yang dilakukan oleh badan keluarga berencana (KB) dan keluarga sejahtera di kabupaten Bone.

Lihat Juga: (Contoh Judul Skripsi Manajemen Keuangan)

  1. Keefesienan dalam pelaksanaan Diklat Prajabatan yang dilakukan oleh badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan daerah kabupaten Tana Toraja.
  2. Performa kinerja oleh para pegawai kantor dinas sosial, tenaga kerja & transmigrasi kabupaten polewali mandar (sebuah studi kasus pada bidang tenaga kerja)
  3. Hubungan antara kinerja pegawai dan Motivasi kerja oleh para kepegawaian daerah dan diklat (bkdd) kabupaten maros.
  4. Penilaian tentang implementasi kebijakan relokasi pedagang kaki lima yang ada di belakang kampus Universitas Sebelas Maret di kota Surakarta.
  5. Kajian tentang implementasi peraturan daerah yang ada di DKI Jakarta No 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum seputar larangan mengemis, mengamen serta berjualan asongan di kecamatan Cengkareng Kotamadya Jakarta Barat.
  6. Peningkatan pemungutan pajak bumi dan bangunan yang dilakukan oleh di dinas Pendapatan Kota Makassar.
  7. Penyelenggaraan pendidikan serta latihan di lembaga penyiaran publik radio republik indonesia Surabaya.
  8. Tingkat efesiensi program raskin di kecamatan Saronggi kota Sumenep tahun 2021 (sebuah studi deskriptif kualitatif tentang efektivitas program beras untuk keluarga rakyat miskin (raskin) di kecamatan Saronggi, kota Sumenep.
  9. Dampak postif dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan yang ada di PT PLN (persero) rayon Makassar Barat.
  10. Peranan kepemimpinan ketua dewan perwakilan rakyat (DPRD) di Kota/Kabupaten Sumenep terhadap motivasi pelayanan publik secara prima.
  11. Tingkat keefesienan pengelolahan program raskin kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di kecamatan Ngoyo Kabupaten Tapanuli.

Refrensi Judul Skripsi Administrasi Negara yang Bagus dan Menarik

Refrensi Judul Skripsi Administrasi Negara yang Bagus dan Menarik
toriqa.com
  1. Pengaruh diselenggarakannya program keselamatan dan kesehatan kerja demi meningkatnya produktivitas dan kinerja para karyawan engineering BP tangguh, teluk bintuni, Papua.
  2. Penerapan strategi penurunan jangka rekening listrik oleh PT PLN (persero) apj Surakarta.
  3. Beberapa variable penting yang memberi dampak terhadap kinerja balai besar kesehatan dan keselamatan kerja di Makassar.
  4. Sistem pengelolaan rumah susun sederhana sewa atau (rusunawa) yang dilakukan oleh unit pelaksana teknis daerah (UPTD) rumah sewa kota Jakarta Pusat.
  5. Keterkaitan kinerja antara pengurus dengan kepuasan anggota di koperasi serba usaha “srikandi makmur” yang ada di Desa Betro (subuah studi kasus di koperasi serba usaha “srikandi makmur” Desa Betro)
  6. Dampak dari adanya reformasi birokrasi terhadap kinerja pelayanan kelurahan lidah Wetan Kota Surabaya.
  7. Adanya keterkaitan kemampuan kerja, kepuasan kerja serta disiplin kerja dengan kinerja pegawai kecamatan kedungwuni kabupaten Pekalongan.
  8. Kinerja dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Surabaya dalam pelaksanaan administrasi kependudukan (sebuah studi deskriptif kualitatif perihal penerbitan dokumen kependudukan tahun 2021 )
  9. Alur atau sistem seleksi calon pegawai negeri sipil di Badan Kepegawaian pendidikan dan pelatihan daerah kabupaten Tana Toraja.
  10. Perencanaan strategis pengembangan objek wisata candi cetho yang dilakukan oleh Dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Sumenep.
  11. Skripsi pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik (sebuah kajian tentang pelayanan STNK)
  12. Skripsi evaluasi tentang penerapan program keaksaraan fungsional dalam fase pemberantasan di desa xx.
  13. Skripsi perihal beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik (sebuah studi yang dilakukan di desa x)
  14. Skripsi tentang hubungan fungsi kepemimpinan camat dengan efektivitas kerja para pegawai (kajian pada kantor camat xx)
  15. Skripsi hubungan antara tingkat pendidikan dan kedewasaan terkait kinerja anggota DPRD kabupaten Singosari.
  16. Skripsi implementasi program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan.
  17. Skripsi penerapan sistem informasi administrasi kependudukan di kabupaten Bone (sebuah studi pada dinas kependudukan dan catatan sipil setempat)
  18. Skripsi tentang pengaruh tindakan mutasi terhadap semangat kerja pegawai Negeri Sipil di sebuah Instansi.
  19. Skripsi pengaruh diselengarakannya pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai negeri sipil
  20. Skripsi tentang strategi peningkatan pendapatan daerah di kabupaten Mojokerto (studi mengenai peningkatan di bidang Pajak Daerah)
  21. Skripsi akuntabilitas dan transparansi dalam pelayanan publik (studi kasus pelayanan ktp dan kartu keluarga di kelurahan x)
  22. Skripsi pengaruh pemberdayaan aparatur pemerintah terhadap prestasi kerja (studi pada badan kepegawaian daerah kabupaten x)
  23. Skripsi peranan badan permusyawaratan desa dalam perencanaan pembangunan desa
  24. Skripsi peranan pembinaan dalam meningkatkan profesionalisme kerja pegawai negeri sipil
  25. Skripsi pemberdayaan pemerintah kelurahan dalam rangka pelayanan masyarakat
  26. Skripsi pelaksanaan kebijakan alokasi dana desa (add) di desa x
  27. Skripsi peranan badan kepegawaian daerah dalam melaksanakan proses rekrutmen Pegawai Negeri Sipil.
  28. Skripsi pengaruh diadakannya sistem penilaian kinerja karyawan terhadap produktivitas kerja.
  29. Skripsi partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan partisipatif.
  30. Skripsi penelitian deskriptif dan kualitatif tentang peningkatan kinerja badan pencatatan penduduk daerah dalam proses perencanaan pembangunan partisipatif di kota Rote.
  31. Skripsi akuntabilitas penyelenggaraan upaya kesehatan transfusi darah oleh PMI.
  32. Skripsi analisis implementasi peraturan pemerintah nomor 41 tentang organisasi perangkat daerah di kota Magetan, Jawa Timur.
  33. Skripsi efektifitas lembaga legislatif Desa dalam pengambilan kebijakan di daerah Desa Songo.
  34. Skripsi efektivitas pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat secara Mandiri di pedesaan atau (PNPM-MP, sebuah studi kasus tentang irigasi pertanian di desa Lombang)
  35. Skripsi evaluasi pelaksanaan program bantuan operasional sekolah di sdn x
  36. Skripsi gaya kepemimpinan kepala kanwil di kementrian Agama Provinsi Jawa Timur.
  37. Skripsi gaya kepemimpinan pada dinas sosial kota x-ql
  38. Skripsi implementasi kebijakan pemerintah kota x dalam mengelola pedagang kaki lima
  39. Skripsi implementasi pelayanan kesehatan yang dilakukan kepada para penerima jaminan sosial di Rumah Sakit Legung.
  40. Skripsi implementasi perencanaan partisipatif dalam mewujudkan pembangunan di desa x
  41. Skripsi implementasi prinsip-prinsip good governance dalam meningkatkan kinerja organisasi pelayanan publik di kantor pelayanan terpadu satu pintu milik pemerintah kota Magetan.
  42. Skripsi implementasi progam jaminan pemeliharaan kesehatan atau JPK di puskesmas Desa Banjarnegara.
  43. Skripsi sistem yang ditempuh dalam penetapan pajak kendaraan bermotor pada kantor samsat x
  44. Skripsi keikutsertaan masyarakat dalam rangka membayar pajak bumi dan bangunan
  45. Skripsi tentang partisipasi masyarakat dalam perencanaan program nasional pemberdayaan masyarakat secara mandiri di Perdesaan (pnpm mp)
  46. Skripsi penyelenggaraan fungsi badan permusyaratan Desa atau BPD di Desa Mojosari.
  47. Skripsi tentang penyelenggaraan pembangunan partisipatif di desa Amukmarunggu.
  48. Skripsi Pengimplementasian prinsip-prinsip good governance dalam melipatgandakan semangat kinerja aparatur pelayanan publik (subuah studi kasus pada kantor pelayanan terpadu di Kab Arjasa)
  49. Skripsi pengaruh budaya organisasi atas kinerja para karyawan (studi kasus pada Sogo)
  50. Skripsi pengaruh kemampuan aparatur pemerintah daerah dalam menjalankan atau mengelola pelaksanaan otonomi daerah (di sekda xx)
  51. Skripsi pengaruh kepemimpinan camat terhadap efektivitas kerja pegawai kecamatan x
  52. Skripsi pengaruh kepemimpinan lurah terhadap peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan (pbb)
  53. Skripsi pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan (studi kasus pada pt pertamina)
  54. Skripsi dampak dari kualitas pelayanan atas kepuasan para Nasabah di Britama.
  55. Skripsi pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai bpmppt
  56. Skripsi pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada kantor camat
  57. Skripsi pengaruh otonomi desa atas keikutsertaan seluruh Warga dalam pembangunan Desa.
  58. Skripsi pengaruh penyelenggaraan good governance atas pelayanan publik yang diberikan (sebuah studi pada kantor camat Nyabakan)
  59. Skripsi pengaruh diselenggarakannya pembinaan atas prestasi kinerja para pegawai Negeri Sipil di Dinkes Mojokerto.

Mungkin cukup sekian apa yang bisa saya share terkait kumpulan contoh judul skripsi administrasi negara kali ini.

Semoga bisa memberi manfaat, dapat membantu yang membutuhkan, mudah untuk dipraktekkan untuk yang membutuhkan.

Tinggalkan komentar