Jenis Tanaman Aquascape

19+ Jenis Tanaman Aquascape – Refrensi Tanaman Tarlengkap +Gambar

Pengertian dari aquascape adalah seni mengatur dan menata tanaman air, sedang jenis jenis tanaman aquascape itu sangat banyak dan beragam dengan keunggulan fungsinya masing masing.

Tanaman ini adalah salah satu bagian dari tumbuhan hidrofit, karena dapat beradapsi didalam air bahkan dengan cahaya dan Co2 yang rendah sehingga sangat cocok untuk hiasan aquarium.

Jika anda merupakan orang awam namun hobi menggeluti ini, sebaiknya anda memilih jenis tanaman yang mudah tumbuh serta mudah dalam urusan perawatan.

Oleh karena itu, mari kita masuk dan belajar bersama tentang jenis- jenis tanaman aquascape serta seluk beluk dari tanaman ini:

1. Tanaman Aquascape, Java Moss

jenis tanaman aquascape
Aquarium Indonesia

Sekilas tanaman aquascape mirip seperti ganggang rumput laut.

Tapi, tanaman ini mempunyai warna hijau terang yang kontras dengan rumput laut yang memiliki warna putih kekuningan.

Biasanya tanaman ini tumbuh di kayu apung atau bebatuan, dan proses berkembangbiaknya sama dengan proses Metagenesis pada tumbuhan paku.

Bisa dibilang bahwa Java Moss merupakan tanaman aquascape yang ada disekitar kita.

3. Tanaman Hemianthus Callitrichoides

Jenis tanaman aquascape
Aquscape

Hemianthus Callitrichoides adalah salah satu jenis tanaman aqascape yang juga memiliki nama lain yakni Dwarf Baby Tears.

Tanaman ini dapat digunakan sebagai karpet akuarium dan menjadi favorit bagi penggemar aquascape. Dalam perawatannyapun terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan HC Cuba.

4. Tanaman Eleocharis Parvula

Macam macam tanaman air
IWAQU Joyo Aquatic Plants

Nama tanaman ini lebih mirip dengan Hemianthus Callitrichoides, yaitu Dwarf Hair Grass. Jika diletakkan sebuah batu di tengah-tengahnya, maka aquascape ini akan tumbuh di sekitar batu dengan sangat menakjubkan.

Tumbuhan Dwarf Hair Grass  pertumbuhannya terbilang cepat, Oleh karena itu Anda harus sering melakukan pemangkasan secara berkala.

Tanaman aquascape ini membutuhkan suhu yang tepat, yakni kira – kira 22 – 25 derajat celcius. Dengan adanya cahaya yang sedang, Dwarf Hair Grass akan tetap tumbuh dengan baik.

5. Aquascape Amazon Sword

jenis tanaman aquascape
PicClick

Jenis tanaman aquascape ini dinamakan Amazon Sword, karena memiliki bentuk yang tampak seperti pedang.

Amazon Sword adalah jenis tanaman aquascape yang lebih sering digunakan sebagai latar belakang (background) akuarium agar terlihat lebih cantik.

Pemilik akuarium biasanya akan meletakkan Amazon Sword ini pada bagian belakang akuarium.  sehingga tanaman ini dapat bertahan di dalam air dengan suhu 22 – 28 derajat celcius.

Selain itu, tanaman ini membutuhkan sumber pencahayaan yang moderat agar dapat tumbuh dengan baik. Ikan-ikan sangat gemar menjadikan Amazon Sword ini sebagai tempat menyembunyikan diri yang aman dan nyaman.

6. Tanaman Microsorum Pteropus

jenis tanaman yang bhidup di air
Aquarium Indonesia

Salah satu jenis tanaman aquascape ini memiliki nama Java Fern, karena proses pertumbuhannya mudah serta tidak memerlukan perawatan ekstrem.

Oleh karena itu Java Fern sangat direkomendasikan untuk pemula yang hobi budi daya tanaman aquascape.

Walaupun dalam perawatannya relatif mudah, namun tanaman ini juga dikoleksi oleh para pemain lama aquascape.

Alasannya tentu saja karena tanaman Java Fern memiliki bentuk dan tampilan yang sangat menarik.

Dalam memelihara tanaman ini, Anda harus meletakkannya di dalam air dengan suhu 22 – 25 derajat celcius.

Selain itu keunggulan dari Java Fern yaitu, tetap dapat beradaptasi dan hidup dalam pencahayaan yang sangat minim sehingga Anda bisa menghemat penggunaan listrik.

7. Jenis Aquascape Anubias Nana

jenis tanaman aquascape
atagaleri.net

Anubias Nana adalah sebuah pilihan yang cocok anda yang menginginkan tanaman aquascape dengan perawatan yang sangat mudah, bahkan tanaman ini bisa anda temukan di sungai atau di alam liar dengan sangat mudah.

Tanaman ini tetap tumbuh, bahkan dengan ketinggi hingga 15 cm dan daun dari tanaman ini berwarna hijau gelap.

Anda juga tidak perlu melakukan perawatan khusus pada Anubias Nana.

Sama seperti Amazon Sword, tanaman ini juga mampu beradaptasi dalam air, hingga yang bersuhu 22 – 28 derajat celcius.

8. Tanaman Echinodorus Amazonicus

Tanaman yang beradaptasi di air
Budi Daya Ikan Cupang

Tanaman Echinodorus Amazonicus adalah salah satu jenis tanaman aquascape yang paling diminati oleh pemula.

Pada daunnya mempunyai bentuk seperti pedang, bahkan panjang daunnya bisa mencapai 50 cm.

Amazon Sword dapat anda gunakan untuk mempercantik bagian belakang akuarium, suhu yang bagus untuk jenis tanaman aquascape ini antara 22 – 27 derajat celcius.

Tanaman Echinodorus Amazonicus tidak dapat hidup tanpa CO2, jika ingin memaksimalkan pertumbuhan tanaman ini, sangat disarankan untuk memasang tabung yang bisa menyuplai CO2 ke dalam akuarium Anda.

9. Tanaman Aquscape Lilaeopsis

Jenis tanaman air
Tokopedia

Tanaman Lilaeopsis memiliki bentuk seperti rumput yang biasa Anda lihat di sekitar kita, namun, Lilaeopsis juga bisa tumbuh setinggi 5 cm dan menyebar dengan cepat di lantai akuarium.

Jika anda ingin mengkombinasikan Lilaeopsis dengan aquascape lainnya, sebaiknya Anda harus sering melakukan pemangkasan terhadap tanaman ini.

Karena apabila anda tidak atau jarang melakukan pemangkasan, maka Lilaeopsis yang tumbuh dengan cepat dapat menyerang tanaman aquascape lain di sekitarnya.

Jenis Tanaman Untuk Aquascape

10. Pogostemon Stellata

 

Dari segi kecantikan, jenis tanaman aquascape yang satu ini memang tidak bisa dipungkiri. Ya, Pogostemon Stellata merupakan jenis tanaman aquascape yang mempunyai daun berwarna merah keunguan.

Tanaman ini akan menambah kecantikan akuarium Anda.

Tanaman ini biasanya lebih sering digunakan sebagai background, tanaman ini berasal dari Asia dan Australia.

Sayangnya, dari segi pemeliharaan tanaman Pogostemon Stellata membutuhkan pencahayaan dan karbondioksida yang cukup banyak.

Didalam aquarium, ikan-ikan hias yang berukuran kecil sangat suka bersembunyi di balik dedaunan Pogostemon Stellata ini.

11. Ceratophyllum Demersum

Jika diperhatikan sekilas, Ceratophyllum Demersum ini tampak seperti ekor binatang. Ya, memang benar bahwa tumbuhan ini sekilas nampak seperti ekor racoon.

Tanaman yang tidak mempunyai akar seperti tumbuhan aquascape pada umumnya ini bisa ditemukan di seluruh dunia kecuali Antartika.

Dalam perawatannya tanaman Ceratophyllum Demersum ini cenderung sangat mudah. Hal ini karena tanaman ini tidak membutuhkan jenis air tertentu atau pencahayaan yang cukup.

Jenis tanaman aquascape ini akan semakin mempercantik tampilan akuarium Anda, karena memiliki bentuk yang unik.

12. Ceratopteris Cornuta

Tanaman aquascape yang satu ini sangat mudah untuk menemukannya , karena sudah tersebar luas di Amerika, Afrika, Asia, dan Australia.

Berbeda dengan jenis aquascape lainnya, Kalau Ceratopteris Cornuta ini merupakan tanaman yang hidup terapung, bahkan daun dari tanaman ini dapat terapung ke permukaan akuarium.

13. Cryptocoryne Beckettii Petchii

JIka anda sedang mencari tanaman aquascape yang perawatannya mudah, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli tanaman Cryptocoryne Beckettii Petchii.

Karena tanaman hias ini sudah digunakan selama bertahun-tahun oleh para pemilik akuarium hias di Indonesia.

Jenis tanaman aquascape ini bisa beradabtasi dengan mudah pada air dengan tingkat kesadahan rendah maupun tinggi.

Selain itu, Cryptocoryne Beckettii Petchii tidak terlalu memerlukan terlalu banyak cahaya. Namun tetap, jika ingin tanaman ini bisa tumbuh dengan lebih baik, maka perlu adanya pencahayaan yang cukup.

14. Bacopa SP Colorata

Asal muasal dari tanaman aquascape yang satu ini tidak diketahui secara pasti.

Namun, tanaman yang dikenal dengan nama Bacopa Pink ini, dapat menghiasi spot tengah pada akuarium Anda menjadi lebih indah dan menarik.

Tanaman ini sangat cocok untuk akuarium yang membutuhkan cahaya dan karbondioksida yang sedang.

Warna pada daunnya sedikit kemerahan. Jadi, tanaman aquascape ini sangat cocok untuk aquarium karena dapat memberikan warna yang menarik.

Di samping itu, Bacopa SP Colorata ini akan lebih bagus jika dikombinasikan dengan aquascape hijau lainnya.

15. African Water Fern

Jika ada Java Fern, ada pula African Water Fern. Kedua tanaman ini memang memiliki tampilan yang cukup unik dan menarik.

Africa Fern banyak digunakan sebagai latar belakang akuarium. Untuk merawat jenis tanaman aquascape ini tidak begitu sulit, Anda hanya perlu meletakkannya dalam air yang memiliki suhu 20 – 27 derajat celcius.

Tanaman ini tidak memerlukan pencahayaan yang tinggi, karena tanaman ini tetap bisa tumbuh walaupun dalam ruang yang ada pencahayaan yang minim.

Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok apabila dikombinasikan dengan tanaman Java Fern.

Jenis Tanaman Karpet Aquascape

Jika menginginkan tampilan akuarium terlihat semakin “hijau” dan menyegarkan mata, cukup tambahkan aquascape karpet di dasar akuarium.

Tanaman karpet aquascape ini akan menjadi alas yang dapat membuat akuarium lebih terlihat lebih berwarna.

Berikut ini jenis tanaman karpet aquascape yang kami rekomendasikan untuk anda:

16. Dwarf Hairgrass

Meskipun tanaman ini berasal dari Amerika Latin, tapi tanaman Dwarf Hairgrass ini sudah cukup lama populer di Indonesia.

Dwarf Hairgrass adalah jenis tanaman karpet aquascape yang sudah banyak peminat.

Para pecinta aquascape bisanya memanfaatkan tanaman bernama Eleocharis Acicularis ini untuk menghias akuariumnya.

17. Mdwarf Baby Tears

Jika anda masih pemula dan ingin mencoba tanaman karpet aquascape di akuarium, Dwarf Baby Tears adalah tanaman klasik yang paling tepat untuk memenuhi keinginan Anda.

Tanaman yang mempunyai nama lain Hemianthus callitrichoides ini perawatannya juga sangat mudah dan bisa tumbuh dengan subur memenuhi dasar akuarium Anda.

18. Hygrophila Difformis

Tanaman yang lebih dikenal dengan nama Water Wisteria ini pertumbuhannya tergolong cepat.

Selain itu perawatannya juga mudah dan dapat mempercantik akuarium air tawar Anda. Biasanya tanaman ini dapat bertahan dalam suhu air 23 – 28 derajat celcius.

Selain itu, tanaman ini hanya cukup memerlukan pencahayaan yang sedang. Water Wisteria sangat pas jika digunakan sebagai karpet didalam akuarium.

Jenis Tanaman Aquascape Yang Mudah Perawatannya

19. Marsilea Hirsuta

Tanaman kali ini adalah jenis tanaman karpet aquascape yang unik serta mudah perawatannya.

Marsilea Hirsuta mempunyai bentuk yang sangat unik seperti paku payung, Tanaman aquascape yang satu ini benar-benar cocok bagi anda yang masih pemula, tapi memiliki hobi untuk terjun kedalam dunia aquascape.

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa Co2

Ada beberapa tanaman aquascape yang memang baik-baik saja tanpa menambahkan CO2.

Terutama untuk tanaman yang dapat hidup hanya dengan cahaya rendah dan tidak berakar.

Sama seperti tanaman anubias dan java fern yang dapat tumbuh baik selama beberapa tahun.

Namun seperti yang sudah melalui penelitian, dengan menambahkan CO2, tanaman anubias dan java fern hanya dalam beberapa hari saja sudah mulai tumbuh dengan indah, daunnya lebih rimbun serta lebih hijau dari sebelumnya.

Berikut ini beberapa macam tanaman aquascape yang mampu tumbuh dan beradaptasi dalam air tanpa CO2:

  1. Java Fern
  2. Singapore Moss
  3. Lilaeopsis
  4. Peacock Moss
  5. Anubias
  6. Christmas Moss

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar