Jenis Jenis Multimedia

Jenis Jenis Multimedia: Pengertian, Contoh Aplikasi, Fungsi +Gambarnya

Artikel kali ini berisi pembahasan lengkap mengenai topik Jenis Jenis Multimedia yang cocok dipelajari bagi anda yang mau atau berkecimpung di dunia editing vidio, audio dan animasi.

Pada artikel ini Anda akan mempelajari tentang:

  • Pengertian multimedia berdasarkan pendapat para ahli.
  • Jenis jenis multimedia dan multimedia pembelajaran.
  • Jenis jenis aplikasi multimedia berikut contohnya.
  • Jenis jenis konten multimedia dan fungsi multimedia.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lebih lanjut dari materi ini, langsung aja simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Multimedia

Pengertian Multimedia
Share Ilmu

Menurut bahasa, multimedia berasal dari dua kata, yaitu multi dan media.

Multi artinya banyak, sedangkan media berarti sesuatu yang digunakan untuk mengekspresikan pesan atau perantara.

jadi, Pengertian dari multimedia adalah perantara pesan yang meliputi lebih dari 1 elemen atau banyak.

Definisi lain dari Multimedia diantaranya sebagai sarana komunikasi yang menggabungkan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, ataupun media lainnya.

Beberapa kombinasi elemen tersebut bisa, disimpan, ditampilkan, dikirim, atau diproses dengan sebuah perangkat tertentu.

Pengertian Jenis Multimedia Menurut Para Ahli

Pengertian Jenis Multimedia Menurut Para Ahli
toriqa.com
  • Menurut Rosch, tahun 1996: Multimedia merupakan Kombinasi dari komputer dan video.
  • Menurut McComick tahun 1996: Multimedia merupakan Kombinasi dari tiga elemen, yakni suara, gambar, dan teks.
  • Menurut Turban dan kawan-kawan tahun 2002: Multimedia merupakan suatu Kombinasi dari paling sedikitnya dua media input dan output. Media ini bisa berupa audio (suara, atau musik), animasi, video, teks, grafik serta gambar.
  • Menurut Robin dan Linda di tahun 2001: Multimedia merupakan Alat yang dapat menciptakan presentasi secara dinamis dan interaktif yang menggabungkan teks, grafik, animasi, audio serta video.
  • Menurut Vaughan tahun 2004: Multimedia merupakan kombinasi dari beberapa teks, gambar, suara, animasi dan video yang dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.

Kesimpulannya, pengertian Multimedia adalah suatu kombinasi yang dibentuk dari gabungan teks, gambar, animasi, audio atau video untuk menghasilkan output tertentu berupa informasi yang menarik atau hal lainnya.

Jenis Jenis Multimedia 

Setelah kita membahas serta memahami pengertian multimedia, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis jenis multimedia.

Secara umum multimedia dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu multimedia conten production dan multimedia communication.

1. Produksi Konten Multimedia

Produksi Konten Multimedia
CodeNgops

Multimedia conten proction merupakan hasil atau produk dari proses penggabungan beberapa media seperti, teks, audio, animasi, graphics, interactivity, serta video untuk menyampaikan sebuah informasi.

Kemudian hasil dari proses itu disebut produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll). Untuk multimedia jenis ini, media yang digunakan berupa:

  • Media Audio.
  • Media Teks.
  • Media Animasi.
  • Media Video.
  • Grafik Media / Gambar.
  • Media Spesial Effect.
  • Interaktivitas Media.

2. Komunikasi Multimedia

Komunikasi Multimedia
ParentCircle

Multimedia communication adalah proses pemakaian atau penggunaan media (massa), seperti media cetak, radio, televisi, serta internet.

Tujuannya adalah sebagai media untuk menyampaikan atau mempublikasikan sebuah pesan atau informasi, seperti, material advertising (iklan), news (berita), publicity (publikasi), entertaintment (hiburan), education (pembelajaran atau pendidikan), tutorial dan sebagainya.

Untuk multimedia jenis ini, media yang digunakan berupa:

  • Media Cetak.
  • Radio.
  • TV Film.
  • Permainan.
  • Musik.
  • Hiburan.
  • ICT (Internet).

Artikel Terkait:

( Pengetahuan Seputar Corel Draw )

( Teknik Fotografi, Pemula & Professional )

Jenis Jenis Multimedia Pembelajaran

1. Multimedia Interaktif

Multimedia Interaktif
Smartty.id

Pengguna atau user secara penuh dapat mengontrol seputar apa dan kapan elemen multimedia akan  dikirimkan atau di tampilkan.

Contoh Game, aplikasi program, CD interaktif,  dan virtual reality.

Jenis Jenis Multimedia Interaktif

Ada beberapa jenis atau model multimedia interaktif yang digunakan untuk tujuan pembelajaran, diantaranya tutorial, drill and practice, simulasi, instructional games, hybrid, socratic, inquiry dan informational.

2. Multimedia Hiperaktif 

Jenis Multimedia Hiperaktif 
Institut Cavan

Jenis Multimedia Hiperaktif mempunyai struktur dengan elemen – elemen terkait yang dapat di arahkan oleh pengguna dengan tautan (link) menuju elemen – elemen multimedia yang ada.

Richmedia merupakan istilah yang di pakai untuk menyebut, Multimedia Hiperaktif.

Misalnya seperti Word wide web, Website, Mobile banking, Game online dan lain-lain.

3. Jenis Multimedia Linear ( Berurutan )

Multimedia Linear
Beritagar

Multimedia Linear merupakan jenis multimedia yang berjalan lurus, multimedia seperti ini biasanya banyak kita temukan pada semua jenis film, Tutorial video, dan sebagainya.

Sedangkan untuk multimedia interaktif merupakan jenis multimedia interaksi, artinya suatu interaksi antara media dan pengguna media dengan melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya.

Interaksi multimedia seperti ini berlangsung tanpa kontrol navigasi dari penguna, Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekussial dari awal sampai akhir.

Contoh dari multimedia linier adalah movie/film, e-book, musik, siaran TV.

4. Multimedia Presentasi Pembelajaran

Multimedia Presentasi Pembelajaran
Pikiran Rakyat

Multimedia presentasi pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk proses pembelajaran di kelas, namun tidak mengantikan peran guru secara keseluruhan dalam mengajar.

Contohnya adalah Microsoft Powerpoint.

5. Multimedia Pembelajaran Mandiri

Multimedia Pembelajaran Mandiri
Lintar Media

Multimedia pembelajaran mandiri merupakan suatu software yang bisa dimanfaatkan secara mandiri oleh siswa tanpa bantuan guru.

Multimedia pembelajaran mandiri juga harus bisa dalam menggabungkan explicit, knowledge, dan tacit knowledge mengandung fitur asemen untuk latihan ujian dan simulasi termasuk juga tahapan dalam pemecahan suatu masalah.

Contoh dari multimedia pembelajaran mandiri adalah, Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

6. Perangkat Multimedia 

Kit multimedia 
ThePianoSG

Multimedia kits merupakan suatu kumpulan materi atau pembelajaran yang meliputi lebih dari satu jenis media yang diorganisir di sekitar topik utama.

Didalamnya juga termasuk CD ROOM, KASET, AUDIO, GAMBAR DIAM, STUDY  CETAK, TRANSPARANSI OVERHEAD.

Tujuannya adalah untuk proses presentasi di dalam kelas keunggulan: multimedia kits membakitkan karena mereka multi sensorik.

Multimedia kits menjadi maksime serta ideal sebagai media untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kits mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu dapat di angkut dan digunakan di luar kelas (logiostik).

7. Jenis Multimedia Hypermedia

Ini merupakan perpanjangan dari Hipertex, yaitu dokumen yang terdiri dari teks, audio, informasi visual yang disimpan dalam komputer.

Contoh dari hypermedia yaitu ketika dalam suatu pembelajaran mengunakan link pada sebuah web.

8. Jenis Multimedia (Media Interaktif)

Sistem pembelajaran interaktif merupakan sistem pengiriman atau pemberian pelajaran yang direkam secara visual, suara dan bahan video yang disajikan di bawah kontrol komputer.

Tujuannya agar tidak hanya melihat dan mendengar suara, namun juga untuk membuat tanggapan secara aktif dari siswa.

Keunggulan dari sistem ini yaitu adanya beberapa teks, audio, graif, gambar, diam dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan sehingga mudah di gunakan.

9. Jenis Multimedia (Virtual Realitas)

Virtual Realitas
Monster AR

Virtual reality atau dikenal juga dengan realitas maya merupakan teknologi untuk pembelajaran yang memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi dalam suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.

Entah itu suatu lingkungan yang sebenarnya ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi.

Jenis Jenis Aplikasi Multimedia

Aplikasi atau software multimedia merupakan perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengolah berbagai macam media informasi seperti teks, gambar, video, foto, audio, dan lain lainnya.

Hingga saat ini ada banyak sekali software yang bermunculan, mulai dari yang hanya dapat melihat saja hingga dapat digunakan untuk membuat dan mengedit.

Secara umum, software multimedia dapat dikategorikan menjadi 5 jenis yaitu untuk animasi, desain, audio, foto dan video.

Nah, berikut ini jenis jenis aplikasi (software) multimedia yang saat ini banyak digunakan.

1. Media Player

Jenis aplikasi Multimedia
toriqa.com

Media player adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengolah informasi dalam bentuk audio atau video.

Umumnya beberapa aplikasi media player sudah dapat memutar informasi baik itu audio ataupun vidio. Berikut ini beberapa software media player, antara lain:

  • Windows Media Player: merupakan Software yang diproduksi oleh Microsot, biasanya sudah satu paket dalam Microsoft Windows.
  • Winamp: merupakan software yang bersifat freeware atau komersil, aplikasi ini diproduksi oleh Nullsoft. Inc.
  • Power DVD: merupakan software yang yang diproduksi oleh Cyberlink.
  • DivX Player: merupakan jenis software yang bersifat freeware, aplikasi ini diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
  • XMMS: merupakan software audio yang sifatnya open source, aplikasi ini berada di bawah naungan lisensi GNU (General Public Lisensi)

2. Editor Gambar

Editor Gambar Perangkat Lunak
PiZap

Image Editor merupakan perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk menggambar atau mengedit image / foto.

Software-software untuk editor image saat ini sudah banyak yang bermunculan mulai dari yang memiliki fungsi editing sederhana hingga fitur yang kompleks.

Ada dua jenis image yang dihasilkan oleh sebuah image editor, yakni bitmap image dan juga vector image.

Berikut ini beberapa contoh software image editor antara lain:

  • Adobe Photoshop.
  • CorelDraw.
  • GIMP.

3. Audio / Video Editor

Jenis aplikasi atau software yang satu ini dapat digunakan untuk mengedit atau membuat media dalam bentuk video dan audio.

Biasanya Proses pengeditan video atau audio berupa konversi format, manipulasi kualitas, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini beberapa software untuk editing video dan audio saat ini, antara lain:

  • Adobe Premiere Pro.
  • Windows Movier Maker.
  • Keberanian.

4. Grafik / Penampil Gambar

Jenis Aplikasi Multimedia( Melihat Gambar)
Neowin

Perangkat lunak Graphic digunakan untuk melihat (view) gambar secara terorganisasi dalam sebuah direktori.

Sekarang juga sudah banyak format image yang sudah di support oleh aplikasi image viewer, misalnya bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain.

Berikut beberapa aplikasi image viewer yang dapat anda gunakan, diantaranya.

  • ACDSee.
  • XNView.
  • Irfan View.
  • Microsoft Picture Manager.
  • Microsoft Picture and Fax Viewr.

5. Animasi

Jenis software seperti animasi ini memang dikhususkan untuk membuat atau mengedit dalam bentuk animasi.

Animasi adalah suatu gambar bergerak ataupun video yang disatukan dalam suatu konten gambar yang fiktif.

Berikut ini beberapa contoh software khusus tentang animasi, antara lain yaitu:

  • Macromedia Flash.
  • Perangkat Lunak Animasi Houdini.
  • Power Animator.
  • Dan lain-lainnya.

6. Grafik 3D

Jenis aplikasi Multimedia Grafik 3D
HelloLuxx

Aplikasi Multimedia (Grafik 3D) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D.

3 Dimensi adalah representasi gambar dengan bentuk geometri 3 dimensi.

Sebagai contoh untuk perangkat lunak grafik 3D yang dapat Anda gunakan di komputer adalah:

  • Arsitektur Reit.
  • Autodesk Maya.
  • Blender.
  • Max Autodesk 3Ds.
  • Bioskop 4D.
  • 3D Lightwave  .
  • Mode.
  • Senjata nuklir

Lihat juga: (Panduan Instalasi Jaringan Komputer)

Jenis Jenis Konten Multimedia

Menurut pendapat (Green & Brown) Multimedia interaktif merupakan gabungan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:

1. Teks

Teks adalah simbol yang berupa medium visual yang dapat digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan secara efektif.

Teks itu sendiri memiliki beberapa jenis, bentuk dan jenis, seperti: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan hutan.

Untuk satuan ukuran dari suatu teks terdiri dari length dan size.

2. Grafik

Grafik merupakan suatu medium yang berbasis visual, dan seluruh gambar dengan dua dimensi itu adalah grafik.

Jika suatu gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap akan tampil melalui medium dua dimensi.

Demikian juga suatu gambar yang ditampilkan melalui kertas, televisi ataupun layar monitor, tetap dalam grafik bisa saja berbentuk kenyataan (reality) atau hanya hanya dalam bentuk iconic.

Contoh penyajian grafik dalam bentuk kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang disajikan berbentuk iconic adalah kartun.

Contoh lain gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan itu juga merupakan contoh grafik dalam bentuk iconik.

3. Audio

Medium berbasis suara atau yang lebih dikenal dengan audio merupakan segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.

Contohnya adalah: narasi, lagu, sound effect, back sound.

Multimedia  pembelajaran  merupakan suatu lingkungan belajar berbasis  komputer dengan memanfaatkan fleksibilitas komputer dalam mengatasi masalah-masalah belajar.  Menurut  Lee  &  Owens tahun 2004, seperti  kebanyakan sistem mengajar, komputer bisa dimanfaatkan sebagai alat mengajar  untuk memberi penguatan, merangsang untuk belajar, berikut juga memotivasi  untuk belajar.

Fungsi Multimedia

Fungsi Multimedia
Sistem Teknologi

Menurut Gumelar tahun 2014, fungsi Multimedia adalah untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools sebagai alat bantu dan link sehingga memungkinkan pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi, berkarya serta berkomunikasi.

Ok, mungkin cukup sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan melalui tulisan artikel ini.

Semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat walaupun sedikit untuk Anda dan Indonesia, saya juga berharap untuk para anak muda agar selalu bersemangat memperdalam pengetahuan terlebih disini teknologi.

Karena kita tau, semangat jiwa muda kita adalah penentu bagaimana bangsa dan negara maju kedepannya.

 

 

 

Tinggalkan komentar