Jenis komputer laptop

Jenis Jenis Komputer [Lengkap] Perkembangan, Kategori+Gambar & Penjelasannya

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap tentang “jenis jenis komputer” sebuah teknologi yang memiliki andil besar dalam kehidupan manusia dan terus mengalami perkembangan.

Pada artikel ini, setidaknya Anda kan mengetahui tentang:

  1. Pengertian komputer.
  2. Jenis jenis komputer berdasarkan fungsinya.
  3. Jenis jenis komputer berdasarkan data yang diolah.
  4. Jenis jenis komputer ukurannya.
  5. Jenis jenis komputer berdasarkan generasinya.

Nah, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang komputer, jenisnya, Insya Allah dalam artikel ini Anda akan menemukannya, Mari kita mulai !

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer
Pixabay

Sebagian dari kita mungkin sudah paham seluk beluk komputer, namun sebagian lagi masih awam dengan apa itu Komputer?

Pengertian Komputer adalah suatu alat atau perangkat elektronik yang sangat berguna dalam proses pengolahan data sesuai dengan prosedur yang telah di rumuskan sebelumnya.

Dengan menggunakan komputer maka hasil informasi yang didapat bisa lebih cepat, praktis dan bermanfaat bagi penggunanya.

Definisi dari komputer itu sendiri adalah suatu alat elektronik yang meliputi beberapa rangkaian atau komponen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu sistem kerja.

Jadi, sistem yang ada pada komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis sehingga dapat menghasilkan informasi yang sesuai dengan data dan program yang ada.

Jenis Jenis Komputer

Jenis Jenis Komputer dan Fungsinya
Teknologi

Seiring berjalannya waktu, kini komputer juga semakin maju dan berkembang sehingga memunculkan jenis jenis komputer yang beragam.

Masing-masing komputer ini tentunya juga memiliki kegunaan atau fungsi yang berbeda beda.

Untuk memahami tentang jenis jenis komputer, berikut ini saya uraikan penjelasannya secara detail berikut contoh dan gambarnya.

1. Personal Computer (PC)

Personal Computer (PC)
Stefanusak

Perosonal computer atau PC merupakan jenis komputer pribadi yang digunakan untuk menyelesaikan tugas perorangan.

Biasanya komputer jenis ini diletakkan di atas meja (Desktop Komputer).

Sedangkan perangkat yang biasa seperti monitor, mouse dan keyboard diletakkan diatas meja, sementara CPU diletakkan dibawah meja, namun terkadang semua perangkat diletakkan diatas meja.

Untuk komputer jenis ini perangkat CPU dengan monitornya terpisah.

Komputer jenis ini banyak digunakan untuk keperluan mengakses atau mengedit data dengan rentang waktu yang relatif lama.

Ini merupakan istilah komputer yang digunakan oleh perorangan yang umumnya perangkat-perangkatnya terpisah

Selain itu, personal computer juga banyak digunakan untuk kegiatan bermain game oleh para gamers.

Personal computer (PC) memiliki fungsi utama yaitu sebagai perangkat mengolah data input dan menghasilkan output berupa informasi yang berguna bagi user, dan sesuai dengan keinginan user.

2. Desknote

Jenis komputer Desknote
Piksel

Desknote merupakan komputer portable yang mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan personal computer (PC), namun tidak memiliki baterai.

Sumber daya yang digunakan oleh komputer Desknote biasanya berasal dari listik secara langsung dengan menggunakan terminal dan colokan listrik.

Komputer jenis ini disebut desknote karena komputer ini dapat dibawa atau dipindahkan, namun dalam penggunaannya lebih sering diletakkan diatas meja.

Desknote adalah komputer portable yang ukurannya lebih kecil dari personal komputer tanpa menggunakan baterai 

Komputer desknote fungsinya hampir sama dengan personal computer(PC).

3. Laptop

Jenis komputer laptop
Laptop mag

Laptop juga merupakan jenis komputer portable yang ukurannya relatif kecil dan ringan.

Sebagai sumber dayanya, komputer ini menggunakan baterai, baterai ini dapat di cas untuk pengisian daya pada saat baterai mulai lemah.

Secara umum, baterai laptop bisa bertahan antara 1 sampai 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung juga cara menggunakannya, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Selain itu, baterai pada laptop yang sudah lama akan mengalami penurunan dalam ketahanan daya, itu hal yang wajar.

Laptop sering juga disebut dengan komputer jinjing, karena dapat dibawa kemana – mana, hal ini karena laptop cukup simple, cukup dimasukkan kedalam tas sudah bisa dibawa kemana-mana.

Laptop merupakan jenis komputer jinjing dengan ukuran yang relatif kecil dan ringan

Pada umumnya, laptop seperti personal computer (PC) memiliki fungsi yang hampir sama, bahkan sama.

Hal ini karena komponen yang ada di dalamnya memiliki kesamaan dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya lebih diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

4. Notebook

Jenis jenis komputer, komputer Notebook
Piksel

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang melahirkan inovasi-inovasi baru, kemudian lahirlah laptop dengan ukuran lebih kecil, lebih tipis yang ketebalannya mirip dengan buku kecil (note)

Dengan spesifikasi demikian kemudian dikenallah istilah notebook.

Bentuk dari laptop dan notebook juga hampir sama, biasanya untuk note mempunyai layar 10 in kebawah.

Jenis Jenis Komputer Beserta Fungsinya

5. Netbook

Jenis komputer Netbook
Piksel

Netbook merupakan Komputer yang berjenis Notebook dengan ukuran yang lebih diperkecil dan spesifikasi hardwarenya lebih rendah.

Selain itu, ada beberapa fitur yang dihilangkan dengan tujuan memperkecil ukuran, sehingga harga untuk netbook lebih murah jika dibandingkan dengan notebook.

6. Subnotebook

Komputer Subnotebook
Reddit

Sub notebook merupakan perangkat komputer yang memiliki bentuk yang sama dengan notebook, namun memiliki ukuran atau dimensinya yang lebih kecil dari notebook.

Untuk mempermudah dalam memahami istilah ini, maka diberikan istilah sub notebook atau notebook mini.

Subnotebook mempunyai prosessor yang umumnya berkecepatan rendah, subnotebook juga memiliki memory dengan ukuran yang kecil dan kapasitas hardisk juga rendah.

Hal ini di desain khusus untuk menghemat tenaga baterai yang ukurannya kecil.

Perbedaan yang mencolok antara notebook dan sub notebook adalah tidak adanya optical Drive (CD/DVD Writer) pada sub notebook.

Hal ini karena ukuran sub notebook yang kecil dan tidak memungkinkan untuk penempatan optical drive.

Jika ingin menggunakan optical drive, si pengguna sub notebook bisa menggunakan opsi external optical drive.

7. Jenis Jenis Komputer, Komputer Palmtop

Jenis jenis komputer, komputer palmot
PCMag

Seiring perkembangan teknologi nano komputer dan IC, maka ukuran laptop semakin lama juga semakin kecil, bahkan hingga berukuran sebesar telapak tangan (palm).

Sehingga muncullah sebutan palmtop.

Palmtop ini bentuknya menyerupai Handpohne, sehingga lebih praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana, berinternet dan kebutuhan mengirim serta menerima email.

Palmtop juga memiliki fungsi sebagai komputer pribadi yang bisa digenggam, dengan ukurannya yang cukup kecil, sehingga dapat di simpan di saku tangan.

Palmtop juga sering disebut dengan “handtop”, komputer Ultra kecil ini mungkin memiliki khusus keyboard atau keypad sebagai aplikasi entri data bahkan juga dilengkapi keyboard qwerty kecil.

8. PC Tablet

PC Tablet
Piksel

Kebutuhan pengguna PC atau notebook untuk bekerja dan berkomunikasi mendorong banyak pabrikan untuk menciptakan alat input (input) device selain keyboard dan mouse.

Sehingga kemudian muncullah alat tulis kecil seperti pensil yang populer dengan sebutan stylus.

Stylus dapat digunakan untuk menulis di layar monitor laptop atau pun notebook dimana monitornya dapat diputar dan dilipat seperti halnya kita menulis di atas kertas.

Komputer jenis inilah yang kemudian dikenal dengan PC Tablet.

9. Laptop Kasar

Jenis jenis komputer, komputer Rugged Laptop
PCMag

Rugged laptop merupakan jenis laptop yang dibuat khusus untuk menghadapi kondisi ekstrim seperti tempat yang penuh goncangan atau berpotensi terhadap benturan, getaran dan air serta cuaca yang tidak mendukung untuk penggunaan PC biasa.

Maka tak heran jika harganya paling mahal.

PC jenis ini umumnya dimanfaatkan oleh Pelaut, penyelam, Militer, hingga para pekerja yang melakukan pekerjaan di lapangan dengan kondisi goncangan serta kelembaban yang ekstrim.

10. All in One PC (Touchscreen PC)

Semua dalam Satu PC
Alibaba

All in one atau touchscreen PC merupakan jenis komputer dimana motherboard, Processor, memory dan komponen komputer lainnya bersatu dengan monitor.

Komputer ini memiliki ukuran yang beragam, ada yang mencapai hingga 62 inc.

All in one PC juga dilengkapi dengan port Keyboard dan mouse wireless, layarnya juga sudah menggunakan layar sentuh, sehingga dapat mengakses menu dengan hanya menekan jari ke menu tersebut.

Komputer jenis ini banyak digunakan di tempat-tempat seperti:

  1. Bandara (digunakan untuk melayani pelanggan yang datang)
  2. Rumah sakit.
  3. Mall, dan tempat tempat lain.

Ini merupakan inovasi dari perkembangan bentuk komputer, dan bisa dipastikan akan bertabah lagi jenis jenis komputer lain untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

11. Server

Jenis jenis komputer, komputer Server
www.server-room-furniture.com

Ini merupakan jenis komputer fisik yang dirancang untuk menangani satu service atau lebih yang diminta oleh program aktif di komputer lain dalam lingkup satu jaringan.

Dalam menangani tugas-tugas yang berat seperti ini, maka wajar jika server mempunyai prosesor yang sangat besar, memory yang tinggi, bahkan dilengkapi hard drives dengan kapasitas jauh lebih besar.

Di negara Amerika Serikat, pada tahun 2010, server disebut menghabiskan 2,5% dari total konsumsi energy negara tersebut dengan sebagian besar konsumsinya dihabiskan oleh system pendingin server.

12. Mainframe

Jenis jenis komputer, komputer Mainframe
Pixabay

Mainframe merupakan komputer dengan ukurannya yang sangat jumbo, komputer ini dibuat untuk menangani program yang sangat besar dan banyak dalam satu rentang waktu.

Misalnya seperti sensus penduduk, pemilu, perdagangan saham, dan lain-lain sebagainya.

Mainframe berjalan bersamaan dengan sejumlah mesin virtual yang berarti tidak hanya beroperasi pada sebuah komputer tunggal saja, untuk itu Mainframe dapat menggantikan puluhan hingga ratusan server.

Mainframe berfungsi sebagai komputer yang dengan sistem operasinya mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan skala besar.

Hal ini terjadi karena komputer ini didukung oleh puluhan bahasa pemrograman yang berbeda, dan bertindak mengawasi lalu lintas pada saat beberapa program mencoba mengakses basis data secara bersamaan.

Kemudian juga dipusatkan pada pusat data, hal ini sudah lama menjadi sumber tenaga bagi komputasi dunia bisnis.

Contoh Jenis Jenis Komputer Mainframe

Berikut ini beberapa contoh dari jenis jenis computer Mainframe, antara lain:

  1. IBM System 360.
  2. Sistem IBM 390.
  3. Cray -1 yang berasal dari Cray Research.
  4. HoneywellBull DPS 7, dan lain sebagainya.

13. Super computer

Super computer
Komputer

Jika Mainframe mampu berjalan pada beberapa fungsi di beberapa server, maka super komputer adalah mainframe dengan daya proses paling kuat.

Hal ini memungkinkan super komputer mampu mengerjakan banyak komputasi rumit yang memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Umumnya super komputer terdiri dari beberapa komputer dengan kinerja yang tinggi sehingga mampu bekerja dalam waktu dan juga system yang sama dengan system parallel.

Saat ini, Super komputer tercepat di dunia hanya dimiliki oleh National Supercomputing Center di Tianjin, China.

Komputer ini konon mempunyai kecepatan hingga 1.4 kali, ini lebih cepat dari superkomputer sebelumnya, Jaguar Cray XT5.

Super komputer memiliki fungsi untuk tugas perhitungan intensif, seperti:

  1. Perkiraan cuaca.
  2. Riset iklim, termasuk analisis pemanasan global.
  3. Pemodelan molekul.
  4. Simulasi fisik seperti, simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir.
  5. Analisikrip.
  6. Militer dan agensi sains, sebagai pengguna utama super komputer.

14. Komputer yang bisa dipakai

Jenis jenis komputer, Wearable computer
Nimblechapps

Komputer jenis wearable computer merupakan jenis komputer yang dapat dipakai pada tubuh manusia seperti, jam tangan, kacamata, ponsel, atau bahkan pakaian.

Dalam dunia teknologi, wearable komputer saat ini sedang menjadi mode dan menjadi bahan penelitian di beberapa perusahaan teknologi besar.

Beberapa contoh wearable komputer yang saat ini sudah tersebar di pasaran adalah Samsung Galaxy Gear dan Google Eye.

Bahkan fungsi dari wearable computer sekarang ini sudah sangat berkembang didalam kehidupan manusia.

Bahkan hingga dibidang olahraga seperti sepakbola juga sudah memanfaatkan teknologi wearable computer dengan menciptakan goal line technology atau teknologi garis gawang.

Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Data Yang di Olah

Berdasarkan data yang diolah, computer dapat dikategorikan menjadi:

1. Komputer Analog

Komputer analog merupakan jenis computer yang dibuat khusus untuk bekerja secara parallel untuk mengolah data dan sifatnya kontinyu.

Data-data yang diolah biasanya berupa angka-angka kuantitatif dan besaran fisik, seperti misalnya tekanan udara, temperature, arus listrik, dan sebagainya.

Jenis jenis komputer juga dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu berdasarkan pengolahan datanya, berdasarkan ukurannya, dan berdasarkan generasinya. 

Kelebihan jika menggunakan computer jenis ini adalah dapat mengolah data dengan cepat, ketepatan dan pengukuran bisa dijadikan sebagai pengontrol yang otomatis, dan lain sebagainya.

2. Komputer Digital

Komputer Digital
INI TIDAK PUNYA

Komputer digital merupakan jenis computer yang dirancang untuk bekerja berdasarkan system oprasi hitung.

Dalam computer ini variabelnya dapat dinyatakan dalam angka, dan untuk penyelesaiannya dilakukan secara turunan matematika, yaitu matematika kuantitatif.

Komputer ini memiliki data yang muncul berupa simbol-simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya symbol numeric yang dilambangkan dengan angka o-9.

3. Komputer Hybrid

Komputer Hybrid
MasTekno

Komputer Hybrid merupakan jenis computer yang dirancang bekerja secara kualitatif dan juga kuantitatif.

Komputer ini merupakan penyatuan dari jenis computer analog dengan computer digital.

Maka dari itu, computer jenis ini bisa bekerja secara kualitatif maupun kuantitatif.

Perbedaan antara computer hybrid dengan computer digital dan juga analog adalah computer hybrid  dapat bekerja lebih tepat dari computer jenis analog dan juga cepat dari computer digital.

Jenis jenis Komputer Berdasarkan Ukurannya

Setiap computer memiliki ukuran yang berbeda-beda berdasarkan rancangan dan fungsinya, maka dari itu computer dapat dibedakan berdasarkan ukurannya.

Dilihat dari ukurannya, setidaknya ada 4 jenis computer, antara lain:

  1. Micro Computer (Komputer mikro)
  2. Mini Computer (Komputer Mini)
  3. Komputer Mainframe.
  4. Super Computer (Komputer User)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya.

1. MicroComputer Atau Computer Mikro

Jenis jenis komputer, komputer Mikro
Yangcanggih.com

Sesuai dengan namanya, computer ini memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan dengan jenis-jenis computer lainnya.

Komputer jenis ini menggunakan mikroprosessor sebagai CPU nya, contoh dari computer jenis ini antara lain:

  1. Notebook.
  2. Netbook.
  3. Leptop.
  4. Ultrabook.
  5. Computer desktop dan lain-lain sebagainya.

Karena komputer ini memiliki bentuk dan ukuran yang sangat simple, maka tidak heran banyak orang menggunakannya, selain itu juga memiliki harga yang relatif murah dibanding jenis jenis komputer yang lain.

2. MiniComputer Atau Komputer Mini

Jenis jenis komputer, mini komputer
Metrodataonline.com

Mini computer merupakan jenis computer yang ukurannya lebih besar dari mikrokomputer.

Mini computer juga mempunyai kemampuan menyimpan dan pengolahan data yang lebih besar.

Maka dari itu. umumnya, minicomputer tidak digunakan untuk single user atau satu pengguna, akan tetapi lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar atau organisasi.

Misalnya yang menggunakan computer jenis ini adalah departemen produksi, agar dapat sesuai dengan standar produksi yang diinginkan Perusahaan.

3. Mainframe Komputer

Mainframe computer merupakan jenis computer  yang memiliki ukuran lebih besar dari mini computer.

Jenis jenis computer seperti mainframe ini umumnya tidak dipakai untuk single user (satu pengguna).

Namun penggunaan mainframe ini hanya digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar yang memiliki kemampuan untuk menggunakannya.

Salah satu faktornya karena mainframe computer harga jualnya sangatlah tinggi, dan daya listriknya juga sangat tinggi.

4. SuperComputer Atau computer User

Super computer merupakan salah satu jenis computer yang dilihat dari ukurannya adalah yang paling besar diantara yang lain.

Super computer juga memiliki kemampuan pengolahan data dan kinerja yang paling kuat.

Keunggulannya adalah, super computer dapat melakukan triliunan perintah atau intruksi perdetiknya, yang dapat dihitung dalam FLOPS atau Floating Point Oprations Per Scond.

Berbeda halnya dengan computer pribadi ataupun PC yang hanya dapat melakukan jutaan perintah atau instruksi per detiknya.

Jenis computer seperti super computer ini hanya digunakan khusus oleh organisasi atau perusahaan besar dengan tujuan untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Saat ini, perusahaan yang umum menggunakan computer jenis ini adalah NASA  yang menggunakannya untuk meluncurkan dan mengendalikan pesawat ke luar angkasa.

Jenis jenis Komputer Berdasarkan Generasinya  

Sudah umum diketahui bahwa computer sudah ada sejak zaman dahulu, tepatnya perkembangannya dimulai pada masa perang dunia ke 2.

Namun seiring perkembangannya waktu, teknologi juga semakin berkembang, dalam membuat computer juga mengalami banyak kemajuan dari waktu ke waktu.

Berikut ini jenis jenis computer jika dilihat dari generasinya, antara lain:

1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Jenis komputer generasi pertama
Manga

Pada masa perang dunia ke 2, banyak Negara-Negara mendorong pabrikan atau perusahaan untuk dirakitnya computer generasi pertama.

Komputer generasi pertama dikembangkan untuk keperluan mengeksploit potensi strategis yang dimiliki computer.

Ciri-ciri dari computer generasi pertama adalah, penggunaan silinder magnetic yang berfungsi untuk penyimpanan data dan data vakum.

2. Komputer Generasi Ke -2 (1959-1964)

Komputer Generasi Ke -2
Dopbreprogrami.com

Untuk computer generasi ke -2  sudah sepenuhnya menggunakan transistor sebagai pengganti tube vakum.

Komputer ini juga dilengkapi dengan komponen yang bisa di asosiasikan dengan computer saat ini, misalnya seperti:

  1. Memori.
  2. Printer penyimpanan dalam disket.
  3. Program dan system oprasi.

3. Komputer Generasi Ke -3 (1964-1970)

Jenis jenis komputer, Komputer Generasi Ke -3
Blog UB

Komputer generasi ke tiga ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya, dengan hasil computer yang lebih kecil karena penemuan komponen baru yang dapat di padatkan kedalam chip.

Komputer jenis ini juga menggunakan system oprasi yang memungkinkan mesin untuk dapat menjalankan beberapa program yang berbeda secara bersamaan menggunakan program utama.

4. Komputer Generasi Ke -4 (1970-1982)

Komputer Generasi Ke -4
Blog seputar komputer

Untuk computer generasi ke empat ini sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dengan berbagai fitur yang sudah cukup bagus.

Pada saat awal-awal peluncurannya, computer generasi ke empat dijual bersama dengan paket piranti lunak spreadshet dan program word processing.

5. Komputer Generasi Ke -5 (1982-sekarang)

Jenis jenis komputer, Komputer Generasi Ke -5
Pixabay

Komputer generasi ke -5 merupakan komputer  yang kita kenal sebagai PC, Laptosp, Notebook dan sebagainya.

Komputer generasi ke lima ini sudah dapat menerima perintah atau pun instruksi secara lisan dan mampu dalam meniru nalar manusia.

Kesimpulan

Jadi, komputer adalah perangkat eletronik yang saling berhubungan yang manfaatnya dalam memproses data dan pengolahan data sesuai dengan prosedur yang telah di rumuskan sebelumnya.

Komputer juga telah banyak mengalami perkembangan sejak era perang dunia hingga sekarang, baik dari segi tampilan, ukuran, dan kecepatan hingga kapasitasnya.

Mungkin cukup demikian pembahasan saya tentang “jenis jenis komputer” yang bisa saya share di sini bersama kalian, dan jika ada informasi penting yang saya lewatkan, tolong ingatkan saya ya.

Anda juga bisa share artikel ini untuk berbagi manfaat dan informasi dengan yang lain.

 

 

 

Tinggalkan komentar