Wide Area Network

Jenis Jenis Jaringan Komputer – Penjelasan Lengkap Soal Jaringan +Gambar

Artikel kali ini kita lanjutkan dengan membahas jenis jenis jaringan komputer setelah sebelumnya kita sudah tuntas membahas tentang sistem operasi jaringan.

Mungkin kalian pernah mendengar tentang istilah LAN, WAN, MAN yang memang itu merupakan bagian dari salah satu jenis jaringan, namun disini setidaknya anda akan memahami:

  • Apa itu jaringan komputer, dan apa saja jenis jenis jaringan komputer berikut fungsinya.
  • Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologinya.
  • Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Koordinasi Areanya.

Jadi, jika anda pemula dan serius untuk mendalami materi jaringan, maka Allright, yuk langsung bongkar rahasianya dibawah ini.

Pengertian Jenis Jaringan Komputer

Pengertian Jenis Jaringan Komputer
Pixabay

Sebelum memahami jenis jaringan komputer secara lebih dalam, Anda mesti paham dulu apa itu jaringan komputer.

Jaringan komputer adalah penggabungan dua atau lebih komputer dengan tujuan untuk saling berbagi data, jaringan komputer dibentuk dengan berbagai kombinasi hardware dan software.

Didalam jaringan komputer yang dibentuk, switch dan router memakai berbagai protokol serta algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan.

Setiap titik akhir yang terkadang disebut host dalam jaringan mempunyai alamat pengenal unik.

Kode alamat unik ini disebut dengan alamat IP atau alamat Media Access Control yang digunakan untuk menunjukkan sumber atau tujuan transmisi.

Endpoint bisa meliputi server, komputer pribadi, telepon, serta beragam jenis hardware jaringan.

Dalam membuat jaringan komputer bisa juga dengan menggunakan gabungan teknologi kabel dan wireless, menggunakan perangkat jaringan berkomunikasi melalui medium transmisi kabel atau wireless.

Bagi jaringan yang dibangun menggunakan kabel, Anda mungkin membutuhkan optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga, lihat macam macam kabel jaringan.

Sedang untuk jaringan yang dibangun dengan sistem wireless adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan koneksi data wireless untuk menghubungkan titik akhir, titik akhir ini termasuk siaran radio, radio seluler, microwave, dan satelit.

Jaringan sendiri ada yang bersifat private atau publik, biasanya untuk jaringan private memerlukan user untuk memasukkan kredensial untuk mengakses jaringan.

Hak akses secara private ini biasanya diberikan secara manual oleh administrator jaringan atau diperoleh langsung oleh pengguna melalui kata sandi atau dengan kredensial lainnya.

Sementara untuk jaringan publik seperti internet tidak membatasi akses.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jenis Jaringan Komputer
Potensi utama komputer

Jenis Jenis Jaringan komputer masih terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan kriterianya, setiap jenis jaringan ini memiliki tujuan serta fungsinya masing masing.

Jenis jaringan ini terdiri dari jaringan yang sederhana sampai jaringan yang mencakup secara luas, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

Setiap jenis jaringan komputer memiliki fungsi serta cara membangunya masing-masing, dilihat dari segi fungsinya jaringan komputer terdiri dari:

  • Jaringan Perr-To-Perr.
  • Jaringan Client Server.

Berikut ini penjelasan dari beberapa jenis fungsi jaringan komputer.

  • Jaringan Komputer Perr-To-Peer

jaringan perr-to-peer
Pintar Komputer

Ini merupakan salah satu jenis komputer yang cukup sederhana dari segi topologinya, jaringan ini hanya menghubungkan dua komputer saja agar saling terhubung satu sama lain.

Untuk Jenis jaringan yang satu ini setiap komputer akan dihubungkan pada jaringan sehingga dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer yang lain tanpa adanya perantara.

Topologi jenis ini hanya memakai satu kabel untuk saling menghubungkan komputer sehingga hanya memerlukan biaya yang tidak begitu mahal sehingga cukup terjangkau penggunaannya.

Selain itu, dari beberapa komputer yang sudah terkoneksi itu juga bisa saling berbagi fasilitas, misalnya printer, hard disk dan drive.

Ketika komputer sedang mengalami masalah seperti mati atau kerusakan lainnya, itu tidak berpengaruh terhadap gangguan jaringan secara keseluruhan.

Namun topologi ini memiliki kelemahan yakni kurang dan juga sulit untuk dikembangkan.

Contoh jaringan Peer-To-Peer yang banyak kita temui di perangkat smartphone kita misalnya:

  • Whatsapp.
  • Blackberry Messenger atau BBM.
  • LINE.
  • Telegram dan lain sebagainya.
  • Jaringan Client Server

Jaringan Komputer Client Server
Pixabay

Jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya yang kedua ada jaringan komputer client server.

Dalam sistem jaringan ini terdapat komputer yang berperan sebagai servernya, artinya komputer ini memberi layanan bagi komputer lain yang tergabung dalam jaringan tersebut, sistem jaringan ini dikenal dengan jaringan client.

Jenis jaringan ini memiliki keunggulan tersendiri, diantaranya memiliki akses yang cepat dalam hal menyediakan berbagai fasilitas dalam jaringan, hal ini karena pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh komputer yang berperan sebagai server.

Selain itu, jenis jaringan dengan sistem seperti ini lebih aman dan terjamin serta adanya proses back up yang baik karena terpusat pada server yang bisa memberikan keamanan semua data yang dipakai dalam suatu jaringan.

Artikel terkait

Apa Itu Sistem Oprasi Jaringan, Fungsi dan cara Kerjanya

2. Jenis jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologinya

Apa itu topologi jaringan?

Topologi jaringan adalah suatu konsep yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dengan komputer yang lain berdasarkan geometrisnya.

Jaringan komputer jika dilihat dari segi sistem topologinya itu ada beberapa macam yang sering digunakan, diantaranya seperti berikut:

  • Topologi Jaringan Bus (bis)
  • Topologi Jaringan Ring (cincin)
  • Topologi Jaringan Star (bintang)
  • Topologi Jaringan Tree (pohon)
  • Topologi Jaringan Mesh (jala)

Berikut penjelasan dari masing-masing sistem topologi tersebut.

  • Topologi Bus

Jenis Topologi Bus
Komputer Tips

Untuk jaringan topologi yang pertama ada jenis topologi bus, topologi jenis ini adalah yang paling banyak digunakan dalam menghubungkan komputer.

Topologi jenis ini modelnya lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis jenis topologi yang lain.

Jenis topologi ini biasanya memakai satu kabel yang panjang dan terminal, kemudian diakhiri dengan satu terminator pada bagian akhir kabel.

Jika Anda menggunakan topologi bus ini maka akan menghemat biaya karena tergolong ekonomis serta mudah dalam proses instalasi.

Jenis topologi ini juga memiliki keunggulan yang lain, misalnya hanya membutuhkan sedikit sumber daya pada kabel selain tergolong topologi yang sederhana.

Sementara kelemahan dari topologi bus ini yaitu apabila terdapat kabel yang putus maka otomastis juga memutus jaringan bus sehingga mengganggu komputer atau client yang lainnya.

Untuk traffic yang cukup padat sistem topologi bus ini tidak cocok jika digunakan, karena proses penerimaan ataupun pengiriman data akan menjadi kurang efektif dan efisien sehingga sering tabrakan data.

  •  Topologi Star (Bintang)

 Topologi Star (Bintang)
Moztrip

Sesuai dengan namanya, topologi ini modelnya memang mirip dengan bintang karena mempunyai node inti pada bagian tengah yang dihubungkan dengan node yang lain.

Topologi Star ini juga memiliki beberapa kelebihan, sama halnya dengan jenis jenis topologi jaringan komputer yang lain.

Kelebihan dari topologi star diantaranya yakni, jika ada kabel yang putus ataupun rusak maka sistem jaringan masih bisa berjalan, dan keseluruhan jaringan komunikasi tidak terpengaruh.

Hal ini dapat mempermudah jika ingin menambah komputer lain ke dalam jaringan komputer tanpa adanya gangguan suatu aktivitas jaringan tertentu.

Selain itu, jaringan ini juga tergolong mudah untuk dikembangkan.

Adapun kekurangan dari topologi star ini misalnya jika HUB pusat sedang mengalami kerusakan atau kegagalan, maka seluruh jaringan juga ikut terpengaruh dan tidak berjalan normal lagi.

Hal ini memaksa adanya kabel yang lebih banyak untuk ditarik pada suatu titik tengah.

Adanya lalu lintas yang sangat padat juga sangat mempengaruhi jaringan sehingga membuatnya berjalan lebih lambat.

Kelebihan sistem jaringan dengan topoogi star:

  • Bersifat fleksibel
  • Keamanan data yang tinggi
  • Mudah dalam izin kerusakan pada jaringan
  • Jika salah satu komputer memperbaiki kerusakan, jaringan akan tetap berjalannsehingga tidan masalah bagi komputer lainnya

Contoh penerapan jaringan dengan topologi star yaitu ketika ada acara meeting dimana susunan anggotanya berbentuk secara melingkar.

Dalam sistem jaringan topologi star juga sama dimana terdapat konsentrator yang berupa HUB/SWITCH yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali komunikasi data yang terhubung di sekelilingnya.

  • Topologi Ring

Topologi Ring
toriqa.com

Topologi ring merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang mampu menghubungkan beberapa komputer dalam suatu rangkaian yang bentuknya melingkar layaknya cincin.

Beberapa keunggulan dari jenis jaringan topologi ring diantaranya proses instalasinya yang hanya membutuhkan biaya yang sangat terjangkau, aliran datanya mengalir lebih cepat, serta mudah untuk diiplementasikan.

Sedangkan beberapa kekurangan dari sistem topologi ring ini diantaranya yaitu jika ada satu kabel yang putus maka akan membuat jaringan komputer menjadi gagal beroperasi sehingga berpengaruh pada yang lain.

Jaringan ini juga cukup sulit jika hendak menambah ataupun mengurangi komputer tanpa harus mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.

Lihat juga

Macam Macam Kabel Jaringan

  • Topologi Free 

Topologi Free 
Dictio Community

Jenis topologi jaringan komputer berikutnya ada topologi tree, sistem topologi ini mampu menghubungkan beberapa jaringan topologi bus.

Bisanya didalam topologi ini terdapat beberapa jenis jaringan dengan tingkat yang lebih tinggi hingga ke tingkat yang lebih rendah.

Dengan sistem topologi ini membuat suatu data menjadi terpusat berdasarkan tingkatannya sehingga membuat manajemen data menjadi lebih mudah.

Topologi ini juga cukup mudah untuk dikembangkan menjadi lebih luas, sedang untuk kekurangan dari tiopologi free ini yaitu jika pada tingkatan tertinggi mengalami gangguan maka komputer-komputer yang terhubung dibawanya juga akan mengalami masalah.

  • Topologi MESH

Topologi MESH
toriqa.com

Ini merupakan jenis topologi yang yang menggabungkan antara topologi star dan topologi ring.

Kelebihan dari sistem topologi ini diantaranya, adanya berbagai jalur pengiriman dengan volume data yang banyak maka Anda tidak perlu kawatir akan terjadinya tabrakan.

Sedang kekurangan dari sistem topologi ini yaitu membutuhkan dana yang tidak sedikit karena rumitnya proses instalasi jaringan serta membutuhkan kabel dengan jumlah yang cukup banyak.

  • Topologi Extended Star

Jenis jenis jaringan komputer antara yang satu dengan yang lain memang tidak dapat di pisahkan, topologi extended star menjadi contoh jenis jaringan komputer yang menerapkan hasil pengembangan dari topologi star sebelumnya.

Sistem topologi ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya, jika ada node yang terputus secara otomastis maka tidak akan mengganggu ataupun memutus sub node lainnya.

Adapun kekurangan dari sistem topologi extended star ini yaitu tidak dapat menggunakan kabel dengan jenis yang biasa atau kurang berkualitas karena jaringan ini memang digunakan untuk sistem jaringan yang besar.

3. Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Koordinasi Areanya

Selanjutnya kita akan membahas jenis jenis komputer berdasarkan areanya, setelah kita membahas beberapa jenis komputer diatas.

Selain dikenal dengan cakupan areanya, jenis komputer juga bisa dipelajari berdasarkan geografinya, skalanya maupun jaraknya.

  • PAN (Personal Area Network)

Personal Area Network
Pintar Teknologi

Jaringan computer berdasarkan cakupan areanya yang pertama ada PAN. Jaringan PAN ini hanya mencangkup jaringan pribadi dengan beberapa perangkat yang berada di sekitarnya, contoh keyboard, mouse handpone dan sebagainya.

Biasanya sistem jaringan ini hanya digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi anda dengan jaringan internet.

Jaringan ini bekerja dengan dibantu adanya teknologi seperti USB ataupun Bluetooth untuk menghubungkan beberapa perangkat lain.

  • LAN (Local Area Network)

Local Area Network
Toriqa.com

LAN merupakan sistem jaringan komputer yang mencangkup area yang cukup kecil seperti di wilayah satu gedung, sekolah, kantor, kampus atau didalam rumah.

Didalam sistem jaringan LAN terdapat beberapa komputer yang saling berhubungan dimana didalamnya ada satu unit komputer yang berperan sebagai server atau bank data sedang yang lainnya sebagai client.

Sementara server dan client dapat menikmati beragam fasilitas yang sama, seperti bertukar file tertentu ataupun memakai printer yang saling terhubung antar sesama jaringan LAN.

Kecepatan jaringan LAN dalam mentrasfer data sekitar 10, 100 dan juga 1000Mbit/s, teknolgi yang digunakannya biasanya berupa IEEE 802.3 Ethernet dengan perangkat switch.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

Berikutnya ada jenis jaringan komputer MAN yang jika dilihat dari skalanya mencangkup wilayah yang yang lebih luas lagi dibanding LAN, yakni mencapai hingga 10 – 50KM.

Kecepatan transfer data yang dihasilkan jaringan ini juga cukup tinggi dalam suatu kota tertentu.

Jaringan MAN juga dikenal sebagai sistem jaringan yang menggabungkan beberapa jaringan LAN.

Jaringan ini sangat bagus jika dibangun untuk menghubungkan beberapa kantor atau pabrik maupun pusat pemerintahan dalam suatu kota.

  • WAN (Wide Area Network)  

Wide Area Network
Teknologi Jaringan

Jenis jenis komputer berdasarkan area berikutnya ada WAN, perbedaan WAN dari jenis jaringan yang lain ( PAN, LAN, MAN) tentu saja cakupan area yang paling luas.

Jaringan WAN dapat menghubungkan beberapa wilayah antar negara lain dengan menggunakan suatu router.

Jaringan WAN ini dibentuk dengan menghubungkan jaringan lokal pada suatu wilayah dengan jaringan lokal di wilayah lain.

Manfaat jaringan WAN untuk para pengguna komputer di suatu wilayah dapat terus berkomunikasi satu sama lain. Umumnya WAN dibangun oleh organisasi, perusahaan swasta ataupun penyedia layanan internet.

Biasanya jaringan WAN dibentuk dengan menggunakan sesuatu yang disebut Leased Line yang harganya sangat mahal.

Namun tak jarang jaringan WAN juga dibangun dengan menggunakan Swiching Sirkuit.

  •  Internet

Jenis Jenis jaringan internet
toriqa.com

Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia dengan beragam manfaatnya.

Internet mampu menghubungkan jutaan perangkat komputasi termasuk juga PC, Laptop, Workstation, Smartphone, Server, tablet, TV, Webcam, CCTV dan masih banyak lagi perangkat lain.

Berdasarkan pada laporan yang diterbitkan pada Januari 2018, setidaknya ada 2150 juta sistem akhir yang terkoneksi dengan internet.

Banyak teknologi maupun infrastruktur yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ini.

Internet terbuka dan dapat digunakan oleh siapapun maka dari itu internet dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.

  • VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan sofware untuk jaringan sebagai solusi untuk menyediakan koneksi Internet yang aman.

Sebagai perumpamaan, jika sebuah perusahaan mempunyai dua kantor; yang satu berada di Jakarta sedang lainnya ada di Bandung.

Dalam hal ini perusahaan akan lebih bagus jika menggunakan VPN untuk menghubungkan kedua kantor tersebut, karena VPN menyediakan jalur aman di Internet dan dapat digunakan untuk melakukan transmisi data.

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer
toriqa.com

Seperti disebutkan diatas bahwa jaringan komputer punya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan.

Bahkan di beberapa bidang, kita juga dapat merakan manfaatnya secara langsung dari sistem jaringan komputer ini.

Lalu apa saja manfaat dari jaringan komputer? berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan jaringan komputer.

  1. Mendapatkan banyak update berita serta beragam perkembangan terbaru di seluruh belahan dunia.
  2. Melakukan Video call dan video conference.
  3. Internet Telephone.
  4. Keperluan bermain games.
  5. Mencari informasi khusus dan lengkap.
  6. Sarana E-Commerce.
  7. Chatting.
  8. Forum dan juga milis.
  9. Integrasi data.
  10. Email atau Surat Elektronik.
  11. Mempercepat arus informasi.
  12. Memudahkan dalam mengakses data ke dalam server.
  13. Melindungi data-data kita yang sifatnya rahasia.
  14. Mempermudah komunikasi antar divisi.
  15. Mempermudah sharing files.

Demikianlah pembahasan tentang jenis jenis jaringan komputer yang bisa saya tulis sebagai refrensi pengetahuan untuk anda.

Dari informasi ini kita bisa tau bahwa ada beberapa macam jaringan komputer yang dapat dibedakan berdasarkan kriteria tertentu.

Semoga pengetahuan kita terus bertambah seiring berkembangan engetahuan dan teknologi sehingga paling tidak kita bisa mengimbangi kemajuan jaman yang semakin canggih.

Tinggalkan komentar